//
you're reading...
Other

Masak-Masak *cooking.red

 

Memasakkk….

hmmmm… karena memang tuntutan profesi sebagai the trully IRT maka masak sekarang masuk dalam list my hobby. karena belum ada kesibukan yang bener-bener sibuk maka memasak bisa dilakukan 3x sehari. pagi untuk sarapan, siang untuk lunch, malam untuk dinner hahaha gaya deh. berikut ini ada tips-tips ala chef evrina quin hahaha buat 3x waktu makan

tips untuk sarapan:

  1. masaklah makanan yang ingan-ringan saja dulu seperti sayuran yang berkuah atau sup, agar perut tidak kaget dan bisa menerima
  2. Masak makanan dengan kadar kepedasan yang sedang-sedang saja, karena bila pagi-pagi sudah kena sambal yang cukup pedas perut akan panas daakan mengganggu kerja
  3. untuk lauk masaklah lauk yang gampang untuk memasaknya  seperti  lauk dalam bentuk  gorengan (tempe goreng, telur goreng, etc.) atau rebusan
  4. Bila tidak memakan nasi, bisa diganti dengan makan roti tawar biasa, atau roti goreng, atau buah-buahan berkarbohidrat dan berenergi

tips untuk luch:

  1. Untuk masakan siang kita bisa memasak dengan membuat sambal dan lalapan (karena saya di jabar maka tak jauh-jauh dari lalapan), lalapan bisa berupa lalapan daun hijauan seperti selada, kol, kacang panjang, terong hijau etc. untuk sambal kita bisa membuat sambal tomat (segar banget tuh) atau sambal bawang sesuai kesenangan masing-masing
  2. Untuk kuahnya kita bisa membuat tumisan sayuran hijau atau sup kimlo
  3. Lauk yang berat-berat sudah cocok untuk siang hari seperti ikan, daging ayam, etc
  4. Masakan seperti pepesan bisa kita sajikan pada siang hari, seperti pepes seafood, pepes tahu, pepes daging ayam etc
  5. sajikan juga sirup , atau jus bua agar siang hari semakin segar

tips untuk dinner:

  1. Sama seperti sarapan, sebaiknya malam hari jangan mengkonsumsi sambal terlalu banyak karena dapat membuat perut panas dan mengganggu tidur anda
  2. Kita bisa memasak tumisan daun hijau agar terdapat serat pada makanan
  3. Jangan mengkonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol pada malam hari seperti daging sapi, tau dagingnya karena kemampuan metabolisme tubuh pada malam hari rendah bila dibandingkan siang hari
  4. Kita bisa memask sup bila menginginkan makanan yang berkuah
  5. Untuk lauknya bisa disandingkan dengan lauk yang digoreng
  6. Untuk minumnya kita menyajikan teh hangat

Thats all, tips ala saya, karena memang kita makan masakan  yang tidak macam-macam, yang penting 4 sehat 5 sempurnanya tercapai ;p

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: