//
you're reading...
Other

Cerita Prajab (Penutupan)

teman-teman berpose menunggu acara penutupan dimulai

teman-teman berpose menunggu acara penutupan dimulai


Hotel Purnama, Sabtu, 1 Juni 2013.

Hari itu acara penutupan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III Angkatan I Tahun 2013 berlangsung. Setelah kemarin malam kami menumpahkan semua rasa yang ada selama diklat, kini tiba saatnya hari yang ditunggu-tunggu. Gladiresik upacara penutupan sudah dilakukan sehari sebelumnya sehingga disaat hari H tiba kami sudah sangat siap untuk melakukan upacara penutupan. Berkumpul di DP (Daerah persiapan) masing-masing, baik kelas A dan kelas B siap menuju aula Mawar 1 tempat upacara berlangsung. Sepanjang perjalanan menuju aula sambil baris-berbaris kamipun bernyanyi dengan riang:

“Sayonara-sayonara sampai berjumpa pula”

“Buat apa susah, buat apa susah, susah itu tak ada gunanya”

“Gelang sepatu gelang, gelang siramai-ramai”

“Mari pulang, marilah pulang, marilah pulang bersama-sama”

Lagu tersebut sudah kami nyanyikan sehari sebelumnya. “Ya udah sana cepat pulang” celetuk pak Eko 1 dan 2 menjawab nyanyian kami, kamipun tertawa. Tiba di pintu aula, tak lupa kami membeli salam prajab “Prajab!”, kemudian hormat dan melangkahkan kaki. Tempat duduk sudah diatur, yang kurang tinggi di depan, yang tinggi di belakang.

Sambil menunggu pembina upacara dan panitia datang, kami habiskan waktu untuk berbicara, berfoto bersama, dan mengumpulkan tanda tangan. Ini bukan mainan abege, terakhir saya melakukannya ketika lulus SMU, mengumpulkan tanda tangan teman, asik rasanya. Dalam kumpulan tanda tangan itu, beberapa teman menorehkan cita-citanya, ada yang ingin menjadi Kadis, menjadi kepala Badan, menjadi Menteri dan lain sebagainya. Terbesit dalam hati, saya nanti mau jadi apa ya? Ah, tulis saja dulu, saya mau jadi Mentan (Menteri pertanian). Gak usah malu, kan katanya gantungkan cita-cita setinggi langit, seluas dunia, sedalam samudra. Siapa tahu cita-cita kami dapat tercapai. Aamiin.

Kumpulan tanda tangan teman-teman

Kumpulan tanda tangan teman-teman

Penulis boleh ya mejeng sebelum penutupan

Penulis boleh ya mejeng sebelum penutupan

Pembina datang, kami harus sudah duduk siap. Pemimpin upacara melaporkan bahwa upacara siap dilaksanakan. Pembina memberikan arahan yang dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Bogor sekaligus menutup rangkaian diklat prajabatan angkatan 1 ini. Sebelumnya telah diberitahukan nilai rata-rata yang didapat selama diklat, baik kelas A maupun B memang belum mendapatkan nilai yang sesuai dengan keinginan panitia. Tetapi kami telah berusaha. Selanjutnya diberitahukan pengumuman tiga besar dari kelas A dan B, berikut rinciannya:

Kelas A:                                                     Kelas B:

Peringkat 1: Ibu Popon R                        Peringkat 1: dr. Johanly

Peringkat 2: dr. Adit                                 Peringkat 2: Evrina B

Peringkat 3: Bpk. Aji                                Peringkat 3: Bpk. Fajar S

Saya tidak menyangka bahwa nama saya masuk dalam tiga besar. Namun bukan itu yang membuat saya bahagia, melainkan kenyataan bahwa kami dapat lulus bersama, tidak ada yang harus diremedial. Pembina dan panitia memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta. Upacara selesai, name tag resmi dicopot dan saat itu juga kami sudah diperbolehkan pulang menuju rumah masing-masing.

Para Stungers kelas B

Para Stungers kelas B

Yang wanita juga gak mau kalah dunk

Yang wanita juga gak mau kalah dunk

Foto bersama

Foto bersama

Sebelum bersiap untuk pulang, kami masih mendapatkan kesempatan untuk menikmati extra puding terakhir kalinya. Sambil bernyanyi kami berbaris menuju tempat makan. Kali ini pembina kami pak Eko memberikan penghormatan terakhirnya untuk menjadi petugas piket (biasanya pak Eko yang menjadi penerima laporan, kami yang bertugas piket). Terharu sekali saat itu, apalagi dipimpin oleh Bapak Edwin yang memiliki suara hampir mirip dengan pak Eko. Selesai menikmati extra puding, ternyata kami semua menginginkan untuk menyanyikan yel-yel terakhir sambil menggunakan jaket kebanggaan. Semuanya berlari cepat menuju kamar sambil menghitung sendiri 1 hingga 10 agar cepat berkumpul kembali. Terdengar celetuk pak Eko “ini angkatan 1 udah pada gila ya”, kami semua hanya tertawa.

extra puding terakhir langsung dipimpin pak Eko

extra puding terakhir langsung dipimpin pak Eko

Pak Edwin menerima laporan

Pak Edwin menerima laporan

Semua bertepuk tangan tanda extra puding terakhir telah selesai

Semua bertepuk tangan tanda extra puding terakhir telah selesai

Dipimpin oleh ketua kelas pak Iqbal, maka kami menyanyikan yel-yel kebanggaan kami. Tidak ada yang tidak semangat saat itu, semua semangat walaupun sudah sangat lelah karena makrab kemarin malam.

semangat yel-yel

semangat yel-yel

Lagu iwak prajab

Lagu iwak prajab

Selesai memberi yel-yel, kami semua berbaris menuju depan aula tempat upacara penutupan berlangsung. Kami semua membuat lingkaran sambil bergandengan tangan. Dimulai dari ketua kelas pak Iqbal, beliau meminta maaf atas segala sikap selama kepengurusannya di diklat prajab kali ini dilanjutkan dengan pengurus yang lain. Kami semua saling memaafkan, bersalaman satu sama lain. Air mata kembali tercurah, air mata kebahagiaan.

Saling memaafkan

Diklat prajab angkatan 1 hari itu telah usai, keluarga sudah mulai berdatangan untuk menjemput kami. Kami saling melambaikan tangan. Hati-hati di jalan kawan. Ini bukanlah cerita akhir, tetapi cerita awal sebuah persahabatan. Terimakasih kawan.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

4 thoughts on “Cerita Prajab (Penutupan)

  1. Semua yg berbau penutupan memang asyik, termasuk penutupan prajab n materi widya iswara , haha

    Akan saya susul di penutupan tgl.18 nanti buk,

    Posted by wahabkhoter | June 8, 2013, 1:50 pm
  2. bu evrina kreatip eaaaaaa.kereeeeen

    Posted by aditia nugraha | June 11, 2013, 2:23 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: