//
you're reading...
Health

ASIP dan LDR

Saat ini usia alfi bayi saya sudah memasuki usia ke empat bulan, rencananya saat usia alfi memasuki usia ke lima bulan saya ingin mengajarkannya minum asi melalui gelas sebagai persiapan MPAsi. Untuk itu saya mulai menabung ASIP sebagai persiapan awal.

ASIP saya siapkan dengan memerah menggunakan tangan (marmet), awalnya saya agak kesulitan karena PD menjadi sakit dan tangan pegal sekali, hasil ASIP pun tak seberapa dibanding dengan tangan yang pegal. Namun karena sering berlatih, sedikit demi sedikit hasil perahan pun mulai banyak walaupun tangan masih terasa pegal. Hasil perahan akan semakin banyak dalam waktu yang singkat bila LDR (Let Down Reflect) muncul, hanya saja saya kesulitan dalam merangsang timbulnya LDR. Walapun sudah melihat alfi dan perasaan sangat rileks tapi LDR tak kunjung muncul. Tak ingin terpaku memikirkan LDR, saya pun tetap memerah dengan jarak 2-3 jam sekali agar tabungan ASIP menjadi banyak. Saat ini saya belum menggunakan pompa, karena pernah sekali menggunakan ternyata tidak nyaman sekali.

Mudah-mudahan semakin sering berlatih akan semakin mudah dalam memerah dengan marmet. Semangat MengASI!!!

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

