//
you're reading...
My Job, Tips

Membuat Rekening Non Individual

Gambar diambil dari sini

Beberapa hari ini saya agak diribetkan dengan beberapa persyaratan dalam membuat rekening non individual yang ditujukan untuk kelompok atau lembaga tertentu. Rencananya saya hendak membantu petani saya yang tergabung dalam Kelompok Wanita Anggrek di Desa Babakan Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Saya telah mempersiapkan segala persyaratan yang sekiranya diperlukan dengan mengacu pada berkas-berkas yang dicontohkan oleh senior saya terdahulu. Setelah sekitar 2-3 hari mondar-mandir ke desa untuk mengurus segala keperluan pembukaan rekening, ternyata saat saya dan petani yang bersangkutan hendak membuka rekening di salah satu bank milik pemerintah, persyaratan yang kami bawapun ditolak. Alasannya karena petani saya tidak memiliki NPWP. Namanya juga petani, jarang kayanya yang punya NPWP kan, karena mereka bukan lembaga, apalagi petani saya adalah petani pemula yang masih harus ditemani jika berurusan dengan birokrasi.

Saya coba kontak teman saya, ternyata teman saya bilang ditempatnya tidak diwajibkan memakai NPWP (namanya juga petani masa harus punya NPWP), padahal banknya masih memiliki label yang sama. Walau agak sebal karena sudah dua hari ini saya mempersiapkan segala persyaratan dan memakn cukup waktu untuk mengurusnya, saya mendatangi bank yang direkomendasikan oleh teman saya. Benar saja, ternyata di bank yang satu ini (walau namanya sama dengan bank yang saya tuju sebelumnya) tidak diwajibkan untuk mencantumkan NPWP, padahal si customer servicenya bilang kalau semua peraturan di seluruh bank tersebut sama. Ya sudahlah, kenyataannya ga’ sama juga ga’ apa-apa saya jadi bisa membuat rekening kelompok tanpa harus menunda-nunda lagi.

Supaya pembaca ga’ bingung dan pusing seperti saya, ada baiknya anda bertanya terlebih dahulu kira-kira persyaratan apa saja yang harus dilengkapi jika hendak membuka rekening kelompok. Customer service di bank yang saya tuju ini sangat baik karena dia mau memberikan kopian persyaratan pembukaan rekening non individual beserta formatnya. Berikut ini persyaratan pembukaan rekening non individual yang harus dilengkapi (untuk bank milik pemerintah):

  1. Surat permohonan pembukaan rekening ditujukan kepada Unit bank setempat yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang
  2. Surat penunjukan bermaterai untuk mengambil dan menandatangani slip penarikan di bank unit setempat (minimal oleh 2 orang)
  3. Surat keputusan pengangkatan masing-masing pejabat yang ditunjuk
  4. Akta pendirian lembaga/yayasan yang bersangkutan
  5. Struktur organisasi
  6. Stempel lembaga yang bersangkutan
  7. KTP masing-masing yang bersangkutan

Lega rasanya karena rekening berhasil dibuat hari ini, tugas sementara selesai untuk melengkapi persyaratan proposal. Jadi, berdasarkan pengalaman saya, daripada anda tidak bolak-balik mengurus persyaratan dan tidak ditolak alangkah baiknya bertanya dahulu kepada bagian customer servicenya supaya jelas. semoga berguna.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

12 thoughts on “Membuat Rekening Non Individual

  1. thx informasinya..

    Posted by sudhi | May 11, 2013, 1:36 am
  2. gimana caranya,, jika kita blom punya yayasan (akta notaris) tapi ada kegiatan majlis taklim yang sudah berjalan lama. lalu kita buat surat izin pendidiran majlis ta’lim,(keperluan proposal renovasi majlis ta’lim). apakah dapat rekening rekenig bank???? trims

    Posted by ari | February 28, 2014, 2:44 am
  3. banknya apa kalo boleh tahu saya pernah tanya2 juga di bank deket2 saya kok ribet ya

    Posted by rajifauzi | February 2, 2016, 12:25 pm
  4. Kang, Kalau Ataa nama Organisasi Apa ada ATM nya ? trus Apakah bisa unt Internet Banking ?

    Posted by nbudie | April 2, 2016, 6:16 am
  5. sya punya mjelis berperan aktip dalam jas keagamaan, saya engn da Rek. Bank yg atas nama majelis apa bisa Mba?

    Posted by nanangbolena | July 23, 2016, 3:13 am
  6. Terima kasih informasinya.

    Posted by Sandy | September 22, 2016, 3:37 am

Leave a Reply

