//
you're reading...
My Job

P2KP di KWT Mawar

Bersama KWT Mawar

Bersama KWT Mawar

Beras merupakan sumber karbohidrat utama yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Konsumsinya meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Menteri Pertanian Suswono mengatakan konsumsi pangan pokok beras per kapita di Asia Tenggara dapat dikatakan masih tinggi. Saat ini konsumsi beras di Indonesia 316 gram per kapita per hari, padahal cukup dengan 275 gram per kapita per hari. Sementara itu, konsumsi umbi-umbian hanya 40 gram per kapita per hari, dari jumlah ideal 100 gram per kapita per hari [1]. Peningkatan konsumsi beras ini mendorong pemerintah untuk mencukupi kebutuhan beras dalam negeri melalui berbagai upaya. Diantaranya adalah dengan melakukan impor beras guna mencukupi kebutuhan beras dalam negeri. Namun alangkah baiknya jika kita tidak terus menerus tergantung dengan impor beras dari luar negeri. Wacana tentang diversifikasi pangan non beras merupakan salah satu alternative solusi untuk mengurangi impor beras dan ketergantungan akan konsumsi beras. Menurut Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan, jika Indonesia dapat menurunkan konsumsi beras dari 140 kg ke 100 kg saja maka sudah bisa menghemat 40 kg per tahun. Jika angka itu dikalikan 250 juta penduduk, maka penghematannya mencapai 10 juta ton dan bisa melakukan ekspor tujuh juta ton [2].

Program yang kini sedang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka melakukan diversifikasi pangan adalah melalui Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP). Untuk Kabupaten Bogor sendiri program ini sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu dan sekarang sudah memasuki tahun kedua. Implementasi dari program ini adalah dengan pemanfaatan lahan pekarangan. Tujuan dari pemanfaatan perkarangan adalah untuk meningkatkan pemenuhan gizi mikro melalui perbaikan menu keluarga, menumbuhkan kesadaran keluarga agar mengenali dan mengetahui sumber-sumber pangan yang ada disekitar kita, menumbuhkan kesadaran keluarga agar mau dan mampu memanfaatkan bahan pekarangan menjadi sumber pangan dan gizi keluarga [3].

Kegiatan Pembibitan

Kegiatan Pembibitan

Saat ini sedang dilaksanakan program P2KP lanjutan yang merupakan program tahun kedua di Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga. Kelompok wanita tani (KWT) yang melaksanakan adalah KWT Dasa Wisma Mawar. Kelompok wanita Dasa Wisma Mawar merupakan kelompok wanita tani yang ada di Kampung Cangkrang, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Jumlah anggota yang tergabung dalam kelompok adalah 10 orang dengan total luas hamparan pekarangan kelompok adalah 410 meter. Komoditas yang diusahakan terdiri dari jambu, sawo, toga, cabe, tomat, papaya, daun pandan, rambutan, kelapa, jeruk, mangga, pisang, delima dan menteng.

Selama saya mengikuti pertemuan dengan KWT Mawar, kelompok ini terlihat sangat antusias dan kompak. Program ini dirasakan sangat bermanfaat bagi ibu-ibu KWT, karena selain menghijaukan perkarangan, bila hendak memasak ibu-ibu disana tinggal memanen sayuran serta buah di pekarangan tanpa harus membeli dahulu, terlebih pada saat harga sayuran sedang naik akibat musim hujan. Tak hanya itu, sayuran yang di tanam di pekarangan terkadang menarik minat orang untuk membelinya, sehingga menambah pundi-pundi keuangan. Diharapkan selain dapat meningkatkan gizi keluarga, program ini juga dapat menambah penghasilan keluarga. Semoga jumlah anggota kelompok semakin bertambah yang menandakan bahwa keinginan ibu-ibu lainnya akan pemanfaatan perkarangan juga bertambah pula.

Sumber:

[1] Noroyono, B. 2012. Mentan: Konsumsi Beras Indonesia Terlalu Banyak. Edisi Rabu, 4 April 2012. http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/03/m1wj1n-mentan-konsumsi-beras-indonesia-terlalu-banyak

[2] Syafputri, E. 2012. Indonesia Impor Beras Kamboja 100.000 Ton/Tahun. Edisi Selasa, 28 Agustus 2012. http://www.antaranews.com/berita/329890/indonesia-impor-beras-kamboja-100000-tontahun.

[3] Kabar Agro. 2012. Pemanfaatan Perkarangan di Sekitar Kita.  http://kabar-agro.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-pekarangan-disekitar-kita.html

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

4 thoughts on “P2KP di KWT Mawar

  1. baguss nih ev prpgram p2kp-nya , terutama klo ibu2nya pada rajin n mendukung….
    aku tinggalin jejak ya….ditunggu kunjungannya http://rodamemn.wordpress.com/2013/01/25/air-dan-kearifan-lokal/

    Posted by rodamemn | February 5, 2013, 1:33 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Ngebolang di Lembang-Bandung | evRina shinOda - September 18, 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: