//
you're reading...
Contest

Yamaha Xeon RC, Si Keren, Cepat dan Canggih


Motor bagi saya sudah seperti rekan kerja, terlebih dengan profesi yang sedang saya tekuni saat ini, seorang penyuluh lapangan yang selalu ‘blusukan’ ke desa-desa sehingga sangat membutuhkan yang namanya motor. Ga’ ada motor bisa-bisa mati gaya, susah kerja dan ga’ bisa kemana-mana”, karena tidak semua desa yang saya kunjungi terjamah oleh angkutan umum. Sedangkan teman saya menganggap motor sebagai istrinya yang kedua, sehingga harus disayang dan dirawat sebaik mungkin. Saya mulai motoran (istilah kalau sering naik motor) ketika bekerja di Kediri Jawa Timur (Jatim) karena di sana tidak seperti di Jabodetabek yang banyak angkutan umumnya, jadi kalau mau tinggal di sana harus punya motor. Kuda besi (alias motor) tunggangan pertama saya (ga’ usah disebutin merknya ya) agak ringan karena bodynya yang kecil dan pendek. Enak sih untuk salip sana, salip sini, irit bensin pula, cuma kalau tertiup angin atau disalip oleh truk, motor menjadi goyang dan tidak stabil, membuat saya khawatir jatuh. Wuihhh ngeri juga rasanya waktu itu. Nah, tiap kali saya tiba di parkiran kantor atau ketika sedang antri di lampu merah, perhatian saya langsung tertuju terhadap motor Yamaha. Kenapa begitu? Karena menurut saya motor Yamaha itu designnya sangat eye catching yang membuat mata saya langsung tertuju pertama kali terhadap motor Yamaha diantara sederetan motor lainnya. Siapa sih yang ga’ kenal dengan Yamaha? Perusahaan yang namanya diambil dari pendiri pertamanya yaitu “Torakusu Yamaha” ini awalnya merupakan perusahaan yang membuat berbagai instrumen musik. Sejak 1 Juni 1955 berdirilah Yamaha Motor Corp yang hingga saat ini telah memproduksi banyak motor berkualitas.

Ada Mio J yang paling Eye Catching diantara motor lain di parkirankantor saya

Ada Mio J yang paling Eye Catching diantara motor lain di parkiran kantor

Selain design-nya yang eye catching dan keren, menurut saya motor Yamaha sangat enak dan nyaman untuk digunakan sebagai partner di jalanan, pengalaman itu saya dapatkan ketika dulu pernah mengendarai motor Yamaha Jupiter Z (kalau sekarang sedang memakai motor inventaris kantor untuk orang lapangan). Mesinnya terdengar sangat halus ga’ berisik seperti motor lainnya, jadi kalau berkendara di perkampungan atau komplek perumahan tidak akan terlalu mengganggu penduduk. Selain itu stangnya yang agak berat serta bodynya yang panjang dan besar (buat saya) sangat enak dipakai sehingga stabil di jalan, baik jalanan lurus, berbatu maupun berkelok-kelok, ga’ khawatir deh kalau lagi motoran terus ada angin kencang atau tersalip truk.

Nah, tahun ini perusahaan otomotif yang mengusung slogan Semakin Di Depan ini meluncurkan generasi baru skuter maticnya yang diberi embel-embel Racing Champion. Wow dari namanya saja sudah keren ya, kelihatan sekali bahwa motor ini adalah motor jenis sportif yang oke punya. Motor jenis ini adalah jenis matic yang diberi nama New Xeon RC. Tetapi Xeon yang ini bukan merupakan penyempurnaan dari Xeon lama, karena tak sebatas ganti body, striping, atau jenis lampunya saja. Sesuai dengan slogannya yang semakin tak tertandingi, serta keren, cepat dan canggih, Yamaha Xeon RC ini didesign lebih tangguh dan gesit dengan aplikasi teknologi fuel injectionnya (FI), serta dinyatakan irit bahan bakar hingga 20%. Ada beberapa penyesuaian yang membuatnya lebih stabil dan nyaman. Makanya pihak Yamaha berani membandrol harga skutik Yamaha Xeon RC ini seharga Rp. 15.1 juta rupiah (on the road Jakarta dan sekitarnya). Apa saja sih kelebihannya? Yuk kita ulas satu per satu sesuai dengan slogannya yang keren, cepat dan canggih.

Yamaha Xeon RC itu Keren

Keren merupakan kata sifat yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) salah satunya adalah tampak gagah dan tangkas. Sesuai dengan slogannya yang satu ini Yamaha Xeon RC memang di design sportif, gagah, tangkas dan keren, maka design dan fiturnya diarahkan ke design motor balap (racing) yang memiliki power dan warna yang ngejreng dan tajam. Apa saja sih yang membuat Yamaha New Xeon RC ini sangat keren? Yuk, intip fitur terbaru dari Yamaha Xeon seri Racing Champion ini. Dari kiri ke kanan:

Aerodinamic Cover Design, Gambar diambil dari: sini

Bagasi yang lebih luas, Gambar diambil dari sini

After-Burner Jet Tail Lamp, Gambar diambil dari Sini

Design semakin keren, Gambar diambil dari Sini

Knalpot dengan design anyar, gambar diambil dari Sini

Sporty Casting Wheel & Colored Pin Stripe, Gambar Diambil dari Sini

1. Aerodinamic cover design yang terinspirasi dari pesawat tempur (F-117-Nighthawk Bomber) dengan sistem Auto Head-Light On nya merupakan bentuk penyegaran dari Xeon lama dimana lampu utama lebih lebar dan lampu senja yang tadinya di setang kini pindah ke sayap bagian samping [1].

2. Large Capacity Luggage sangat mendukung aktivitas pengendara yang menginginkan barang bawaanya ringkas dan tampak rapih tanpa perlu menambah ornamen ‘cantelan’ seperti di motor saya (motor inventaris dari kantor) saat ini. Space yang luas sangat saya perlukan, terutama untuk meletakkan helm ketika ‘blusukan’ ke sawah sementara motor ditinggal disuatu tempat. Jadi, ga’ perlu was-was lagi terhadap keamanan helm.

3. Stop lamp dengan konsep “after burner jet tail lamp tampil dengan design yang sangat sporty dan keren pastinya. Cahaya yang dihasilkan juga lebih terang. Kalau sudah begini ga’ ada cerita diseruduk dari belakang, seperti motor saya saat ini (motor inventaris kantor sih, hehe), sudah dua kali ini kalau sedang berhenti di lampu merah atau sedang macet ada saja pengendara di belakang saya yang ‘nyeruduk’ ekor motor saya, heran masa iya ga’ ngeliat kalau lampu belakang menyala tanda kalau mengerem. Mungkin cahaya yang dihasilkan kurang terang jadi kena seruduk terus.

4. Sporty Striping and Dinamic Color memberikan warna trendy yang sangat pas perpaduan warnanya, serta diperjelas dengan warna striping yang tegas. Pada Xeon RC ini ground clereance-nya dibuat sedikit lebih tinggi 10 mm ketimbang Xeon lama. Alasannya adalah agar tidak ‘mentok’ saat melintasi polisi tidur. Jarak terendah dari tanah ini menjadi lebih tinggi karena dilakukan setting ulang pada suspensi depannya. Shockbreaker depan sedikit lebih tinggi, selain membuat ground clereance aman pada polisi tidur juga memberikan efek redaman suspensi dengan yang lebih lembut [2].

5. Muscular and Sporty Muffler, design knalpot ini diadaptasi dari knalpot Yamaha T-Max yang memberikan tenaga prima dengan warna cover Titanium.

6. Sporty casting Wheel and Colored Pin Stripe, didesign sporty dengan velg berwarna yang dikombinasikan dengan lis velg yang tegas. Pada Xeon RC ini wheelbase- nya dibuat lebih panjang 5 mm dari Xeon lama karena adanya perubahan pada inner tube shockbreaker depan dan belakang yang lebih panjang. Titik beratnya menjadi lebih mundur, dan lebih ke tengah sehingga memberikan stabilitas yang lebih baik [3].

7. Fitur keren lainnya adalah New Rear View Mirror yang memiliki design tajam dan sporty, kemudian Double Seat Two Tone Color, biasanya warna jok motor hanya satu warna, tetapi tidak untuk Xeon RC, dua warna yang sangat klop ini membuat penampilannya semakin keren dan enak untuk dilihat, serta fitur Speedo Meter 3 Dimensional View yang juga membuat penampilan Xeon RC semakin keren.

Fitur Keren Xeon RC, Gambar Diambil Dari Sini

Yamaha Xeon RC itu Cepat

Menurut KBBI Cepat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat menempuh jarak cukup jauh (perjalanan, gerakan, kejadian, dsb) dalam waktu singkat . Dengan mengusung teknologi YMJET-FI yang canggih, Xeon RC semakin gesit dan lincah di jalan. Biasanya kalau tarikan gasnya cukup tinggi maka bahan bakar yang dibutuhkan juga banyak, tetapi tidak untuk New Xeon RC, ternyata matic anyar Yamaha ini mampu menghemat bahan bakar hingga 20%. Mau tahu lebih jelasnya? yuk kita bahas satu persatu fitur yang menjadikan Xeon RC ini cepat.

1. Tenaga New Xeon RC kini lebih cepat, berada di 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm, naik sekitar 8 persen dari Xeon terdahulu [8].

2. Satu lagi yang diubah pada Xeon RC adalah melepas rear arm. Komponen ini lebih sering disebut dengan lengan ayun yang posisinya ada di roda belakang sebelah kanan. Sebelumnya komponen ini disebut-sebut berkaitan erat dengan stabilitas, tapi kini justru ditanggalkan untuk mengurangi bobot agar power to weight ratio-nya lebih besar. Dengan pengurangan komponen ini, bobotnya bisa dipangkas hingga 3 kilogram (lebih ringan 3 kilogram) [4]

3. New Engine 125 cc dengan Fuel Injection Liquid Cooled dan DiAsil Cylinder and Forged Piston. Xeon RC sudah menggunakan DiAsil Cylinder dan Forged Piston yang dikombinasikan dengan YMJET-FI, dimana sensor-sensornya lumayan lengkap antara lain Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor, Coolant Temperature Sensor (CTS) dan sensor O2. Pada motor ini diganti dengan CTS karena sudah menggunakan radiator. Sensor ini menyatu dengan thermostat untuk mengatur idle atau langsam, motor ini sudah dilengkapi dengan Idle Speed Solenoid (ISC) untuk mengaturnya secara otomatis. Sedang Electronic Control Unit alias ECU-nya dilengkapi dengan 33 pin. Berkat aplikasi injeksi bahan bakar ini, konsumsi bahan bakar Yamaha Xeon RC menjadi lebih hemat hingga 20 persen bila dibandingkan dengan versi karburatornya [5]

DiAsil and Forged Piston, Gambar Diambil Dari Sini

Penggunaan Diasil Cylider dan Forged Piston diklaim membuat dua komponen ini tidak mudah memuai meski bekerja pada suhu yang tinggi. Ditambah aplikasi air cooler atau radiator membuat suhu mesin tetap ideal, sehingga Yamaha berani meningkatkan kompresi hingga 10,9 : 1. Efeknya, torsi di putaran bawah jadi lebih besar. Satu lagi yang membuat tarikannya makin responsif adalah aplikasi fitur TPS (Throttle Position Sensor). Yang akan selalu memastikan nyalanya pengapian sesuai dengan kebutuhan diruang bakar dengan adanya sensor di trottle karburatornya [6].

Yamaha Xeon RC Itu Canggih

Yamaha Xeon RC memiliki fitur teknologi yang canggih dengan aplikasi YMJET-FI nya dan teknologi Low Friction. Berikut adalah fitur yang dimiliki oleh New Xeon RC yang menjadikannya semakin canggih. Dari kiri ke kanan:

Smart Lock System, Gambar Diambil dari Sini

Integrated Key Shutter, Gambar Diambil dari Sini

Smart Stand Switch, Gambar Diambil Dari Sini

1. Smart Lock System atau fitur kunci parkir yang sangat user friendly, tinggal tarik rem belakang lalu tekan ke bawah tuas smart lock system-nya dengan menggunakan satu tangan saja [1]. Fitur ini sangat praktis digunakan dan aman digunakan ketika pengereman ditanjakan atau turunan.

2. Integrated Key Shutter, Fitur yang dihadirkan di Xeon RC ini merupakan fitur pengaman ganda sekaligus pembuka bagasi. Jadi, kita ga’ perlu melepas kunci dari kontak utama dan mencari lubang kunci yang biasanya ada di ekor motor untuk membuka bagasi atau saat mengisi bensin. Sangat praktis karena tidak khawatir kunci tertinggal di motor setelah membuka bagasi. Rekan saya pernah meninggalkan kunci motornya di lubang kunci bagasi yang ada di ekor motor karena lupa mencabutnya, beruntung ada satpam yang mengamankan. Jika menggunakan Integrated Key Shutter hal tersebut sangat minim terjadi.

3. Smart Stand Switch yang membantu keamanan pengendara. Bila side stand atau standar samping masih terbuka maka mesin tidak akan mau hidup. Bedanya dengan Yamaha Xeon RC fitur ini ditambah dengan lampu indikator yang kedap-kedip di spidometer yang mengindikasikan standar samping masih terbuka [4].

Smart Stand Switch

Smart Stand Switch, Gambar Diambil Dari Sini

5.Teknologi YMJET-FI adalah sistem injeksi yang menghasilkan pembakaran sempurna. Motor injeksi Yamaha Xeon RC mengusung teknologi YMJET-FI, (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) yaitu sebuah teknologi yang dibuat untuk mesin kecil Yamaha, khususnya matik.YMJET-FI ini memiliki mekanisme dua saluran udara yang berbeda. Makanya, di throttle body-nya terdapat dua throttel valve atau dua katup kupu-kupu. Ketika idle atau gas ditutup, dan pada putaran rendah maka hanya katup pertama yang terbuka. Katup pertama ini menyalurkan udara lewat saluran udara tambahan di luar intake manifold. Udara ini langsung dihantarkan ke dekat injektor. Fungsinya untuk menciptakan atomisasi gas bahan bakar yang lebih halus. Baru ketika membutuhkan tenaga lebih dan putaran gas dibuka makin dalam, maka katup kedua di throttle terbuka lebar. Udara akan masuk seperti biasa lewat lubang di throtle body. Diameter lubang throttle body pada Xeon RC jauh lebih besar, yaitu 28 mm. Tentunya suplai udara di putaran atas jadi lebih besar [7].

Teknologi YMJET-FI, Gambar Diambil Dari Sini

6. Teknologi Low Friction yang dimiliki Xeon RC dapat dilihat pada sistem kelistrikan tipe AC/DC Open Circuit. Memiliki cut off pada sistem pengisiannya, bekerja ketika suplai arus listik ke aki sudah penuh. Kalau sistem sebelumnya, ketika aki sudah penuh arus listiknya dibuang. Jadi sebenarnya magnet tetap memproduksi arus listrik untuk charging. Tapi kini benar-benar di putus, jadi magnet hanya memproduksi arus untuk lampu. Hal ini menyebabkan putaran magnet tidak terlalu membebani kruk as. Mesin jadi lebih efisien. Dengan teknologi ini aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over charging. Dan yang terakhir adalah, minim gesekan dari fuel pump atau pompa bensin yang sudah menggunakan tipe brushless. Fuel pump tipe brushless ini juga mampu bekerja dengan arus listrik yang lebih kecil [8]

Teknologi Low Friction, Gambar Diambil Dari Sini

7.  Memiliki Enam Sensor Cerdas antara lain: Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor, Coolant Temperature Sensor dan Sensor O2.

Nah, begitu lengkapnya fitur yang dimiliki oleh Xeon RC ini menjadikan Yamaha semakin tak tertandingi. Xeon RC dengan mesin injeksi YMJET-FI menjadikannya sangat tangguh dan gesit namun irit bahan bakar. Berikut adalah spesifikasinya jika sobat blogger hendak membeli Yamaha New Xeon RC ini:

Data Spesifikasi New Xeon RC, Gambar Diambil Dari Sini

Setelah mengenal design yang keren serta keunggulan teknologi yang membuat Yamaha Xeon RC ini cepat dan canggih, kita juga dimanjakan dengan pilihan warna yang keren pula, terdapat lima (5) pilihan warna yaitu: 1. Thunder Bolt Blue, 2. Cosmic White, 3. Victorious Red, 4. Dazzling Black, dan 5. Regal Purple. Sobat blogger dapat mengunjungi website Yamaha Motor untuk mendapatkan informasi lebih jelas lagi.

Pilihan Warna New Xeon RC

Pilihan Warna New Xeon RC

Saya pribadi menyukai New Xeon RC Cosmic White, warnanya yang ngejreng sangat eye catching buat saya. Kesan yang ditampilkan membuat Xeon RC tampak cool, ceria, tajam dan gesit. Cocok banget nih buat saya *pede*. How about You, Guys?

Cosmic White, Gambar Diambil Dari Sini

Kesimpulannya…….

Nah, sekarang sudah lebih jelas tentang keunggulan matic anyar keluaran Yamaha yang satu ini bukan?. Dari fitur dan teknologi yang telah dibahas di atas, terlihat jelas bahwa Yamaha Xeon RC ini sangat aman, nyaman dan oke digunakan. Seperti apa yang dikatakan oleh Juara Moto GP 2012, Jorge Lorenzo: “Ada saat saya ingin menikmati perjalanan santai dan nyaman, tetapi ada saat saya butuh performa hebat. Hanya New Xeon RC yang dapat memberikan keduanya. New Xeon RC, Everything I need”. Memang benar dikala kita ingin santai sambil motoran di kompleks perumahan, di jalan perkampungan atau jalan raya, Xeon RC ini sangat nyaman digunakan karena selain mesinnya yang ga’ berisik, juga sangat enak ketika dibawa dijalanan yang buruk atau banyak polisi tidurnya. Begitu pula ketika kita ingin memacu motor dengan kecepatan tinggi maka New Xeon RC ini pun dapat kita gunakan karena sangat responsif. Kebetulan di rumah saya memang belum punya motor matic dan ada keinginan untuk memilikinya, semoga saja Xeon RC nantinya bisa parkir di garasi rumah saya. Aamiin. Sekian sedikit ulasan dari saya tentang New Xeon RC. Yamaha Semakin di depan! Semoga bermanfaat untuk semuanya.

“It will be very important if we are able to do one or two dry days in [the] test to understand our potential, but I am happy [to join Yamaha].”  -Valentino Rossi-

Tulisan ini diikutsertakan pada Yamaha Blog Contest yang diadakan oleh Blogdetik yang bekerjasama dengan Yamaha, Periode 25 februari-24 Maret 2013.

Daftar Pustaka

[1] Motorplus Otomotifnet. 2013. First Ride Yamaha Xeon RC, Makin Responsif dan Stabil. Edisi Kamis, 10 Januari 2013. http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/10/337537/38/13/First_Ride_Yamaha_Xeon_RC__Makin_Responsif_dan_Stabil

[2] Popo. 2013. Rangka Baru Yamaha Xeon RC Lebih Stabil dan Nyaman. Edisi Kamis 10 Januari 2013. http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/10/337510/33/12/Rangka-Baru-Yamaha-Xeon-RC-Lebih-Stabil-dan-Nyaman

[3] Bahasa Otomotif. 2013. Fitur dan Teknologi Yamaha Xeon RC (Racing Champion) (Part 2) http://bahasotomotif.com/2013/01/fitur-dan-teknologi-yamaha-xeon-rc-racing-champion-part-2/

[4] Bahasa Otomotif. 2013. Fitur dan Teknologi Yamaha Xeon RC (Racing Champion) (part 1). http://bahasotomotif.com/2013/01/fitur-dan-teknologi-yamaha-xeon-rc-racing-champion-part-1/

[5] Popo. 2013. Injeksi Yamaha Xeon RC, Pakai Throttle Body 28 mm. Edisi Jumat, 11 Januari 2013. http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/11/337543/33/12/Injeksi_Yamaha_Xeon_RC__Pakai_Throttle_Body_28_mm

[6] Swagoo. 2013. Teknologi Terbaik Yamaha Xeon. http://swagooo.com/berita-1828-teknologi-terbaik-yamaha-xeon.html

[7] Blog Online. 2012. Teknologi Injeksi YMJET-FI Untuk Yamaha Xeon, Soul dan Mio-J. http://blogonline2012.blogspot.com/2012/02/teknologi-injeksi-ymjet-fi-untuk-yamaha.html

[8] Popo. 2013. Penyempurnaan Mesin Xeon RC, Aplikasi Teknologi Low Friction. Edisi Kamis, 10 Januari 2013. http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/10/337532/33/12/Penyempurnaan-Mesin-Xeon-RC-Aplikasi-Teknologi-Low-Friction

Sumber utama:

1. http://www.yamaha-motor.co.id/

2. http://microsite.detik.com/minisite/YamahaBlogContest/about

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

18 thoughts on “Yamaha Xeon RC, Si Keren, Cepat dan Canggih

  1. Keren…..yamaha itu memang unggulan dan semakin di depan..

    Posted by fadli | March 10, 2013, 12:58 pm
  2. keren motornya motor keluaran terbaru yah ? bisa dibagi ga tuh motornya ?😛

    Posted by mega kartinawati | March 11, 2013, 1:53 am
  3. waktu..waktu terus buktikan
    cuma kita yg semakin d dpan…
    Mtornya emang keren…apalgi kalo gratis..:)

    Posted by rizki prihatini | March 11, 2013, 1:56 am
  4. komplitt abissss
    good luck ev

    Posted by rodamemn | March 11, 2013, 2:47 am
  5. lengkap Mbaknyaaa🙂
    semoga sukses ya.

    eh tengok punya saya yuk di http://­argalitha.blogsp­ot.com/2013/03/­new-xeon-rc-sepe­da-motor-keren-­cepat.html makasih🙂

    Posted by arthaamalia | March 11, 2013, 4:12 am
  6. Hari gini masih pake gigi, sekarang jamannya matic. good luck ev!

    Posted by ataraseto | March 11, 2013, 4:39 am
  7. boleh punya motor yang Keren, Cepat dan Canggih, tapi tetep harus dirawat biar tetep awet dan gak nyusahin….hehe….Hidup S 6887 SA…..One Heart….

    Posted by christ | March 14, 2013, 7:19 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: