//
you're reading...
Other

Cerita Prajab (Makrab)

Seragam Prajab Angkatan 1 CPNSD Kab Bogor

Seragam Prajab Angkatan 1 CPNSD Kab Bogor

Hallo man-teman gimana kabarnya? Mudah-mudahan sehat selalu ya. Saya masih punya hutang cerita tentang prajab, jadi gak berhenti sampai minggu ketiga saja ya, masih ada cerita prajab di makrab alias malam keakraban dan penutupan. Saya mau mengabadikan moment ini melalui tulisan di blog karena bagi saya pribadi moment tersebut sangat berkesan. Malam itu suasana benar-benar akrab. Suasana ceria, terharu, kebersamaan, persudaraan menjadi satu. Mau tau ceritanya? Begini ceritanya:

Hari itu satu minggu yang lalu tepatnya hari Jumat tanggal 31 Mei 2013 kami sudah berada dipenghujung rangkaian acara diklat prajabatan. Hari itu adalah hari yang kami nantikan. Terbayang dalam benak kami bahwa acaranya akan memberikan kesan, dan ternyata terbukti benar-benar amat sangat berkesan. Salut untuk panitia makrab karena mampu menyuguhkan acara yang begitu ciamik, kami dibuatnya gembira, bahagia, sedih, terharu dan semangat kembali.

Big applause untuk panitia makrab

Juga untuk Panitia Penyelenggara Diklat dan Pembina yang kelihatan sangat antusias untuk hadir di acara kami, serta tentunya peserta yang turut serta memeriahkan acara makrab saat itu. O iya acara makrab ini digagas oleh kami para peserta diklat, bukan karena inisiatif dari panitia, jadi semua dari kami, oleh kami dan untuk kami, sebagai kenang-kenangan dihari tua nanti hehe *gaya*.

Peserta siap mengikuti acara makrab

Peserta siap mengikuti acara makrab

Ba’da magrib kami sudah diharuskan siap-siap berkumpul di DP (Daerah Persiapan) masing-masing. Jangan lupa ya membawa kado untuk acara tukar kado. Kadonya bukanlah sesuatu yang harus istimewa yang penting bermanfaat. Kami semua menyatu memakai pakaian seragam kaos warna hitam bertuliskan prajab. Untuk wanita memakai rok serta kerudung putih (bagi yang berkerudung) dan laki-laki memakai celana hitam. Sekitar pukul 19:00 kami sudah mulai memasuki aula tempat makrab berlangsung. Meja tertata rapih, panitia sudah sigapdisana, kamipun sudah berjejer rapih dibangku masing-masing. Tiba saatnya para tamu undangan dan Pembina datang, maka kami semua serentak menyanyikan lagu:

“selamat datang bapak, selamat datang bapak, selamat datang kami ucapkan, selamat datang bapak, selamat datang bapak, selamat datang kami haturkan, salam…salam….terimalah salam dari kami yang ingin lulus bersama-sama, terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama”

Panitiapun tersenyum merekah. Lagu ini kami nyanyikan ketika para pemberi materi hendak memasuki kelas, suapaya suasana belajar tidak kaku. Saya rasa lagu ini cukup ampuh. Kemudian tibalah diacara pembukaan yang berisi sambutan dari ketua panitia, perwakilan siswa, juga sambutan dari Pembina.

Tempat makrab

Tempat makrab

Para pembina dan panitia

Para pembina dan panitia

Sambutan-sambutan

Sambutan-sambutan

Agar acara bermakna dan tidak hanya bersenang-senang saja, maka kami juga ingin berbagi rasa bahagia dengan memberikan santunan kepada anak yatim. Semoga dapat menambah keberkahan bagi semuanya.

Penyerahan santunan anak yatim

Penyerahan santunan anak yatim

Acara dilanjutkan dengan makan malam, karena kami sudah dilatih untuk disiplin maka kamipun dengan sigap mengantri untuk mengambil makan malam. Santap makan malam kami diiringi oleh suara merdu dari Ambu Lilis, Ayah Budhy, Ibu Sariyem, Pak Eko1, Pak Pembina dan lainnya. menambah kenikmatan makan malam saat itu.

Makan malam bersama

Makan malam bersama

Mau makan, antri dulu

Mau makan, antri dulu

Selamat makan

Selamat makan

dihibur oleh suara nan merdu *ciyeee*

dihibur oleh suara nan merdu *ciyeee*

Nah, tibalah ke acara selanjutnya, bernyanyi dan bermain. Setiap habis bernyanyi bersama maka acara diselingi oleh games. Seru lho acaranya karena baik bernyanyi maupun games baik peserta maupun Pembina dan panitia turun bersama, gak ada sekat yang memisahkan kami, kebersamaan benar-benar terjadi. Seyuman merekah disana-sini, walaupun lelah dan jarum jam sudah menunjukan lebih dari jam 9 malam, kami tetap semangat saat itu. Begini acara saat itu:

Games rebutan kursi, seru deh

Games rebutan kursi, seru deh

Joged balon, balonnya ga boleh jatuh dan pecah

Joged balon, balonnya ga boleh jatuh dan pecah

Persiapan Dance Waka-Waka

Persiapan Dance Waka-Waka

Acara mulai mencapai klimaks nih, sejak pak Aldino dan partner mulai menyanyikan lagu Tentang Kitanya Peter Pan:

Waktu terasa semakin berlalu
Tinggalkan cerita tentang kita

Akan tiada lagi kini tawamu
Tuk hapuskan semua sepi di hati

Ada cerita tentang aku dan dia
Dan kita bersama saat dulu kala
Ada cerita tentang masa yang indah
Saat kita berduka saat kita tertawa

Teringat di saat kita tertawa bersama
Ceritakan semua tentang kita

Tiba-tiba saja kami bergandengan tangan membentuk lingkaran, waduh saya mulai gak enak nih, kayanya bakalan banjir air mata nantinya.

Membentuk lingkaran

Membentuk lingkaran

Lagu masih berlanjut, kali ini dinyanyikan oleh pak Eko Pembina kami dengan menyanyikan lagu kemesraan:

Suatu hari di kala kita duduk di tepi pantai
dan memandang ombak di lautan yang kian menepi
burung camar terbang bermain di derunya angin
suara alam ini hangatkan jiwa kita

sementara sinar surya perlahan mulai tenggelam
suara gitarmu mengalunkan melodi tentang cinta
ada hati membara erat bersatu
getar seluruh jiwa tercurah saat itu

kemesraan ini janganlah cepat berlalu
kemesraan ini ingin ku kenang selalu
hatiku damai jiwaku tentram di sampingmu
hatiku damai jiwaku tentram bersamamu

sementara sinar surya perlahan mulai tenggelam
suara gitarmu mengalunkan melodi tentang cinta
ada hati membara erat bersatu
getar seluruh jiwa tercurah saat itu

kemesraan ini janganlah cepat berlalu
kemesraan ini ingin ku kenang selalu
hatiku damai jiwaku tentram di sampingmu
hatiku damai jiwaku tentram bersamamu

kemesraan ini janganlah cepat berlalu (jangan berlalu)
kemesraan ini ingin ku kenang selalu
hatiku damai jiwaku tentram di sampingmu (di sampingmu)
hatiku damai jiwaku tentram bersamamu

Waduh mulai terharu dan agak sedih. Tiba-tiba saja panitia mematikan lampu dan menggantikannya dengan nyala lilin. Hmmmm…. Curiga sepertinya kami akan menangis bombay, acara klimaks pun tiba. Slide show mulai diputar, berisi tentang foto-foto kami selama diklat sejak awal hingga akhir, lagu dan foto-foto itu bersatu menghanyutkan hati kami, kami menangis dibuatnya, sambil berpegangan tangan dengan teman-teman dikanan-dan kiri kami, kamipun tak kuasa melepaskan haru dan air mata. Slide kedua menggambarkan lagu tentang orang tua, bagaimana harapan mereka terhadap kami anak-anaknya agar menjadi sukses, tangispun kembali pecah, tidak ada yang terharu saat itu, Peserta, Pembina maupun panitia ikut terpaku.

Masih bergandengan tangan

Masih bergandengan tangan

“raihlah masa depan mu kawan, melangkahlah kedepan, genggam masa depan”

Beberapa bait yang saya ingat meskipun mungkin tidak sama. Acarapun berlajut pada renungan, kami semua memohon ampun kepada orang tua jika selama ini masih mengecewakan mereka, meminta maaf kepada teman-teman jika selama diklat telah menyakiti, memohon ampun kepada Tuhan karena tidak mensyukuri segala nikmat yang telah diberi.

Jalinan persahabatan dan kebersamaan itu kembali terbentuk, kami bersama berdiri membentuk lingkaran, menggandeng tangan sahabat-sahabat kami. Saat itu masih teringat jelas dalam benak saya, pasti teman-teman juga masih mengingatnya bukan?

Kami saling bersalaman, memaafkan satu sama lain. Kami berjanji untuk mengamalkan ilmu yang sudah didapat selama diklat, semoga kelak kami menjadi abdi Negara yang berguna bagi bangsa dan agama.

Waktu sudah menunjukan pukul 23:00, acara tepat selesai. Waktu tersebutlah yang diizinkan oleh panitia untuk acara makrab hari itu. Semuanya bahagia, semuanya tertawa, semuanya mengenang hari itu.

Semangat kawan, 21 hari memang waktu yang singkat untuk kebersamaan, tetapi merupakan langkah awal untuk persahabatan. Friendship forever.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: