//
you're reading...
Contest

Mudahnya Mengisi Pulsa Dengan Pojok Pulsa

HP kesayangan

HP kesayangan

Pulsa bagi saya adalah nyawa sebuah Hand Phone (HP), jika tidak ada pulsa HP seakan mati, karena kita tidak bisa melakukan panggilan telepon, SMS atau internetan. Jika pulsa habis, maka saya segera melakukan isi ulang pulsa elektrik agar HP bisa hidup kembali. Sejak dulu saya adalah pengguna kartu pra bayar, sebab kalau menggunakan kartu pasca bayar dijamin boros karena saya tidak bisa memanage pemakaiannya. Karena alasan tersebutlah tahun 2009 yang lalu saya mencoba untuk menjadi agen (reseller) pulsa. Alasan saya menjadi agen pulsa saat itu adalah:

1. Untuk pemakaian pribadi; jadi kalau sedang memerlukan pulsa, saya tidak perlu keluar rumah untuk mencari counter penjualan pulsa, cukup dengan mengirim SMS saja maka pulsapun terisi

2. Menambah penghasilan; selain untuk dikonsumsi sendiri, saya juga menjual pulsa di lingkungan kantor untuk menambah penghasilan

Awalnya saya merasa mendapatkan profit dengan menjadi agen pulsa karena teman-teman di kantor banyak yang memerlukannya. Namun seiring waktu peminat pulsa di lingkungan kantor menjadi sedikit lantaran ada counter pulsa yang menjual pulsa murah ketimbang punya saya. Saya sendiri heran bagaimana counter tersebut dapat menjual pulsa dengan harga lebih murah ketimbang pulsa yang saya jual. Sebagai gambaran, jika saya menjual pulsa Rp. 10.000,- seharga Rp. 11.000,- maka counter tersebut dapat menjual seharga Rp. 10.500,-. Saya tidak dapat menjual pulsa dengan harga yang dimiliki counter karena harga dari servernya saat itu sebesar Rp. 10.465,- . Meskipun begitu, saya tetap melanjutkan menjadi agen pulsa, tetapi tidak untuk dijual namun untuk pemakaian sendiri.

Sambil menggunakan saldo yang saya miliki untuk kepentingan sendiri sesekali saya memperkenalkan produk pulsa yang saya pakai ke teman-teman kantor, server pulsa yang saya pakai ini memakai sistem MLM, jadi kalau bisa menambah downline kita akan mendapatkan bonus dari transaksi downline tersebut. Ada beberapa teman yang akhirnya mau menjadi downline, waktu itu sebanyak tiga orang berhasil bergabung bersama saya. Namun ada saja yang juga tidak tertarik, alasannya karena untuk bergabung harus membayar Rp. 27.000,- untuk pendaftaran meskipun nantinya akan di kembalikan sebesar Rp. 25.000,- sebagai saldo awal. Bagi sebagian orang mungkin hal tersebut memberatkan, karena untuk pendaftaran saja harus membayar.

Bisnis pulsa yang saya jalani tidak bertahan lama, ternyata saya boros sekali jika memiliki saldo sendiri, terlebih harga dasar yang dikeluarkan oleh server lebih mahal ketimbang harga yang ada di counter pulsa di wilayah saya saat itu. Akhirnya saya memutuskan berhenti dan tidak melanjutkan lagi, dan saat ini ketika saya melakukan blog walking, saya melihat ada lomba blog mengenai cara praktis mengisi pulsa yang diadakan oleh Pojok Pulsa. Saya kemudian kembali teringat akan pengalaman saya menjadi agen pulsa. Saya pikir mungkin itu sama saja, tetapi karena penasaran akhirnya saya mulai mengunjungi website Pojok Pulsa. Setelah mempelajari beberapa hal yang tercantum dalam website Pojok Pulsa akhirnya saya tertarik untuk menjadi agen pulsa kembali. Berikut beberapa hal yang dapat saya rangkum ketika hendak menjadi agen pulsa di Pojok Pulsa.

Beberapa Hal Dasar Yang Harus Diketahui Sebagai Agen Pojok Pulsa.

Ketika mengunjungi website Pojok Pulsa, hal yang saya pelajari pertama adalah mengenai daftar harga. Menurut saya Pojok pulsa memberikan pulsa murah ketimbang server pulsa yang dulu. Saya mulai tertarik untuk kembali menjadi agen pulsa karena setiap minggunya saya harus mengisi pulsa elektrik minimal Rp. 5000,- untuk mengisi modem. Jika membeli denom pulsa 5000 diluar, saya harus membayar Rp. 7000,- tetapi dengan Pojok Pulsa harganya lebih murah lagi, selisihnya mencapai Rp. 2000,-. Saya masih bisa bersaing dengan produk pulsa lain dengan menjual lebih murah seharga Rp. 6000,-.

Produk Denom 5 Rb Denom 10 Rb Denom 20 Rb Denom 25 Rb Denom 50 Rb Denom 100 Rb
TELKOMSELJABOTABEK (SJ/AJ) 5.375 10.275 20.125 25.425 49.475 97.525
INDOSAT(I/M) 5.325 10.325 24.950 49.475 97.950
XL (X) 5.400 10.400 25.050 49,970 99,950
AXIS (AX) 5.100 10.100 19.975 24.950 49.750 99.475
THREE (T) 4.970 9.875 19.700 48.950 97.950
SMARTFREN (SM/FR) 5.075 10.075 19.850 49.500 98.900
IM2 (IB) 5.300 10.300 24.975 49.950 99.950
ESIA (ES) 5.100 9.950 19.725 24.625 48.975 97.950
FLEXI (F) 4.950 9.850 19.650 23.950 48.950 97.750
Harga Update Disini: http://webreport.us

Setelah mempelajari harga kemudian saya mempelajari bagaimana caranya untuk menjadi agen di Pojok Pulsa. Ternyata caranya cukup mudah tanpa dikenai biaya pendaftaran alias gratis. Saya cukup mengirim sms dengan format berikut:

  • REG*NAMA*NomorHP*KOTA
  • Contoh: REG*Alfi CELL*085772600426*BOGOR.
  • Kemudian kirim ke: 0877 8256 9123

Picture1Hanya dalam waktu satu menit maka kita akan mendapatkan balasan sebagai tanda bahwa kita telah bergabung dengan Pojok Pulsa. Isi balasan sms berupa Nama, Nomor ID dan PIN serta informasi mengenai SMS Center, web report dan customer service. Sebagai contoh dari balasan yang saya dapat adalah sebagai berikut:

Nama : Alfi Cell, Nomor ID: PP48661, PIN: 1234

Picture3

Guna memudahkan transaksi maka kita perlu mengetahui nomor SMS Center yang dapat kita simpan langsung pada HP. Untuk mengetahuinya cukup dengan mengirim SMS dengan format berikut:

CENTER kirim ke 081 319 142 122

Maka kita akan mendapatkan SMS balasan berupa isi nomor HP sejumlah SMS Center. Simpan nomor-nomor tersebut ke dalam HP untuk memudahkan kita dalam bertransaksi.

Setelah terdaftar, ketika akan melakukan transaksi maka kita harus mempunyai saldo terlebih dahulu, caranya dengan melakukan deposit dengan transfer ke bank tertentu (BNI, Mandiri, dan BCA). Pada Pojok Pulsa sistem pembelian saldo menggunakan sitem tiket. Saya mencoba untuk melakukan deposit sebesar Rp. 50000,-. Berikut adalah format dalam melakukan deposit:

  • TIKET.NOMINAL.PIN
  • Contoh: TIKET.50000.1234
  • Kemudian kirim ke salah satu nomor SMS Center

Picture2Maka dalam waktu kurang dari satu menit kita akan mendapatkan SMS balasan untuk melakukan transfer ke salah satu bank sebesar deposit yang dilaporkan. Sejumlah nominal yang harus di transfer akan ditambahkan tiga nominal angka pada tiga digit angka terakhir dari jumlah deposit sebagai identitas bahwa kita yang mentransfer. Jadi, kita harus mentransfer sebesar nominal yang tertera pada SMS balasan tadi. Hasil dari SMS balasan yang saya kirim sebelumnya adalah Rp. 50.173, maka saya harus mentransfer senilai Rp, 50.173,- bukan Rp. 50.000,-. Hal yang menarik adalah tiket ini berlaku hingga pukul 21.00 WIB sehingga waktu untuk melakukan transfer menjadi lebih lama yang membuat kita tidak harus terburu-buru untuk mentransfernya.

SC20130408-154502

Jika permintaan deposit sudah terverifikasi maka akan mendapatkan sms balasan bahwa saldo telah masuk. Waktu itu saya mengukur hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit saldo sudah masuk ke dalam tiket deposit yang kita punya.

SC20130408-154506

Setelah memiliki saldo sayapun tak sabar untuk melakukan transaksi, saya mencoba untuk mengisi pulsa elektrik flexy dengan denom 5ribu. Caranya adalah dengan mengetik format berikut:

  • KODE.TUJUAN.PIN.
  • Contohnya adalah F5.02170871415.1234
  • Kemudian kirim ke salah satu nomor SMS center

Picture4

Saya kemudian mencatat kembali bahwa hanya dalam waktu kurang dari satu menit maka pulsa sudah terkirim ke nomor tujuan. Untuk format produk yang lainnya dapat kita lihat pada tabel harga pulsa.

SC20130408-160313Ternyata kita juga dapat mengisi pulsa elektrik tanpa kode huruf, jadi hanya mencantumkan nominalnya saja tetapi format ini hanya bisa di lakukan untuk Nomor GSM. Formatnya adalah:

  • NOMINAL.NOPONSEL.PIN
  • Contoh 10.081310568127.1234

Awalnya kita pasti belum hapal terhadap kode-kode tersebut, jika sering menggunakannya saya yakin nantinya kode-kode tersebut sudah ada di luar kepala, terlebih kode yang digunakan sangat simple dan mudah diingat. Untuk mengantisipasi jika suatu saat saya lupa terhadap kode tersebut, saya dapat menyimpannya dalam note yang ada di HP.

Nah, Jika transaksi pulsa elektrik belum masuk ke nomor tujuan, kita bisa melakukan komplain dengan format berikut:

  • Format: info.isi pesan.pin
  • Contoh: info.5 ke 02170871415 blm msk.1234
  • Kirim ke salah satu sms center

Beberapa hal di atas adalah hal-hal dasar yang perlu kita ketahui ketika hendak menjadi agen Pojok Pulsa dan ketika hendak menggunakan produk pada Pojok Pulsa. Masih ada beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh agen Pojok Pulsa yang dapat membantu kita dalam melakukan transaksi.

Beberapa Hal Penting Lain Yang Perlu Diketahui Oleh Agen Pojok Pulsa

Selain beberapa hal dasar di atas, sebagai agen Pojok Pulsa kita perlu mengetahui beberapa hal penting lainnya. Berikut saya rangkum beberapa hal penting terkait dengan format transaksi pojok pulsa yang wajib kita ketahui sebagai agen pojok pulsa:

1. Mengisi pulsa dengan beberapa kode nominal secara bersamaan (Multi)

  • Format : KODE1.NOHP1.KODE2.NOHP2.KODE3.NOHP3.PIN
  • Contoh: S10.081310568127.I10.085772600428.M10.08154370576.1234

2. Melakukan Pengecekan Harga

  • Format : H.KODE VOUCHER.PIN
  • Contoh : H.S.1234 (Untuk mengecek harga Simpati)

3. Melakukan paralel/tambah nomor ponsel, hal ini berguna ketika saldo pada satu nomor habis maka kita dapat menggunakan saldo di nomor berikutnya untuk transaksi

  • Format : P.NOMORBARU.PIN
  • Contoh : P.081314735294.1234

Picture6

4. Mengganti PIN, pin harus kita ganti secara berkala untuk menghindari kecolongan atau kejahilan seseorang

  • Format : GPIN.PIN BARU.PIN LAMA
  • Contoh : GPIN.2817.1234

5. Mengganti Nama

  • Format : GNAMA.NAMA.PIN
  • Contoh : GNAMA.DHIYAACell.1234

6. Rekap transaksi, hal ini sangat perlu untuk saya jika saya tidak sempat untuk merekap transaksi yang sudah dilakukan

  • Format : REKAP.TglBlnThn(ddMMyy).PIN
  • Contoh : REKAP.290113.1234

7. Register Yahoo Messenger (YM), register via YM perlu dilakukan bila sewaktu-waktu pulsa telepon yang kita miliki habis namun masih memiliki pulsa internet, atau ketika kita sedang online melalui netbook, PC, laptop kita dapat menngunakan YM untuk transaksi

  • Format : REGYM.YM ID.PIN
  • Contoh : REGYM.ev_shinoda.1234

Picture7

Setelah mengirim format tersebut melalui SMS, maka akan ada SMS balasan bahwa Yahoo IDnya sudah berhasil ditambahkan ke nama pendaftaran.

SC20130409-142426

Selanjutnya tinggal add ID YM center saja untuk bertransaksi.

SC20130409-142129Kemudian jika kemudian hari ternyata ingin menghapus YM yang tadi didaftarkan karena suatu hal maka dapat dengan format berikut:

  • Format : HYM.YMID.PIN
  • Contoh : HYM.ev_shinoda.1234

8. Pendaftaran Downline

  • Format : REG*NAMA*NOPONSEL*UP*PIN
  • Contoh : REG*Maya*08572341901*1234

9. Transfer Saldo, format ini berguna untuk transfer saldo ke nomor parallel atau downline yang kita miliki

  • Format : TRANS.JML SALDO.NOPONSEL.PIN
  • Contoh : TRANS.50000.0812345678.1234

10. Tukar Bonus Downline, ketika kita telah memiliki downline maka kita akan mendapatkan bonus dari setiap transaksi yang dilakukan oleh downline di bawah kita. Untuk melakukannya dengan mengirim format berikut ini:

  • Format : TUKAR.NOMINAL atau TUKAR.ALL
  • Contoh : TUKAR.10000 atau untuk tukar semua ketik TUKAR.ALL

11. Transaksi dengan Google Talk, selain dengan YM kita juga dapat melakukan transaksi dengan Google Talk. Untuk melakukannya dengan mengetik format berikut ini:

  • Format: TGT*UsernameAnda@gmail.com*PIN
  • Contoh: TGT*evrinasp@gmail.com*1234

Selain menu di atas terdapat menu bantuan yang dapat digunakan oleh agen Pojok Pulsa apabila menemui hambatan. Salah satunya adalah kesalahan dalam pengetikan format transaksi pulsa elektrik. Jika kita salah mengirim format transaksi pulsa elektrik maka server otomatis akan menolak transaksi tersebut dan akan memberikan jawaban bahwa format yang kita kirimkan salah. Kita dapat mengetahui jenis format yang hendak kita pilih dengan mengirim kata FORMAT ke sms center/YM/Gtalk yang terdaftar, nanti server akan memberikan daftar format transaksi pulsa yang dapat digunakan.

 Beberapa Fitur yang dimiliki oleh Pojok Pulsa

1. Fitur Aplikasi Java

Pojok pulsa menyediakan fitur aplikasi java untuk memudahkan kita dalam bertransaksi, di dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu seperti Registrasi, Isi Pulsa, Cek Saldo, Ganti PIN, Cek Harga, Complain dan lain-lain. Fitur ini dapat di-install pada semua jenis handphone yang mendukung java.

2. Webreport

Adalah sebuah web yang menyajikan laporan semua transaksi kita di Pojok Pulsa selama beberapa waktu tertentu. Alamat web report Pojok Pulsa adalah http://webreport.us

3. Token PLN

Nah, fitur ini terdapat pada Pojok Pulsa. Tanpa harus membuka suatu outlet token PLN, kita sudah dapat menjual Token PLN Prabayar mulai dari denom 20ribu sampai 250ribu. Cukup dengan mengirimkan transaksi token pln ke Pojok Pulsa maka 20 Nomor Digit pengisian voucher akan kami kirimkan kepada konsumen. Cara transaksi Token PLN dapat Anda lihat di bawah ini :

  • Cek Harga : H.L.PIN Contoh: H.L.1234
  • Transaksi: KODE.NoPELANGGAN.PIN Contoh: L25.224360756379.1234

Setelah itu kita akan mendapatkan jawaban dari server seperti Ini: L25. 224360756379 a/n ALFIAN DHIYAA 536420583683 SUKSES. SN: 59647248918527934237 Ref: 0BE4B4FA0A46007EBCF9BA98A0B0F0CB. Hrg 24.500 Sal 100.115

Lalu kita dapat mengirimkan 20 nomor digit pengisian voucer token PLN/No.SN kepada konsumen untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam meteran listrik dan listrik pun menyala kembali

4. Voucher Game

Fitur ini disediakan oleh Pojok Pulsa untuk voucher game online antara lain Cabal Online, Gemscool, dll.

5. SMS To End user

Konsumen akan mendapatkan sms notifikasi dengan nama outlet kita saat transaksi berhasil dilakukan.

Keuntungan Bergabung Dengan Pojok Pulsa

Beberapa keuntungan yang dapat saya garis bawahi ketika kita bergabung dengan pojok pulsa diantaranya:

1. Komisi Fleksibel

Komisi dapat kita peroleh dari setiap transaksi yang dilakukan oleh downline. Komisi ini dapat ditukar kapan saja dengan jumlah yang dapat ditentukan. Komisi yang terkumpul dalam akun nantinya terpisah dengan saldo deposit sehingga kita mudah untuk melihat pergerakan komisi baik itu penambahan ataupun pengurangan. Hal yang menarik adalah komisi ini sifatnya fleksibel dan tidak terdapat masa kadaluarsa sehingga kita dapat mengumpulkan sebanyak apapun komisi yang diinginkan lalu menukarnya untuk menjadi deposit.

2. Memiliki Bonus

Bonus diberikan oleh Pojok Pulsa bagi semua reseller berprestasi yang memiliki transaksi terbanyak dalam 1 bulan berjalan. Selain itu terdapat program rejeki nomplok bagi semua reseller pulsa yang tergabung dalam Pojok Pulsa tanpa terikat jumlah deposit dan transaksi, jadi semua reseller mempunyai kesempatan mendapatkan rejeki nomplok tersebut.

3. Dilengkapi fitur-fitur pendukung yang memudahkan agen pulsa untuk bertransaksi.

Fitur-fitur pendukung yang dimiliki oleh Pojok Pulsa memudahkan kita untuk melakukan transaksi. Fitur tersebut antara lain: transaksi via YM dan Gtalk, aplikasi Java, Webreport, SMS to end User, dan lainnya.

4. Transaksi tidak hanya sebatas pada isi ulang pulsa, Pojok Pulsa juga menyediakan fitur Token PLN prabayar dan voucher game yang memungkinkan kita memiliki konsumen lebih banyak lagi

5. Menjadi agen Pojok Pulsa (reseller) sangat mudah karena bebas biaya pendaftaran, deposit bebas dan tidak ada masa kadaluarsa

Pojok Pulsa menjelaskan bahwa bisnis pulsa yang dijalankan bukan MLM  atau Money Game dan sebagainya karena merupakan bisnis pulsa elektrik murni, karena jika ada MLM dalam bentuk pulsa dengan bonus yang menarik dan beragam maka dipastikan tidak relevan. Jika ikut daftar agen pulsa elektrik pada MLM ini dipastikan kita tidak dapat bersaing dengan agen lainnya karena produk keluarannya mempunyai harga pulsa yang lebih tinggi. Pantas saja ketika tahun 2009 lalu saya tidak dapat bersaing dengan produk pulsa lainnya lantaran produk pulsa yang saya pakai lebih mahal ketimbang produk pulsa lain yang ada di wilayah saya saat itu karena memang produk pulsa yang saya pakai menggunakan sistem MLM. Selain itu, jika kita membeli chip dari operator maka perlu banyak chip dari tiap-tiap operator. Tak jarang pula transaksi menjadi lambat lantaran harus antri karena padatnya transaksi meskipun menggunakan chip untuk multi produk. Dengan menggunakan Pojok Pulsa maka kita tidak perlu membeli chip semua operator, cukup dengan sebuah HP saja kita sudah bisa melakukan transaksi.

Picture9

salah satu produk pulsa yang menawarkan chip multi produk

Nah, dari beberapa keuntungan dan penjelasan di atas saya tidak ragu lagi untuk menjadi reseller Pojok Pulsa, kini cukup dengan menggunakan HP maka saya sudah bisa mendapatkan pulsa tanpa harus ke counter pulsa, selain itu Pojok Pulsa memberikan denom pulsa murah dibanding produk lain yang ada di wilayah saya, membuatnya saya jadi hemat dan siap bersaing dengan reseller produk lainnya.

Ayo kita berbisnis pulsa, berawal dari sedikit lama-lama menjadi bukit! 

Postingan ini dalam rangka Lomba Blog Pojok Pulsa:
Mau Pulsa Gratis? Follow: @pojoktweet | Facebook Page Pojok Pulsa | Pojok Pulsa Google Plus Page

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

14 thoughts on “Mudahnya Mengisi Pulsa Dengan Pojok Pulsa

  1. bagus artikelnya…bermanfaat…thks ya..infonya..:)

    Posted by Eka Lesniawati | April 12, 2013, 3:29 am
  2. Asiiiikk……bisa ngutang dong beli pulsanya. Bayar pas gajian.
    Sekaligus membantu meringankan teman…haha.

    Posted by kiky | April 12, 2013, 3:30 am
  3. assiikk bissaa lah ngutang pulsa yaaaa ????
    hhhhaaaa,,,,
    lanjutkan usaha pulsamu nak😛

    Posted by mega kartinawati | April 12, 2013, 4:27 am
  4. saya jg jadi agen pulsa buat pribadi, krm mls pergi ke warung pulsa, klo ada yg lbih murah, mu coba ahh,, daftar yg terdekat dari kantor dimana ya??? heheh

    Posted by Ani Apriani | April 12, 2013, 7:09 am
  5. Wah banyak banget ya fiturnya, murah lagi harganya. Biasanya harga updatenya kita di kasih tau nggak? jadi tertarik daftar agen..

    Posted by atharseto | April 18, 2013, 7:43 am
  6. Waah, lengkap banget informasinya. Sukses ya, mudah2an jadi pemenangnya🙂

    Posted by Ikakoentjoro | May 4, 2013, 3:09 pm
  7. Wah postingnya keren😀 jadi pesismis nih aku😦
    komen balik ya mbak di http://nhanhachan.blogspot.com/2013/05/pojok-pulsa-zamannya-praktis-isi-pulsa.html😀

    Posted by Ratna Analisa | May 9, 2013, 7:41 am

Leave a Reply

