//
you're reading...
Other

Gotong Royong di Bulan Ramadhan (Proyek Jalan PNPM Mandiri)

Alhamdulillah mulai ngeblog lagi, baru sempet megang nebi setelah beberapa minggu off karena sibuk dengan ibadah (weitsss… pencitraan banget neh). Jangan salah paham dulu, ibadah disini maksudnya ibadah jadi seorang ibu a.k.a ngasuh Alfi. Selama bulan ramadhan ini hampir full ngasuh Alfi sendiri karena Mbahnya kan lemes pas puasa. Jadinya nebi dan tulisan bener-bener terbengkalai (aslinya sih males aj).

Untuk hal yang satu ini perlu masuk ke dalam tulisan di blog karena memiliki makna dan lekat banget sama orang indonesia. Kemarin sekitar minggu kedua hingga minggu terakhir di bulan ramadhan ini, di lingkungan tempat tinggal ku sudah melakukan kegiatan gotong royong membangun jalan. Proyek ini didanai oleh PNPM mandiri dan swadaya dari masyarakat. Oke, biar lebih jelas kita bahas satu-satu ya.

Papan pengumuman pengerjaan proyek

Siapa yang ga’ tahu dengan istilah gotong royong? kalo dulu dipelajaran PPKN pasti selalu dibahas tentang gotong royong. Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Katanya berasal dari gotong yang berarti kerja, royong berarti bersama (Wikipedia, 2012). Gotong royong seperti itulah yang kemarin dilakukan oleh bapak-bapak, ibu-ibu, dan pemuda pemudi di lingkungan kami dalam membangun jalan desa. Kegiatan dilakukan malam hari setelah shalat tarawih sekitar pukul 21.00 WIB. Proyek jalan ini berupa pengaspalan jalan sepanjang kurang lebih 300 m. Berpuasa hampir 12 jam penuh tak menghalangi semangat para warga untuk bahu membahu membangun jalan. Aku tak sempat mengabadikan moment ketika para warga bekerja di malam hari, sangat ramai dan semangat sekali. Setelah lelah bekerja, giliran para ibu yang bahu membahu menyiapkan makan dini hari sekaligus sahur bersama. Makan bersama ini dimulai setelah pengerjaan jalan selesai sekitar pukul 01.00 WIB. Lagi-lagi aku tak sempat mengabadikan moment yang baik ini lantaran harus menemani Alfi tidur, tapi sempet juga mencicipi masakan ibu-ibu yang oke punya.

Proyek jalan ini didanai oleh PNPM Mandiri sebesar Rp. 34.000.000,- dan Rp. 15.000.000,- dari swadaya masyarakat. Prosesnya dimulai dengan mengajukan proposal kepada pemerintah setempat melalui desa. Disitus internetnya dijelaskan bahwa PNPM Mandiri adalah program nasional penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat.Untuk proyek jalan ini termasuk komponen Bantuan Langsung Masyarakat. Komponen Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) adalah dana stimulan keswadayaan yang diberikan kepada kelompok masyarakat untuk membiayai sebagian kegiatan yang direncanakan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan terutama masyarakat miskin.

proyek jalan PNPM Mandiri desa bojongbaru

Dulu, ketika aku masih duduk di sekolah menengah atas (SMA) sempet protes ke ortu kenapa punya rumah kok di kampung yang jauh dari jalan raya, setiap musim hujan jalanan desa pasti becek, bikin sepatu jadi kotor penuh lumpur. Pernah juga ngerasain banjir, karena air sungai meluap di jalanan sekitar sawah. Tetapi sejak duduk di bangku kuliah hingga sekarang ini saya malah bersyukur tinggal di desa, karena tinggal di desa tidak seperti tinggal di kota yang ramai, penuh polusi, panas dan sering kena banjir. Alhamdulillah di desa ku ini masih banyak pepohonan dan sejuk walaupun sudah mulai padat dengan pendatang baru, ditambah dengan akses jalan yang mulai banyak dibuka membuat aku kian bersyukur. Dengan adanya proyek jalan ini membuat desa mulai ramai dan tentunya tidak becek lagi. Setelah ini mau gotong royong apalagi ya?

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Gotong_royong

http://www.pnpm-mandiri.org/index.php?option=com_content&view=article&id=54&Itemid=267

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: