//
you're reading...
My Job

Pengalaman (Pertama) Menyuluh

Tanggal 31 Desember 2012 kemarin adalah pengalaman pertama saya dalam melakukan penyuluhan di Gapoktan Mandiri Jaya, Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Meski sudah siap mental dan materi ternyata saya mengalami demam panggung juga, alhamdulillah demamnya hilang waktu melihat para petni begitu ramai dan ramah.

Memang saya hanya menyampaikan sedikit materi dan lebih banyak diperdalam oleh senior saya tetapi pengalaman hari itu cukup membuat saya sedikit banyak mengerti dunia penyuluhan, bagaimana menyampaikan materi yang baik dan tepat sasaran dan bagaimana menguasai audience. Sebenarnya beberapa hal tersebut telah saya pelajari waktu mengambil kuliah Akta4 di STAIN Kediri dahulu, karena penyuluh itu hampir sama seperti guru. Sebelum memberikan materi penyuluhan, seorang penyuluh menyiapkan lembar kegiatan mengajar tentang materi yang akan disampaikan, kalau sudah senior sepertinya ga’ perlu repot menyiapkan hal tersebut karena materi sudah melekat di otak lantaran jam terbang yang sangat tinggi.

Serius mendengarkan arahan senior

Serius mendengarkan arahan senior

Siang itu saya ditemani oleh Bapak Zaenal, gayanya dalam memberikan penyuluhan sangat jelas, tidak monoton dan diselingi senda gurau sehingga tidak membuat petani bosan dan mengantuk. Saya patut mencontoh gayanya si Bapak, tapi tentu dengan khas saya sendiri. Dari bapak Zaenal, saya mempelajari langkah-langkah dalam menyampaikan materi sebagai berikut:

  1. Sampaikan secara berurutan
  2. Sampaikan dari yang termudah terlebih dahulu
  3. Materi yang disampaikan sebaiknya didukung dengan data sehingga menguatkan apa yang disampaikan
  4. Lakukan perhitungan pendapatan yang dapat meningkatkan pendapatan petani karena tentunya setiap program bertujuan meningkatkan taraf hidup petani
  5. Diselingi dengan demonstrasi gambar untuk materi yang berhubungan dengan budidaya atau tanaman
  6. Diselingi dengan wejangan rohani, karena petani lebih tergugah jiwanya untuk berusaha lebih baik
Memberikan materi sistem tanam jajar legowo, newbie

Memberikan materi sistem tanam jajar legowo, newbie

Materi yang disampaikan hari itu adalah mengenai PTT (Pengelolaan tanaman terpadu) yang lebih menekankan pada sistem tanam jajar legowo. Untuk materi PTT akan saya posting kemudian. Sistem tanam jajar legowo kembali kami berikan lantaran tidak semua petani terutama buruh tanam mau mempraktekan sistem tersebut. Alasannya adalah karena mereka belum terbiasa menggunakan sistem tersebut yang menyebabkan pekerjaan menanam bibit padi lebih lama. Tetapi kami yakin jika para petani sering berlatih dan sudah terbiasa dengan sistem tanam jajar legowo maka penanaman berikutnya tidak akan memakan waktu lama lagi. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa petani yang memang sudah menerapkan sistem jajar legowo.

Semoga materi yang kami sampaikan bermanfaat untuk para petani dan dapat membantu mereka dalam budidaya padi demi mendapatkan peningkatan kesejahteraan petani. Aamiin.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: