//
you're reading...
Tips

Toyo Petak’

Melihat judul di atas kalau orang asli jawa pasti tahu artinya apa, toyo petak’ artinya adalah air putih. Bahasa ini ku temukan saat dulu masih bekerja di Kediri, kalau disana habis makan mesti minumnya air teh manis, tetapi aku dan teman-teman yang berasal dari Jawa Barat seringnya request si Toyo Petak’ atau paling engga teh tawar. Hal itu membuat orang-orang disana terheran-heran kok senengnya malah teh tawar atau cuma air putih saja.

Aku penggemar teh manis, tetapi sejak hamil bahkan menyusui sekarang ini lebih senang dengan air putih. Jarang sekali aku minum teh manis atau air yang ada rasanya seperti sirup dan teman-temannya, tetapi kalau jus buah pasti aku hajar hehe. Kalau minum air yang ada rasanya haus seakan tidak hilang, bila aku sudah minum air putih haus dahaga seperti terbayarkan. Sepupu ku heran melihat kebiasaan ku minum air putih, dia bertanya apa aku ga’ suka mengkonsumsi teh atau kopi karena setiap bertandang ke rumahnya aku mintanya air putih. Air putih penting buat ku, sebelum dan setelah bangun tidur pasti yang aku cari air putih, setelah minum air putih saat bangun tidur aku merasakan sel-sel tubuh ku segar kembali sehingga tidak membuat ku duduk terdiam lama setelah bangun tidur (kadang orang bilang nyawa belum terkumpul).

Jangan sepelekan air putih lho, aku barusan mengantar mamah ke dokter karena sejak lebaran mamah sakit lantaran kekurangan air putih selama puasa (ga’ usah ku sebutkan ya sakitnya apa). Dokter berkali-kali menasehati mamah untuk banyak minum, itu pointnya, aku sendiri pernah sembelit saat puasa kemarin karena kurang konsumsi air walaupun banyak makan buah. Jadi, air putih itu penting.

Manfaat air putih banyak lho, ini dia manfaatnya (dirangkum dari www.muslimah.or.id):

1. Memperlancar sistem pencernaan

2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan

4. Untuk kesuburan

5. Menyehatkan jantung

6. Sebagai obat stroke

7. Efek relaksasi

8. Menguruskan badan

9. Tubuh lebih bugar

Sedangkan akibat yang didapat jika kita jarang minum air putih adalah (dirangkum dari www.berita unik.net):

1. Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

2. Komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.

3. Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.

4. Rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

5. Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

6. Kulit jadi kusam karena kurang minum membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.

7. Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil

Betapa pentingnya air bagi kehidupan kita, apalagi untuk dikonsumsi sebagai minuman membuat kita tak menyepelekan keberadaannya. Melalui bukunya yang berjudul “The True Power of Water”, Dr. Masaru Emoto, seorang peneliti dari Jepang yang menemukan fakta bahwa air mengekspresikan sifat aslinya dalam bentuk kristal es menjelaskan bahwa pada konsep terbentuknya manusia, telur yang dibuahi 96%-nya adalah air, setelah lahir, 80% tubuh seorang bayi adalah air, semakin tubuh berkembang persentasi air berkurang dan menetap sampai batas 70% ketika manusia mencapai usia dewasa. Lebih lanjut Beliau mengatakan air yang sensitif terhadap suatu bentuk energi yang sulit dilihat disebut Hado. Bentuk energi yang sulit dilihat inilah yang dapat mempengaruhi kualitas air dan kristal air yang terbentuk. Kualitas air dapat menjadi baik atau buruk bergantung pada informasi yang diterimanya. Alangkah baiknya jika kita memberikan informasi positif dan memperlakukan air dengan baik terlebih untuk air yang akan kita minum supaya manfaat air minum benar-benar terasa dan memberikan energi positif terhadap tubuh kita.

Makanya, mulai dari sekarang cintailah air, jangan malas minum air putih karena air putih yang mudah kita temukan dimana-mana ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan kita.

Referensi:

Emoto, Masaru. 2006. The True Power of Water. Bandung: MQ Publishing.

http://www.beritaunik.net/tips-trik/akibat-bila-malas-minum-air-putih.html

http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/manfaat-menakjubkan-air-putih.html

 

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: