//
you're reading...
My Job

KWT Anggrek Desa Babakan

Belajar menyiapkan media tanam

Belajar menyiapkan media tanam

Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek adalah sebuah kelompok wanita tani yang berada di Desa Babakan Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. KWT ini mengalami penumbuhan kembali pada tanggal 30 Januari 2013 lalu. Awalnya KWT ini sudah giat dengan peertanian perkarangan, namun belakangan menjadi vakum sehingga harus ditumbuhkan kembali. Memang, sejak dulu Desa Babakan sudah masuk kedalam wilayah binaaan Cikarawang, hanya saja kurang mendapatkan perhatian lantaran potensi pertaniannya sangat sedikit.

KWT Anggrek ini beralamat di Jalan Bara IV RT 03/RW 07 yang di ketuai oleh Ibu Atih Sumiati. Jumlah anggota KWT ini sebanyak 30 orang, terdiri dari kaum ibu-ibu yang sudah berumur, meskipun begitu semangatnya untuk menghijaukan pekarangan patut diacungi jempol. Awalnya ketika saya datang ke sana, ibu-ibu di sana pesimis terhadap pembinaan yang hendak saya lakukan, mengingat lingkungan Bara yang berada dekat dengan kampus IPB Dramaga ini sudah minim sekali dengan lahan untuk ditanami. Hampir 80% wilayah Bara sudah dijadikan kos-kosan mahasiswa sehingga membuat wilayah Bara cukup padat. Tetapi pertanian tidak melulu harus di lahan yang luas, di pekarangan yang sempit itu pun kita dapat melakukan budidaya tanaman. Berbekal alasan tersebut maka saya bertekad untuk mengajak ibu-ibu menggiatkan kembali kegiatan penanamannya.

Memang tidak mudah mengajak kebaikan, ibu-ibu yang pesimis karena terbentur lokasi yang minim sedikit demi sedikit tergerak untuk menanam meskipun jumlahnya belum mencapai separuh dari anggota yang ada. Dengan melakukan pendekatan kepada anggota dan terus memberikan semangat positif untuk melakukan penghijauan saya yakin suatu saat sebagian dari warga Bara mau memanfaatkan pekarangannya untuk menanam berbagai tanaman.

Bergerak bersama menyiapkan demplot kecil untuk penanaman bayam

Bergerak bersama menyiapkan demplot kecil untuk penanaman bayam

Saat ini saya sedang mengajak ibu-ibu untuk menanami pekarangan mereka dengan tanaman sayuran seperti kangkung, bayam, dan cabe. Ternyata mereka antusias dalam melakukan penanaman tersebut meskipun tidak semuanya berpartisipasi. Ada sebagian dari kelompok yang memang ingin mendapatkan pengetahuan, ada yang sekedar ikut-ikutan, ada juga yang memiliki kepentingan tertentu. Bagi saya itu tidak mengapa, karena itu yang dinamakan dinamika kelompok.

Saya berharap semoga KWT ini yang masih masuk kelas pemula dapat terus maju dan semangat untuk melakukan penghijauan seperti KWT lainnya. Karena KWT ini masih pemula maka masih banyak hal yang perlu kami lakukan bersama demi kemajuan kelompok. Semangat!

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

2 thoughts on “KWT Anggrek Desa Babakan

  1. Mbak mau nanya tempat tinggal ketua nya dimana ya? Atau lokasi spesifik tmpat beliau2 berkumpul dimana.Saya mau wawncara buat tugas komunikasi kelompok, terimakasih mbak sebelumnya😊

    Posted by Asp | September 25, 2016, 2:20 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: