//
you're reading...
Contest

Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org Ringankan Beban Mereka

Kaum Dhuafa, Sumber: http://www.pasarkreasi.com

Manusia sebagai makhluk sosial keberadaanya tak luput dari bantuan orang lain. Walaupun secara fisik kita mampu secara finansial, keberadaan orang lain tetap kita perlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Kita dapat berbagi, bermasyarakat, bertukar ilmu dan pengalaman dengan kehadiran orang lain di sekitar kita. Kita tak dapat hidup sendiri karena kita adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain. Rasa sosial yang kita miliki timbul dan bersimpati tak kala melihat orang lain dalam keadaan susah. Membantu sesama tidaklah rugi karena hal tersebut akan menjadi tabungan kita diakhirat nanti. Bagi orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi pasti akan terpanggil hatinya bila orang lain membutuhkan uluran tangan kita.

Semua agama mengajarkan kita untuk saling menolong dan saling mengasihi antar sesama umat manusia. Dalam ajaran agama islam sendiri jika kita membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan maka kita akan mendapatkan balasan yang setimpal saat diakhirat nanti. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist berikut ini (Rumahislam, 2012):

عن ابي هريرة – رضي الله عنه قال- عن النبي صلى الله عليه و سلم قال – من نفس عن مؤمن كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من مرب يوم القيامة ، ومن يسر على معسر يسر الله عليه في الدنيا و الآخرة ، ومن ستر مسلما ستره الله فى الدنيا و الآخرة ، و الله في عون العبد ما كان العبد في عون أخيه . و من سلط طريقا يلتمس فيه علما سهل الله به طريقا الى الجنة ، وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله و يتدارسونه بينهم إلا نزلت عليهم السكينة و غشيتهم الرحمة و حفتهم الملائكة و ذكرهم الله في من عنده ، و من بطأ به عمله لم يسرع به نسبه – رواه مسلم بهذا اللفظ

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau bersabda : “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutup aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya. Barang siapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, pasti Allah memudahkan baginya jalan ke surga. Apabila berkumpul suatu kaum di salah satu masjid untuk membaca Al Qur’an secara bergantian dan mempelajarinya, niscaya mereka akan diliputi sakinah (ketenangan), diliputi rahmat, dan dinaungi malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan makhluk-makhluk lain di sisi-Nya. Barangsiapa yang lambat amalannya, maka tidak akan dipercepat kenaikan derajatnya”. (Lafazh riwayat Muslim)

Hadits tersebut memuat keutamaan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan orang mukmin, memberi manfaat kepada mereka dengan fasilitas ilmu, harta, bimbingan atau petunjuk yang baik, atau nasihat dan sebagainya. Lebih lanjut dijelaskan bahwa seseorang apabila mempunyai keinginan kuat untuk menolong saudaranya, maka sepatutnya harus dikerjakan, baik dalam bentuk kata-kata ataupun pembelaan atas kebenaran, didasari rasa iman kepada Allah ketika melaksanakannya.

Adalah kewajiban kita menolong kaum dhuafa yang memang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Siapakah kaum dhuafa?, kaum dhuafa adalah sebuah kelompok manusia yang dianggap lemah atau mereka yang tertindas. Pengertian kaum dhuafa dari beberapa segi yaitu (Adnan, 2009):

  • Dari segi ekonomi adalah mereka yang fakir dan miskin (tertekan keadaan) bukan karena malas.
  • Dari segi fisik adalah mereka yang kurang tenaga (bukan karena malas)
  • Dari segi otak adalah mereka yang kurang cerdas (bukan karena malas)
  • Dari segi sikap adalah mereka yang terbelakang (bukan karena malas)

Jadi, kaum dhuafa terdiri dari orang-orang yang terlantar, fakir miskin, anak-anak yatim dan orang cacat, serta orang-orang yang menderita hidupnya secara sistemik dimana mereka setiap hari berjuang melawan kemiskinan

Indonesia yang merupakan negara berkembang masih memiliki banyak penduduk miskin yang membutuhkan uluran tangan kita. Jumlah penduduk miskin di Indonesia tahun 2010 sebesar 30,018,930 jiwa dari total seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah 237,641,326 jiwa dengan persentase sebesar 12.49 % (BPS, 2012).Jumlah tersebut merupakan total jumlah penduduk miskin di kota dan desa, dengan jumlah terbanyak berasal dari desa. Pemerintah memang telah berupaya untuk mengurangi jumlah penduduk miskin tiap tahunnya melalui program bantuan sosial seperti rumah sangat murah, kendaraan angkutan umum dan listrik murah, air bersih, peningkatan kehidupan nelayan dan masyarakat pinggir perkotaan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), beras bersubsidi atau beras untuk rumah tangga miskin (Raskin), program keluarga harapan (PKH), jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, serta kredit usaha rakyat (KUR) (Suara Pembaruan, 2011). Namun, ada baiknya jika kita turut serta membantu pemerintah untuk meringan beban rakyat miskin agar mereka dapat meningkatkan kesejahteraannya. Kita dapat membantu meringankan beban mereka dengan ikut berpartisipasi memberikan donasi dari rejeki yang kita miliki baik berupa Zakat, Infak dan Shadaqah melalui lembaga-lembaga yang memang memiliki andil didalamnya.

Dompet Dhuafa

Salah satu lembaga yang concern dalam mengangkat kesejahteraan kaum dhuafa adalah Lembaga Zakat Dompet Dhuafa. Lembaga yang dikukuhkan pada tanggal 10 Oktober 2001 oleh pemerintah melalui Departemen Agama Republik Indonesia sebagai Lembaga Zakat Nasional (Lembaga Amil Zakat) ini adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga) (Dompetdhuafa, 2012). Kita dapat mendonasikan sebagian rejeki untuk meringankan beban saudara kita melalui Lembaga Zakat Dompet Dhuafa karena lembaga ini terbukti memiliki profesionalitas, integritas dan loyalitas dalam mengangkat harkat sosial kaum dhuafa. Terlebih dengan semakin majunya teknologi, Dompet Dhuafa semakin mempermudah bagi para donatur maupun pemohon untuk berpartisipasi secara online dengan meluncurkan program mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org.

Mudahnya Meringankan Beban Kaum Dhuafa Melalui Marimembantu.org

Dahulu ketika hendak berzakat, berinfak atau shadaqah saya sempat bingung karena kurang yakin akan keabsahan lembaga yang mengadakan, terkadang ada yang mengatas namakan suatu lembaga ternyata hasil donasi yang terkumpul sebagian dipakai untuk kepentingan pribadi. Karena alasan tersebut maka saya jarang memberikan infak secara langsung terhadap orang yang mengatasnamakan lembaga tersebut. Kemudian saya beralih ke lembaga yang memang sudah terkenal, independent dan teruji profesionalitasnya dalam menyalurkan ZISWAF. Biasanya saya mendonasikan sebagian rejeki yang saya miliki melalui mesin ATM setiap bulannya. Pernah suatu ketika karena terburu-buru menyebabkan saya belum memberikat zakat yang merupakan hak kaum dhuafa lantaran keperluan yang mendesak, sementara saya tak bisa kembali ke ATM sehingga membuat saya lupa untuk memberikan zakat bulan itu. Kini jika saya kembali mengalami hal yang sama maka saya tak perlu khawatir karena dapat mendonasikan sebagian rejeki secara online melalui mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org yang digagas oleh Lembaga Zakat Dompet Dhuafa. Kita dapat menggunakan handphone, netbook, tablet PC dan sebagainya untuk menyalurkan donasi secara online tanpa harus pergi ke mesin ATM.

Melalui situs internetnya (www.marimembantu.org) Marimembantu.org menjelaskan bahwa lembaga ini adalah sebuah “do-it-yourself” penggalangan dana online yang akan membantu ribuan orang untuk membantu mereka yang membutuhkan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa Marimembantu.org memungkinkan orang untuk mencapai hal-hal luar biasa dengan mudah menggunakan website donasi pribadi. Kita dapat memposting permohonan bantuan di Marimembantu.org yang akan diverifikasi oleh Yayasan Dompet Dhuafa. Setelah proses verifikasi selesai maka yayasan akan mempublish permohonan bantuan kita.

Kita tahu saat ini banyak orang menggunakan jejaring sosial sebagai media komunikasi. Jejaring sosial yang sering digunakan oleh banyak orang adalah Facebook dan Twitter. Setiap orang menggunakan jejaring sosial ini untuk berbagi cerita, melakukan bisnis, melakukan kegiatan perlombaan, membuat grup atau bertukar informasi. Marimembantu.org memudahkan kita untuk saling berbagi dengan menggunakan Facebook dan Twitter sebagai media untuk menggalang dana online. Kita dengan mudah mengundang keluarga dan teman-teman melalui jejaring tersebut untuk menyumbangkan sebagian rejeki yang dimiliki bagi yang membutuhkan. Cara menggalang dana dengan cukup mendaftar atau login melalui Facebook dan Twitter, membuat postingan donasi yang kita butuhkan, berbagi link dengan teman dan mengumpulkan sumbangan. Untuk biaya, kita tak perlu khawatir karena Marimembantu.org adalah media sosial yang sama sekali tidak menagih biaya sepeserpun. Bagi donatur juga tidak dikenakan biaya apapun untuk menyumbangkan ke halaman postingan Marimembantu.Org yang kita buat. Jadi tunggu apa lagi? ayo bantu sekarang!

Mulailah Sekarang Juga Berpartisipasi Bersama Marimembantu.org

Bagaimana cara berpartisipasi dengan Marimembantu.org? Berikut ini adalah Cara Kerja Marimembantu.org. Mari membantu.org membuatnya menjadi sangat mudah untuk memulai berbagi dan memohon bantuan di Marimembantu.org. Dalam Marimembantu.org, pengguna di bagi 2 kepentingan yaitu Penyumbang dan Pemohon Bantuan.

Memulai untuk Memohon Bantuan

  1. Login cepat menggunakan twitter atau facebook
  2. Klik tombol “Mulai Permohonan”
  3. Mulailah mengisi form data-data sesuai dengan step-step yang telah ditentukan
  4. Setujui syarat dan kondisi lalu submit data permohonan
  5. Permohonan anda akan di proses dan dikonfirmasi terlebih dahulu oleh Dompet Dhuafa sebelum ditampilkan di website Marimembantu.org

Langkah-Langkah Untuk Memohon Bantuan Melalui Facebook

Memulai untuk Membantu

  1. Login cepat menggunakan twitter atau facebook
  2. Pilihlah dan klik tombol “DONASI SEKARANG!” pada kasus yang ingin Anda bantu
  3. Setelah Anda masuk kedalam halaman kasus, Anda dapat langsung membagi informasinya kepada teman-teman Anda lewat tombol shered facebook dan twitter
  4. Pilihlah voucher bantuan yang terdapat pada halaman kasus tersebut
  5. Setelah itu, Anda langsung masuk kedalam halaman cart, disini Anda bisa menambah voucher bantuan lagi untuk membantu kasus yang lain
  6. Klik tombol “lanjutkan”, Anda akan masuk ke halaman mengisi form identitas guna melengkapi informasi data diri Anda sebagai penyumbang
  7. Setelah itu, pembayaran voucher sumbangan akan dilakukan di dalam sistem iPayMu
  8. Pembayaran voucher selesai, pembayaran akan diterima, dikonfirmasi dan disalurkan oleh Dompet Dhuafa dengan sebaik-baiknya

Memulai Membantu dengan Menggunakan Facebook

Marimembantu.Org merancang sedemikian rupa agar kita mengetahui bagaimana kita menerima donasi secara online. Segera setelah sign-up kita akan berbagi link donasi halaman kita dengan teman, rekan dan keluarga. Pengunjung yang mengunjungi halaman donasi akan melengkapi sumbangan mereka pada halaman postingan menggunakan payment online iPayMu dan kita akan langsung menerima setiap pembayaran. Seluruh proses tersebut hanya memakan waktu kurang dari satu menit. Sebuah account iPaymu yang dibuat untuk kita nantinya selama proses pendaftaran akan dikenakan beban biaya atau tidak tergantung pada pilihan yang kita tentukan, iPaymu akan digunakan untuk memproses pembayaran. Kedua layanan membebankan biaya yang kecil pada setiap pembayaran yang kita terima.

Kita segera mendapatkan donasi setelah target penggalian dana terpenuhi dan pihak Dompet Dhuafa telah mengkonfirmasi bahwa permohonan bantuan selesai dan keberadaan kita benar adanya. Jadi bagi para pemberi bantuan tak perlu khawatir akan adanya kasus penipuan yang mengatas namakan penggalangan dana karena pihak Dompet Dhuafa akan mengkonfirmasi setiap pemohon adalah benar adanya dan benar-benar mebutuhkan. Bagi pemohon juga tak perlu khawatir karena setiap pembayaran yang kita terima melalui halaman postingan adalah milik kita. Marimembantu.Org akan terus menerima sumbangan bahkan setelah jangka waktu target dana kita terpenuhi. Kelebihan yang dimiliki Marimembantu.org adalah halaman sumbangan yang cantik dan fitur berbagi yang kuat serta memberikan perintah pusat online penggalangan dana lengkap yang membuat kita akan merasa yakin.

Berikut adalah contoh halaman donasi di Marimembantu.org yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa wilayah Tanggerang Kategori Pemberdayaan Komunitas.

Salah Satu Halaman Donasi Marimembantu.org

Pada halaman donasi ini terdapat beberapa menu seperti deskripsi, gambar, jumlah penyumbang, komentar dan menu bagikan. Menu deskripsi menggambarkan latar belakang penggalangan dana itu dilakukan. Pada halaman donasi ini menjelaskan deskripsi tentang penggalangan dana untuk Penderita Gangguan Jiwa Terlantar yang sebagian besar hidup terlantar dijalan dan menjadi gelandangan. Penggalangan dana ini dilakukan oleh Dompet Dhuafa yang bekerjasama dengan Yayasan Keris Nangtung untuk mengajak masyarakat mendukung program penanggulangan penderita gangguan jiwa.

Pada kolom donasi akan terlihat jumlah dana yang sudah terkumpul serta target yang dana yang akan dikumpulkan. Disana juga dijelaskan tenggang waktu pengumpulan donasi. Untuk menyumbang, kita dapat memilih voucher donasi sesuai dengan kemampuan kita, voucher yang tersedia adalah Rp. 100.000,- dan Rp. 50.000,-. Agar donasi dapat meningkat maka kita dapat membantu dengan mengirimkan berita penggalangan ini ke jejaring sosial Facebook dan Twitter melalui menu bagikan dengan harapan jumlah pendonasi bertambah sehingga donasi yang terkumpul dapat meningkat.

Sangat mudah bukan? Jadi tunggu apalagi, mari kita bantu saudara-saudara yang membutuhkan uluran tangan kita. Dengan membantu mereka berarti ikut dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya yang sejahtera adil dan makmur. Mulailah sekarang juga!.

Tulisan ini diikutsertakan pada Blog Review Contest Bantu Indonesia yang diselenggarakan oleh Marimembantu.org dan mendapatkan Juara 3

Referensi:

Adnan, W. 2009. Kepedulian Kepada Kaum Dhuafa. http://wizaradnan.blogspot.com/

Badan Pusat Statistik. 2012. Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin, Garis Kemiskinan, Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1), danIndeks Keparahan Kemiskinan (P2) Menurut Provinsi, 2011. www.bps.go.id.

Hadist arbain Nawawi. 2008. Arbain Nawawi No. 36 – Sesama Muslim Saling Membantu. http://rumahislam.com/hadis/arbain-imam-nawawi/102-nawawi36.html

Suara Pembaruan. 2011. Inilah Program Pemerintah Untuk Rakyat Miskin. Edisi Kamis 26 Mei 2011. http://www.suarapembaruan.com/ekonomidanbisnis/inilah-enam-program-pemerintah-untuk-rakyat-miskin/7216

www.marimembantu.org

www.dompetdhuafa.org

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

22 thoughts on “Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org Ringankan Beban Mereka

  1. Sedekah, memang tidak semua orang bisa melakukannya, hanya orang-orang tertentu yang sedekahnya akan sangat bernilai, keikhlasan merupakan kunci yang harus kita jaga dengan baik, agar kelai apa yang kita sedekahkan mampu menjadi amal ibadah yang berpahala. Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org merupakan salah satu cara yang cukup menarik untuk kita kerjakan.

    Posted by Rizki Khaizir | September 24, 2012, 9:19 am
  2. Waaaah, ikut lomba ini juga ya Mbak. Aku juga mau ikut tapi belom mulai nulis. Padahal 200 tulisan pertama dapet kaos kan ya. T_____T

    Yang lomba dari Alfamaret sama VOA ikut juga gak, Mbak? ^^

    Posted by octanh | September 27, 2012, 8:09 pm
  3. saya sangat menbutuhkan bantuan dari pihak management yg menangani ini,pondok pesantren di tempat saya mengalami pemberhentian pembangunan karena dana yang digunakan sudah habis,saya mohon dengan sangat untuk mendapatkan donatur supaya pembangunan bisa di lanjutkan lagi 081334387618 atas nama RIKY MAHMUD

    Posted by riky mahmud | October 23, 2012, 6:52 am
    • punya akun fb atau twitter? qt bs menggalang dana menjadi pemohon bantuan dgn login menggunakan akun fb or twitter supaya permohonan qt bisa si share d jejaring tsb yg memungkinkan org byk yg tau jdnya. carany seperti yg aq jelasin d atas y

      Posted by evrinasp | October 23, 2012, 7:00 am
  4. selamat ya ev kerennn🙂

    Posted by rodamemn | November 30, 2012, 6:24 am
  5. Mantap, selamat jadi winnernya…

    Posted by joogja circles | December 1, 2012, 2:35 am
  6. artikelnya lengkap banget, memang amat layak menjadi pemenangnya.
    Selamat ya mbak…

    Posted by niken | December 1, 2012, 4:21 pm
  7. apakah ada dr kalian yg ingiin membantu anak kkak sy msh bayi bru 6 bln yg sakit, disekitar mata dan hidung ada cairan dan itu hrus sgra dpriksakan, kmungkinan hrs dioprasi tp krna kterbatasan dana, smpai saat ini blm bs. jk serius mau mnolong bs hub sy 081931173723. jka dkira sy nipu sy bs hantarkan langsung ke kakak sy. smg ada yg mau menolong.

    Posted by winnie | October 2, 2013, 9:30 am
  8. Saudara saya sedang dalam masa akan melahirkan. dan dia mengalami kesulitan ketika melahirkan sehingga harus di sesar. perkiraan kelahiran bayi adalah akhir september ini tapi karena saran dokter untuk disesar maka harus segera dioperasi dalam waktu dekat ini dikarenakan selaput ari sudah dibawah dan bayi tidak dapat berputar. namun kendalanya adalah masalah keuangan yang masih kurang sekitar 6,5 juta dan akan digunakan pada hari minggu besuk 6 September 2015. jika ada yang berminat untuk menyumbangkan sebagian rizkinya untuk di donasikan silahkan transfer ke rekening BNI Syariah 0383568089 a.n Khusnul Faizin. saya sangat berharap saya bisa mendapatkan hasil dari usaha ini.

    Posted by Khusnul Faizin | September 5, 2015, 1:02 pm
  9. saya ingin usaha sendiri tida mau jadi beban bagi kedua orang tua aku saya untuk biyaya pengobatan saya dan kedua orang tua saya

    Posted by Winda Almira (@AlmiraWinda) | October 15, 2015, 2:11 pm
  10. Bila ada dari saudara saudaraku yang ingin membantu dan bersedekah dari sebagian rizqi nya untuk anak anak asuh kami silahkan transfer ke rekening BCA 2350360291 an Agus Setiodewo semoga amal ibadah saudara yang bermurah hati diterima Alloh SWT

    Posted by agus | November 18, 2015, 10:46 am
  11. mohon bantuan “Jika Bapak Ibu punya tetangga yatim
    piatu, bawa ke sini saja. Akan kita
    sekolah kan secara gratis. Anak yatim
    pada umumnya ingin cari sekolah, tapi
    mereka tak berani ngomong. Jadi kita
    tak seharusnya menunggu mereka meminta. Kitalah yang harus
    menawarkan pada mereka. Saya
    sendiri sudah melakukan jemput bola,
    mencari anak yatim ke berbagai kota
    di Indonesia. Alhamdulillah, hasilnya
    lumayan. Anak-anak yang bersekolah di sini berasal dari berbagai kota. Saya
    hendak mengajak teman-teman
    semua untuk menambah pahala,
    sebagai bekal kehidupan kita di
    akhirat kelak. Jika teman-teman ingin
    berdonasi untuk Nurul Amal, dipersilahkan. Bisa langsung
    mentransfer ke rekening yang saya
    sebutkan di bawah ini. Namun jika
    teman-teman hendak cari tahu dulu
    (misalnya karena belum yakin), atau
    jika ingin mengantar langsung sumbangan Anda, dipersilahkan.
    Anda bisa datang ke alamat Yayasan
    Nurul Amal: Jl. Amil Wahab No. 45 RT
    004 RW 09, Kramat Jati, Jakarta Timur
    13510 (letaknya tidak jauh dari
    kantor kelurahan Kramat Jati)
    ===================== Nomor
    Rekening untuk Donasi BCA KCP
    Kepanjen 1230553731 a/n Sapto
    Kusuma Wardhana.Setelah transfer,
    harap konfirmasi ke nomor 081233662688 (nanang kosim)

    Posted by danish ahnaf kusuma | January 3, 2016, 10:33 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: