//
you're reading...
Other

Mengatasi Maag Saat Hamil

Selama saya hamil pada trimester pertama ini banyak hal yang saya alami. Berat badan menurun karena kurang asupan makanan dan sering lemas. Hal itu dipengaruhi oleh kinerja hormon yang mulai meningkat, menyebabkan saya merasa mual, tidak nafsu makan dan terkena maag yang sangat sering. Saya memang memiliki maag, tetapi jarang kambuh karena makan teratur, tetapi selama hamil trimester pertama maag saya sering kambuh karena peningkatan kadar asam lambung.

Saya mendapatkan tips dalam mengatasi maag secara tradisional dari seorang sahabat. Cekidot yah……

Tips yang pertama dari sahabat saya Indar Fitriyaningsih dengan bahan ketumbar. Caranya adalah: 1sdm ketumbar direbus dengan 2 gelas air (400cc) hingga menjadi 1 gelas (200cc), kemudian disaring. Larutan tersebut untuk diminum sehari, boleh 2x, 3x, 4x terserah anda yang penting untuk sehari. Besoknya dibuat lagi yang baru hingga maag anda mulai berkurang.

Tips yang kedua masih dari sahabat saya Siska Dwi Anggarani dengan bahan jahe. Caranya adalah: Jahe dikupas, dibakar sampe berwarna hitam. Kemudian bersihkan warna hitam tersebut dari jahe yang telah dibakar, kemudian digeprek, dan masukkan ke dalam gelas. Tambahkan gula jawa dan garam sedikit. Siram dengan air mendidih, biarkan sampai hangat, lalu segera minum. Minum setiap pagi jika maag anda kambuh.

Tips yang ketiga, ini pengalaman saya pribadi selama hamil apabila maag saya kambuh. Bahan yang saya gunakan adalah madu. Larutkan madu dengan air hangat, minum pelan-pelan sambil mengunyah biskuit atau roti.

Apabila cara-cara tradisional tidak dapat mengatasi gejala maag anda, jangan coba-coba minum obat maag sembarangan. Segera konsultasikan ke dokter kandungan yang menangani anda. Sebaiknya selama hamil hindari obat-obatan yang berbau kimia.

Semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda yang terkena maag. Terimakasih.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

2 thoughts on “Mengatasi Maag Saat Hamil

  1. kata nyonya harus hati2 ketika mengkonsumsi obat2 tradisoanl krn tidak dianjurkan secara medis untuk ibu hamil, intinya makan sedikit tapi sering begitu katanya, trs itu yang hamil perutnya apa pipinya tong???? d’ubs

    Posted by Alam D'ubanemas | April 14, 2011, 12:32 pm
    • ok mas alam n mba ari, thx info nya… kebetulan aq juga ga pk tradisional kok, cukup madu aja udah menolong, kmrn emang sempet minum obat maag dr dokter, soalnya emang rada parah, tp kt dokter obatnya aman buat bumil

      Posted by evrinasp | April 28, 2011, 2:52 pm

Leave a Reply

