//
you're reading...
Other

Jaundice dan Imunisasi Alfi

Suatu anugerah karena akhirnya hadir seorang putera ke dalam keluarga kecil kami. Kami pun memberikan dia nama Alfian Dhiyaa Fahrizi Budoyo Abas yang berarti beribu-ribu cahaya kebanggaan orang tua. Diharapkan saat dia besar nanti, Alfi begitu nama panggilannya dapat memberikan sebagian cahayanya untuk membahagiakan dan membawa berkah bagi keluarga dan orang lain terutama untuk dirinya sendiri.

Pada saat lahir pada tanggal 4 Oktober 2011 berat badan (BB) alfi hanya seberat 2.9 Kg dengan panjang badan (PB) 49 cm. pada saat hari keempat mulai muncul warna kuning pada kulit Alfi, saya yang karena mengalami persalinan SC belum sempat melakukan penjemuran setiap pagi karena belum mampu berdiri lama. Seminggu setelah lahir seharusnya Alfi sudah diimunisasi, karena badannya masih kuning akibat bililubrin dalam diri Alfi yang dikenal dengan jaundice maka imunisasi ditunda. Dokter menyuruh agar melakukan penjemuran di pagi hari selama maksimal 15 menit mulai pukul 07.00 hingga maksimal pukul 08.30 yang disesuaikan dengan ada tidaknya cahaya matahari. Cahaya matahari pagi berguna untuk menurunkan kadar bilirubrin bayi. Saya pun mulai aktif melakukan penjemuran agar Alfi segera di imunisasi.

Seminggu kemudian pada tanggal 18 Oktober 2011, Alfi saya ajak ke bidan untuk dilakukan imunisasi dan untuk di cek terlebih dahulu apakah bilirublinnya sudah berkurang atau belum, Alhamdulillah ternyata Alfi bisa diimunisasi karena bilirublinnya mulai berkurang. Imunisasi yang didapat alfi adalah Hepatitis B dan Polio 1. Bidan mengatakan untuk terus menjemur Alfi di pagi hari dan datang kembali untuk imunisasi pada tanggal 26 November 2011. Kemarin pada tanggal tersebut akhirnya kami datang kembali agar Alfi di imunisasi, imunisasi kali ini adalah BCG dan polio 2. Bidan pun senang dengan melihat pertambahan BB Alfi yaitu 5.2 Kg dengan panjang 54 Cm. Saya pun mendapat pujian karena ASI saya dikatakan berhasil, Alhamdulillah. Kami diharuskan kembali pada tanggal 29 Desember 2011 untuk diimunisasi kembali. Pada saat ini kuning atau jaundice pada diri Alfi berangsur-angsur hilang, akan tetapi kami masih tetap menjemur di pagi hari apabila ada cahaya matahari.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: