//
you're reading...
Contest

Jalan-Jalan Ke “Dufan-nya” Jatim

Hallo bapak-ibu, om-tante, adik-kakak, dan teman-teman semuanya yang ga’ bisa saya sebutkan satu persatu. Siapa yang suka jalan-jalan? akuuuuuu…. Hihi nanya sendiri jawab sendiri. Yup, saya senang jalan-jalan, dari dulu sampai sekarang sudah menjadi ibu tetap suka dengan yang namanya jalan-jalan. Saya paling suka jalan-jalan ke tempat yang bernuansa alam. Pegunungan, puncak, bukit dan sejenisnya adalah tempat favorit saya, sedangkan pantai adalah favorit kedua. Nah, saya mau cerita nih tentang pengalaman jalan-jalan yang menurut orang Jatim (Jawa Timur) adalah Dufannya Jatim. Kok disebut Dufannya Jatim? iya karena konsepnya hampir sama dengan Dufan yang ada di Jakarta, hanya saja disini lebih sejuk karena terletak di dataran tinggi dan lebih indah karena pemandangannya masih alami. Mau tau? begini ceritanya.

Dufannya Jatim itu adalah sebuah kawasan rekreasi yang terletak di daerah Batu, Malang dan Lamongan yang tergabung dalam Jawa Timur Park Group. Ada sembilan lokasi wisata yang tergabung dalam Jatim Park Group. Namun, disini saya hanya akan mengulas satu lokasi wisata saja yaitu Jatim Park 1. Mau tau serunya jalan-jalan ke Jatim Park 1? Kita lihat ulasannya berikut ini yuk!

Jalan-Jalan Ke Jatim Park 1, Taman Belajar dan Rekreasi

Jatim Park 1 ini letaknya di lereng bagian timur gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 meter diatas permukaan laut. Tempat rekreasi yang memiliki luas 11 Ha ini memberikan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk. Nah, bagi adik-adik atau keluarga yang memiliki anak kecil sangat cocok jika berwisata kesini, karena Jatim Park 1 tidak hanya menyediakan wahana bermain, tetapi juga ada wahana belajarnya.

Lokasinya di atas lho

Lokasinya di atas lho

Di dalam jatim Park 1 ini terdapat beberapa wahana yang dapat menambah pengetahuan adik-adik, seperti Science Centre yang menampilkan perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Di dalam wahana ini terdapat beberapa galeri dari mata pelajaran kimia, fisika, biologi, pertanian dan lainnya. Terdapat juga wahana lingkungan seperti tanaman agro, baby zoo, insectarium, dan lainnya yang juga dapat menambah wawasan kita.

Pelajaran Biologi: tentang reproduksi tanaman

Pelajaran Biologi: tentang reproduksi tanaman

Bernoulli ball, mengapa bola dapat terus melayang dan tidak jatuh?

Fisika: Bernoulli ball, mengapa bola dapat terus melayang dan tidak jatuh?

Unsur Kimia

Kimia: Unsur Kimia

para ilmuwan di seluruh dunia

para ilmuwan di seluruh dunia

Kalau tadi sudah belajar tentang Science dan Lingkungan, sekarang saatnya kita belajar tentang Indonesia melalui galeri budaya dan miniatur peristiwa sejarah. pada galeri budaya terdapat berbagai macam Galeri Etnik Nusantara (GEN) dan Anjungan Jawa Timur. tempatnya didesign seperti lorong waktu karena kita dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain di nusantara menjelajahi ragam budaya Indonesia yang begitu banyaknya dalam satu waktu. Sedangkan pada Miniatur Peristiwa Sejarah, kita diajak untuk memasuki taman sejarah. Kita akan melihat berbagai macam miniatur Arca dan Candi yang ada di Indonesia, jadi dalam waktu sehari saja kita sudah bisa melihat berbagai arca dan candi yang ada di Indonesia.

Welcome to Gallery Ethnic

Salah satu pakaian adat daerah

Salah satu pakaian adat daerah

Candi apa hayoooo?

Candi apa hayoooo?

Miniatur peristiwa sejarah

Miniatur peristiwa sejarah

Nah, setelah puas belajar, waktunya kita bermain. Memangnya ada Wahana Bermain apa aja sih di Jatim Park 1 ini? ada banyak donk. Untuk om tante, bapak ibu, adik-adik dan teman-teman yang menyukai wahana cukup ekstrim tersedia wahana Flum Ride, Sky Copter, Star Chase, Ulat Coaster, Convoi Star, Flying Tornado dan lainnya. Jika sudah pernah naik Tornado yang ada di Dufan Jakarta rasanya hampir sama, hanya saja tornado yang ada di Jatim Park 1 ini kapasitasnya tidak sebesar Tornado yang ada di Dufan jakarta, namun euforianya tetap sama. Untuk adik-adik yang masih kecil jika belum waktunya merasakan wahana yang ekstrim tadi maka jangan khawatir karena terdapat wahana yang diperuntukan bagi adik-adik yaitu Taman Bermain, Arena Bermain Anak, Walking Animal, Battery Car dan lainnya.

Naik wahana ini seru lo

Naik wahana ini seru lo

ini si ulat coaster

ini si ulat coaster

Naik ini seruuu banget

Naik ini seruuu banget

Taman Bermain Anak Kesayangan

Cuma segitu aja nih wahananya? engga dong. Masih ada wahana lagi yang dapat dinikmati oleh remaja dan orang dewasa yaitu Water Boom. Kolam ini memiliki kedalaman 130 cm. Selain itu juga terdapat Kolam Renang Anak dan Water Adventure yang ga’ kalah serunya. Suasana yang sejuk ditambah dinginnya air dan pemandangan yang indah dijamin membuat acara renang menjadi nikmat.

Waterboom, gambar diambil dari sini

Main bola yu, gambar diambil dari sini

Di Jatim Park 1 ini juga ada koleksi binatangnya lho. Mulai dari angsa, bebek, burung, ular, ikan, kura-kura dan binatang lainnya. Ada beberapa binatang yang dapat bercengkerama langsung dengan kita, contohnya adalah burung. Waktu itu saya mencoba bermain bersama burung parkit dan kakak tua, lucu banget lho mereka.

Kumpulan Bebek Lucu

Mereka imut kan?

Foto bareng kakak tua

Foto bareng kakak tua

Koleksi ikannya banyak, hampir sama seperti sea world lho

Kerang dan Terumbu Karang

Kerang dan Terumbu Karang

Di sini juga banyak koleksi patung-patung lucu untuk diambil fotonya. Mulai dari tokoh kartun, super hero, binatang lucu dan lain-lainnya. Patung-patung ini terletak pada taman yang sangat asri dan bersih. Kalau di rumah punya taman seperti ini pasti betah deh berlama-lama di taman.

Ini teman-teman saya, berpose bersama dengan kelinci lucu

Ini teman-teman saya, berpose bersama dengan kelinci lucu

kalau tamannya di buat seperti ini pasti Alfi seneng deh

kalau tamannya di buat seperti ini pasti Alfi seneng deh

Masih banyak lagi wahana yang ada di Jatim Park 1 ini, totalnya ada 56 wahana. Untuk lebih jelasnya kita bisa mengunjugi website Jatim Park 1. Untuk masuk ke Jatim Park 1 kita cukup membayar tiket seharga Rp. 50.000 pada hari senin-kamis dan Rp. 65.000 pada hari jumat-minggu/tanggal merah/high season. Murah bukan? O iya, sekarang telah hadir wahana baru di Jatim Park 1 yaitu Elvis Rock 3D Movie. Waktu saya ke sana wahana ini belum ada. Wah, jadi kangen sama Jatim Park. Mudah-mudahan tahun ini bisa berwisata lagi ke sana. Aamiin.

Nah, demikian ulasan singkat (singkat ga? hehe) tentang Jatim Park. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya sampaikan, tapi nanti kepanjangan malah ga’ asik. Nanti kalau sedang berada di Jatim jangan lupa ya mampir ke Jatim Park 1. Rasakan enaknya belajar sambil bermain di Jatim Park. Terimakasih😀.

Tulisan ini diikutsertakan pada lomba GA-nya Mak Myra Anastasia Periode 1-21 April 2013

1st Giveaway : Jalan-jalan Seru untuk Keke dan Nai

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

2 thoughts on “Jalan-Jalan Ke “Dufan-nya” Jatim

  1. tempat jalan2nya komplit ya

    fun dapet, edukasinya dapet

    terima kasih udh berpartisipasi

    Posted by myra anastasia | April 19, 2013, 1:25 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: