//
you're reading...
Contest

Manfaat Warna Bagi Kehidupan

Tuhan telah menciptakan segala sesuatunya begitu sempurna. Semua hal dibuat-Nya saling melengkapi dan tak ada yang dapat berdiri sendiri. Seperti dua tangan dan dua kaki, serta tanah, air dan udara yang menyatu dan bersinergi membentuk kehidupan. Begitu pula dengan warna, warna akan terlihat indah jika saling memberikan sinergi satu sama lain. Apa jadinya dunia ini jika hanya ada satu warna? Jika hal tersebut terjadi maka kita tidak dapat melihat keindahan langit, deretan pepohonan, pegunungan atau bahkan pelangi. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menulis tentang warna, sebuah tema yang pas sekali dengan lomba yang diselenggarakan oleh Anging Mammiri. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat.

Saya menyukai warna yang saling melengkapi, bersatu dengan yang lain untuk membentuk keindahan. Seperti warna pada pelangi. Warna pada pelangi merupakan perpaduan dari Mejikuhibiniu yaitu:

Pelangi, Gambar diambil dari sini

  • Me = MErah

  • Ji = JIngga

  • Ku = KUning

  • Hi = HIjau

  • Bi = BIru

  • Ni = NIla

  • U  = Ungu

Pelangi dalam dongeng sering dihubungkan dengan peristiwa turunnya bidadari dari surga karena keindahannya. Bagi saya sendiri keindahan warna pelangi ini sangat menyejukan hati karena memberikan kesan keceriaan dan ketenangan. Itulah yang saya rasakan ketika melihat pelangi atau memakai pakaian yang bertemakan warna pelangi. Begitu lembut dan ceria.

Dari ketujuh warna pelangi tersebut, warna ungu adalah warna favorit saya saat ini. Sebelumnya warna favorit saya adalah biru dan hijau, namun warna favorit saya berubah seiring dengan semakin bertambahnya usia. Menurut seorang teman perubahan tersebut terjadi karena perubahan kepribadian. Mengenai hal ini akan dibahas lebih lanjut pada pembahasan berikutnya.

Masih ada lagi warna yang belum disebutkan, warna yang biasanya sering ditafsirkan orang sebagai sisi baik dan sisi buruk, yaitu hitam dan putih. Hitam sering dihubungkan dengan sisi buruk karena warnanya yang terkesan gelap. Warna hitam memberikan efek yang lebih kuat bila dibandingkan dengan warna lain, warna yang tadinya cerah bila dicampur dengan hitam bisa menjadi terkesan kelam atau redup. Coba saja lakukan pencampuran cat antara hitam dan kuning, atau hitam dengan hijau dan sebagainya. Sedangkan putih lebih identik dengan kesan baik dan suci.

Pencitraan warna hitam dan putih melalui tokoh kartun, putih adalah angle dan hitam adalah devil. gambar diambil dari sini

Selain memberikan keindahan karena perpaduannya, warna juga dapat memberikan manfaat. Manfaat warna menurut saya adalah:

Memberikan arti suatu sifat atau hal

Misalnya abu-abu sering dikonotasikan dalam bahasa sebagai suatu sifat yang tidak punya pendirian, juga dapat  diartikan sebagai suatu hal yang belum jelas atau samar-samar. Nila atau merah muda sering diartikan warna cinta, lebih lekat dengan orang yang sedang berbunga-bunga karena jatuh cinta. Putih sering diartikan warna yang suci karena kesannya yang bersih dan tidak tersentuh oleh warna apapun. Hitam sering diartikan sebagai warna yang kelam, dikonotasikan dalam bahasa sebagai suatu sisi yang kelam. Merah sering dikorelasikan dengan sifat yang berani, menyala-nyala seperti api. Ungu sering diidentikan dengan warna janda, dan sebagainya.

Menggambarkan kepribadian seseorang

Pada paragraf kedua di atas, telah saya sebutkan bahwa terjadi perubahan warna seiring dengan bertambahnya usia. Saya menafsirkan semakin kita bertambah dewasa maka akan memiliki kecenderungan perubahan warna favorit. Biru adalah warna favorit saya ketika remaja. Bagi saya biru itu ceria, menggambarkan sesorang yang enerjik dan selalu semangat. Warna itu memberikan identitas tersendiri terhadap saya saat itu, seorang gadis tomboy yang tidak bisa diam, selalu semangat dan ceria. Karena suka sekali dengan warna biru, mulai dari pakaian, kerudung, tas hingga sepatu pernah saya pakai secara bersamaan. Semenjak bekerja, warna favorit saya berubah menjadi hijau. Entah sejak kapan tanpa sadar baju yang saya miliki lebih banyak berwarna hijau. Sepertinya warna hijau memberikan kesan yang lebih kalem, sifat tomboy saya saat itu sedikit berkurang walaupun masih suka ‘grasak-grusuk’ tidak bisa diam. Saat ini saya sangat menyukai warna ungu, baik ungu muda maupun ungu tua. Saya merasa lebih feminim dan tidak terlalu tomboy seperti dahulu. Warna ini memberikan kesan yang sangat girly dan nyaman sekali ketika saya memakainya. Terkait dengan perubahan kepribadian, coba saja kita perhatikan pemilihan warna antara remaja dengan orang tua, pasti berbeda, tergantung bagaimana selera maupun kepribadiannya.

Warna favorit dulu hingga sekarang, lebih kalem mana?

Warna favorit dulu hingga sekarang, lebih kalem mana?

Warna mampu memberikan sugesti kepada seseorang

Dulu ada seorang teman yang mengatakan kepada saya kalau sedang ujian jangan menggunakan warna hitam karena warna hitam bukan warna keberuntungan yang dapat membuat kita tidak lulus ujian. Waktu itu saya cuek saja, tidak terlalu mengindahkan nasehatnya. Ternyata apa yang dikatakan olehnya benar juga, saya tidak lulus ujian, mungkin alam bawah sadar saya sudah tersugesti dengan perkataan tersebut. Karena tidak mau lagi mengalami kegagalan ujian, maka setiap ujian saya selalu memakai warna favorit. Alhamdulillah ujiannya lancar saja dan memang lebih nyaman ketika memakai warna favorit, saya merasakan ada dukungan dari warna yang saya pakai.

Warna sebagai lambang atau simbol

Warna digunakan sebagai lambang contohnya pada warna partai. Tiap partai memiliki warna yang berbeda. Pasti ada tujuan tersendiri ketika suatu partai memilih warna tertentu. Sedangkan warna digunakan sebagai simbol misalnya pada lampu lalu lintas, merah memberikan arti bahwa kita harus berhenti, hijau berarti boleh jalan, dan kuning berarti hati-hati. Simbol warna ini membantu pak polisi dalam mengatur lalu lintas. Ada lagi contoh warna sebagai simbol, misalnya pada kereta khusus wanita, selain diberikan gambar bunga, kereta diberikan hiasan cat berwarna ungu atau merah muda sehingga jika ada seorang pria yang melihat dari jauh pasti sudah mengerti kalau itu adalah kereta khusus wanita.

Kereta khusus wanita, gambar diambil dari sini

Warna sebagai simbol peristiwa atau kejadian

Di Indonesia warna yang digunakan apabila tertimpa musibah karena meninggalnya seseorang adalah hitam dan kuning. Warna hitam digunakan untuk pakaian baik yang berduka maupun yang melayat dan warna kuning digunakan untuk bendera sebagai simbol bahwa ada orang yang meninggal disuatu tempat. Sedangkan di India, warna putih digunakan sebagai warna pakaian berkabung ketika seseorang meninggal.

Pakaian berkabung warna hitam, gambar diambil dari sini

Warna sebagai status seseorang

Di negara India, ketika seseorang menjadi janda maka Ia akan mengenakan pakaian warna putih sepanjang hidupnya kecuali jika ia menikah lagi. Sedangkan warna merah pada bindi yang dikenakan pada dahi seorang wanita india menandakan bahwa ia telah menikah.

Bindi merah pada wanita india yang sudah menikah, gambar diambil dari sini

Warna sebagai tingkatan

Contohnya di Indonesia, warna yang berbeda digunakan untuk menandakan tingkatan pendidikan seseorang melalui warna seragam sekolahnya. Seragam berwarna merah-putih untuk sekolah dasar, biru tua-putih untuk sekolah menengah pertama dan abu-abu-putih untuk sekolah menengah atas.

Seragam sekolah, gambar diambil dari sini

Masih banyak manfaat yang dapat diperoleh dari warna-warni yang ada di dunia ini. Satu yang tidak boleh terjadi, yaitu perpecahan karena warna yang berbeda. Hal itu tidak boleh terjadi karena akan terasa indah apabila warna yang berbeda dapat saling bersinergi membentuk keindahan seperti halnya pelangi.

Nah, apa warna favorit mu? Rasakanlah manfaatnya!

Postingan ini disertakan dalam #8MingguNgeblog Anging Mammiri Miinggu Keempat

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

11 thoughts on “Manfaat Warna Bagi Kehidupan

  1. Tulisannya bagus banget nih, gak kepikir warna bisa menjadi simbol dari sesuatu🙂

    Posted by Ikakoentjoro | May 4, 2013, 2:45 pm
  2. halo mbak evrina… berkunjung balik nih,,,heheh…. bagus euy tulisannya… eh tapi bener ya… warna itu bisa mempengaruhi perubahan karakter seseorang….

    Posted by fhie | May 4, 2013, 3:19 pm
  3. yup, bener, Mbak. Warna-warna favorit saya juga berubah-ubah Mbak sejak dulu. waktu kecil suka kuning, trus biru, trus coklat dan hijau sekarang🙂

    Posted by Diah Kusumastuti | May 5, 2013, 2:29 pm
    • hallo mba diah, trims ya udah mampir. pada dasarnya sy suka semua warna tp pasti ada warna yg dominan. ungu hehe. beda jauh dr waktu remaja biru. ternyata mba juga ngalamin perubahan warna ya jd memang menggambarkan dgn perubahan kepribadian ya mba

      Posted by evrinasp | May 5, 2013, 10:28 pm
  4. Nice post.

    Sebagian besar bagunan perkantoran, pagar sekolah, bahkan halaman kantor bupati di kota saya berwarna UNGU…. kenapa ya? karena Bupati yang terpilih berasal dari partai merah dan biru, terciptalah nuansa ungu hampir disemua lini pembangunan. bahkan zebracross hanya di kota kami mungkin yang berwarna putih ungu🙂 Hidup Ungu……

    Posted by Aisyah Prastiyo | May 6, 2013, 12:10 am
  5. sama seperti saya mbak.. seiring bertambah usia, kesukaan saya pada warna juga berubah.. Dulu tak suka warna merah, eh sekarang gak ada merah saya malah marah-marah hahaha

    salam kenal mbak, matur nuwun sudah dolan ke blog saya ya

    Posted by lozz akbar | May 7, 2013, 3:35 am
  6. Thanks for finally talking about >Manfaat Warna Bagi Kehidupan | evRina shinOda
    <Loved it!

    Posted by skin care products | August 16, 2014, 10:51 pm

Leave a Reply

