//
you're reading...
Other

Rekomendasi dr. Kandungan yang Baik

Bulan juli ini adalah bulan terakhir saya cek kandungan di dr. kandungan saya di kota cirebon. Karena suami harus pindah dinas ke Subang maka mau tak mau saya pun harus ikut pindah juga. Saya harus mencari lagi dr. kandungan yang bisa cocok dan nyaman, karena saya sudah merasa nyaman dengan dr. kandungan di kota Cirebon tempat saya biasa cek.

Sebelum berpamitan untuk terakhir kalinya saya meminta rekomendasi beliau kira-kira dokter mana yang bagus untuk tempat saya melakukan cek di kota yang nantinya akan saya tinggali. Dokter memang tidak secara spesifik menyarankan harus ke dokter A atau B, tetapi beliau memberikan rekomendasi cara memilih dr. kandungan yang nyaman. Berikut adalah rekomendasi beliau:

  1. Jangan lihat dari ramai atau tidaknya jumlah pasien yang cek di salah satu dokter kandungan, karena kalau ramai pasien bisa jadi pemeriksaannya tergesa-gesa karena mengejar waktu, dan bukan berarti jumlah pasien yang sedikit mengindikasikan bahwa dokter tersebut tidak bagus
  2. Pilihlah dokter yang dapat berkomunikasi. Maksudnya adalah bahwa dokter tsb mampu menerjemahkan bahasa kedokteran kedalam bahasa yang dapat dimengerti oleh pasien. Sebagai contoh ada dokter yang bila pasien tidak menanyakan pembacaan hasil USG maka dokter tersebut akan diam saja dan hanya dimengerti oleh dirinya sendiri. Dokter yang baik adalah dokter yang aktif menjelaskan apa yang tidak dimengerti oleh pasien karena terkadang pasien sendiri pun lupa untuk bertanya terhadap hal-hal yang tidak dimengerti
  3. Lihat dari metode pemeriksaannya. Pada umumnya pemeriksaan seharusnya sama, akan tetapi ada dokter yang beda dalam melakukannya. Ada dokter yang tidak melakukan pemeriksaan terhadap berat dan panjang janin, baru pada usia kandungan tertentu dia baru melakukan pemeriksaan tsb. Padahal kita perlu untuk mengetahui perkembangan janin.
  4. Pilihlah dokter yang dalam melakukan pemeriksaan tidak dibatasi oleh waktu tetapi disesuaikan dengan kondisi pasien. Maksudnya adalah dokter tersebut tidak membatasi waktu pemeriksaan per-pasien, misalnya satu pasien harus selesai dalam waktu 10 menit. Dokter yang baik tidak membatasi waktu pemeriksaan, akan tetapi disesuaikan dengan kondisi pasien, hingga pasien tersebut mengerti benar terhadap apa yang dilakukan dokter.

Beberapa point di atas adalah rekomendasi dari dr. kandungan yang biasa saya datangi untuk mengecek kandungan saya. Mungkin ada beberapa hal yang berbeda dan tidak sependapat atau mungkin bisa menjadi masukan. Dokter menganjurkan agar saya melakukan survey kira-kira dokter mana yang dapat menjadi acuan setelah dua minggu kepindahan saya. Semoga bermanfaat.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

