//
you're reading...
Contest

Pustaka GongsongO

Koleksi Buku di GongsongO

Koleksi Buku komik di GongsongO

Hai sobat, perkenalkan aku Evrina. Aku punya hobi membaca, menulis dan jalan-jalan. Untuk hobi membaca, aku suka sekali membaca manga, novel, dan lainnya. Kalau membaca buku pelajaran itu sih harus ya biar lulus sekolah dan jadi orang yang pintar. Membaca manga alias komik jepang adalah kesukaan ku sejak masih sekolah di SMP. Hobi membaca manga masih terjaga hingga kini menjadi seorang ibu. Nah, aku mau cerita nih tentang taman bacaan yang asyik banget buat menyalurkan hobi membaca yang kita punya. Taman bacaan ini menjadi langganan ku sewaktu kuliah dulu, namanya adalah Pustaka GongsongO.

Pustaka GongsongO (GS) adalah sebuah taman bacaan yang terletak di jalan Babakan raya atau lebih dikenal dengan sebutan bara, di sekitar lingkar kampus IPB Dramaga. Di tempat ini disewakan berbagai novel dan komik, mulai dari serial misteri, action, drama, serial cantik, detektif dan lain-lain. Mottonya yang simple dan perfect ini membuat GS menjadi taman bacaan yang digemari mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Jadi jangan heran jika ada seorang ibu (seperti saya) atau bapak-bapak yang mampir ke GS untuk menyewa buku yang ada di sana.

Koleksi novel di GongsongO

Koleksi novel di GongsongO

Sewaktu kuliah dulu, kosan ku dekat sekali dengan GS, jadi kalau pulang kuliah aku suka mampir untuk meminjam komik atau novel disana. Beruntung teman sekamar ku termasuk orang yang suka komik, jadi kami sering menyewa buku secara bersamaan untuk menghemat biaya. Dapat dibilang aku sudah kecanduan dengan buku-buku tersebut, jadi kalau sudah selesai membaca yang satu, maka aku akan meminjam buku yang lain. Eitsss…. tapi tenang dulu, kalau mau ujian komik dan teman-temannya ga’ boleh disentuh dulu, alias libur membaca komik supaya fokus terhadap ujian. Dengan begitu aku masih bisa menjaga IPK (indeks prestasi kumulatif) tiap semester. Jangan salah lho, temanku yang juara kelas dan memiliki nilai IPK tertinggi se-IPB juga penggemar komik, jadi tergantung bagaimana cara kita mengaturnya maka membaca komik tidak akan mengganggu waktu belajar dan nilai kita tetap bagus. Selepas ujian teman-teman biasanya pergi jalan-jalan untuk refreshing, kalau aku langsung menuju GS untuk refresing. Rasanya kalau sudah ke GS seneng banget, apalagi kalau melihat deretan komik dan novel itu, yang merasakan seperti ini ga’ hanya aku lho, ada juga ibu-ibu yang mengatakan kalau GS adalah tempat favorit anak-anak mereka. Si ibu mengatakan jika anaknya sudah selesai ujian sekolah pasti ingin segera ke GS, si ibu menanggapi hal tersebut sebagai hal yang positif karena daripada nongkrong atau coret-coret baju lebih baik membaca saja, lebih aman katanya.

Kartu anggota GongsongO

Kartu anggota GongsongO

O iya, aku ingin menceritakan lebih lanjut tentang GS. GS ini mulai berdiri pada tahun 2000, aku mulai menjadi anggota GS dua tahun kemudian yaitu tahun 2002 sejak kuliah di IPB Dramaga. Awalnya dulu GS hanya memiliki ruangan sebesar 2 m x 3 m. meskipun begitu koleksi bukunya cukup lengkap. GS sudah memiliki relasi yang baik dengan Gramedia, jadi buku-bukunya selalu update dan lengkap. Hampir enam tahun lalu aku tidak ke GS lagi karena aku harus bekerja di Jawa Timur. Sekarang ketika aku sudah bekerja lagi di Bogor dan kebetulan mendapatkan wilayah yang dekat dengan kampus IPB Dramaga maka aku dapat kembali menekuni hobi ku ini. Ternyata aku memilki teman kantor yang juga suka dengan komik dan novel. Wah, klop deh kalau begitu.

Beberapa waktu yang lalu akhirnya aku mendaftarkan diri lagi sebagai anggota GS karena sudah enam tahun berlalu pasti kenggotaan ku sudah hangus. Untuk menjadi anggota cukup menyerahkan foto 4×6 cm dan membayar administrasi pengganti kartu sebesar Rp. 10.000,-. Ternyata GS banyak berubah, sekarang lebih besar dan koleksi bukunya tambah banyak. Wuih seneng banget rasanya ketika menginjakkan kaki lagi di sana. Ruangan GS sekarang sebesar 2m x 5m, rak bukunya pun sudah menjulang tinggi, jadi kalau mau ambil buku yang di atas harus menggunakan bangku. Tidak usah bingung memilih bukunya karena ada urutan judul dan kategori berdasarkan abjad. Ibu dan Bapak yang menjaga juga ramah kok kalau ditanya seputar buku yang kita cari.

Judulnya bisa dicari berdasarkan abjad

Judulnya bisa dicari berdasarkan abjad

Beberapa hal yang perlu diketahui jika hendak meminjam di GS:

1. Harga peminjaman buku untuk komik sebesar Rp. 1000,- per buku sedangkan novel Rp.1500 ,- per buku.

2. Jika meminjam <5 buku maka harus dikembalikan setelah 2 hari peminjaman, tetapi bila meminjam lebih dari ≥5 buku maka bisa mendapat tambahan hingga 5 hari peminjaman.

Kartu peminjaman

Kartu peminjaman

3. Jika ternyata kita telat mengembalikan buku dari waktu yang ditentukan maka akan dikenakan denda Rp. 500,-/hari untuk buku komik dan Rp. 1000,-/hari untuk novel.

Ketentuan biaya sewa dan denda

Ketentuan biaya sewa dan denda

4. Jika kita mau memesan komik atau novel serial terlebih dahulu bisa kok, nanti tinggal pesan ke ibu/bapak penjaganya, komik/novel yang kita pesan akan disisihkan supaya tidak dipinjam oleh yang lain. Ternyata saat saya kesana banyak sekali komik pesanan orang lain yang kebanyakan mahasiswa.

Serial komik yang sudah dipesan, banyak lho jumlahnya

Serial komik yang sudah dipesan, banyak lho jumlahnya

Sempat terdengar kalau GS mau ditutup lantaran si ibu pemilik GS mau pulang ke Jawa Tengah karena memang sedang dilanda masalah dan belum ada yang meneruskan taman bacaan ini. Sedih sekali ketika medengar berita tersebut. Tidak hanya aku, beberapa langganan GS pun merasakan hal yang sama. Akhirnya beberapa hari yang lalu aku dan teman ku mengunjungi GS dan bertemu dengan si ibu. Setelah berbincang-bincang ternyata GS tidak jadi ditutup karena banyak yang menyemangati si ibu untuk terus memajukan GS. Menurut ku sayang sekali jika GS harus ditutup, karena sudah berdiri hampir 13 tahun dan memiliki relasi yang kuat terhadap Gramedia serta anggota-anggota GS. Pernyataan si ibu membuat aku lega dan senang karena akhirnya GS tidak jadi ditutup.

Deretan kartu peminjam yang sangat banyak menandakan jumlah anggota GongsongO juga banyak pula

Deretan kartu peminjam yang sangat banyak menandakan jumlah anggota GongsongO juga banyak pula

Sekian perkenalan tentang taman bacaan langganan ku, semoga Pustaka GongsongO lebih maju lagi. Cita-cita ku nanti ketika rumah sudah berdiri tegak adalah membuat perpustakaan rumah atau taman bacaan di rumah, koleksi bukunya sekarang sudah lumayan banyak. Semoga suatu hari nanti cita-cita ku tercapai agar budaya membaca dapat terlestarikan. Aamiin.

Komik berseri adalah favorit ku di  GongsongO

Komik berseri adalah favorit ku di GongsongO

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Menulis “Perpustakaan Asyik” yang diadakan oleh Kelana Kelapa Periode 27 Maret 2013-5 Mei 2013 dan memenangkan Juara pertama (1)

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

7 thoughts on “Pustaka GongsongO

  1. aku tauu ini dimanaa….😉
    sukses ya kak!

    Posted by Armita Fibriyanti | May 1, 2013, 9:21 am
  2. Woh, ternyata emak-emak blogger toh… salam kenal ya😀

    Posted by Hanif Ridwan | May 1, 2013, 6:21 pm
  3. Selamaat ya kak tulisannya menang ihiiiy! Terima kasih sudah berpartisipasi😀

    Posted by rumahijaubelokiri | May 15, 2013, 3:59 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Pemenang lomba menulis “Perpustakaan Asyik” | Kelana Kelapa - May 16, 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: