//
archives

Archive for

Ngeblog Itu (2)

Sebelumnya aku sudah mengutarakan tentang asiknya ngeblog beserta manfaatnya. Manfaat ngeblog terasa banget buat aku, aku senang jika tulisan ku yang ecek-ecek itu ternyata dapat membantu orang lain. Seperti kemarin ada salah seorang blog walker sebut saja begitu yang terbantu dengan postingan ku mengenai persalinan Sectio Caesar (SC). Tulisan tentang SC memang sering sekali di view oleh para pencari info persalinan, hampir setiap hari pasti banyak yang mampir pada postingan tersebut. Aku menulis tema tersebut bukan bermaksud untuk menyarankan orang-orang untuk melakukan SC, tetapi lebih kepada alasan medis kenapa harua melakukan SC beserta baik buruknya.

image

Total view of my blog in October 2012

image

judul postingan yang banyak dikunjungi

image

tembus angka 212

Hari rabu tanggal 30 Oktober 2012 total pengunjung blog mencapai angka 212 (digambar baru 211). Angka yang bikin aku berkata ‘wow’ tapi ga sambil koprol lho, karena kalau hari-hari biasa paling banyak pengunjung hanya mencapai angka seratusan. Dulu juga pernah melejit angka pengunjung blognya lantaran habis memenangkan kontes (padahal baru dua kali menang udah sombong hehe). Setelah dicek ternyata pengunjung blog banyak yang membaca tentang postingan pengalaman melahirkan secara SC. Aku hanya berpikir apa bulan November banyak yang akan melahirkan ya. Semoga saja informasi yang ku berikab bermanfaat untuk mereka. Selain tentang SC pengunjung blog banyak yang membaca seputar perawatan kelinci dan tentang kontes blog yang sedang aku ikuti yaitu kontes blig citra whitening. Semoga informasi yang aku berikan juga bermanfaat dan lebih bersyukur lagi kalo bisa menang (ngarep niyeee).

Itulah beberapa manfaat blog, yang jelas ga cuma asal nulis aja, tulisan kita sesederhana apapun ternyata dapat berguna untuk orang lain. Makanya ayo ngeblog hehe.

My Busy Day

Gaya bener busy day judulnya. Padahal cuma di rumah aja, tapi memang hari ini cukup melelahkan karena harus make over kamar sampe ga sempet tidur siang.

Kamar harus diubah beberapa sisi supaya kalau meninggalkan Alfi sendirian ga khawatir lagi.  Karena Alfi senang guling-guling di kasur maka pernah sekali akhirnya Alfi terjatuh dari kasur. Kemarin mulai dari jam 8 pagi aku sudah mulai bongkar tempat tidur. Aku memutuskan untuk tidak memakai tempat tidur dan langsung meletakkan kasur di lantai saja. Selain lebih dingin berada di bawah juga lebih aman dan bebas berguling ria.

image

kamar yg sudah di makeover jadi lebih luas

Selain membongkar tempat tidur aku juga merubah beberapa tumpukan kardus agar ga’ kelihatan bulky. Selain itu aku menaruh meja kecil di sisi kiri kamar agar lebih kelihatan luas. Kegiatan make over kamar baru selesai jam 11 siang. Belum sempet istirahat saatnya nemenin Alfi maksi (makan siang). Dasar Alfi, mamahnya cape tapi malah ngajak main dan tumben dia kok ga tidur siang ya.

Sekitar pukul 13.00 WIB aku harus ke BKPP untuk memesan seragam kopri yang baru. Ternyata jalanan lurua yang langsung menuju pemkab bogor dari tempat ku berada diblokir lantaran ada demo dari pekerja buruh yang menuntut penghapusan sistem outsourching. Syukurlah meski.harus menahan panas serta jalan.motor agak tersendat sesampainya di bkpp langsung ketemu Pak Aziz. Urusan dengan beliau selesai maka aku langsung capcus ke rumah.

Sampai di rumah sekitar pukul 14.00 WIB. Alfi sudah menunggu, belum istirahat lagi. Ya sudah beres-beres kamar dilanjut besok saja. Alhamdulillah sore hari hujan, karena kecapean selepas magrib langsung tepar bersama Alfi.

Nah, hari ini aku lanjut beres-beresnya. Kali ini bongkar baju lamanya Alfi. Kata mamah baju kodoknya yang dulu masih bisa dipakai jadi daripada disimpen mending dipake lagi aja kalau masih muat. Sambil ditemani Alfi akhirnya ku bongkar kardus itu. Saat melihat baju-baju Alfi yang dulu jadi senyum sendiri, aku menunjukan beberapa potong baju yang dulu ke Alfi. Alfi malah asik ngacak-ngacak. Aku menemukan beberapa benda saat Alfi masih bayi dulu yaitu gelang tangan yang dipakai aku dan Alfi dulu saat lahiran serta bekas puput pusarnya. Mamah masih nyimpen lho fi, eh Alfinya cuek.

image

Alfi ikut acak2 kamar

image

kiri: baju Alfi usia 6 bulan, kanan: usia 1 tahun

image

atas: gelang mamah, tengah: gelang Alfi, bawah: puput pusar Alfi

Akhirnya makeover kamar selesai juga. Sekarang tinggal main sama Alfi aja. Kalo kamar.berantakan ga repot lagi buat ngeberesinnya.

Perjuangan Itu Berbuah Manis

Aku menyebut hal ini sebagai perjuangan karena apa yang aku lakukan sangat menentukan masa depan diriku pribadi, terlepas dari peran ku sebagai seorang ibu dan seorang istri, aku ingin melepaskan diriku dari ketidakjelasan dalam menentukan langkah selanjutnya. Hanya ada dua pilihan saat itu, lulus tes atau kembali ke tempat yang sangat aku tidak ingin berada di sana meski itu ada perintah dari suami. Inilah beberapa langkah perjuangan ku yang mungkin untuk sebagian orang biasa saja tetapi amat berarti buat ku.

Berawal pada pertengahan bulan Juli 2012 ada SMS dari teman ku Heny yang mengabarkan tentang adanya rekrutment CPNS untuk beberapa kementerian dan pemda yang dikecualikan mengingat tahun ini moratorium penerimaan CPNS masih dilakukan. Baiklah aku akan mencobanya, aku tertarik dengan rekrutment CPNS yang diadakan oleh Kemenkumham karena posisi yang ditawarkan sebagai pembina napi (posisi yang buat ku sangat menantang) dan latar belakang yang dibutuhkan juga sesuai dengan background ku yang sarjana pertanian. Mulailah aku mengurus beberapa persyaratan seperti membuat SKCK yang dimulai dari pembuatan surat pengantar dari desa, kecamatan dan polsek Bojonggede. Saat membuat persyaratan ini aku sangat membuat Bapak ku sibuk dan lelah karena bolak balik mengantar ku. Aku hanya berharap agar perjuangan ini berbuah manis setidaknya untuk Bapak. Kemudian persyaratan lain yang harus aku persiapkan adalah surat keterangan sehat dari dokter umum dan dokter spesialis THT. Dalam membuat surat ini pun penuh perjuangan karena antriannya panjang dan membuat ku harus lama meninggalkan Alfi. Semua persyaratan siap dan akupun segera mengirimkannya.

Alhamdulillah ternyata aku lolos seleksi administrasi. Tinggal belajar saja untuk persiapan tes. Namun, entah mengapa aku merasa diberikan petunjuk oleh Allah SWT, pada tanggal 26 Juli 2012 aku tak sengaja ke kantor pos untuk mengirim paket yang harus aku kembalikan ke kakak kelas, kakak kelas waktu itu memintanya mengirimkan via JNE, karena JNE belum ada di dekat rumah akhirnya aku memutuskan ke kantor pos. Saat berada disana aku tak sengaja membaca pengumuman tentang rekrutment CPNS Kabupaten Bogor yang akan dimulai tanggal 27 Juli 2012, itu berarti keesokan harinya. Aku sangat bersyukur karena aku diberi petunjuk untuk pergi ke kantor pos, jika aku ke JNE mungkin aku tak tahu perihal tersebut. Keesokan harinya aku membeli harian Radar Bogor, dan benar saja disana terdapat pengumuman CPNS kabupaten Bogor. Hal yang membuat ku senang lagi ternyata formasi sarjana pertanian yang dibutuhkan cukup banyak yaitu 15 orang, berarti peluangnya juga lebih banyak. Tak perlu pikir panjang lagi akhirnya aku mulai mengurus beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan segera mengirimnya tak kala selesai.

Saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan, aku jadi tambah semangat untuk belajar tak kala menjelang sahur dan buka, saat Ramadhan waktu ku untuk belajar lebih banyak ketimbang hari biasa. Suatu hari tak sengaja aku sedang membaca timeline Dikti yang mengabarkan bahwa tes CPNS digelar serentak pada tanggal 8 September 2012. Hal tersebut membuat ku bingung karena aku melamar di dua instansi dan harus memilih salah satu untuk mengikuti tes CPNS. Setelah konsul dengan ortu dan suami akhirnya aku memutuskan untuk ikut tes CPNS Kab Bogor mengingat formasi yang dibutuhkan banyak serta lokasi tes dekat sehingga tidak lama meninggalkan Alfi untuk tes. Selama mempersiapkan diri untuk mengikuti tes aku banyak latihan soal-soal CPNS yang aku download dari internet dan dari beberapa buku yang ku beli, serta sering membaca UUD 1945 dan sejarah nasional bangsa.

Ujian Tes CPNS Kab. Bogor 2012 di IPB, Sumber: http://www.bogorkab.go.id

Setelah mempersiapkan diri hampir satu bulan lamanya akhirnya hari yang ditunggu datang juga. Bertempat di RK PAU2 Fateta IPB aku mengikuti tes CPNS. Soal tes waktu itu terdiri dari 200 soal dengan rincian 50 soal Tes Pengetahuan Umum (TPU), 50 soal Tes Bakat Skolastik (TBS) dan 100 soal Tes Skala Kematangan (TSK). Pelaksanaan tes berlangsung 2,5 jam yang dimulai pada pukul 08.00-10.30 WIB. Jangan menyepelekan soal TSK karena walaupun menyangkut kepribadian kita pertanyaannya banyak dan kita harus membaca pula jawaban dengan cermat agar tidak salah pilih. Aku waktu itu kurang cermat dalam memanfaatkan waktu, ku pikir waktu 2,5 jam cukup untuk mengerjakan semua soal sehingga membuat ku berlama-lama di tes TPU dan TBS. Pada saat 45 menit terakhir aku baru mulai mengerjakan tes TSK yang jumlahnya banyak, hal tersebut membuat ku panik, karena waktu hanya 45 menit sementara soal mencapai 100 soal. Akhirnya aku membaca soal dan jawaban sangat cepat tanpa bisa mengeceknya kembali. Aku sudah pasrah dan target ku aku harus mengisi ke semua jawaban, dan tersisa 11 soal TSK yang aku harus menembak karena tak cukup waktu. Karena keteledoran tersebut akhirnya aku keluar dari ruang tes dengan kondisi yang lemas dan down. Aku berpikir setelah sebulan lamanya mempersiapkan diri ternyata saat tes aku malah tidak melakukan dengan baik.

Selama menunggu hasil tes aku hanya mampu berdoa dan berserah diri kepada Allah, aku sangat berharap untuk lulus karena jika tidak lulus bayang-bayang harus pindah ke tempat yang aku tidak suka membuat ku sangat down. Pada tanggal 19 September 2012 akhirnya ada pengumuman tentang hasil Tes Kompetensi Dasar yang diumumkan secara terpusat oleh Kemenpan walaupun seharusnya sudah diumumkan sejak tanggal 17 September 2012 sesuai janji Kemenpan sebelumnya. Selama seharian itu aku mengecek nilai TKD yang telah aku jalani, namun hingga tengah malam website Kemenpan masih juga overload. Dini hari sekitar pukul 03.00 WIB aku kembali mengecek website Kemenpan dan ternyata Kemenpan batal mengumumkan hasil TKD. Kecewa bukan main aku saat itu, karena Kemenpan kembali ingkar janji, hal tersebut juga dirasakan oleh beberapa rekan yang mengikuti tes. Aku sudah sangat pasrah dan tak mau lagi menunggu hasil tes tersebut. Aku hanya butuh kejelasan kapan hasil tes akan diumumkan.

Pengumuman TKD CPNS Kab Bogor 2012

Pagi harinya aku berencana mengantar adik ke Bale Binarum yang berada di Kota Bogor untuk mengikuti acara bursa kerja yang diadakan oleh pemkot Bogor. Aku iseng membeli Radar Bogor, aku hanya ingin tahu kelanjutan hasil TKD yang batal diumumkan tersebut. Setelah beberapa kali membuka lembaran koran tersebut, aku terkejut bukan main, ternyata pengumuman hasil TKD ada di koran tersebut, harian Radar Bogor Edisi Kamis 20 September 2012, dan yang lebih membuat ku terkejut ternyata nama ku ada dalam daftar peserta yang lolos TKD. Syukur alhamdulillah, aku sangat terharu dan berterimakasih kepada Allah SWT karena telah mengabulkan doa ku. Aku segera mengabarkan suami, ortu dan teman-teman, alhamdulillah mereka juga senang.

Pada hari Jumat Tanggal 21 September 2012 kami diharuskan melakukan verifikasi awal atas kelulusan kami di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kab. Bogor. Panitia memberitahukan agar kami meninggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk pemberitahuan selanjutnya. Hal tersebut dilakukan karena formasi guru harus melanjutkan tes yaitu tes kompetens bidang. Berminggu-minggu aku menunggu pengumuman selanjutnya hingga akhirnya kabar yang dinanti pun tiba, tanggal 24 Oktober 2012 aku harus menghadiri pengarahan pemberkasan.

Proses Pemberkasan

Hari itu hari Rabu tanggal 24 Oktober 2012 aku dan teman-teman mengikuti pengarahan pemberkasan di gedung Tegar Beriman Kab. Bogor. Panitia memberikan pengarahan seputar pemberkasan yang harus kami lakukan, kami diharuskan mengisi daftar riwayat hidup dan surat pernyataan yang dilanjutkan dengan tes urine sebagai tanda kalau kita bebas narkoba. Hampir setengah hari kami bersama melengkapi pemberkasan karena kami harus segera menyerahlan berkas hari itu juga yang dimulai pukul 13.00-16.00 WIB di BKPP.  Setelah selesai mengisi berkas dan tes urine, aku harus kembali berjuang, mengantri dengan teman-teman yang lain untuk menyerahkan berkas. Saat berkas diperiksa, aku sangat deg-degan karena khawatir berkas ku ditolak (ada teman yang ditolak dan harus segera diperbaiki), alhamdulillah ternyata berkas ku dinyatakan lengkap. Tepat pukul 15.00 WIB akhirnya aku dapat meninggalkan gedung BKPP menuju rumah. Hari itu aku meninggalkan Alfi cukup lama, sekitar 8 jam lamanya. Kangen sekali sama Alfi, alhamdulillah Alfi tidak rewel selama ku tinggal.

Kini aku harus memikirkan langkah selanjutnya, bagaimana Alfi nanti ketika ku tinggal kerja karena menurut ketua BKPP kami diharapkan sudah mulai bekerja pada pertengahan November 2012. Saat ini aku sedang melatih Alfi untuk mandiri, saat siang hari ku coba untuk tidak terlalu lama berinteraksi langsung dengan Alfi dan membiarkannya main dengan mbah serta neneknya. Menurut teman-teman, begitulah dilema ibu-ibu, sebelum dinyatakan lulus kami sangat berharap untuk lulus, setelah lulus kami malah bingung akan anak-anak kami. Aku senang karena aku ga’ sendiri, banyak ibu muda di sana yang senasib dengan ku, saat pemberkasan kemarin ada yang membawa bayinya yang berumur 5 bulan dan 7 bulan, mereka pun orang jauh berasal dari jogja dan luar pulau jawa. Semoga walaupun aku nanti mulai bekerja, aku tetap dapat memberikan hak-haknya Alfi. Aamiin. Termikasih ya Rabb atas segala rahmat-Mu, semoga kelak aku dapat amanah dalam menjalankan tugas.

Langkah Kongkrit Jika Aku Menjadi Ketua KPK

Korupsi adalah musuh semua negara, khususnya Indonesia. Menurut para ahli, kejahatannya sama dengan kejahatan terorisme, sistemik dan menyeluruh. Negara Indonesia pernah menduduki urutan kelima sebagai negara terkorup di dunia dan urutan pertama sebagai negara terkorup di Asia Pasifik. Hal tersebut bukanlah prestasi yang patut kita banggakan, tetapi memberikan arti bahwa korupsi sudah sangat mengkhawatirkan dan telah masuk ke dalam level kritis yang harus segera di tangani. Korupsi ibarat penyakit kangker yang sulit dideteksi sejak awal dan bila tidak segera ditangani akan menyebar ke organ vital yang dapat menyebabkan kematian. Korupsi telah menyakiti rakyat kecil yang banyak menggantungkan hidupnya pada negara ini. Untuk itulah KPK ada, sebagai  pemberantas korupsi yang sudah merajalela di negeri tercinta ini. Tugas KPK amatlah besar, mewujudkan tatanan kehidupan bangsa yang bersih dari tindakan korupsi yang telah lama menghinggapi bangsa ini.

Undang-undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi menjelaskan definisi pemberantasan tindak pidana korupsi sebagai serangkaian tindakan untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan dengan peran serta masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan amanat yang terkandung dalam UU tersebut jika aku mendapatkan amanah sebagai ketua KPK maka aku akan melakukan pemberantasan korupsi dengan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Melakukan pencegahan agar korupsi tidak semakin banyak dilakukan oleh oknum baru sehingga pemberantasan korupsi menjadi efektif.

Pencegahan penting dilakukan karena bila korupsi tidak segera dibendung maka kasus korupsi akan semakin meningkat, sementara kasus yang sedang ditangani kian bertambah, maka level pencegahan harus diperhatikan. Tindakan pencegahan meliputi:

Edukasi di lingkungan pendidikan

Tugas pencegahan untuk pemberantasan korupsi diatur dalam pasal 13 butir c bahwa KPK memiliki wewenang dalam menyelenggarakan program pendidikan antikorupsi pada setiap jenjang pendidikan. Langkah kongkrit yang akan aku lakukan sebagai ketua KPK adalah:

  • Mengedukasi para siswa dengan turun langsung ke sekolah-sekolah dengan melibatkan pihak sekolah, LSM, orang tua dan masyarakat untuk memberikan pemahaman bahwa korupsi adalah musuh bangsa yang harus dibasmi serta memberikan pemahaman bahwa korupsi adalah sebuah kejahatan, misalnya melalui workshop, seminar, perlombaan, pemberian buku saku, dan pemberian program baru tentang bahaya dan akibat yang ditimbulkan korupsi. Mengapa harus dari kalangan pemuda? peranan pemuda sangat penting bagi kemajuan bangsa, ditangan merekalah masa depan bangsa ini berada. Sementara para orang dewasa bila kita berikan pemahaman baru sudah memiliki antibody bagi masuknya pemahaman baru, hanya mereka yang memiliki moral baik yang peduli akan bahaya korupsi
  • Memberikan contoh visual terhadap akibat yang ditimbulkan oleh koruptor agar para siswa paham, tidak hanya melalui kata-kata saja, misalnya melalui  pemutaran film dokumenter atau membuat film tentang bahaya korupsi
  • Menimbulkan kecintaan akan KPK dikalangan siswa melalui perlombaan misalnya dengan mengadakan tema “program penangkal korupsi di sekolah ku”
  • Mengedukasi siswa melalui pemberian kuliah pendek tentang pemberantasan korupsi dengan memaksimalkan penggunaan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter

Sosialisasi dan Kampanye di lingkungan masyarakat

Tugas pencegahan untuk pemberantasan korupsi diatur dalam pasal 13 butir d bahwa KPK memiliki wewenang dalam merancang dan mendorong terlaksananya program sosialisasipemberantasan tindak pidana korupsi dan butir e bahwa KPK memiliki wewenang dalammelakukan kampanye antikorupsi kepada masyarakat umum. Langkah kongkrit yang akan aku lakukan sebagai ketua KPK adalah:

  • Mengedukasi masyarakat melalui pemasangan iklan dan poster yang tentang bahaya dan akibat serta ancaman jika melakukan korupsi yang dipasang di tempat-tempat vital agar mudah dibaca oleh masyarakat, misalnya di lingkungan kerja PNS, pejabat pemerintah, dan masyarakat umum seperti rumah sakit, halte, bandara nasional dan sebagainya, serta melalui pemasangan di media online dan televisi
  • Bekerja sama dengan LSM yang concern tentang korupsi serta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk terjun langsung ke daerah-daerah serta ruang publik seperti mall guna memberikan sosialisasi tentang kepedulian masyarakat dalam pemberantasan korupsi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam pemberantasan korupsi sekecil apapun
  • Memaksimalkan penggunaan media sosial untuk sosialisasi dan kampanye anti korupsi, misalnya memberikan kuliah pendek dengan menggunakan Twitter dan Facebook yang mudah dibaca di jejaring sosial

Supervisi dan memberikan rekomendasi di lingkungan pemerintahan

Tugas pencegahan untuk pemberantasan korupsi diatur dalam:

  1. Pasal 6 tentang tugas KPK butir b yang menyatakan bahwa KPK mempunyai tugas supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, serta butir e yang berbunyi melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahanNegara
  2. Pasal 8 dalam melaksanakan tugas supervisi sebagaimana dimaksuddalam Pasal 6 huruf b, Komisi Pemberantasan Korupsiberwenang melakukan pengawasan, penelitian, ataupenelaahan terhadap instansi yang menjalankan tugas danwewenangnya yang berkaitan dengan pemberantasan tindakpidana korupsi, dan instansi yang dalam melaksanakanpelayanan publik
  3. Pasal 14 dalam melaksanakan tugas monitor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 huruf e, Komisi Pemberantasan Korupsi berwenang: a. melakukan pengkajian terhadap sistem pengelolaan administrasidi semua lembaga negara dan pemerintah; b. memberi saran kepada pimpinan lembaga negara danpemerintah untuk melakukan perubahan jika berdasarkan hasil pengkajian sistem pengelolaan administrasi tersebut berpotensikorupsi;

Maka langkah kongkrit yang aku lakukan jika menjadi ketua KPK adalah:

  • Ikut melakukan supervisi terhadap proses perekrutan PNS yang jujur dan bebas KKN sehingga diharapkan mendapatkan SDM yang baik yang tidak akan melakukan korupsi dikemudian hari
  • Memberikan pemahaman kembali tentang gratifikasi di lingkungan PNS, pejabat pemerintah serta perusahaan milik pemerintah tentang apa yang dilarang dan yang diperbolehkan terkait gratifikasi yang dapat mengarah pada tindak korupsi
  • Memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait reformasi birokrasi guna menekan terjadinya korupsi seperti reformasi birokrasi izin usaha, pelayanan publik pada dinas-dinas pemerintahan dan sebagainya
  • Bersama pemerintah melakukan penguatan terhadap undang-undang dan SOP (Standard Operational Procedure) di semua lini supaya tidak terjadi pelanggaran termasuk pelaksanaan GCG (Good Corporate Governance) di perusahaan pemerintah

2. Melakukan pemberantasan dan penindakan terhadap kasus korupsi yang sudah terjadi.

Berdasarkan tugas KPK dalam pemberantasan korupsi seperti yang dijelaskan pada Pasal 6 terutama butir a. koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukanpemberantasan tindak pidana korupsi; b. supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukanpemberantasan tindak pidana korupsi;  c. melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi;

Maka langkah kongkrit yang aku lakukan jika menjadi ketua KPK adalah:

  • Berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan efek jera terhadap koruptor dengan melakukan pemiskinan terhadap koruptor sehingga tidak ada lagi koruptor yang telah di vonis bersalah dapat menikmati kekayaan setelah bebas nantinya
  • Mewajibkan kepada tahanan KPK untuk memakai seragam tahanan KPK baik di tahanan maupun dipersidangan agar koruptor tersebut malu
  • Mengambil alih kasus korupsi yang ditangani oleh instansi lain seperti kasus yang terjadi baru-baru ini jika sesuai dengan pasal 9 bahwaPengambilalihan penyidikan dan penuntutan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dengan alasan: a. laporan masyarakat mengenai tindak pidana korupsi tidak ditindaklanjuti; b. proses penanganan tindak pidana korupsi secara berlarut-larut atau tertunda-tunda tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan; c. penanganan tindak pidana korupsi ditujukan untuk melindungi pelaku tindak pidana korupsi yang sesungguhnya; d. penanganan tindak pidana korupsi mengandung unsur korupsi; e. hambatan penanganan tindak pidana korupsi karena campur tangan dari eksekutif, yudikatif, atau legislatif; atau f. keadaan lain yang menurut pertimbangan kepolisian atau kejaksaan, penanganan tindak pidana korupsi sulit dilaksanakan secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Meningkatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif melakukan pemberantasan korupsi dengan menjadi whistle blower

3. Melakukan penguatan di dalam tubuh KPK sendiri

Melakukan penguatan loyalitas, integritas dan peningkatan kinerja di dalam tubuh KPK sendiri sangat penting dilakukan agar pemberantasan korupsi menjadi efektif dan efisien serta sesuai dengan UU Nomor 30 Tahun 2002. Maka langkah kongkrit yang aku lakukan jika menjadi ketua KPK adalah:

  • Merekrut SDM yang berkualitas dan memiliki intregitas tinggi serta loyal terhadap KPK agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran melalui sistem perekrutan pegawai KPK yang transparan, akuntabilitas dan berkualitas
  • Penguatan UU dan SOP dalam tubuh KPK karena KPK adalah lembaga negara yang dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun
  • Merekrut penyidik sipil agar tidak terjadi tarik ulur penyidik seperti yang terjadi saat ini sehingga proses penyidikan kasus yang sedang berlangsung tetap berjalan

Demikianlah beberapa langkah kongkrit yang akan aku lakukan jika menjadi ketua KPK. Pemberantasan korupsi tidaklah mudah, namun bila ditangani secara tegas, menyeluruh dan berkelanjutan tanpa pandang bulu maka korupsi pun dapat kita musnahkan. Tidak ada yang mustahil di dunia ini bila kita mau berusaha, begitu juga halnya dalam pemberantasan korupsi. Maka mulailah dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai dari detik ini juga katakan:

Korupsi No! and KPK Yes!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Andai Aku Menjadi Ketua KPK. Silahkan kunjungi link ini dan jangan lupa untuk kasih mendali ya. Terima kasih.

Cegah Penuaan Dini Dengan Perawatan Kulit di Malam Hari

Sore itu terdengar bunyi notifikasi di handphone ku, setelah dicek ternyata berasal dari suami yang memberitahukan adanya kontes blog. Kontes blog kembali diselenggarakan oleh Blogdetik yang pada kesempatan kali ini menggandeng PT Unilever untuk memperkenalkan produk barunya yaitu Citra Night Whitening. Suami ku memang gemar memberitahukan adanya kontes blog, terutama yang bertemakan kecantikan atau perawatan tubuh, hal itu dilakukannya agar aku sadar dan tetap rajin dalam merawat tubuh meskipun sudah menjadi seorang ibu. Aku juga senang dengan adanya kontes blog ini, sebab sejak menyandang gelar ibu memang agak malas dalam merawat tubuh, setidaknya aku jadi sadar kembali akan pentingnya perawatan tubuh.

Bicara tentang perawatan tubuh pasti tidak jauh dari yang namanya wanita, wanita melakukannya agar senantiasa cantik. Cantik itu apa sih? Definisi cantik bagi setiap orang pasti berbeda, ada yang menganggap cantik itu wanita yang bertubuh indah dan berkulit putih, ada pula yang mendefinisikan wanita cantik adalah wanita yang memiliki tubuh gendut. Tak hanya itu, ternyata definisi cantik tiap negara itu berbeda lho, berikut ini adalah definisi cantik dibeberapa negara (Wahw33d, 2010):

  1. Di Jepang, cantik itu adalah wanita yang mempunyai kulit mulus tanpa bekas dengan rambut panjang yang lurus
  2. Di Burma dan Thailand anggota suku kayan mendefinisikan cantik dengan memakai gelang leher yang terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia mereka
  3. Di India, cantik itu adalah wanita yang mempunyai kulit dan rambut yang indah
  4. Di Iran, cantik itu adalah wanita yang memiliki hidung mancung yang mungil
  5. Di Brazil dan Indonesia, cantik itu adalah wanita dengan tubuh langsing
  6. Di Ethiopia, cantik itu adalah wanita yang memiliki bekas luka cakar, semakin banyak luka maka semakin cantik
  7. Di Perancis, cantik itu adalah wanita yang cantik, anggundan berkelas
  8. Di Mauritania, cantik itu adalah wanita yang bertubuh gendut. Fat is beautiful, semakin gendut maka semakin banyak pria yang suka

Definisi cantik itu tergantung bagaimana orang memandang kecantikan itu sendiri. Kalau menurut ku Cantik itu ga’ harus selalu dimiliki oleh wanita berkulit putih atau kuning langsat, juga ga’ harus dimiliki oleh wanita yang bertubuh langsing dan sexy. Cantik itu lebih indah bila berasal dari diri kita sendiri yang biasa disebut inner beauty. Seperti apa yang dikatakan oleh Cherrybelle dalam lagunya:

“ you are so beautiful, beautiful, beautiful, kamu cantik dari hati mu”

Jadi, walaupun kita berkulit coklat atau bahkan hitam, dan bertubuh kurus atau gemuk ga’ perlu minder, yang penting kita bisa menjaga dan merawat tubuh agar enak dipandang mata. Seperti aku ini, wanita berkulit sawo matang yang menurut teman-teman sangat eksotis, kulitnya orang-orang asia yang banyak didambakan oleh orang-orang bule di luar negeri (begitu katanya sih hehe).

Mengenal Kulit Tubuh dan Penggunaan Body Lotion

Sebelum membahas lebih jauh tentang kulit tubuh dan penggunaan body lotion ada baiknya kita mengenal bagaimana sel kulit dan fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi sel kulit dan pelindungnya yang perlu kita ketahui seperti yang dilangsir oleh www.metris-community.com:

Penampang Sel Kulit, Sumber: http://www.sehatcantikalami.com

Lapisan atas dari kulit kita, epidermis adalah lapisan yang tangguh pada konsisi luar dan memiliki sifat yang protektif. Sel ini merupakan sel yang memiliki tebal selembar kertas dan berada di atas sebagian permukaan tubuh. Epidermis memiliki empat lapisan sel yang terus mengelupas dan diperbaharui. Dalam empat lapisan tiga jenis khusus sel:

  1. Melanosit, menghasilkan melanin yang memberikan warna kulit
  2. Keratinosit, menghasilkan keratin sejenis protein yang merupakan komponen dasar dari rambut dan kuku. Keratin juga ditemukan dalam sel kulit pada lapisan luar untuk menciptakan lapisan pelindung
  3. Langerhans, melindungi tubuh terhadap infeksi

Di bawah epidermis terdapat beberapa lapisan berikutnya yang terletak di bawah jaringan kulit kita yaitu dermis yang terdiri dari pembuluh darah, ujung saraf, dan jaringan ikat. Dermis memelihara jaringan epidermis. Tanpa molekul tertentu dalam dermis kulit kita tidak akan meregang ketika kita membungkuk atau mengganti posisi. Kedua otot dalam dermis yaitu kolagen dan elastin membantu peregangan kulit. Kolagen merupakan bagian yang kuat dan keras, bagian ini berfungsi untuk meregangkan sedangkan elastin berfungsi untuk elastisitas. Nah, pada bagian inilah yang harus kita beri nutrisi agar kolagen tidak rusak guna menghindari pembentukan keriput pada kulit. Kemudian lapisan paling bawah adalah jaringan subkutan yang terdiri dari jaringan ikat, kelenjar keringat, pembuluh darah dan sel-sel yang menyimpan lemak yang berfungsi melindungi tubh dari pukulan dan luka lain serta membantu menahan panas tubuh.

Kita juga perlu mengenal jenis kulit tubuh dan cara perawatannya sebelum memilih jenis body lotion dan produk perawatan kulit lainnya agar tidak salah pilih dan kulit benar-benar mendapatkan nutrisi yang tepat. Berikut adalah beberapa jenis kulit manusia dan cara perawatannya seperti yang dilangsir oleh Majalahasik.com berikut ini:

  1. Kulit berminyak: jenis kulit yang membutuhkan perawatan lebih. Kulit jenis ini mengeluarkan minyak dalam jumlah banyak sehingga paling rentan terhadap masalah jerawat ataupun noda. Pemilik jenis kulit ini harus rajin membersihkannya karena minyak yang keluar akan menyebabkan kulit lebih cepat kotor . mengkonsumsi mentimun atau menjadikannya masker sangat membantu mengurangi minyak yang ada
  2. Kulit normal: jenis kulit yang jarang memerlukan banyak perawatan karena jarang mengalami masalah serius. Jenis kulit ini memiliki ciri tidak berminyak tetapi juga tidak terlihat kering. Jika dipegang akan terasa sangat halus dan lembut. Untuk perawatan jenis kulit normal bisa menggunakan buah alpukat. Buah ini berfungsi mempertahankan kelembaban kulit
  3. Kulit kering: jenis kulit yang memiliki sedikit minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada tubuh. Kulit kering juga membutuhkan perawatan khusus yaitu menggunakan pelembab sesering mungkin dan memperbanyak air putih. Cirinya adalah terlihat keluhan seperti sisik pada kulit. Kulit kering akan lebih mudah keriput tetapi keuntungannya kulit kering biasanya merupakan jenis kulit yang bebas dari masalah jerawat
  4. Kulit sensitive: jenis kulit yang mudah sekali pecah, penyebabnya karena faktor lingkungan seperti kotoran atau sinar matahari. Kulit ini biasanya tidak selalu bisa menerima bahan-bahan kimia yang terkandung pada produk kosmetik pada umumnya
  5. Kulit kombinasi: jenis kulit yang merupakan gabungan dari beberapa jenis kulit yang telah dijelaskan sebelumnya. Banyak sekali orang yang memiliki jenis kulit ini, karena perbedaan jenis kulit pada area yang berbeda, maka perawatannya harus dibedakan untuk masing-masing bagian.

Kulit sawo matang ku ini termasuk ke dalam jenis kulit kering yang sangat membutuhkan sentuhan body lotion. Sehari saja tidak memakainya kulit terasa kering dan membuat ku menjadi kurang percaya diri. Menurut Andew (2011) kondisi kulit ditentukan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Dari keduanya yang paling penting adalah kesehatan internal. Sedangkan faktor eksternal antara lain: polusi udara yang  menyebabkan masalah kulit seperti sensitivitas, ruam, jerawat, dan juga dehidrasi kulit atau kulit kering serta paparan sinar ultraviolet yang menyebabkan perubahan serat-serat kolagen dan merupakan faktor utama dalam penuaan kulit. Selain itu merokok dan minum alkohol juga mempercepat penuaan dini dengan merusak kolagen, hal ini dapat mempengaruhi warna kulit selain meningkatkan racun dalam sistem dan menguras vitamin yang sangat penting untuk kulit dan organ vital dalam tubuh.

Beberapa Produk Citra yang Ku Pakai

Supaya kulit ku yang sudah sawo matang ga’ bertambah matang lagi (alias gosong hehe), maka aku perlu memakai body lotion yang mengandung whitening dan UV protection untuk digunakan disiang hari saat beraktifitas. Body lotion yang ku pakai saat ini adalah Citra Pearly White UV dengan bubuk mutiara cina. Aku sudah memakai Citra sejak jaman SMP dulu, itu berarti sudah 16 tahun aku memakai Citra. Citra sangat cocok untuk ku, selain melembabkan kulit, formulasi yang ada pada produk Citra membuat ku nyaman saat memakainya. Terkait dengan fungsinya yang membuat kulit menjadi lebih putih, bukan berarti aku memakai body lotion dengan whitening maka akan membuat kulit ku menjadi putih 100%, karena secara genotipe kulit ku memang sudah coklat sejak lahir maka tidak akan berubah menjadi putih. Tetapi dengan memakai body lotion ini melindungi kulit ku agar tidak terbakar dari paparan sinar matahari sehingga kulit ku ga’ semakin gelap dan menjadikannya lebih putih dari sebelumnya. Aku yang dahulu adalah orang yang bekerja di lapang dan gemar naik motor merasakan perubahan warna kulit yang sangat berbeda ketika di luar ruangan. Di dalam majalah Fit edisi istimewa dijelaskan tentang adanya mitos warna kulit gelap. Mitos tersebut menyebutkan bahwa berkulit lebih gelap berarti boleh lebih lama berada di bawah sinar matahari, dan faktanya memang benar bahwa kulit yang lebih gelap memiliki kadar melanin lebih tinggi daripada kulit yang terang sehingga lebih melindungi. Meskipun demikian kulit yang gelap hanya memberikan perlindungan setara dengan SPF (sun protecting factor) 8 sehingga masih ada kemungkinan mengalami sunburn atau kangker kulit. Sehingga penggunaan body lotion sangat diperlukan. Jangan  sepelekan sinar matahari lho, meskipun secara kasat mata sinar matahari memang sama saja, sebenarnya sinar matahari ada tiga macam, yaitu sinar UV A, B, dan C. Ketiganya memiliki peran besar dalam kehidupan, sinar UV B dibutuhkan untuk memproduksi vitamin D di kulit, sedangkan sinar UV C merupakan sinar yang paling merusak. Beruntung sebagian paparannya ditahan oleh lapisan atmosfer bumi. Sedangkan radiasi sinar UV B yang berlebihan dapat menyebabkan kemerahan dan rasa terbakar pada kulit. Kalau sinar UV A efeknya memang tidak langsung kelihatan, namun justru lebih parah karena dapat menyebabkan penuaan dini.

Sinar UV dan Efek Terhadap Kulit, Sumber: http://www./2.bp.blogspot.com

Cegah Penuaan Dini dengan Perawatan Kulit Tubuh Malam Hari

Setelah beraktifitas di luar ruangan baik terpapar langsung oleh sinar UV ataupun tidak, maka kita perlu melakukan perawatan kulit lebih lanjut di malam hari meskipun di siang hari kita telah melakukan tindakan preventif dengan memakai body lotion. Hal tersebut dilakukan agar kulit terhindar dari penuaan dini setelah kulit kita terpapar oleh sinar UV terutama UV A yang menyebabkan penuaan dini. Tentu kita tidak mau mengalami keriput pada kulit diusia yang masih muda lantaran rusaknya kolagen akibat terpapar sinar UV. Mengenai kolagen ini ternyata wanita di Jepang gemar mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolagen lho. Tujuannya adalah agar kulit mereka tetap halus karena bagi wanita jepang kulit adalah kunci dari kecantikan. Kolagen adalah protein utama yang menyusun 75% area kulit dan berfungsi memberikan kekuatan dan kehalusan pada kulit. Di Jepang sendiri kolagen sangat mudah ditemukan di supermarket bahkan sudah banyak restaurant yang menyediakan makanan yang mengandung kolagen (Wahw33d, 2010).

Penipisan Kolagen yang Menyebabkan Kerutan Pada Kulit, Sumber: http://www.t3.gstatic.com

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Eddy Karta, menjelaskan bahwa pada malam hari sel-sel kulit memperbaiki diri dengan membangun sel baru serta kolagen yang rusak. Proses ini terjadi melalui pembelahan sel-sel lapisan kulit, dan memproduksi lapisan sel kulit yang baru. Saat malam hari terjadi pembelahan sel-sel lapisan kulit dan ketika itu kandungan air pada kulit paling banyak menghilang, hingga 25 % dibandingkan pada pagi atau siang hari. Oleh karena itu, kulit juga memerlukan pelembab pada malam hari karena pada malam hari kulit tubuh paling banyak kehilangan kelembaban dan butuh bekerja ekstra untuk proses regenerasinya. Perawatan kulit tubuh malam hari akan membuat kulit tidak semakin kering pada saat proses regenerasi berlangsung. Kulit yang terlalu kering dapat mengakibatkan sensitivitas pada kulit yang dapat mengakibatkan kulit nampak keriput. Agar lebih awet muda, tidak pucat dan kusam sebaiknya rawatlah kulit setiap saat. Tidak hanya siang hari saja, pada malam hari pun kulit tetap perlu dirawat. Selain itu pilihlah kosmetik  yang aman untuk kulit serta jangan lupa mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat (Doktersehat, 2012).

Lebih lanjut dr Eddy Karta menjelaskan bahwa umumnya proses regenerasi kulit akan semakin melambat bagi mereka yang berusia di atas 28 tahun. Secara otomatis produksi air dalam kulit juga akan ikut berkurang. Faktor tersebutlah yang menyebabkan kulit menjadi cepat keriput dan kehilangan kelembaban atau kering (Nugraheni dan Maris, 2012). Wah, mumpung usia ku masih di bawah 28 tahun, aku harus segera melakukan perawatan kulit tubuh malam hari supaya kulit tetap awet muda karena jika aku sedang keluar rumah sendirian banyak orang yang salah paham dengan mengatakan bahwa aku masih seperti anak kuliah (padahal sudah ibu-ibu) bahkan ada yang menganggap aku masih sekolah, jangan sampai mereka ga’ jadi menganggap aku lebih muda lantaran melihat beberapa kerutan di kulit akibat malas merawat kulit.

Citra Night Whitening dengan Mulberry dan Minyak Biji Anggur

Citra Night Whitening, Sumber: http://www.rumahcantikcitra.co.id

Untuk melaksanakan niat ku dalam melakukan perawatan kulit tubuh malam hari, aku tak perlu pusing dalam memilih jenis produk yang akan digunakan, karena aku yang sejak dahulu sudah menjadi pemakai setia Citra kini dapat menggunakan Citra Night Whitening untuk meremajakan kulit ku di malam hari. Apa sih keistimewaan produk terbaru dari citra ini? Citra Night Whitening ini terbuat dari bahan alami yaitu mulberry dan minyak biji anggur. Body lotion ini di formulasikan khusus di saat kita tidur pada malam hari untuk kulit tampak muda, cerah dan terasa halus. Mengapa mulberry dan minyak biji anggur? berikut ini rahasia dua kekuatan bahan alami tersebut.

Anggur, Sumber: http://2.bp.blogspot.com

Di situs internet Rumah Cantik Citra dijelaskan bahwa minyak biji anggur merupakan salah satu rahasia kecantikan yang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu untuk membuat kulit tampak muda dan terasa lembut. Johan Lie, Brand Manager Citra Body Lotion mengatakan minyak biji anggur mengandung linoleic acid yang merupakan lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses regenerasi kulit yang terjadi dimalam hari. Minyak biji anggur juga mengandung antioksidan yang dapat menghambat proses pembentukan radikal bebas. Dikutip dari http://www.forumjualbeli.net diketahui bahwa selain kaya antioksidan, anggur potensial dikembangkansebagai solusi alami anti kangker, terutama meredam kelainan sel kulit akibat terpapar sinar matahari. Artinya, seperti kulit dan daging buahnya, biji-biji anggur pun berlimpah senyawa berkhasiat. Terbukti bahwa biji anggur memang kaya manfaat, bila kita makan biji anngurnya dapat meredam kemungkinan pembentukan kangker dalam tubuh, bila diekstraksi bijinya menjadi minyak biji anggur dapat melindungi kulit tubuh dari kelainan sel kulit akibat paparan sinar UV di siang hari. Buahnya saja enak, ternyata bijinya pun berkhasiat.

Mulberry, Sumber: http://i.telegraph.co.uk

Sedangkan Ekstrak mulberry bekerja dengan menghambat kerja enzim tyrosinase yang bertanggung jawab terhadap pembentukan melanin di kulit (Lensa Indonesia, 2012). Selain itu buah berwarna merah kehitaman ini kaya akan zat besi, yang penting bagi pertumbuhan sel darah merah dan mencegah penyakit anemia. Pada setiap 100 gram mulberry terkandung 1,85mg, 23% dari asupan harian yang direkomendasikan atau setara dengan sepotong daging sirlion. Buah ini juga merupakan buah yang kaya vitamin C dan memiliki resveratrol yang tinggi, sebuah antioksidan yang juga ditemukan pada anggur merah yang dapat membersihkan polutan dalam tubuh (Innes, 2011).

Kontes blog yang diadakan oleh Blogdetik dan PT unilever ini sangat bagus karena selain membuat ku paham akan pentingnya perawatan kulit tubuh malam hari, sekaligus sebagai sarana sosialisasi dan edukasi karena ternyata masih banyak wanita yang tidak memahami pentingnya perawatan kulit tubuh malam hari. Survey konsumen yang dilakukan Citra di beberapa area di Indonesia, mengungkapkan bahwa 9 dari 10 perempuan Indonesia mengaku menggunakan body lotion setiap hari. Namun hanya 4 dari 9 perempuan tersebut yang menggunakan body lotion di malam hari. Johan Lie kembali mengatakan bahwa hasil survei konsumen Citra menunjukkan bahwa 80% perempuan Indonesia tidak memahami apa yang terjadi pada kulit mereka di malam hari saat tidur, 75% mengaku tidak menggunakan body lotion di malam hari karena tidak terbiasa atau malas. Produk Citra Night Whitening body lotion ini telah tersedia di pasaran dalam kemasan 60 ml, 120 ml, 250 ml dan 400 ml. Harganya mulai dari Rp 5700 hingga Rp 26.700 (Lensa Indonesia, 2012). Menurut ku harganya masih terjangkau dan banyak manfaat yang diperoleh bila kita menggunakannya. Sayangnya aku belum bisa memulai untuk melakukan perawatan tubuh malam hari dengan menggunakan Citra Night Whitening lantaran hingga blog ini di publikasikan produk Citra ini belum ada di minimarket maupun supermarket yang ada di daerah ku yaitu di  Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor karena produk ini merupakan produk baru. Mungkin tak berapa lama lagi produk baru Citra ini akan segera hadir di daerah ku.

Kerutan Pada Kulit di Usia Muda Menandakan Penuaan Dini Sumber: http://www.surabaya.tribunnews.com

Berikut sedikit tips yang dapat aku berikan untuk pembaca mengenai perawatan tubuh guna menghindari penuaan dini:

  1. Bersihkan tubuh dengan mandi setiap hari menggunakan sabun yang tidak terlalu alkalis karena akan membuat kulit semakin kering
  2. Gunakan body lotion yang sesuai dengan jenis kulit kita
  3. Gunakan body lotion setiap habis mandi agar kulit semakin segar dan ketika hendak ke luar rumah atau saat kulit sudah terasa kering
  4. Jika berada di dalam ruang ber-AC maka ulangi pemakaian body lotion jika kulit terasa kering
  5. Sebelum tidur gunakan body lotion untuk malam hari agar kulit cerah kembali keesokan harinya dan membuat tidur kita menjadi nyaman
  6. Gunakan pelindung untuk kulit dari sinar matahari ketika kita berada di luar ruangan, misalnya memakai topi, baju dan celana panjang, kacamata dan lain sebagainya
  7. Banyak minum air putih agar kulit tidak mengalami dehidrasi terutama sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Air putih juga berfungsi sebagai detoxifikasi racun yang terdapat di dalam tubuh
  8. Istirahat yang cukup dapat mengembalikan kesehatan kulit dan tubuh
  9. Kunjungi tempat perawatan kulit untuk mendapatkan perawatan lebih, salah satunya adalah berkunjung ke Rumah Cantik Citra

Rumah Cantik Citra telah hadir di tiga kota besar yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya. Kita dapat merasakan pengalaman relaksasi dengan hand and foot massage, body massage, body scrub dan face massage hanya dengan pembelian produk Citra di semua Rumah Cantik Citra. Rumah Cantik Citra merupakan sebuah pengalaman untuk memunculkan keanggunan raga dan jiwa dalam tiap diri wanita Indonesia. Ayo, siapa yang mau memanjakan diri di Rumah Cantik Citra? pasti hasilnya oke punya. Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.rumahcantikcitra.co.id/cms/. Ada banyak tentang Citra yang wajib kita tahu demi mendapatkan cantiknya wanita Indonesia.

Kini aku sudah mengerti akan pentingnya perawatan kulit tubuh, ga’ hanya pada siang hari saja tetapi perawatan kulit tubuh malam hari juga harus dilakukan agar terhindar dari penuaan dini dan semakin disayang suami. Untuk para wanita Indonesia ayo jangan malas merawat kulit tubuh malam hari supaya kita tetap awet muda dan cantik berseri. Rawatlah kulit tubuh mulai dari detik ini juga supaya tak menyesal dikemudian hari.

Tulisan ini diikut sertakan dalam kontes blog Citra Night Whitening yang diselenggarakan oleh BLOGdetik bekerja sama dengan PT. Unilever.

Referensi:

Andew. 2011. Perawatan yang Sesuai Untuk Jenis Kulit Anda. Edisi 24 febuari 2011. www.dokterkulit.net  Diunduh Tanggal 13 Oktober 2012.

Dokter sehat. 2012. Pentingnya Perawatan Kulit Pada Malam Hari. Edisi 8 oktober 2012 www.doktersehat.com. Diunduh Tanggal 13 Oktober 2012.

Forum Jual Beli. Inilah Khasiat Dari Biji Anggur. www.forumjualbeli.net. Diunduh Tanggal 13 Oktober 2012

Innes. 2011. Mulberry, Si Kaya Zat Besi. www.health.ghiboo.com. Diunduh Tanggal 13 Oktober 2012.

Lensa Indonesia. 2012. Pentingnya Pemakaian Body Lotion Di Malam Hari, Citra Hadirkan ‘Citra Night Whitening’. Edisi Rabu, 26 September 2012. www.lensaindonesia.com. Diunduh Tanggal 13 Oktober 2012.

Majalah Asik. 2012. Macam-macam Jenis Kulit Manusia dan Cara Perawatannya. www.majalahasik.com. Diunduh Tanggal 13 oktober 2012.

Majalah Fit. Tampil Menawam Untuk Wanita Aktif Masa Kini. Edisi Istimewa. Femina Group. 158hal.

Metris Community. Fungsi Sel Kulit dan Pelindungnya. www.metris-community.com.

Nugraheni, M. dan S. Maris. 2012. Malas Pakai Pelembab Bikin Cepat Keriput. Edisi Rabu 26 September 2012. www.life.viva.co.id. Diunduh Tanggal 13 Oktober 2012.

Rumah Cantik Citra. 2012. Citra Night Whitening Mulberry & Minyak Biji Anggur. www.rumahcantikcitra.co.id. Diunduh Tanggal 13 Oktober 2012.

Wahw33d, 2010. Definisi Cantik Menurut Beberapa Negara. www.wahw33d.blogspot.com.

Guru, Pahlawan Dalam Menggapai Cita

Dua puluh dua tahun yang lalu aku adalah seorang siswa yang duduk di bangku sekolah dasar (SD). Ingatan ku masih segar tak kala mengingat jasa seorang guru yang telah membuat ku menjadi seorang yang optimis dan bersemangat dalam  belajar, seorang guru dengan imbalan yang tak terlalu besar dibandingkan jasanya telah mampu membawa anak-anak kecil meraih cita. Dialah guru ku, pahlawan ku.

SDN Bojonggede 02 Tahun 2012

Sekolah itu terletak beberapa kilometer dari tempat tinggal ku, SDN Bojonggede 02 itulah nama sekolah ku. Aku mengenyam pendidikan dasar di sana sejak tahun 1990 hingga 1996. Dengan berjalan kaki kurang lebih 30-45 menit (tergantung kecepatan berjalan) aku dan teman-teman mampu mencapai sekolah yang dipisahkan oleh sebuah sungai dengan jalan raya itu. Sekolah ku bukanlah sekolah favorit, itu terlihat dari infrastruktur sekolah yang sangat minim kualitasnya bila dibandingkan dengan sekolah lainnya. Sekolah ku terdiri dari dua buah bangunan yang tegak lurus satu sama lain. Bangunan yang berada disebelah utara terdiri dari tiga ruangan yang digunakan untuk mengajar anak-anak kelas 1, 2 dan 3. Sedangkan bangunan lain yang berada di sebelah timur digunakan untuk mengajar kelas 4, 5 dan 6. Hanya tersisa dua ruangan yang digunakan untuk ruangan guru, dan kepala sekolah. Disebelah utara kelas 4, 5 dan 6 terdapat rumah dinas kecil yang terdiri dari ruang tamu, dua buah kamar tidur dan kamar mandi (begitulah kira-kira jika aku melihatnya dari luar). Dirumah dinas kecil itulah tinggal seorang guru yang menjadi sosok guru panutan bagiku.

Tahun 1990-1996

Bapak Sunaryo, begitulah namanya, dia adalah bapak dari dua orang anak, suami dari seorang istri yang berprofesi sebagai perawat serta seorang guru yang multifungsi. Diantara semua guru SD yang ku kenal, sosok Pak Naryolah yang paling aku ingat. Jasanya teramat besar bagi ku. Dia mampu membuat ku menjadi seorang siswa yang kala itu cenderung pesimis dan tertutup menjadi siswa yang optimis dan berani. Aku mulai mengenal Pak Naryo tak kala Beliau mengajar ku di kelas 4 sekaligus menjadi wali kelas ku saat itu. Jika pak Naryo mengajar, aku selalu memperhatikan dengan seksama. Cara mengajarnya yang jelas dan lugas membuat ku sangat mudah menangkap apa yang hendak beliau sampaikan. Minimnya fasilitas belajar mengajar kami di sekolah itu tak membuat semangat kami yang hendak menuntut ilmu menjadi surut.

Bangunan Sekolah Disebelah Utara Tahun 2012

Pada tahun ajaran 1993-1994, aku sudah naik kelas ke kelas empat. Kelas empat merupakan ruangan kelas paling pojok yang terdapat di bangunan sebelah utara. Aku ingat saat itu aku harus berbagi tempat duduk dengan dua orang teman ku, kami duduk bertiga di kursi panjang dan satu meja panjang. Hal itu terjadi karena jumlah siswa dalam satu kelas saat itu mencapai 58 orang siswa yang  tidak diimbangi dengan banyaknya jumlah meja dan kursi, sehingga membuat kami harus berjejalan saat belajar. Beberapa bangku yang kami duduki sudah mulai reot (lapuk) dan terkadang pula kami menemukan serbuk dari binatang pemakan kayu di meja kami. Bayangkan betapa gaduhnya suasana belajar saat itu, seolah penuh sesak, apalagi ditambah dengan suara adik kelas yang berada di ruangan kelas sebelah ruangan kami menambah keramaian suasana proses belajar mengajar. Kami dapat mendengar suara guru atau murid dari kelas lain karena masing-masing kelas hanya disekat oleh papan yang dapat dibongkar pasang serta terdapat satu pintu tembus antara ruangan kelas yang satu dengan yang lain. Kecuali untuk bangunan di sebelah timur, masing-masing ruangan tidak terdapat sekat tetapi memiliki pintu tembus antar ruangan kelas. Meskipun begitu Pak Naryo tidak terlalu terganggu dengan keadaan sekolah kami saat itu, dia mengajar dengan suara lantang mengalahkan suara bising di luar. Namun, Pak Naryo terkadang harus terdiam beberapa detik tak kala kereta rangkaian listrik (KRL) lewat di samping ruangan kelas kami, bunyinya nyaring sehingga bila terus dipaksakan untuk bersuara maka tidak akan terdengar. Bangunan di sebelah utara sejajar dengan jalur KRL jurusan Bogor-Jakarta, setiap beberapa menit sekali kereta hilir mudik di samping bangunan sekolah kami. Hal tersebut tidak mengganggu proses belajar mengajar karena para guru dan murid telah biasa dengan keadaan di sana. Bila kita menyeberang rel maka akan terdapat lapangan luas yang kami pergunakan untuk kegiatan olahraga. Olahraga kasti adalah olahraga favorit ku, Pak Naryo mengajari kami bagaimana memukul dan melempar bola. Pelajaran olahraga inilah yang paling aku sukai karena kami bebas berlari dan berekspresi di lapangan.

Rel Kereta di Belakang Bangunan Sebelah Utara

Menurut ku saat itu Pak Naryo adalah guru multi fungsi karena dia bisa mengajarkan beberapa mata pelajaran. Pak Naryo mengajarkan kami pelajaran IPA, matematika, IPS serta olahraga. Aku ingat Pak Naryo begitu sigap dalam mengajarkan senam kesegaran jasmani (SKJ), salah satu jenis olahraga yang juga aku sukai saat itu. Sebenarnya Pak Naryo bukanlah guru multifungsi dalam arti sebenarnya, karena memang saat itu jumlah guru di sekolah kami masih sedikit, sehingga banyak yang merangkap untuk mengajar beberapa mata pelajaran. Ketika aku kelas 6 pada tahun 1996, Pak Naryo kembali menjadi wali kelas ku. Kini aku tak perlu berdesakkan dengan teman dalam belajar di kelas karena masing-masing meja sudah terdiri dari dua orang siswa. Meski begitu bukan berarti tak ada kendala, aku masih ingat tak kala kami harus berbagi guru dengan adik kelas di kelas lima, Pak Naryo yang menangani saat itu. Karena ruangan kelas memiliki pintu tembus maka membuat mudah Pak Naryo untuk bolak-balik ruangan kelas lima dan enam. Pak Naryo harus mengajar dua kelas dalam waktu bersamaan. Sebagian teman-teman justru senang karena saat Pak Naryo tidak ada maka dapat dipakai untuk bermain, sedangkan untuk ku pribadi keadaan tersebut kurang menyenangkan lantaran lebih banyak waktu kosong tanpa guru walaupun kami sudah diberi tugas saat guru tidak ada.

Saran dari Pak Naryo dalam Buku laporan Pendidikan SD Tahun 1994

Pada tahun inilah aku benar-benar merasa Pak Naryo sangat berjasa untuk ku. Saat itu aku adalah siswa kelas enam yang pesimis walaupun aku memiliki prestasi di kelas. Dia selalu menyemangati anak didiknya agar mau berprestasi dan optimis dalam menggapai cita. Berbagai upaya Beliau lakukan demi kemudahan kami dalam belajar. Salah satunya yang paling aku sukai adalah cara Pak Naryo menggelar kuis setiap pulang sekolah, siapa yang mampu menjawab lebih dahulu maka dia dapat pulang lebih awal. Melalui cara itu kami harus memperhatikan apa yang telah diajarkan oleh Pak Naryo sebelumnya. Karena begitu besarnya semangat yang dimiliki Pak Naryo dalam mendidik semua siswanya, aku berjanji dalam hati, aku akan lulus dengan nem yang cukup tinggi dan masuk ke SMP negeri favorit di Bojonggede. Alhamdulillah hal itu tercapai, paling tidak itulah balasan ku untuk jasa yang telah diberikan oleh Pak Naryo.

Jika aku boleh memberikan usul saat itu, aku ingin sekali mengatakan kepada pemangku jabatan pendidikan di daerah untuk memperhatikan sekolah dan guru-guru yang telah berjasa kepada kami. Bila dibandingkan dengan SDN Bojonggede 01 dan SDN Bojonggede 03, sekolah kami memiliki kualitas infrastruktur yang jauh berbeda dengan kedua sekolah tersebut. Kami pernah diajak guru kami untuk melakukan studi bersama (aku lupa dalam rangka apa) di SDN Bojonggede 01. Sekolah itu memiliki bangunan yang bertingkat, ruangan kelas yang luas, kursi meja yang masih bagus, tembok yang tidak kusam, serta memilki lapangan yang lebih luas dibandingkan sekolah ku. Di sekolah kami, perpustakaannya saja hanya berupa lemari yang berisi buku-buku sumber belajar yang terdapat di ruangan guru. Terlebih untuk Pak Naryo, aku sedih melihatnya, karena penghargaan atas jasanya saat itu hanya berupa rumah dinas yang kecil dan meja kerja yang berhimpitan dengan guru-guru lain. Meskipun begitu Pak Naryo tetap semangat dalam melakukan proses belajar mengajar. Begitulah guru, yang dahulu disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Tahun 2000-sekarang

Sekolah ku, SDN Bojonggede 02 yang beralamat di Jalan Bambu Kuning Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor kini sudah banyak berubah. Bulan September lalu ketika aku hendak meminta legalisir ijazah, aku memperhatikan beberapa kemajuan dari sekolah itu. Sekolah tempat ku mengenyam pendidikan dasar tersebut mulai merasakan perbaikan dan penambahan infrastruktur pendidikan seiring dengan bergulirnya program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun 2005. Pemerintah memang tengah memajukan dunia pendidikan di Indonesia, hal itu tertuang dalam pasal 31 UUD 1945 hasil amandemen keempat yang berbunyi “Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggeraan pendidikan nasional”. Implementasi amanat UUD 1945 tersebut mulai dijalankan pada tahun 2005 dengan meluncurkan program bantuan operasional sekolah (BOS) dan program sertifikasi guru.

Kabupaten Bogor tercatat sebagai penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terbesar se-Jawa Barat pada kuota dana BOS pusat untuk Provinsi Jawa Barat yang dialokasikan dalam APBN 2012. Dari total dana BOS 2012 yang diterima Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 4,184 triliun, Kabupaten Bogor menerima sekitar Rp 434,535 miliar. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah siswa dan sekolah di Kabupaten Bogor yang sangat banyak. Tercatat ada 537.475 siswa SD dengan alokasi BOS Rp 311,735 miliar dan 172.958 siswa SMP dengan alokasi BOS Rp 122,8 miliar (Pikiran Rakyat, 2012).

Bangunan di Sebelah Timur Tahun 2012

Melalui dana BOS, pembangunan untuk menambah dan memperbaiki infrastruktur telah dilakukan oleh sekolah ku itu. Pembangunan tersebut antara lain penambahan ruang kelas dan fasilitas pendukung belajar, serta perbaikan bangunan lama. Bangunan yang berada di sebelah timur kini sudah menjadi bangunan dua lantai, itu berarti ruang kelas kami bertambah. Di depan bangunan tersebut terdapat beberapa mainan untuk anak-anak kelas satu seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit dan lain-lain. Rumah dinas yang dahulu dijadikan tempat tinggal untuk Pak Naryo sekarang telah berubah fungsi menjadi kantor kepala sekolah. Sebenarnya ruangan itu terlihat jauh dari kesan kantor karena hanya terdiri dari beberapa meja kerja saja dan kursi untuk tamu. Sedangkan untuk ruangan guru masih sama, meja yang berhimpit dengan satu fasilitas komputer serta printer di pojok ruangan. Untuk bangunan yang berada di sebelah utara masih menggunakan sekat sebagai pembatas, dan terdapat kantin sekolah di depannya. Jumlah siswa dalam satu kelas telah dibatasi sehingga tidak berjejalan seperti yang aku alami dahulu, kini masing-masing meja hanya terdiri dari dua siswa. Seiring dengan perubahan itu, aku mendapati kabar bahwa Pak Naryo sudah lama pindah ke daerah lain di sekitar Pabuaran. Padahal aku saat itu sudah sangat senang sekali hendak bertemu Beliau. Aku berharap kehidupan Pak Naryo lebih baik sejak dua puluh dua tahun yang lalu mengingat nasib guru sekarang sangat diperhatikan oleh pemerintah melalui program sertifikasi profesi guru.

Rumah Dinas yang Kini Menjadi Kantor Kepala Sekolah

Seiring dengan adanya penghargaan dari pemerintah untuk sosok pahlawan pendidik anak bangsa ini yang diimplementasikan melalui sertifikasi profesi guru, kini kalimat “pahlawan tanpa tanda jasa” dalam lagu hymne guru sudah tergantikan oleh kalimat “pahlawan pembangun insan cendekia”. Sertifikasi merupakan bentuk penghargaan bagi guru untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Melalui sertifikasi ini guru mendapatkan tunjangan profesi satu bulan gaji dan tunjangan lainnya yang memang menjadi hak guru. Namun hal tersebut dapat diperoleh bila seorang guru memenuhi beberapa syarat seperti terpenuhinya porsi jam mengajar sesuai peraturan yang berlaku hingga lama masa mengajar, serta memiliki kompetensi sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Guru dan Dosen (UUDG), yaitu Undang-undang No. 14 Tahun 2005 yang merupakan kebijakan untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru lewat kebijakan keharusan guru memiliki kualifikasi Strata 1 atau D4, dan memiliki sertifikat profesi. Dengan sertifikat profesi ini pula guru berhak mendapatkan tunjangan profesi sebesar 1 bulan gaji pokok guru. Di samping UUGD juga menetapkan berbagai tunjangan yang berhak diterima guru sebagai upaya peningkatan kesejahteraan finansial guru. Kebijakan dalam UUGD ini pada intinya adalah meningkatkan kualitas kompetensi guru seiring dengan peningkatkan kesejahteraan mereka (Jalal, 2007).

Namun adanya sertifikasi ini juga menimbulkan polemik seperti: banyak guru yang pada akhirnya harus mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai dengan bidangnya untuk memenuhi porsi jam mengajar yang telah ditentukan, banyak pula yang berkorban moril dan materiil untuk mengikuti kuliah penyetaraan demi mendapatkan gelar sarjana yang juga termasuk persyaratan lulus sertifikasi (Zainab, 2012). Polemik lain berasal dari keterbatasan dana dari pemerintah yang membuat program sertifikasi tidak dapat dilaksanakan secara serentak untuk 2,7 juta guru di Indonesia. Hal itu jelas melahirkan persoalan baru berupa konflik horizontal antara guru yang sudah mengikuti program sertifikasi serta menerima tunjangan profesional dan guru yang belum memperoleh jatah. Mereka melaksanakan tugas yang sama, tapi besaran gaji yang diterima berbeda. Namun hal itu dapat diatasi dengan melakukan sistem kuota yang pilihan prioritasnya adalah para guru senior (Mereka yang mengajar lebih dari 20 tahun). Implementasinya, tidak semua guru yang ikut sertifikasi dengan sistem portofolio lolos. Mereka yang gagal kemudian wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 90 jam di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mendapat tugas untuk itu. Namun, setelah lolos sertifikasi, mereka tidak serta-merta memperoleh tunjangan profesional. Tunjangan profesional hanya diterima oleh guru yang mengajar 24 jam seminggu. Ketentuan itulah yang kemudian menimbulkan persoalan di lapangan, terutama para guru di Jawa, karena berebut jam mengajar untuk memenuhi 24 jam mengajar (Darmaningtyas, 2012).

Pembangunan dibidang pendidikan memang tidak bisa secara instant tercapai secara keseluruhan dalam waktu singkat. Pembangunan ini harus dilakukan secara bertahap dan kontinyu mengingat banyak hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pembangunan di bidang pendidikan juga harus disesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman, baik dari segi kualitas tenaga pengajar, infrastruktur sekolah maupun kurikulum pendidikan. Semua itu harus bersinergi agar peningkatan kualitas pendidikan dapat tercapai. Dengan adanya program BOS dan sertifikasi guru yang dicanangkan oleh pemerintah, semoga kelak kualitas pendidikan di Indonesia benar-benar berkembang, sehingga baik peserta didik maupun para pendidik menjadi bersemangat lagi dalam melakukan proses belajar mengajar.

Selamat Hari Guru Nasional

25 November 2012

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Gerakan Indonesia Berkibar “Guruku Pahlawanku” Periode Lomba: 10 September – 12 November 2012.

 

Hujan Es

Butiran es yang semula sebesar kelereng mulai mencair

Pada hari selasa tanggal 2 Oktober 2012 sekitar pukul 15.30 WIB terjadi hujan es di lingkungan kami, kampung Pondok Manggis Desa Bojongbaru Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor, setelah sehari sebelumnya selama 24 jam penuh mulai dari pagi hari hingga keesokkan harinya cuaca sangat sumuk atau hareudang yang berarti gerah.  Kemarin lusa sempat gerimis namun hujan tidak jadi turun sehingga membuat cuaca sangat panas walaupun di malam hari. Alfi sendiri sampai beberapa kali terbangun lantaran kegerahan, sampai kami harus menggunakan kipas saat tidur yang membuat kami masuk angin keesokkan harinya.

Hujan es sore hari itu membuat Alfi takut, dia menangis tak kala mendengar suara “keletuk-keletuk” yang merupakan suara es yang menimpa atap rumah. Hujan es juga disertai oleh tiupan angin yang kencang sehingga membuat butiran es yang sebesar kelreng masuk hingga ke dalam rumah. Setelah butiran es tidak lagi muncul maka hujan air pun turun cukup lebat disertai angin dan juga petir. Seketika itu pula cuaca yang tadinya gerah mendadak dingin. Kecuali Alfi, kami cukup takjub melihat hujan es yang turun cukup banyak, karena peristiwa tersebut jarang terjadi di kampong kami. Adik ku sampai memungut es yang jatuh seraya kegirangan. Akibat dari hujan es yang cukup banyak kemarin, atap rumah kami yang terbuat dari fiber banyak yang pecah sehingga terjadi kebocoran di sana-sini.

Atap yang terbuat dari fiber pecah terkena hujan es

Dari Wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa hujan es yang juga disebut sebagai hail adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat dingin di  atmosfer pada lapisan di atas freezing level. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar. Karena ukurannya, walaupun telah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat tidak semuanya mencair. Hujan es tidak hanya terjadi di negara sub-tropis, tapi bisa juga terjadi di daerah ekuator. Proses lain yang dapat menyebabkan hujan adalah riming, dimana uap air lewat dingin tertarik ke permukaan benih-benih es. Karena terjadi pengembunan yang mendadak maka terjadilah es dengan ukuran yang besar.

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_es

 

Evrinasp.com

Evventure Blog

Kumpulan Emak Blogger

kumpulan-emak-blogger

Warung Blogger

Photobucket

Blog Stats

  • 465,966 hits

Follow TWITTER

Kicauan TWITTER

Almanak

October 2012
M T W T F S S
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: