//
you're reading...
Health

Mitos-Mitos Disekitar Ku

Di lingkungan tempat saya tinggal masih terdapat mitos yang diwariskan turun temurun dari orang tua kepada anaknya. Anda boleh percaya boleh tidak tergantung kepercayaan masing-masing. Kalau saya lebih melihatnya dengan logika dan dikembalikan kepada Allah SWT. Mitos yang saya dapat dimulai dari saat akan menikah hingga sekarang memiliki anak. Berikut saya rinci satu persatu.

Mitos sebelum menikah:
Tidak boleh menyapu. Alasannya akan mengusir rejeki, saya hanya tersenyum karena waktu itu saya sedang membantu orang rumah membersihkan rumah walaupun besoknya saya akan menikah

Mitos sewaktu hamil

  1. Memakai gunting lipat.

Alasannya agar janin yang dikandung tidak hilang. Waktu itu saya disarankan untuk memakainya karena saya divonis blight ovum, tetapi saya tidak memakainya karena bagi saya rejeki anak dan lainnya sudah diatur oleh Allah, saya hanya berdoa ikhlas dan berserah diri terhadap apapun yang terjadi, alhamdulillah setelah 2 minggu janin pun berkembang. Bagi saya itu adalah the power of ikhlas.

2. Banyak minum air kelapa hijau

Saya mempercayai mitos yang satu ini karena memang air kelapa bagus untuk tubuh. Menurut orang tua dapat membersihkan air ketuban

3. Makan dengan piring kecil

Untuk mitos yang satu ini tidak dijelaskan alasannya. Saya tetap makan dengan piring besar atau kecil sesuai porsi dan alhamdulillah tidak terjadi apa-apa

4. Jangan minum menggunakan gelas yang bopel/retak di atasnya

Alasannya adalah agar calon bayi tidak sumbing bibirnya. Kalau saya lebih dihubungkan dengan logika, jika menggunakan gelas tersebut dapat melukai bibir

5. Bumil dilarang sering tidur siang

Alasannya adalah agar tidak ada lemak putih di kepala bayi saat lahir, untuk yang satu ini saya pun tidak mengikuti lantaran di malam hari saya sulit untuk tidur dan alhamdulillah bayi saya bersih dari lemak putih

6. Menaruh sapu lidi di bawah tempat tidur bayi

Alasannya agar bayi tidak diculik dan dilindungi. Saya waktu itu hanya geleng-geleng dan akhirnya sapu tersebut saya gunakan untuk membersihkan tempat tidur. Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa

Mitos saat menyusui
1. Tidak boleh minum atau makan yang terlalu panas

Alasannya adalah agar lidah bayi tidak putih-putih. Padahal timbulnya putih-putih tersebut karena sisa asi atau adanya jamur candida

2. Membersihkan jamur candida dengan ompol bayi atau ludah ibu

Untuk yang satu ini pun bagi saya juga mitos karena ompol bayi adalah kotoran bukan desinfektan dan ludah ibu juga tidak baik karena mengandung kotoran

3. Payudara (PD) kiri adalah lauk, PD kanan adalah nasi

Menurut ahli laktasi hal tersebut hanya mitos karena tidak ada bedanya antara kiri dan kanan, bayi memilih kiri atau kanan karena nyaman pada posisi disalah satu PD

4. Bau tangan

Ini pun mitos, tidak ada istilah bau tangan, karena pada dasarnya bayi nyaman bila digendong

5. ASI tidak enak saat busui sakit

Saya kurang tahu soal rasanya karena belum pernah mencoba, tetapi waktu sakit saya tetap menyusui dan bayi saya mau meminumnya. Bayi menjadi rewel saat busui sakit karena jumlah asi yang dia minum kurang lantaran asi si ibu menjadi seret karena sedang sakit

6. Tidak boleh makan gabah

Alasannya agar PD tidak menjadi keras. Padahal PD keras karena asi sudah penuh tetapi tidak diminum bayi atau tidak dikeluarkan, dan tentunya kita makan beras bukan makan gabah

7. Bila bayi sakit busui yang minum obat

Yang satu ini saya belum tahu kebenarannya, karena ada dsa yang menyarankan agar busui yang minum obat saat bayi sakit, contohnya saat bayi terkena pilek kita yang minum obat flu. Tetapi ahli per-asi-an mengatakan bahwa sebenarnya tidak berpengaruh, silahkan tentukan sikap menurut keyakinan masing-masing.

8. Busui tidak boleh tidur siang dengan posisi terlentang, harus posisi duduk

Alasannya adalah agar darah putih tidak naik ke mata yang menyebabkan mata menjadi minus. Saya pun tidak mengikuti mitos ini karena menurut teman yang sudah mengikuti pelatihan tentang ASI mengatakan bahwa hal tersebut hanya mitos dan kebetulan mata saya memang sudah minus.

Mitos Saat MPASI

Metode BLW (baby led weaning). Orang tua mendukung saya untuk memberikan MPASI dengan metode BLW dengan alasan jika dengan BLW maka makanan akan menjadi daging sementara kalau disuapin maka akan tidak menjadi daging. Walaupun alasannya tidak terlalu logis, saya senang karena saya dan orang tua satu visi misi dalam MPASI untuk bayi kami.

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

2 thoughts on “Mitos-Mitos Disekitar Ku

  1. mak Evrina salam kenal ya ^^
    saya ga percaya mitos mak, apalagi mitos2 ga masuk akal kaya orang hamil bawa gunting dll

    Posted by Arifah Abdul Majid | February 15, 2014, 12:44 pm

Leave a Reply

