//
you're reading...
Other

Perjuangan Itu Berbuah Manis

Aku menyebut hal ini sebagai perjuangan karena apa yang aku lakukan sangat menentukan masa depan diriku pribadi, terlepas dari peran ku sebagai seorang ibu dan seorang istri, aku ingin melepaskan diriku dari ketidakjelasan dalam menentukan langkah selanjutnya. Hanya ada dua pilihan saat itu, lulus tes atau kembali ke tempat yang sangat aku tidak ingin berada di sana meski itu ada perintah dari suami. Inilah beberapa langkah perjuangan ku yang mungkin untuk sebagian orang biasa saja tetapi amat berarti buat ku.

Berawal pada pertengahan bulan Juli 2012 ada SMS dari teman ku Heny yang mengabarkan tentang adanya rekrutment CPNS untuk beberapa kementerian dan pemda yang dikecualikan mengingat tahun ini moratorium penerimaan CPNS masih dilakukan. Baiklah aku akan mencobanya, aku tertarik dengan rekrutment CPNS yang diadakan oleh Kemenkumham karena posisi yang ditawarkan sebagai pembina napi (posisi yang buat ku sangat menantang) dan latar belakang yang dibutuhkan juga sesuai dengan background ku yang sarjana pertanian. Mulailah aku mengurus beberapa persyaratan seperti membuat SKCK yang dimulai dari pembuatan surat pengantar dari desa, kecamatan dan polsek Bojonggede. Saat membuat persyaratan ini aku sangat membuat Bapak ku sibuk dan lelah karena bolak balik mengantar ku. Aku hanya berharap agar perjuangan ini berbuah manis setidaknya untuk Bapak. Kemudian persyaratan lain yang harus aku persiapkan adalah surat keterangan sehat dari dokter umum dan dokter spesialis THT. Dalam membuat surat ini pun penuh perjuangan karena antriannya panjang dan membuat ku harus lama meninggalkan Alfi. Semua persyaratan siap dan akupun segera mengirimkannya.

Alhamdulillah ternyata aku lolos seleksi administrasi. Tinggal belajar saja untuk persiapan tes. Namun, entah mengapa aku merasa diberikan petunjuk oleh Allah SWT, pada tanggal 26 Juli 2012 aku tak sengaja ke kantor pos untuk mengirim paket yang harus aku kembalikan ke kakak kelas, kakak kelas waktu itu memintanya mengirimkan via JNE, karena JNE belum ada di dekat rumah akhirnya aku memutuskan ke kantor pos. Saat berada disana aku tak sengaja membaca pengumuman tentang rekrutment CPNS Kabupaten Bogor yang akan dimulai tanggal 27 Juli 2012, itu berarti keesokan harinya. Aku sangat bersyukur karena aku diberi petunjuk untuk pergi ke kantor pos, jika aku ke JNE mungkin aku tak tahu perihal tersebut. Keesokan harinya aku membeli harian Radar Bogor, dan benar saja disana terdapat pengumuman CPNS kabupaten Bogor. Hal yang membuat ku senang lagi ternyata formasi sarjana pertanian yang dibutuhkan cukup banyak yaitu 15 orang, berarti peluangnya juga lebih banyak. Tak perlu pikir panjang lagi akhirnya aku mulai mengurus beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan segera mengirimnya tak kala selesai.

Saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan, aku jadi tambah semangat untuk belajar tak kala menjelang sahur dan buka, saat Ramadhan waktu ku untuk belajar lebih banyak ketimbang hari biasa. Suatu hari tak sengaja aku sedang membaca timeline Dikti yang mengabarkan bahwa tes CPNS digelar serentak pada tanggal 8 September 2012. Hal tersebut membuat ku bingung karena aku melamar di dua instansi dan harus memilih salah satu untuk mengikuti tes CPNS. Setelah konsul dengan ortu dan suami akhirnya aku memutuskan untuk ikut tes CPNS Kab Bogor mengingat formasi yang dibutuhkan banyak serta lokasi tes dekat sehingga tidak lama meninggalkan Alfi untuk tes. Selama mempersiapkan diri untuk mengikuti tes aku banyak latihan soal-soal CPNS yang aku download dari internet dan dari beberapa buku yang ku beli, serta sering membaca UUD 1945 dan sejarah nasional bangsa.

Ujian Tes CPNS Kab. Bogor 2012 di IPB, Sumber: http://www.bogorkab.go.id

Setelah mempersiapkan diri hampir satu bulan lamanya akhirnya hari yang ditunggu datang juga. Bertempat di RK PAU2 Fateta IPB aku mengikuti tes CPNS. Soal tes waktu itu terdiri dari 200 soal dengan rincian 50 soal Tes Pengetahuan Umum (TPU), 50 soal Tes Bakat Skolastik (TBS) dan 100 soal Tes Skala Kematangan (TSK). Pelaksanaan tes berlangsung 2,5 jam yang dimulai pada pukul 08.00-10.30 WIB. Jangan menyepelekan soal TSK karena walaupun menyangkut kepribadian kita pertanyaannya banyak dan kita harus membaca pula jawaban dengan cermat agar tidak salah pilih. Aku waktu itu kurang cermat dalam memanfaatkan waktu, ku pikir waktu 2,5 jam cukup untuk mengerjakan semua soal sehingga membuat ku berlama-lama di tes TPU dan TBS. Pada saat 45 menit terakhir aku baru mulai mengerjakan tes TSK yang jumlahnya banyak, hal tersebut membuat ku panik, karena waktu hanya 45 menit sementara soal mencapai 100 soal. Akhirnya aku membaca soal dan jawaban sangat cepat tanpa bisa mengeceknya kembali. Aku sudah pasrah dan target ku aku harus mengisi ke semua jawaban, dan tersisa 11 soal TSK yang aku harus menembak karena tak cukup waktu. Karena keteledoran tersebut akhirnya aku keluar dari ruang tes dengan kondisi yang lemas dan down. Aku berpikir setelah sebulan lamanya mempersiapkan diri ternyata saat tes aku malah tidak melakukan dengan baik.

Selama menunggu hasil tes aku hanya mampu berdoa dan berserah diri kepada Allah, aku sangat berharap untuk lulus karena jika tidak lulus bayang-bayang harus pindah ke tempat yang aku tidak suka membuat ku sangat down. Pada tanggal 19 September 2012 akhirnya ada pengumuman tentang hasil Tes Kompetensi Dasar yang diumumkan secara terpusat oleh Kemenpan walaupun seharusnya sudah diumumkan sejak tanggal 17 September 2012 sesuai janji Kemenpan sebelumnya. Selama seharian itu aku mengecek nilai TKD yang telah aku jalani, namun hingga tengah malam website Kemenpan masih juga overload. Dini hari sekitar pukul 03.00 WIB aku kembali mengecek website Kemenpan dan ternyata Kemenpan batal mengumumkan hasil TKD. Kecewa bukan main aku saat itu, karena Kemenpan kembali ingkar janji, hal tersebut juga dirasakan oleh beberapa rekan yang mengikuti tes. Aku sudah sangat pasrah dan tak mau lagi menunggu hasil tes tersebut. Aku hanya butuh kejelasan kapan hasil tes akan diumumkan.

Pengumuman TKD CPNS Kab Bogor 2012

Pagi harinya aku berencana mengantar adik ke Bale Binarum yang berada di Kota Bogor untuk mengikuti acara bursa kerja yang diadakan oleh pemkot Bogor. Aku iseng membeli Radar Bogor, aku hanya ingin tahu kelanjutan hasil TKD yang batal diumumkan tersebut. Setelah beberapa kali membuka lembaran koran tersebut, aku terkejut bukan main, ternyata pengumuman hasil TKD ada di koran tersebut, harian Radar Bogor Edisi Kamis 20 September 2012, dan yang lebih membuat ku terkejut ternyata nama ku ada dalam daftar peserta yang lolos TKD. Syukur alhamdulillah, aku sangat terharu dan berterimakasih kepada Allah SWT karena telah mengabulkan doa ku. Aku segera mengabarkan suami, ortu dan teman-teman, alhamdulillah mereka juga senang.

Pada hari Jumat Tanggal 21 September 2012 kami diharuskan melakukan verifikasi awal atas kelulusan kami di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kab. Bogor. Panitia memberitahukan agar kami meninggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk pemberitahuan selanjutnya. Hal tersebut dilakukan karena formasi guru harus melanjutkan tes yaitu tes kompetens bidang. Berminggu-minggu aku menunggu pengumuman selanjutnya hingga akhirnya kabar yang dinanti pun tiba, tanggal 24 Oktober 2012 aku harus menghadiri pengarahan pemberkasan.

Proses Pemberkasan

Hari itu hari Rabu tanggal 24 Oktober 2012 aku dan teman-teman mengikuti pengarahan pemberkasan di gedung Tegar Beriman Kab. Bogor. Panitia memberikan pengarahan seputar pemberkasan yang harus kami lakukan, kami diharuskan mengisi daftar riwayat hidup dan surat pernyataan yang dilanjutkan dengan tes urine sebagai tanda kalau kita bebas narkoba. Hampir setengah hari kami bersama melengkapi pemberkasan karena kami harus segera menyerahlan berkas hari itu juga yang dimulai pukul 13.00-16.00 WIB di BKPP.  Setelah selesai mengisi berkas dan tes urine, aku harus kembali berjuang, mengantri dengan teman-teman yang lain untuk menyerahkan berkas. Saat berkas diperiksa, aku sangat deg-degan karena khawatir berkas ku ditolak (ada teman yang ditolak dan harus segera diperbaiki), alhamdulillah ternyata berkas ku dinyatakan lengkap. Tepat pukul 15.00 WIB akhirnya aku dapat meninggalkan gedung BKPP menuju rumah. Hari itu aku meninggalkan Alfi cukup lama, sekitar 8 jam lamanya. Kangen sekali sama Alfi, alhamdulillah Alfi tidak rewel selama ku tinggal.

Kini aku harus memikirkan langkah selanjutnya, bagaimana Alfi nanti ketika ku tinggal kerja karena menurut ketua BKPP kami diharapkan sudah mulai bekerja pada pertengahan November 2012. Saat ini aku sedang melatih Alfi untuk mandiri, saat siang hari ku coba untuk tidak terlalu lama berinteraksi langsung dengan Alfi dan membiarkannya main dengan mbah serta neneknya. Menurut teman-teman, begitulah dilema ibu-ibu, sebelum dinyatakan lulus kami sangat berharap untuk lulus, setelah lulus kami malah bingung akan anak-anak kami. Aku senang karena aku ga’ sendiri, banyak ibu muda di sana yang senasib dengan ku, saat pemberkasan kemarin ada yang membawa bayinya yang berumur 5 bulan dan 7 bulan, mereka pun orang jauh berasal dari jogja dan luar pulau jawa. Semoga walaupun aku nanti mulai bekerja, aku tetap dapat memberikan hak-haknya Alfi. Aamiin. Termikasih ya Rabb atas segala rahmat-Mu, semoga kelak aku dapat amanah dalam menjalankan tugas.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

4 thoughts on “Perjuangan Itu Berbuah Manis

  1. aamiin.. doakan juga ya bu semoga saya bisa ikut dan lgsung lulus tahun depan, hee..🙂

    Posted by echamelia | December 10, 2012, 1:33 pm
  2. maaf ya mbak kalau lancang.
    saya mau nanya
    alamat polsek bojong gede
    dimana? kalo dari bambu kuning
    naik apa? makasih banyak

    Posted by Hana Ulfah Amanda | May 9, 2013, 9:13 am

Leave a Reply

