//
you're reading...
Other

Cerita Prajab (Minggu Kedua)

Sebelum dimulai ceritanya, saya mau minta maaf dulu nih, dipostingan minggu pertama saya janji mau memposting cerita prajab setiap minggunya, tetapi ternyata janji tersebut tidak terealisasi hingga masa diklat prajab berakhir. Maklum ya teman-teman jadwalnya sangat padat hingga larut malam jadi gak sempet megang netbook buat nulis, belum lagi tugas membuat resume dan nyicil belajar buat ujian (gaya bener) hehe gak apa-apa ya? daripada gak ada cerita sama sekali, mending ditulis aja walopun prajabnya udah beres. Ini dia cerita prajab minggu kedua.

Jadwal Tetap Padat

Memasuki minggu kedua diklat prajab, jadwal masih tetap padat, hanya saja bedanya tidak ada lagi materi setelah pukul 18.00, diganti dengan tugas baca dari jam 19.15-21.30 yang dilanjutkan dengan apel malam. Judulnya sih tugas baca, tetapi dasar kami memang, seringnya diisi untuk bernyanyi memantapkan yel-yel, musyawarah kelas, foto-foto dan diskusi bersama. Kadang juga ada panitia atau pembina yang masuk ke kelas untuk memberikan arahan serta yel-yel baru, tak masalah bagi kami karena pada dasarnya kami senang yang namanya bernyanyi.

Materi yang sudah kami dapatkan di minggu kedua ini adalah:

  1. Sistem penyelenggaraan pemerintah NKRI
  2. Wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI
  3. Etika organisasi pemerintah
  4. Pelayanan prima
  5. Komunikasi efektif
  6. Budaya kerja pemerintah
  7. Manajemen perkantoran modern

Pada minggu-minggu ini suasana belajar cukup seru karena setelah Widya Iswara (WI) menyampaikan materi selalu diakhiri dengan diskusi, kalo saat diskusi saya pribadi gak terlalu mengantuk, tetapi saat materi disampaikan oleh WI kok seringnya ngantuk ya, maka permenpun jadi andalan. Saya dan beberapa teman sudah siap sedia menyediakan permen, permen seringkali beredar di teman-teman, dan itu tak jadi masalah karena diizinkan panitia karena bukan termasuk makanan. Kalo makanan jelas-jelas dilarang karena bisa menganggu proses belajar. Air minum masih diperbolehkan untuk dibawa juga lho. O iya hampir setiap WI punya trik jitu supaya kami gak ngantuk, mulai dari tiba-tiba nyamperin terus memberikan pertanyaan, memberi ice breaking dalam bentuk tebakan, tarian, atau bahkan karoke bersama. Lumayan mata kami cukup segar saat belajar. Ini dia kegiatan kami di minggu kedua:

Foto bersama WI usai pelajaran

Foto bersama WI usai pelajaran

Suasana diskusi di kelas

Suasana diskusi di kelas

Ice breaking di kelas, nyanyi bersama

Ice breaking di kelas, nyanyi bersama

setelah diperintah harus menghabiskan makanan yang disediakan, ternyata kami bisa juga menghasbiskan nasi yang begitu banyak

setelah diperintah harus menghabiskan makanan yang disediakan, ternyata kami bisa juga menghasbiskan nasi yang begitu banyak

tak malu bertanya, tak sesat di prajab, ayoo banyak nanya, banyak nilai lho

tak malu bertanya, tak sesat di prajab, ayoo banyak nanya, banyak nilai lho

Yel-Yel Baru

Bukan kami kalo gak suka nyanyi, tugas baca kami manfaatkan untuk diskusi, musyawarah kelas, dan tentunya membuat yel-yel baru untuk penyemangat ketika baris-berbaris. Di minggu kedua ini kami punya yel-yel baru, dari pak Aldino dan Pak Eko pembina kami. Hingga sekarangpun saya yakin teman-teman masih hapal dengan yel-yel prajab yang banyaknya hampir satu album itu, hehe. Ini dia yel-yel baru diminggu kedua:

Pak Edwin dan Pak Aldino memimpin yel-yel baru

Pak Edwin dan Pak Aldino memimpin yel-yel baru

Latihan yel-yel bersama pembina

Latihan yel-yel bersama pembina

 

Mas Bro (Judul asli bisa ditanya sama Pak Aldino)

Pembina ku apa yang kau pikirkan

Kerjamu hanya menghukum kami

Tak berguna kau marah melulu

Tersenyumlah Mas brooo………….

Buat apa push up, buat apa shit up

Lebih baik kita tidur aja

Forget to Me

Saya tunggu engkau, saya tunggu engkau

Rupanya engkau forget to me

bangun pagi-pagi menuju ke lapangan

Untuk mengikuti latihan prajabatan

Tak tahan rasanya ingin segera pulang

Pendidikan belum usai

Mau makan jalan jongkok

Sudah makan lompat kodok

Dicaci maki dan juga dibentak-bentak

Wahai pelatih ku betapa kejam dirimu

Wahai pelatih ku betama jeli mata mu

Tidakkah kau tahu isi di hatiku

Ku cinta pada mu, Ku sayang pada mu

Hotel Purnama

Hotel purnama tempat kami ditempa

Tradisi prajabatan menempuh PNS

Di dalam latihan tradisi prajabatan

Calon-calon PNS

Masuk PNS memang susah sekali

Setiap hari selalu dicaci maki

Diberi makan roti, segelas air putih

Juga segenggam nasi

Mau marah engga bisa

Diam saja ku tersiksa

Lama-lama disini bisa gila

La-la-la-la-la-la-la-la-la

Doa Prajab

Ya Allah yang Maha Esa, yang Maha Kuasa

Yang memiliki sekalian alam

Segala Puji bagi-Mu Engkau

Yang kami sembah dan kepada Mu lah kami mohon pertolongan

Tunjukanlah kami jalan yang benar

Jalan yang Engkau ridhoi

Lindungilah kami, serta berikanlah kami keselamatan di dunia dan dihari kemudian

Ampunilah dosa-dosa kami

Kepada Mu lah kami berserah diri

Aamiin.

Sekian cerita  prajab minggu kedua, semoga bermanfaat, dan see you di cerita ketiga ya…..

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: