//
you're reading...
Contest

Minum Susu Memenuhi Kebutuhan Gizi

Sebagai orang tua tentu kita sangat memperhatikan asupan gizi bagi anak-anak terutama dalam masa pertumbuhan. Memenuhi kebutuhan gizi sejak masa pertumbuhan sangatlah penting karena zat gizi diperlukan untuk memberikan energi kepada tubuh dalam melakukan berbagai aktivitasnya, meningkatkan daya tahan tubuh serta menunjang pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Zat gizi dapat diperoleh terutama dari makanan maupun minuman. Zat gizi adalah zat yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya seperti memberikan energi, membangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses kehidupan pada tubuh. Baik kekurangan maupun  kelebihan zat gizi sama-sama memberikan masalah. Jika kekurangan zat gizi pada masa pertumbuhan maka akan mengakibatkan lambatnya pertumbuhan, menurunnya daya tahan tubuh, serta mempengaruhi kecerdasan. Sedangkan bila mengalami kelebihan gizi akan beresiko terkena berbagai penyakit degenerative seperti diabetes, tekanan darrah tinggi, penyakit jantung dan lain-lain.

Tentu sebagai orang tua kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada buah hati kita. Untuk menghindari hal tersebut maka kita harus mengerti zat gizi apa saja yang dibutuhkan anak pada masa pertumbuhannya dengan mengetahui angka kecukupan gizinya.

Apakah angka kecukupan gizi itu?

Angka kecukupan gizi (AKG) adalah taraf konsumsi zat-zat esensial yang dibutuhkan tubuh, yang berdasarkan pengetahuan ilmiah dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan hamper semua orang sehat. AKG dibedakan berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin serta keadaan seperti hamil dan menyusui [1].

Saya berusaha memperhatikan segala jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh Alfi, agar anak saya yang berusia 1.5 tahun ini benar-benar mendapatkan makanan yang bergizi. Saya tidak terlalu sulit mencukupi kebutuhan pangannya karena alhamdulillah Alfi tidak termasuk anak yang susah untuk makan. Saya cukup memperhatikan kapan Alfi mau makan dan tidak memaksanya jika memang dia tingin makan, karena kalau dipaksa pasti dia akan menolak. Hanya saja saya belum memperhatikan AKG dari setiap makanan yang saya sajikan untuk Alfi. Bagi saya yang penting dalam penyajiannya terdapat sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Padahal mungkin saja kebutuhan AKG Alfi sebenarnya belum terpenuhi sesuai dengan yang dianjurkan. Sebagai orang tua, kita perlu mengetahui AKG rata-rata yang dianjurkan (per orang per hari) untuk anak-anak, agar bisa menentukan banyaknya porsi makanan sesuai dengan usia, jenis kelamin dan keadaan. Karena seperti yang telah saya jelaskan di atas baik kekurangan maupun kelebihan zat gizi ternyata memberikan dampak yang negatif. Berikut adalah AKG rata-rata yang dianjurkan (per orang per hari) untuk anak-anak:

Tabel Angka Kecukupan Gizi Rata-Rata Yang Dianjurkan (Per Orang Per hari), Angka Kecukupan Gizi 2004 Bagi Orang Indonesia [2]

Kelompok Umur
Berat Badan (Kg)
Tinggi Badan (cm)
Energi (Kkal)
Protein (g)
Vit. A (RE)
Vit. D (ug)
Vit. E (mg)
0-6 bulan
6
60
550
10
375
5
4
7-12 bulan
8.5
71
650
16
400
5
5
1-3 tahun
12
90
1000
25
400
5
6
4-6 tahun
17
110
1550
39
450
5
7
7-9 tahun
25
120
1800
45
500
5
7
Kelompok Umur
Vit. K (mg)
Tiamin (mg)
Riboflavin (mg)
Niasin (mg)
Asam Folat (ug)
Piridoksin (mg)
Vit. B12 (ug)
0-6 bulan
5
0.3
0.3
2
65
0.1
0.4
7-12 bulan
10
0.4
0.4
4
80
0.3
0.5
1-3 tahun
15
0.5
0.5
6
150
0.5
0.9
4-6 tahun
20
0.6
0.6
8
200
0.6
5
7-9 tahun
25
0.9
0.9
10
200
1
1.5
Kelompok Umur
Vit. C (mg)
Kalsium (mg)
Fosfor (mg)
Magnesium (mg)
Besi (mg)
Yodium (ug)
Seng (mg)
0-6 bulan
40
200
100
25
0.5
90
1.3
7-12 bulan
40
400
225
55
7
90
7.5
1-3 tahun
40
500
400
60
8
90
82
4-6 tahun
45
500
400
80
9
120
9.7
7-9 tahun
45
600
400
120
10
120
11.2
Kelompok Umur
Selenium (mg)
Mangan (mg)
Fluor (mg)
0-6 bulan
5
0.003
0.01
7-12 bulan
10
0.6
0.4
1-3 tahun
17
1.2
0.6
4-6 tahun
20
1.5
0.8
7-9 tahun
20
1.7
1.2

AKG dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan pokok, lauk, pauk, sayur, buah, kudapan (makanan selingan) serta susu dengan komposisi berikut ini [2]:

Usia M. pokok Lauk Pauk Sayur Buah Kudapan Susu
1-3 thn 2 2 2 0.5 1 0.5 1
4-6 thn 2.5 2 2 0.5 1 0.5 1

Keterangan:

1 porsi makanan pokok = 100 gram beras = 200 gram nasi

1 porsi lauk (daging, ikan atau telur) = 50 gram

1 porsi pauk (tempe, tahu dan hasil olahan) = 50 gram

1 porsi buah = 100 gram

1 porsi sayuran

1 porsi kudapan

1 porsi susu = 1 gelas susu = 200 gram

Dengan mengetahui AKG kita dapat mengatur menu makanan sehari-hari dengan memperhatikan pola konsumsi pangannya. Saat ini Alfi sedang saya biasakan untuk menyukai susu dan produk olahannya meskipun hingga saat ini dia masih minum ASI. Harapannya agar ketika dia disapih nanti Alfi mau minum susu. Mengapa saya begitu khawatir terhadap hal tersebut? Karena sejak kecil saya kurang menyukai susu. Hanya saat ini saja saya mulai minum susu lagi karena saran dari dokter. Dokter mengatakan susu memiliki kandungan gizi yang lengkap sehingga sangat baik untuk dikonsumsi terutama dalam hal menjaga daya tahan tubuh. Seperti yang kita ketahui susu memberikan banyak manfaat bagi tubuh, karena susu dan berbagai produk olahannya mengandung banyak protein, kalsium, beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium diperlukan dalam pembentukan tulang dan sel darah merah.

Bagaimana Agar anak menyukai susu?

Agar anak menyukai susu dalam hidangan mereka sehari-hari maka kita harus pintar mensiasatinya dengan menjadikan minum susu sebagai sesuatu yang menyenangkan. Karena dulunya saya adalah seorang anak yang tidak menyukai susu, maka saya memiliki beberapa tips bagaimana caranya menghadapi agar anak menyukai susu, berikut beberapa tips yang dapat saya bagikan:

  1. Jangan memaksa anak jika memang tidak mau minum susu, karena bila dipaksa maka si anak akan trauma dan melekat dalam pikirannya bahwa minum susu adalah hal yang menakutkan
  2. Tawarkan secara perlahan, mulai dari susu putih, bila memang tidak menyukai susu putih maka coba tawarkan susu yang memiliki rasa, aroma dan warna lainnya
  3. Sedikit demi sedikit tambahkan susu pada makanan olahan seperti kue, pudding dan lainnya agar terbiasa dengan rasa susu
  4. Ajak anak minum susu bersama karena dengan melihat orang tuanya minum susu kemungkinan si anak mau untuk mengikuti
  5. Buatlah acara minum susu menjadi hal yang menyenangkan bersama orang tua

Untuk tips yang kelima dapat dilakukan dengan melakukan eksperimen bersama ibu dalam membuat makan olahan yang mengandung susu atau pergi ke suatu tempat yang dapat memberikan semangat dan membangkitkan kemauan anak dalam mengkonsumsi susu. Terkait dengan hal tersebut, ternyata di Indonesia sekarang ini  sudah ada sebuah bar khusus susu yang dapat memberikan pengalaman minum susu menjadi menyenangkan. Bar khusus susu ini bernama Sustagen Yummy Milk Bar yang merupakan salah satu upaya Mead Johnson Indonesia untuk memenuhi 100% AKG anak-anak dengan menambahkan susu dalam hidangan sehari-hari. Diharapkan dengan minum susu atau menambahkan susu dalam hidangan sehari-hari maka AKG anak-anak dapat terpenuhi.

Sustagen Milk Bar, Gambar Diambil dari Sini

Sustagen dan Pemenuhan AKG

Mead Johnson Indonesia melalui Sustagen meluncurkan Sustagen Yummy Milk Bar dalam rangka memberikan pengalaman seru minum susu untuk anak-anak. Dengan minum susu diharapkan dapat mencukupi 100% AKGnya selain gizi yang diperoleh dari makanan.

Pada Sustagen Yummy Milk Bar ini anak-anak dapat melihat langsung cara membuat aneka sajian makanan menarik yang berbahan dasar susu. Seperti yang telah dilaksanakan di Bandung, Sustagen Yummy Milk Bar terdiri dari dua bagian yaitu [3]:

1. Sustagen My Way

Bagian ini dikemas agar anak-anak dapat menikmati susu dengan cara yang seru. Anak-anak dapat berkreasi sendiri dengan menambahkan berbagai topping pada susu Sustagen mereka. Jenis topping yang disediakan sangatlah menarik seperti topping strawberry, cereal, rainbow sprinkles, almond, wafer, chocolate grinder, lychee jelly dan lainnya. Susu dengan topping yang beranekaragam pasti sangat disukai oleh anak-anak karena membuat minum susu menjadi terasa lezat dan bergizi.

Sustagen My Way, Gambar Diambil Dari Sini

2. Sustagen Yummy Creations

Pada bagian ini Ibu dan akan memilih 10 kreasi susu dalam bentuk smoothies. Seorang Chef yang dihadirkan oleh pihak Sustagen akan berbagi resep kreasi susu dan informasi gizi. Resep yang diberikan oleh Chef pasti membuat anak penasaran ingin mencobanya karena dari penampilannya saja sudah sangat menggugah selera. Acara minum susu pun menjadi ceria.

Sustagen Yummy Ceration, Gambar Diambil Dari Sini

Kalo yang ini mamah juga mau😀, gambar diambil dari Sini

Bar susu khusus untuk anak-anak ini tidak hanya mengajarkan cara mengolah susu menjadi berbagai macam sajian tetapi diharapkan anak-anak dapat merasakan gizi yang tidak hanya lengkap tapi juga lezat. Pada acara ini juga seorang ibu mendapatkan pengetahuan tentang resep-resep andalan yang dapat dipraktekan di rumah dengan mudah agar anak mau mengkonsumsi susu setiap hari. Nah, bagi ibu-ibu yang ingin berbagi dan mendapatkan informasi seputar dunia anak dan tumbuh kembangnya, ibu bisa bergabung dengan Sustagen Club pada jejaring sosial Facebook atau Sustagen Club pada jejaring sosial twitter. Banyak informasi yang bermanfaat bagi kita para ibu terutama dalam menghadapi masa tumbuh kembang anak kita.

page

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi sejak dini sangat penting bagi tumbuh kembang seorang anak. Mengkonsumsi makanan yang seimbang dan tambahan susu setiap harinya dapat memenuhi angka kecukupan gizi dengan tetap berpedoman pada porsi yang seimbang sesuai dengan kebutuhannya. Kekurangan maupun kelebihan gizi sama-sama memberikan dampak yang buruk bagi tubuh, oleh karena itu perhatikan angka kecukupan gizi agar gizi yang terserap benar-benar berguna bagi tubuh.

Tulisan ini diikutsertakan pada Sustagen Blog Kompetisi dari Mead Johnson Nutrition Periode 3 Maret-30 April 2013.

Sumber Pustaka:

[1] Almatsier. 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia.

[2] FEMA IPB dan Sarihusada. 2012. Modul pelatihan Ayo Melek Gizi. Bogor. 107hal.

[3] Kompas. 2013. Yuk Berkreasi Bersama Si Kecil di Sustagen Yummy Milk Bar!. Edisi Rabu, 10 April 2013. http://female.kompas.com/read/2013/04/10/15291536/Yuk.Berkreasi.Bersama.Si.Kecil.di.Sustagen.Yummy.Milk.Bar.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: