//
archives

Archive for

Kultwit2: #Hamil dari @blogdokter

Setelah memposting kultwit hamil di blog mohyiyi, sore ini ternyata @blogdokter nge-twit kultwit dengan hastag #hamil. Agar tidak tertelan oleh time line yang bejibun maka saya rangkum berikut ini:

1. Tanda kehamilan yang paling umum dn pertama kali dirasakan adalah telat haid. Namun tanda ini mrpk tanda tdk pasti kehamilan. #hamil

2. Saat hamil muda, para ibu kerap mengalami perubahan mood yg cepat (swing mood). Para suami hrs sabar. #hamil

3. Gejala awal kehamilan mirip banget dg gejala awal haid spt perut kembung, payudara bengkak/nyeri dn prubahan mood. #hamil

4. Perasaan tdk nyaman pd payudara hanya terjadi bbrp minggu pd masa awal kehamilan. #hamil

5. Bbrp bumil dpt mengalami flek pd awal kehamilan saat embrio melengket pd dinding rahim. #hamil

6. Flek pd masa kehamilan atau implantation bleeding ini sering dikira haid yg tjd saat hamil. #hamil

7. Tiga bulan pertama, bumil dpt mengalami penurunan BB akibat mual/muntah. #hamil

8. Peningkatan berat badan baru terjadi begitu kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. #hamil

9. Walau namanya morning sickness, gejala mual dan muntah pd masa awal kehamilan bisa tjd kapanpun sepanjang hari. #hamil

10. Bagi kebanyakan wanita, morning sickness tdk berbahaya dan hanya berlangsung selama maksimal 20 minggu. #hamil

11. Mual muntah yang berlangsung sgt berat dpt menganggu kehamilan, segeralah ke dokter atau bidan. #hamil

12. Minum multivitamin khususnya vitamin B6 dapat mengurangi gejala morning sickness. #hamil

13. Makan roti/cracker kering sesaat sebelum bangkit dari tempat tidur dpt mengurangi gejala morning sickness. #hamil

14. Minum cairan yg cukup, menghindari bau2 yg menyengat dn makan sedikit2 dpt mengurangi gejala morning sickness. #hamil

15. Peningkatan frekuensi buang air kecil pd masa awal kehamilan disebabkan oleh peningkatan cairan/darah dlm tubuh. #hamil

16. Rasa lemas dn capek pd masa awal kehamilan lumrah terjadi namun penyebab pastinya belum diketahui. #hamil

17. Penggelapan puting payudara mulai terjadi pada awal trimester kedua. #hamil

18. Gerakan janin mulai dirasakan antara minggu ke 18 sampai 20. Namun ada ibu yang sudah merasakan pd minggu ke 13. #hamil

19. Ibu dengan berat normal membutuhkan tambahan 300 kalori saat hamil. #hamil

20. Selama kehamilan, wanita dengan berat badan normal akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 sampai 15 Kg. #hamil

21. Bumil yg mengalami pningkatan berat badan lebih dari 20 Kg kmungkinan mngandung 2 bayi atau bayinya besar shg sulit lahir normal. #hamil

22. Bayi yang terlahir dengan berat badan besar memiliki risiko kegemukan pd usia dewasa kelak. #hamil

23. Zat kimia yg terserap saat mewarnai rambut sgt minimal, jadi tidak masalah bagi bumil yg ingin bergaya dg rambut warna warni. #hamil

24. Pada umumnya menggunakan pewangi saat hamil tdk masalah namun wangi yg terlalu menyengat malah bisa membuat mual. #hamil

25. Tidak ada hubungan antara konsumsi kafein dg risiko melahirkan bayi prematur. #hamil

26. Minum kafein kurang dari 200 mg perhari belum terbukti meningkatkan risiko keguguran/melahirkan bayi dg berat badan kecil. #hamil

27. Boleh tidaknya anda terbang saat trimester terakhir kehamilan terggantung kebijakan airlines yg bersangkutan. #hamil

28. Wanita hamil dg masalah pada pernafasan sebaiknya tidak terbang diatas ketinggian 30ribu feet. #hamil

29. Ada baiknya sebelum memutuskan travelling dg pesawat terbang untuk berkonsultasi dg dokter mengenai kondisi kehamilan. #hamil

30. Ibu hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi ikan yg tinggi kadar asam lemak omega 3 utk prtumbuhan otak janin. #hamil

31. Walau ikan baik, sebaiknya saat hamil jgn mengkonsumsi ikan mentah atau setengah matang. #hamil

32. Tdk ada pantangan brhubungan intim saat hamil. Scr fisik, seks tidak akan menyakiti janin krn sdh terlindungi oleh selaput ktuban.#hamil

33. Sebaiknya saat berhubungan intim, para suami menggunakan kondom utk mencegah penularan penyakit seksual. #hamil

Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

Spagetonk Pinotnaiz

Jika sedang hamil, memang keinginan itu kadang datang serba mendadak, ingin ini ingin itu banyak sekali *Doraemon*, terutama makanan (walau kadang saat trimester pertama seringnya hanya ingin, makannya ga mau).

Sore tadi tiba-tiba teringat waktu KKP (Kuliah Kerja Profesi, dulu KKN -red), seorang teman, Vina namanya, sempat masak spageti *itu lhooo yang katanya makanan khas Itali* maklum lagi di desa jadi makanan kota tersebut jadi sesuatu hal yang langka. Sampai sekarang rasanya masih kerasa, enaaak *emang si Vina ini dari jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK) jadi cucok banget daaah.

So tadi langsung kontak si Vina lewat Facebook minta cara buatnya. Alhamdulillah dia ngasih, inilah resep Spagetonk Pinotnaiz:

Bahan:

  • 250 g Spageti
  • 1 siung bawang bombay
  • 1 botol kecil saos sambel
  • 1/4 botol saos tomat (bisa diganti dengan 2 buah tomat)
  • 1 ons daging/ ayam cincang (sesuai selera)/tuna kaleng (praktis)
  • Penyedap rasa secukupnya

Caranya:

  1. Rebus spageti tambahin minyak goreng n garam sedikit *klo pake tomat rebus brg*
  2. Jika sudah mateng tiriskan (tomatnya diiris kecil)
  3. Tumis bawang bombay (jika pakai tomat, tumis juga tomatnya kemudian masukan daging/ tuna keleng
  4. Apabila sudah mateng masukan saos sambel dann saos tomat, aduk sebentar,
  5. Matikan api, masukin spageti dan aduk sampe rata
  6. Saosnya bisa juga ditaruh di atas spagetinya.

*) Untuk 5 porsi

seLamat mencoba ^^

Evrinasp.com

Evventure Blog

Kumpulan Emak Blogger

kumpulan-emak-blogger

Warung Blogger

Photobucket

Blog Stats

  • 473,801 hits

Follow TWITTER

Kicauan TWITTER

Almanak

March 2011
M T W T F S S
« Oct   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: