//
you're reading...
Other

36 Minggu

Ditemani secangkir susu plus madu kesukaan pangeran kecil kami yang masih berada di dalam perut saya pun mulai menulis kembali beberapa cerita tentang kehamilan yang sempat vakum beberapa bulan.

Alhamdulillah kehamilan sudah menginjak usia 36 minggu, itu artinya pangeran kecil kami sebentar lagi akan hadir ke dunia dan saya pun harus bersiap-siap untuk kelahirannya. Beberapa hal yang sudah saya siapkan saat ini adalah:

  1. Tempat untuk melahirkan, sejujurnya masih bingung dimana akan melahirkan walaupun sudah ada 3 tempat pilihan, mudah-mudahan semakin mendekati hari H semakin jelas lokasinya. amin
  2. Biaya persalinan, jauh-jauh hari saya sudah mulai kontak RS/klinik tempat untuk melahirkan dengan menanyakan kisaran biaya persalinan dan sebagainya untuk persiapan
  3. Persiapan fisik dan mental, ada baiknya untuk melakukan senam hamil saat menjelang 2 minggu sebelum melahirkan, karena saya tidak ikut senam hamil maka saya rutin melakukan jalan kaki pagi, mengurangi tidur siang, memperbanyak asupan gizi dan energi, dan memperbanyak doa
  4. Mempersiapkan keperluan ibu dan bayi yang akan digunakan pada hari H

Lebih detail akan saya uraikan perlengkapan yang diperlukan untuk menghadapi kelahiran pada hari H, yaitu:

  1. Sebaiknya dipisahkan antara tas berisi pakaian untuk ibu dan bayi
  2. Tas berisi keperluan bayi: popok kain, alas tidur, pakaian bayi, gurita bayi, bedongan, topi bayi, sarung tangan dan kaki bayi, perlengkapan perawatan untuk bayi
  3. Tas berisi keperluan ibu: baju berkancing depan, pakaian dalam, gurita, pembalut, perlengkapan mandi dan shalat, kosmetik bila perlu, beberapa lembar kain
  4. Siapkan juga beberapa kartu identitas yang diperlukan untuk administrasi
  5. Siapkan kamera untuk merekam momen indah kehadiran si buah hati

Pada umur ini saya semakin merasakan gerakan yang cukup membuat ngilu perut, itu karena ukuran bayi semakin besar. Saya pun semakin hapal kapan bayi kami tidur dan kapan dia mulai bergerak-gerak. Terkadang untuk menenangkannya saya dengarkan beberapa lagu dan alunan ayat suci Al-Quran yang sudah tersimpan rapih dalam playlist. Salah satunya adalah nasyid yang dilatunkan oleh Maher Zain alhamdulillah pangeran kecil kami pun tenang.

Kami berharap dan berdoa semoga proses kelahiran nanti lancar, ibu dan bayi selamat serta sehat dan kami dapat mendidiknya menjadi anak yang sholeh. Amin

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

