//
you're reading...
Other

Cantengan

Cantengan, sebuah penyakit yang sepele tetapi cukup mengganggu dan menyakitkan, apalagi kalau cuma kesenggol atau tidak sengaja terinjak. Bukan main rasanya amat sangat tidak enak sampe bisa teriak.

Berawal dari salah gunting kuku jempol kaki, sebulan lebih saya harus merasakan cantengan. Awalnya saya pikir cantengan itu akan sembuh sendiri karena dulu saya hanya mengoleskan si cantengan dengan salep Gentamicin saja ternyata sembuh. Karena sudah sangat mengganggu akhirnya saya pergi ke dokter, dokter menawarkan 2 opsi:

1. Diobatin bohongan: pakai antibiotik dan salep, dijamin kempes tapi bisa kambuh lagi karena penyebabnya adalah kuku yang tumbuh ke dalam

2. Diobatin beneran: operasi kecil, kuku yang tumbuh ke dalam harus dipotong

Well, saya yang penakut sama jarum suntik dan teman-temannya memilih opsi 1. Cantengan sempet kempes, tapi beberapa minggu kemudian dia kambuh lagi. Akhirnya saya pilih opsi 2, walaupun takut tapi biar si cantengan pergi jauh.

Kemarin tanggal 17 Mei 2012 sore akhirnya saya operasi kecil. Sakitnya tidak seperti yang saya bayangkan, sakitnya hanya saat obat bius disuntikkan di dekat cantengan. Setelah itu hanya butuh waktu 15 menit operasi pun selesai. Dokter memberikan saya obat pengurang rasa sakit, antibiotik dan lain-lain. Tiga hari kemudian harus kembali lagi untuk buka perban.

Semoga si cantengan bener-bener pergi dan tidak ganggu-ganggu lagi. Saya juga potong kukunya harus benar jangan sampai membuat kuku salah tumbuh.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

