//
you're reading...
Other

New Baby Rabbit :D

Hari ini tanggal 16 September 2011 tepat pukul 12:00 WIB (bisa kurang bisa lebih) saat adzan zuhur berkumandang saya dibuat panik oleh kelinci putih kami. Kelinci betina jenis Australia ternyata sedang melahirkan, padahal selama ini tidak terlihat kalau dia sedang hamil. Akan tetapi kami sudah mengira bahwa kelinci tersebut hamil karena dia sudah menggali lubang jauh-jauh hari. Hanya saja kadang kelinci kami memang suka jail gali-gali lubang ternyata tidak melahirkan.

Yang membuat panik adalah proses dia melahirkan, aneh sekali dia melahirkan dengan cara berlari-lari sehingga anak yang dia lahirkan plus ari-arinya berceceran. Jadilah kami mengambilnya satu persatu. Bayi kelinci yang baru dilahirkan tidak boleh dipegang langsung oleh tangan agar bau bayi tidak terkontam oleh bau manusia yang membuat induk kelinci jadi tidak mau menyentuh bayinya.

Dari 6 bayi kelinci yang lahir hanya satu yang mati karena badannya masih terbungkus oleh suatu lapisan yang membuat dia tidak bisa bergerak bebas. Saat ini bayi dan induknya kami taruh di dalam kardus mengingat sekarang sedang musim hujan dan cuaca tidak sepanas kemarin.

Induk kelinci yang baru melahirkan sebaiknya diberi makanan seperti wortel, dedaunan hijau dan air minum untuk memulihkan tenaganya setelah melahirkan dan mencegah dehidrasi. Karena induk kelinci ini tidak kanibal maka dia disatukan dengan anaknya dalam satu kardus, jika induk memakan anaknya sebaiknya dipisahkan, Induk kelinci menjadi kanibal karena si induk stres, kelaparan dan kehausan serta terusik oleh manusia, maka ada baiknya setelah dia melahirkan jangan sering-sering diganggu, ditonton atau berisik di sekitar mereka. Biarkan mereka dalam kondisi tenang. Induk kelinci tadi langsung menyusui bayinya dan menjilati kulit bayinya, si induk menyusui bayi sekali dalam sehari selama 5 menit, akan tetapi ada juga induk yang menyusui lebih dari sekali dalam sehari.

Setelah pengalaman dua kali kehilangan anak kelinci alias gagal menyelamatkan bayi kelinci yang baru lahir semoga kali ini bayi-bayi kelinci kami mampu bertahan hidup. Amin.

Bicara tentang melahirkan, saya pun sekarang sedang hamil 9 bulan, ternyata kelinci saya lebih keren karena bisa melahirkan 6 bayi sambil berlari-lari, oleh karena itu saya tak boleh kalah dalam proses melahirkan nantinya harus kuat dan semoga ibu dan bayi selamat. Amin

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: