//
you're reading...
Other

Persiapan Prajab (Bagi yang Membutuhkan)

Pagi tadi saya dan beberapa orang teman telah mengikuti pembekalan Diklat Prajaban CPNSD Golongan III Pemerintah Kabupaten Bogor Angkatan 1 tahun 2013. Acara dimulai pukul 08.30 WIB. Sebelumnya kami diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu. Ternyata saat registrasi semua kelengkapan atribut pakaian dinas harian (PDH) di cek. Kelengkapan yang dicek adalah, papan nama dasar hitam tulisan putih, lencana kopri, sepatu kerja hitam (tidak boleh terbuat dari plastik), kaus kaki hitam dan sabuk kopri. Bagi yang tidak memakai atribut lengkap akan dicatat. Saya termasuk orang yang masuk dalam catatan karena tidak memakai kaus kaki hitam dan memakai papan nama berwarna emas. Alhasil saya dan beberapa orang yang masuk catatan belum mendapatkan surat perintah dari Setda. Surat dapat diperoleh jika atribut sudah lengkap ketika mengambil surat perintah. Oleh karena itu sebaiknya jangan melanggar peraturan karena sejak pembekalan prajab ini kita sebenarnya sudah dinilai bagaimana kinerja yang sesungguhnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Kabid BKPP. Beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan prajab angkatan 1 tahun 2013 akan dilaksanakan selama tiga minggu, yaitu tanggal 12 Mei-1 Juni 2013. Hal tersebut sesuai dengan PP No. 101 tahun 2000 Tentang Diklat Prajabatan . Untuk mejadi PNS maka seorang CPNS harus mengikuti diklat prajabatan dan harus lulus. Jika tidak lulus maka proses pengangkatannya akan tertunda, sehingga diharapkan dalam mengikuti prajabatan nanti harus serius, disiplin dan menunjukan kinerja yang baik. Dalam PP No. 98 tahun 2000 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, seseorang dinyatakan lulus menjadi seorang PNS apabila:

  1. lulus prajabatan
  2. kesehatan dinyatakan baik
  3. kinerja dinyatakan baik

Bagaimana agar kita lulus diklat prajabatan ini? maka harus mematuhi segala peraturan dan persyaratan yang ditetapkan selama diklat, menunjukan kedisiplinan dan kinerja yang baik. Jadi, yang menentukan lulus atau tidaknya adalah diri kita sendiri, bila kita melaksanakan diklat dengan baik dan sesuai dengan aturan maka pasti kita akan lulus.

Perlengkapan yang harus dibawa selama prajab adalah:

Bagi peserta pria:

  1. membawa kemeja putih lengan panjang polos tidak bercorak terbuat dari bahan biasa
  2. celana panjang hitam terbuat dari bahan biasa
  3. dasi warna hitam
  4. sepatu kerja warna hitam bertali
  5. papan nama dasar hitam tulisan putih
  6. sabuk dan lencana kopri
  7. kaos kaki warna hitam
  8. panjang rambut maksimal 0.1 cm

Bagi Peserta Wanita

  1. membawa kemeja putih lengan panjang polos tidak bercorak terbuat dari bahan biasa
  2. rok panjang warna hitam (tidak boleh ketat, tidak boleh berempel, bentuk rok seperti huruf A, panjangnya sampai mata kaki) terbuat dari bahan biasa
  3. dasi kupu-kupu warna hitam
  4. sepatu kerja warna hitam dengan tinggi hak maksimal 3 cm
  5. papan nama dasar hitam tulisan putih
  6. sabuk dan lencana kopri
  7. kaos kaki warna hitam
  8. bagi peserta yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos

Persyaratan lain:

  1. membawa surat keterangan berbadan sehat terbaru dari dokter pemerintah (asli) dan materai 6000 satu buah
  2. membawa fotokopi SK CPNSD 80%
  3. membawa fotokopi surat tugas/surat perintah dari unit kerja masing-masing
  4. membawa pakaian olahraga lengkap dan kaos hitam lengan panjang tanpa kerah minimal dua buah
  5. membawa sepatu olahraga
  6. membawa obat-obatan pribadi

Cukup banyak yang harus disiapkan untuk mengikuti diklat prajabatan ini. Agar tidak ada yang ketinggalan sebaiknya dibuatkan list perlengkapan apa saja yang harus dibawa selama diklat, dan yang terakhir adalah menjaga kesehatan agar dapat mengikuti diklat dengan sebaik-baiknya.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

34 thoughts on “Persiapan Prajab (Bagi yang Membutuhkan)

  1. prajabnya dimana kak?

    Posted by Armita Fibriyanti | May 1, 2013, 1:20 pm
    • di hotel purnama cipayung bogor mit, ninggalin alfi 3 minggu deh T_T

      Posted by evrinasp | May 1, 2013, 1:24 pm
      • wah lama juga ya kak… nanti miminya gimana mba? udah stok ya?

        Posted by Armita Fibriyanti | May 1, 2013, 1:57 pm
      • alfi ga mau asip mit, dia udah kena sufor pas aku kerja T_T cuma bertahan 2 bulan dia mau asip, kesananya ga mau diminum sama sekali. gara2 ga’ ku biasain dari awal. jangan kaya aku ya. belum tau nih, klo tiga minggu gitu asi ku masih ada ga ya, walo dipompa tapi ga diminum langsung sama alfi takutnya stop deh

        Posted by evrinasp | May 1, 2013, 1:59 pm
      • sama mba. akmal juga gak mau asip.. mau nya nenen langsung..
        kemarin pas aku tinggal wisuda akmal baru mau mimik asip pas udah haus banget.. ngasih asipnya sih pake dot, belum di cobain di sendokin.
        sementara PD aku juga bengkak banget.. baru deh pas keluar GWW langsung nyodorin PD ke Akmal, dan dia happy banget..

        kalau alfi kan udah bisa minum pake gelas ya kak, udah di coba asip pake gelas?

        Posted by Armita Fibriyanti | May 2, 2013, 3:10 am
  2. mita dari sekarang biasain aja biar mau minum asip biar ga terlanjur kaya aku. Aku dah coba macem2 pake dot udah, pake sendok udah, pake gelas juga udah. malah dilepeh, akhirnya minum air putih maunya. tapi klo nenen langsung mau. makanya kemaren2 nyetok itu dibuang2. itu krn dari masih bayi ga ku biasain

    Posted by evrinasp | May 2, 2013, 6:42 am
  3. assalmu’alaikum..
    lam kenal mbk evrina…
    mbk mau nanya dunk…
    prajab itu ngapain aja seh kegiatannya? apakah kyk kuliah lg ato kyk ospek ato kyk gmn seh mbk…
    untuk papan nama nanti dikasih ato buat sndiri mbk?
    mksh sblmnya…..

    Posted by jae | January 28, 2015, 12:46 pm
    • Waalaikum salam. Prajab kegiatannya lebih byk dalam ruangan kaya kuliah dari pagi sampai malam. Materinya seputar kebangsaan. Tapi ada sesi bagian baris berbaris dan disiplinnya. Klo papan nama dibuat sendiri waktu saya sih. Nanti dikasih name tag dr panitia. Asik kok prajab

      Posted by evrinasp | January 28, 2015, 1:11 pm
  4. gtu ya.. waduh kyknya bkal membosankan nie.. abisnya kuliah lg dr pagi sampe mlm… hadewh…
    mbk klo SK turun brpa lama seh dr kita nyerahin berkas2?
    trus dr SK turun sampe mulai prajab brp lama?
    trus sblm mulai prajab brpa hari dikasih waktu buat nyiapin keperluan prajab?
    maf ya bnyk nanya hehe…

    Posted by jae | January 29, 2015, 4:53 pm
    • Gak bosan kok, widyaiswaranya pasti punya trik jitu supaya kelas gak garing. sering banyak nanya, dan aktif diskusi supaya dapet rangking, inisiatif tinggi kaya jadi danton or pemimpin kelas supaya nilainya nambah

      SK CPNS turunnya gak lama sih, seinget saya cuma berapa bulan gitu lupa, mau di sekolahin ya? ntar aja nunggu 100%

      seminggu sebelumnya ntar ada SP yg ngasih tau buat prajab jadi busa nyiapin

      Posted by evrinasp | January 29, 2015, 8:40 pm
      • hahaha. ntar klo SKnya uda mulai bodoh aja, aq skolahin biar pinter.. itu loh mbk, katanya kan meskipun uda pemberkasan blm tentu jg diterima pns.. jd ya masih galau2 gitu.. hehe.. trus jg mw resign jg kan mbk.. jadi ya musti nyari2 waktu yg tepat.. kasih saran dunk mbk kpn waktu yg tepat buar resign…
        pas prajab boleh bawa kendaraan kan ya? klo mw kluar lokasi boleh jg kan ya?

        Posted by jae | January 30, 2015, 1:49 am
      • Ini prajab pemda apa pusat? Klo pemda di tempat sy ga boleh bawa kendaraan dan keluar area selama prajab. Ketat banget.

        Itu kata siapa yg bilang pemberkasan pasti belum tentu keterima? Udah pemberkasan pasti keterima kecuali kamunya bikin ulah jadi dipecat deh. Klo udah 80% tinggal nunggu 100% dengan sikap yang baik

        Posted by evrinasp | January 30, 2015, 4:55 am
  5. pusat mbk.. kementrian pertanian…
    kmrn tgl 19 baru ngumpulin berkas…
    mbk prajab itu setelah SK turun atau sblmnya?
    trus benarkah tahun ini prajabnya selama 3bln?

    Posted by jae | January 30, 2015, 5:59 am
    • oh iya prajab dulu sama sekarang beda, katanya mulai 3 bulan, sebulan orientasi, 2 bulan magang, setau saya kalo kementan lebih flexible, klo pemda lebih ketat, saya prajab sebelum SK turun, cepet kok dari pemberkasan cuma hitungan bulan langsung prajab

      Posted by evrinasp | January 30, 2015, 9:54 am
  6. itu jd cpns setelah turun SK kan? waduh berrti bner nie blm dpet gaji slm prajab..

    Posted by jae | January 30, 2015, 11:05 am
  7. owh gitu ya… ya sudah deh… makasih teh buat infonya…

    Posted by jae | January 30, 2015, 11:50 am
  8. Alhamdulillah kebetulan saya bkn formasi kesehatan, tp tenaga teknis bagian Hukum, emg bnyk yg bilang ga jd masalah, tp tetep takut sendiri mba, owh iya, tes kesehatannya pas kita minta surat keterangan sehat aja kan mba? maaf banyam nanya, mdh2n pertanyaan saya ini berguna bagi yg lain.

    Posted by hengky | February 23, 2015, 6:23 am
  9. Mbak..nanya dong… sepatu cewe nya boleh yang ada hiasan pita gitu atau harus polos ya? Soalnya saya uda punya sepatu hitam hak rendah tapi ada pita2 gitu… mohon info mbak,mksh.

    Posted by nocha | April 15, 2015, 1:25 pm
  10. Mbak mau tanya boleh ya..sya mau prajab..bisa bawa alat komunikasi ga..makasih

    Posted by djaeni | August 18, 2015, 1:12 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Persiapan Prajab-2 | evRina shinOda - May 9, 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: