//
you're reading...
Other

Perkembangan Bayi Kelinci 11 Hari dan 6 Hari

Alhamdulillah bayi kelinci kami masih ada yang bertahan walaupun jumlahnya berkurang banyak dan hampir punah. Dari bayi kelinci yang dilahirkan sebanyak enam bayi, sekarang hanya berjumlah satu dari induk putih dan dua dari induk hitam putih. Akan saya jabarkan bagaimana perkembangannya.

  1. Bayi kelinci dari betina australia x jantan anggora

Bayi kelinci hasil persilangan indukan ini lahir pada tanggal 17 September 2011 sebanyak enam ekor. Dalam waktu kurang dari seminggu satu persatu bayi tersebut mati dikarenakan memang tidak bisa bertahan lama dan karena terinjak oleh saudaranya sendiri. Sekarang jumlah bayi yang tersisa hanya satu ekor anak kelinci yang telah berusia 11 hari. Pada saat ini rambut telah tumbuh menutupi seluruh tubuhnya, mata sudah terbuka dan dapat melihat serta dia sudah mampu berjalan untuk menghampiri induknya. Pada saat ini kami optimis untuk dapat terus mempertahankan hidupnya dengan menjaga kebersihan tempat tinggalnya dan menjaga agar tetap hangat. Fenotipe dari bayi kelinci yang dihasilkan terlihat lebih mendominasi genetik dari induk betina, mata berwarna merah, rambutnya halus dan rapat. Hanya bentuk hidung yang mirip dengan induk jantan.

bayi kelinci umur 10 hari saat sedang tertidur

bayi kelinci sudah bisa berjalan dan membuka matanya

bayi kelinci dan induknya

induk kelinci sedang menyusui bayinya

2.  Bayi kelinci dari betina hitam putih (kurang tahu jenisnya) x jantan anggora

Bayi kelinci hasil persilangan indukan di atas lahir pada tanggal 22 September 2011 dan saat ini usianya telah memasuki enam hari. Pada awalnya anak yang dilahirkan berjumlah lima ekor, hingga saat ini yang dapat bertahan hanya dua ekor masing-masing berwana hitam dan bermotif dalmation. Satu ekor bayi kelinci mati karena keluar dari sarang sehingga dia kedinginan dan pada akhirnya mati, sedangkan dua ekor lagi tidak diketahui keberadaannya karena tidak ditemukan bangkainya. Kami curiga bayi tersebut dimakan oleh tikus yang ada di rumah kami. Pada umur enam hari bayi kelinci masih belum bisa melihat dan mendengar, belum bisa berjalan, dan rambut belum menutupi tubuhnya. Oleh karena itu kita harus benar-benar menjaganya agar tetap hangat dan terhindar dari gangguan luar. Induk kelinci yang satu ini tidak tahan apabila dikurung dalam kandang, kami menyatukan induk dengan bayinya menjelang malam, dan paginya kami lepaskan lagi dengan harapan dia mau menyusui anaknya saat gelap karena kebanyakan kelinci meyusui saat malam hari.

Bayi kelinci bermotif dalmation dan berwarna hitam umur enam hari

Bayi kelinci hasil persilangan betina hitam putih x jantan anggora

Semoga kami dapat terus mempertahankannya hingga mereka tumbuh dewasa. amin

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

4 thoughts on “Perkembangan Bayi Kelinci 11 Hari dan 6 Hari

  1. ev..melihara kelinci ya? uda berapa ekor sekarang? emm bisa jadi bisnis nih…??

    Posted by rodamemn | June 26, 2012, 1:37 am
    • udah 10an, seringnya mati. sekarang jd milik ade ev sejak hamil dah ga pegang kelinci. byk yg ke rumah mau beli kelinci tp sm ade ku malah ga di bolehin, ade ku emang aneh, lebih seneng ngeliat mati drpd d jual ckckckc

      Posted by evrinasp | June 26, 2012, 8:13 am
  2. mungkin anda kurang perhatian ma kelincinya, mkanya bnyk yg mati

    Posted by boegyono | October 30, 2013, 1:06 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: