//
you're reading...
Contest

Gak’ Ngeblog, Gak’ Asik

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh. Hallo teman-teman, apa kabar? Alhamdulillah ya kita sudah memasuki minggu ketujuh pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, bertepatan juga dengan minggu kedua diklat (pendidikan dan pelatihan) yang sedang saya jalani, itu artinya sebentar lagi saya bisa pulang bertemu dengan keluarga tercinta. Aamiin.

Time is running out, waktu yang berjalan terasa sangat cepat berlalu, kita terkadang tidak menyadarinya jalannya waktu. Misalnya suatu hari kita merasa berada di awal waktu, tetapi sebenarnya kita sudah berada dipenghujung waktu. Namun, waktu yang cepat berlalu ini tidak akan terasa lama jika kita menjalani dengan ikhlas (ciyeeee). Diklat yang sedang saya jalani ini memakan waktu selama 3 minggu, kami tidak diperbolehkan untuk keluar area diklat sedikitpun. Rasanya jenuh sekali terlebih pada pertengahan minggu ini, tetapi kejenuhan itu terobati oleh hobi yang satu ini yaitu: NGEBLOG. Mau tau ceritanya? Ini dia ceritanya:

Jika teman-teman seangkatan saya memiliki hobi yang “keibuan sekali” seperti memasak, membuat kue, berjualan, membuat suvenir dan lain sebagainya, maka saya memiliki hobi yang bisa dibilang narsis, yaitu ngeblog. Mengapa narsis? Karena maklum saja, saya ini hanya penulis blog amatir yang menyukai dunia tulis-menulis di web log alias blog. Saya belum terlatih dan berkeinginan untuk mengasah kemampuan yang “ecek-ecek” ini. Saya bersyukur jika ternyata beberapa artikel yang saya tulis benar-benar berguna karena pada dasarnya saya ini narsis hehe. Kalau boleh saya gambarkan lewat pantun, ini adalah alasan mengapa saya sangat menyukai dunia blogging:

Yow what’s up bro and sis

Don’t worry to be narsis

Yang penting harus santun

Mari kita berbalas pantun

Jalan-jalan ke bandung

Jangan lupa beli pengki

Dari pada bingung

Mending kita ngeblog lagi

Ada duri dalam tembok

Ada preman lagi mengaji

Gak rugi deh kalo ngeblog

Tambah teman dan tambah rejeki

Nah, dari pantun di atas dapat saya gambarkan mengapa saya sangat menyukai yang namanya ngeblog. Untuk saya pribadi ngeblog itu dapat membuat kita eksis di dunia maya terlebih pada jaman yang modern ini. Jika kita sudah sering ngeblog dan selalu berkomitmen untuk melakukan blogging maka keeksistensian kita dapat diketahui oleh orang lain terutama para penjelajah dunia maya. Setelah kita eksis dan dikenal oleh banyak orang, tentu kita akan mendapatkan teman baru di dunia maya yang jumlahnya sangat banyak sekali terutama para blogger. Kita bisa menjadi salah satu bagian dari para blogger dengan ikut bergabung dalam wadah kumpulan blogger seperti Anging Mammiri. Setelah mendapat teman dan tergabung dalam komunitas, kita juga bisa mendapatkan rejeki melalui blog lho. Caranya bagaimana? Dengan mengikuti lomba-lomba yang diperuntukan oleh para blogger seperti kontes #8 Minggu Ngeblog ini, jika kita menang maka tentu akan mendapat rejeki. Ngeblog juga bisa kita gunakan sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk jika kita memiliki hobi berdagang. Selain itu ngeblog juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir kita lho karena ketika kita menulis di blog tentu tidak sembarang atau asal-asalan saja. Dengan demikian manfaat ngeblog dapat saya gambarkan lebih rinci sebagai berikut:

Ngeblog–>dikenal orang–>mendapat teman–>masuk dalam grup para blogger–>mengikuti kontes blog–>mendapat rejeki, dikenal oleh banyak orang–>diakui keeksistensiannya–>meningkatkan kemampuan menulis

nyuri-nyuri waktu buat ngeblog ketika jadwal masuk kelas kosong saat diklat

nyuri-nyuri waktu buat ngeblog ketika jadwal masuk kelas kosong saat diklat

Beberapa hal di atas adalah latar belakang mengapa saya menyukai dunia blogging. Blogging sudah menjadi hobi yang sangat saya sukai, karena selain menambah teman, wawasan dan eksistensi, ternyata ngeblog itu juga dapat mendatangkan rejeki. Saya tidak dapat membayangkan jika seandainya saya tidak ngeblog. Rasanya pasti sangat membosankan. Seperti saat ini, ngeblog adalah hiburan bagi saya di tengah rutinitas yang padat pada diklat yang sedang saya jalani. Hampir setiap hari saya menyempatkan untuk ngeblog dengan mencuri-curi waktu diantara waktu istirahat atau ketika selesai apel malam setiap hari. Nah, ketika di kelas saya menyempatkan untuk menulis di buku catatan mengenai tulisan yang akan saya blog-kan, nanti tinggal dipindahkan saja ke netbook ketika kegiatan sudah usai. Kalau di rumah bagaimana? Sama saja, hampir setiap hari saya juga ngeblog, biasanya ketika pulang kerja dan disaat Alfi (anak kesayangan saya) sudah tidur. Sekarang kalau ditanya seandainya saya tidak ngeblog itu gimana rasanya, jawaban saya adalah sebagai berikut ini:

1. Timbul rasa bosan

Ketika saya tidak ada kerjaan alias menganggur, rasanya jadi cepet bosan karena tidak melakukan apa-apa, maka HP pun menjadi andalan untuk ngenet atau sekedar online. Semenjak mengenal blog sepertinya waktu benar-benar bermanfaat bahkan untuk bisa ngeblog saat ini sampai harus pandai mencuri waktu luang sehingga rasa bosanpun hilang

2. Gaptek (gagap teknologi)

Malu juga nih kalo sedang kumpul sama teman-teman terus kita mendiskusikan hal-hal yang berbau teknologi terutama tentang perkembangan internet. Waktu itu saya hanya bengong saja, lumayan lama memahami kecanggihan dunia internet. Nah, sejak mengenal blog mau tidak mau saya harus belajar untuk mengutak-atik blog, memahami kode-kode serta istilah lainnya yang sangat asing bagi saya. Dulu saya gak’ tau lho gimana caranya memasang banner, tetapi karena ingin tahu dan kepingin gak’ gaptek lagi maka saya harus belajar. Akhirnya setelah berguru kepada teman-teman yang lebih ahli, sekarang saya gak’ (terlalu) gaptek lagi hehe

3. Bisnis kurang berkembang

Kebanyakan teman-teman yang saya kenal menggunakan media sosial seperti FB atau twitter untuk memasarkan beberapa produk mereka, sayapun melakukan hal yang sama, saya mencoba mempromosikan beberapa dagangan saya, lumayan sih ada saja yang berminat namun responnya masih kurang. Akhirnya saya mencoba memasukkan produk saya ke dalam blog, dan ternyata konsumen cukup meningkat. Karena bila saya perhatikan beberapa customer langsung menuju blog saya setelah mencari produk yang mereka cari melalui mbah Google. Seperti beberapa waktu kemarin, saya berhasil membantu memasarkan bibit milik petani setelah ada seorang customer yang tertarik dengan bibit yang saya pasarkan melalui blog. Kalo waktu itu saya tidak mempromosikan bibit tersebut di blog mungkin customer itu tidak pernah datang kepada saya.

4. Merasa kurang bermanfaat ketika sedang berselancar di dunia internet

Kalo dulu ketika sedang berselancar di internet, saya seringkali online tanpa tujuan jelas, rasanya buang-buang waktu dan pulsa saja. Tetapi melalui blog saya memiliki tujuan yang jelas, yaitu menulis, narsis dan eksis hehe.

5. Kurang wawasan

Sebenarnya wawasan tidak hanya kita peroleh dari internet saja. Bagi saya ngeblog itu adalah salah satu sarana menambah wawasasan di internet, karena dengan ngeblog kita pasti akan berjelajah guna menambah kualitas ngeblog kita. Tema yang diangkat dalam blogging itu cukup banyak, apalagi ketika kita sudah bergabung dengan kumpulan blogger-blogger yang lebih senior, dijamin deh menambah wawasan kita selain menambah teman tentunya

6. Hobi menjadi tidak berkembang

Jika dikaitkan dengan buku, maka hobi saya adalah membaca dan menulis. Saya memang senang menulis walaupun menulisnya gak’ jelas. Hanya saja hobi saya ini dulunya tidak dipublikasikan. Nah, semenjak mengenal dunia blogging, saya merasakan hobi menulis ini menjadi berkembang, karena tulisan yang kita buat itu dipublikasikan. Beberapa kritik dan saran membangun bisa kita dapatkan dari blogger lainnya untuk menunjang kualitas tulisan kita. Kebayangkan jika memiliki hobi menulis tetapi tidak pernah dipublikasikan

7. Teman kurang cepat bertambah seperti saat ini

Sebelum saya memiliki blog, teman dunia maya yang saya tahu hanya sekitar di jejaring sosial saja, tetapi setelah ngeblog ternyata teman saya bertambah dengan cepat lho, karena melalui ngeblog kita dapat berkumpul di suatu wadah blogger yang tentunya dapat menambah teman baru, selain itu event-event seperti lomba blog juga dapat menambah teman contohnya ya Anging Mammiri ini.

pernah naik panggung karena ngeblog dan tentunya menambah teman juga

Beberapa poin di atas adalah beberapa hal yang saya rasakan seandainya saya tidak ngeblog, yang pasti kalau gak’ ngeblog rasanya jadi galau karena ngeblog sudah mendarah daging, mengakar dan mengurat dalam diri (maaf kalau lebay hehe). Jadi kalau melihat uraian saya di atas enak mana? Ngeblog atau gak ngeblog? kalau saya sih pilih ngeblog, kalo kamu?

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

8 thoughts on “Gak’ Ngeblog, Gak’ Asik

  1. Saya pilih ngeblog…🙂

    Posted by Isma | May 24, 2013, 2:08 am
  2. keep blogging..semangat😛

    Posted by i R a | May 24, 2013, 6:56 am
  3. yang paling penting ngeblog mendatangkan banyak teman, terbukti sekali lho😀

    Posted by yunarty | May 25, 2013, 9:47 am
  4. skrg kalo gak ngeblog rasanya mati gaya🙂

    Posted by myra anastasia | June 1, 2013, 12:39 pm

Leave a Reply

