Membuat Rekening Non Individual

Gambar diambil dari sini

Beberapa hari ini saya agak diribetkan dengan beberapa persyaratan dalam membuat rekening non individual yang ditujukan untuk kelompok atau lembaga tertentu. Rencananya saya hendak membantu petani saya yang tergabung dalam Kelompok Wanita Anggrek di Desa Babakan Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Saya telah mempersiapkan segala persyaratan yang sekiranya diperlukan dengan mengacu pada berkas-berkas yang dicontohkan oleh senior saya terdahulu. Setelah sekitar 2-3 hari mondar-mandir ke desa untuk mengurus segala keperluan pembukaan rekening, ternyata saat saya dan petani yang bersangkutan hendak membuka rekening di salah satu bank milik pemerintah, persyaratan yang kami bawapun ditolak. Alasannya karena petani saya tidak memiliki NPWP. Namanya juga petani, jarang kayanya yang punya NPWP kan, karena mereka bukan lembaga, apalagi petani saya adalah petani pemula yang masih harus ditemani jika berurusan dengan birokrasi.

Saya coba kontak teman saya, ternyata teman saya bilang ditempatnya tidak diwajibkan memakai NPWP (namanya juga petani masa harus punya NPWP), padahal banknya masih memiliki label yang sama. Walau agak sebal karena sudah dua hari ini saya mempersiapkan segala persyaratan dan memakn cukup waktu untuk mengurusnya, saya mendatangi bank yang direkomendasikan oleh teman saya. Benar saja, ternyata di bank yang satu ini (walau namanya sama dengan bank yang saya tuju sebelumnya) tidak diwajibkan untuk mencantumkan NPWP, padahal si customer servicenya bilang kalau semua peraturan di seluruh bank tersebut sama. Ya sudahlah, kenyataannya ga’ sama juga ga’ apa-apa saya jadi bisa membuat rekening kelompok tanpa harus menunda-nunda lagi.

Supaya pembaca ga’ bingung dan pusing seperti saya, ada baiknya anda bertanya terlebih dahulu kira-kira persyaratan apa saja yang harus dilengkapi jika hendak membuka rekening kelompok. Customer service di bank yang saya tuju ini sangat baik karena dia mau memberikan kopian persyaratan pembukaan rekening non individual beserta formatnya. Berikut ini persyaratan pembukaan rekening non individual yang harus dilengkapi (untuk bank milik pemerintah):

  1. Surat permohonan pembukaan rekening ditujukan kepada Unit bank setempat yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang
  2. Surat penunjukan bermaterai untuk mengambil dan menandatangani slip penarikan di bank unit setempat (minimal oleh 2 orang)
  3. Surat keputusan pengangkatan masing-masing pejabat yang ditunjuk
  4. Akta pendirian lembaga/yayasan yang bersangkutan
  5. Struktur organisasi
  6. Stempel lembaga yang bersangkutan
  7. KTP masing-masing yang bersangkutan

Lega rasanya karena rekening berhasil dibuat hari ini, tugas sementara selesai untuk melengkapi persyaratan proposal. Jadi, berdasarkan pengalaman saya, daripada anda tidak bolak-balik mengurus persyaratan dan tidak ditolak alangkah baiknya bertanya dahulu kepada bagian customer servicenya supaya jelas. semoga berguna.

Advertisements

15 thoughts on “Membuat Rekening Non Individual

  1. gimana caranya,, jika kita blom punya yayasan (akta notaris) tapi ada kegiatan majlis taklim yang sudah berjalan lama. lalu kita buat surat izin pendidiran majlis ta’lim,(keperluan proposal renovasi majlis ta’lim). apakah dapat rekening rekenig bank???? trims

      1. saya sdh pnya yayasan apa mmg semudah itu bikin rek yayasan di BRI kal mmg bgtu sy mau coba bikin rek yayasan ke BRI

  2. sya punya mjelis berperan aktip dalam jas keagamaan, saya engn da Rek. Bank yg atas nama majelis apa bisa Mba?

  3. surat permohonan itu di tandatangani,oleh siapa saja kepala sekolah,kades,camat,apa cukup oleh ketua dan sekretaris yayasan karna lembaga saya sudah yayadan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s