//
you're reading...
Other

Berkah Ramadhan Saat Hamil, Don’t miss it!

Kurang dari seminggu lagi umat islam di seluruh dunia akan menghadapi Ramadhan, bulan penuh berkah dan selalu dinanti oleh setiap umat islam di dunia. Kita perlu bersiap diri menyambut dengan suka cita kedatangan bulan penuh berkah.

Saat ini usia kandungan saya sudah mencapai 28 minggu, berat badan (BB) pun bertambah, saya merasakan pembengkakan dibagian kaki, tangan, dan pipi. Semakin bertambahnya BB menyebabkan semakin mudah lelah nya saya ketika beraktifitas, ditambah dengan badan yang terasa pegal-pegal bila merasa lelah dan tidak mudah hilang dalam sekejap. Tetapi bertambahnya BB menunjukan perkembangan yang baik bagi bayi dan ibu seperti apa yang dijelaskan oleh http://www.infobunda.com bahwa peningkatan berat badan ini tidak akan membuat seorang ibu terlihat menggendut karena kenaikan berat badan ini di distribusikan antara lain untuk bayi bunda, plasenta, cairan ketuban, serta payudara sang ibu.

Menghadapi bulan ramadhan ini, bumil boleh berpuasa atau tidak berpuasa jika tidak mampu dengan menggantinya dikemudian hari atau membayar fidyah. Akan tetapi saya ingin tetap berpuasa karena ingin mengajarkan sejak dini kepada bayi saya tentang ibadah puasa dan tidak ingin melewatkan berkahnya. Tentu saja tidak akan memaksa jika pada saat menjalani ternyata tidak mampu.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika bumil ingin berpuasa seperti yang saya kutip dari http://www.infobunda.com antara lain:

  • Berkonsultasi sebelumnya dengan dokter apakah kondisi kehamilan sekarang memungkinkan Bunda menjalankan ibadah puasa
  • Mengonsumsi menu 4 sehat 5 sempurna saat berbuka dan sahur
  • Minum vitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat berpuasa
  • Utamakan kebutuhan kalori kurang lebih 200 kalori (setara dengan 1buah sandwich keju), asam folat & zat besi (banyak terdapat di kacang-kacangan, sayuran hijau, wortel, dll), protein (ikan, telur, tahu, tempe, dll) dan kalsium (susu)
  • Tidak disarankan berpuasa bagi Bunda hamil yang memiliki diabetes (kencing manis) dan hipertensi atau memiliki riwayat hipertensi dalam keluarga
  • Hentikan puasa bila muncul gejala ; sakit kepala, keringat berlebih, panas di sekitar perut, dan rasa mau pingsan

Selamat menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga ibadah kita di bulan Ramadhan ini berkah dan di ridhoi oleh Allah SWT dan dapat dipertemukan dengan Ramadahn berikutnya. Amin

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: