//
you're reading...
Other

Ngeblog Itu?

Bermula dari kenarsisan suami yang iseng bikin blog, katanya “tulisan di blog itu usianya bisa melebihi si penulis lho”. Masa sih? kalo dipikir-pikir bener juga, pasti data itu tersimpan ya. Aku masih belum ngerti blog itu apa, sering sekali suami mendorong agar rajin ngisi blog dengan rajin menulis, emang dasar masih males jadi cuek aj. Usia blog ini udah hampir 2 tahun, tulisan masih sedikit dan kadang-kadang tulisan gajebo (*ga jelas booo) dipost-in. Dan baru sadar sekarang kalo ngeblog itu penting buat ku hingga sekarang jadi ketagihan menulis di blog.

Ngeblog itu penting bagi ku, karena ngeblog itu:

1. Ga’ cuma narsis

Kadang aku suka memasukkan foto keluarga yang mungkin buat sebagian orang itu adalah hal yang narsis, bagiku itu hanyalah salah satu bentuk gambaran dari tulisan ku. Narsis di blog melalui tulisan bisa memberi manfaat ke orang lain, buktinya setiap hari ada saja orang yang berkunjung untuk melihat blog kami. Dan menurut teman yang menjadi silent reader katanya tulisan ku sebagian bermanfaat untuknya. Alhamdulillah, secara tidak langsung narsisnya dapat pahala juga (insyaAllah hehe)

Statistik jumlah pengunjung blog eyiyi

Statistik pengunjung blog evrinasp

2. Ga’ cuma eksis

Buat ku ngeblog itu ga cuma buat eksis di dunia maya dengan sering OL di internet. Sebagai seorang ibu aku perlu menambah wawasan dan pengetahuan untuk Alfi kelak, kadang aku eksis di internet untuk mencari informasi penting seperti seputar tumbuh kembang anak, menu masakan, kesehatan anak dan lain-lain yang nantinya akan ku tuangkan dalam tulisan di blog ku dan tentunya bermanfaat untuk orang lain. Apalagi dengan cepatnya arus perputaran informasi saat ini membuat kita harus rajin berkunjung ke internet. Tapi jangan sampe tergantung dan melupakan kewajiban kita ya

3. Menambah ilmu dan membuka pengetahuan

Ngeblog buat ku bisa menambah ilmu dan wawasan. Kadang kalau ingin menulis yang mengharuskan adanya sumber ilmiah mau ga mau aku akan mencari sumber informasi tersebut dan kadang aku jadi membuka koleksi buku kuliah ku dulu. Menambah pengetahuan yang baru dan mengingat kembali ilmu yang sudah terlupakan. Pernah, suatu ketika ternyata bahan yang aku cari ada ditumpukkan buku ku, kalo waktu itu aku ga kepingin ngeblog pasti buku itu ga akan ku buka lagi (emang dasar males sih)

4. Menghasilkan uang

Ngeblog itu bisa menghasilkan uang lho. Tergantung kita bisa memanfaatkannya atau tidak, dan aku belum neh. hehe Ngeblog bisa menghasilkan uang dengan cara menjadikan blog sebagai media promosi, ada temen ku yang membuka toko dan memasukkan barang yang ia jual melalui blog, lumayan kan media promosi gratis. Selain itu kita bisa memperoleh uang lewat lomba blog yang  kadang diadakan oleh suatu lembaga, komunitas, atau perusahaan yang melombakan produknya atau dalam rangka hari jadinya. Hadiahnya kadang berupa uang tunai, kadang gadget keren atau bahkan kendaraan bermotor. Asik kan! Aku juga sering ikutan lomba dan belum pernah menang (bangga ;p)

5. Menambah teman

Pernah denger istilah “blog walking” kan? itu adalah salah satu cara menambah teman dengan cara mengunjungi blog orang lain, orang tersebut nantinya akan gantian berkunjung ke blog kita (kalo mau hihi). Lewat blog walking dan ikutan komunitas blogger ternyata menambah jumlah teman ku di dunia maya, padahal sebelumnya tidak kenal sama sekali. Kadang kami berbagi informasi dan saling mendukung satu sama lain. sekarang jumlah teman di facebook, twitter dan blog ku bertambah dari sebelumnya cukup stagnan hoho

6. Memberikan manfaat untuk orang lain

Yang ini sudah saya jelaskan di point sebelumnya. Informasi dan tulisan yang kita anggap tidak terlalu penting ternyata dapat berguna untuk orang lain. Terbukti dari salah satu testimoni pengunjung dan komentar teman yang mengatakan kalau tulisan ku bermanfaat untuknya. Rasanya senang sekali kalau tulisan yang ga terlalu bagus bisa memberikan manfaat ya.

Testimoni dari pengunjung blog

7. Ga’ gaptek

Waktu itu saya masih males negblog lantaran masih gaptek dan ga ngerti cara ngeblog itu gimana. Dengan bantuan suami akhirnya sedikit demi sedikit mulai belajar cara memanage blog. Kalau dulu saya ga ngerti apa itu short url, apa itu widget dkk, sekarang sudah mengerti karena sering ikut lomba yang mengharuskan memasang banner dan membuat short url. Alhamdulillah. Selain itu tema lomba yang kadang berbau teknologi dan kasus tertentu mebuat saya banyak membaca dan mencari informasi terkini yang menambah ilmu pengetahuan.

Menurut ku itu adalah beberapa hal tentang blog, tergantung teman-teman bagaimana memandang blog itu dan semoga blog nantinya dapat memberikan manfaat.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: