//
you're reading...
Tips

Menghadapi Tes CPNS

Tes CPNS, Gambar Diambil Dari Sini

Hallo teman-teman,  sebentar lagi bulan September tahun ini datang. Memang ada apa sih di bulan September? Di bulan September insyaAllah akan ada tes penerimaan CPNS baik pusat maupun daerah. Kuotanya banyak lho setelah tahun lalu ada moratorium penerimaan CPNS. Daftar instansi yang akan melakukan pengrekrutan CPNS tahun 2013 bisa dilihat di www.setkab.go.id. Nah, bagi yang ingin mengikuti tes, siap-siap yuk. Saya mau share nih tentang cara menghadapi tes CPNS, siapa tau berguna buat teman-teman. Ini dia ceritanya, cekidot yuk:

Persiapan sebelum tes

Karena sudah jelas sekitar bulan September akan dilaksanakan tesnya, maka teman-teman paling tidak menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan tes pada saat satu bulan sebelumnya. Apa saja yang harus disiapkan yaitu:

A. Persiapan administrasi: setiap instansi pasti memiliki persyaratan yang harus dilengkapi sebelum kita menjadi peserta tes, ada yang sama, ada juga yang beda, berdasarkan pengalaman secara umum berikut adalah persyaratan administrasi yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Kartu kuning, beberapa instansi seperti pemda meminta persyaratan ini untuk pendaftaran. Kita dapat membuatnya di dinas tenaga kerja, kalo di Kabupaten Bogor sendiri dapat membuat di Disosnakertrans yang ada di kompleks pemda cibinong
  2. SKCK, karena surat ini berlaku selama tiga bulan, maka membuatnya jangan terlalu awal sehingga tidak expired saat mendaftar. SKCK membuatnya di polres ya bukan di polsek
  3. Surat keterangan dokter pemerintah, surat ini bisa kita buat di Puskesmas atau di dokter umum rumah sakit milik pemerintah. Ini dibuatnya jika sudah ada permintaan saja ya
  4. Ijazah dan transkip legalisir, kalo persyaratan yang ini saya yakin teman-teman pasti punya
  5. Sertifikat TOEFL, persyaratan ini hanya diminta oleh instansi tertentu, jadi tidak semuanya meminta score toefl.

B. Rajin on line, nah kalo sudah mendekati waktu penerimaan tes, sebaiknya rajin-rajin on line supaya gak ketinggalan berita. Saling berbagi informasi ya dengan teman-teman lainnya

C. Latihan soal, latihan soal itu penting. Jangan sampai SKS ya supaya kita paham akan tipe-tipe soalnya. Dulu saya pernah ikut tes kemenakertrans, ketika menunggu waktu tes dilaksanakan saya dan beberapa orang masih membaca materi dan soal-soal. Kemudian ada yang nyeletuk, dia bilang begini “udah ngapain belajar, gw udah belajar eh ga lolos terus, yang paling penting itu factor lucky, rejeki mah gak kemana”. Menurut saya itu gak benar ya, karena tidak ada keberhasilan tanpa usaha. Keberuntungan akan datang jika kita mau berikhtiar. Jadi, tetap ya harus belajar biar nanti pas ngerjain soal gak kebingungan hehe. Maklum pengalaman hehe.

2013-07-25 16.09.58Bentuk soal sepertinya sama ya dari tahun ke tahun. Kalo tahun 2012 kemarin, soalnya dibuat oleh konsorsium 5 perguruan tinggi. Soal-soalnya terdiri dari:

  1. TPU (tes pengetahuan umum), kalo saya dulu mempelajari tentang UUD 45 karena ada saja soal aplikasi dari UUD 45 seperti prosuder pengangkatan dan pemberhentian presiden, tugas MA, tugas MK dll. Untuk soal TPU ini ada beberapa soal yang harus dihapalkan karena kontentnya tidak berubah dari tahun ke tahun seperti kapan pancasila dirumuskan dan siapa perumusnya, terus tentang BPUPKI, PPKI dan lain-lain. Ada juga soal tentang otonomi daerah seperti desentralisasi, sentralisasi dan lain-lain. Saran saya untuk menghadapi soal ini adalah banyak latihan dan banyak membaca, hafalkan yang memang harus dihafalkan terutama untuk materi yang tidak berubah seperti soal di atas, kemudian banyak meng-update berita ya, kadang ada pertanyaan seputar kasus atua kebijakan pemerintah yang sedang hangat dibicarakan
  2. TBS (tes bakat skolastik), seperti soal analogi, sinomin, antonym, deret hitung, soal silogisme, aritmatika dan lain-lain. Saran saya untuk menghadapi soal ini adalah banyak latihan supaya kita terlatih dan paham akan tipe soalnya.
  3. Tes kepribadian, untuk menghadapi tes ini sebenarnya mudah, pilihlah jawaban yang terbaik. Soal kepribadian tahun lalu cukup banyak lho yaitu 100 soal dan cukup menyita waktu jika kita terlalu lama mengerjakannya

Soal-soal dapat kita peroleh di toko buku, internet atau orang-orang yang berjualan ketika kita mengambil kartu atau verifikasi kartu peserta. Supaya teman-teman menikmati dalam berlatih soal maka teman harus menemukan gaya belajarnya sendiri. Gaya belajar saya adalah belajar sambil mendengarkan musik, kalo udah dengerin musik jadi fokus dan semangat. Temukan gaya belajarnya ya supaya semangat berlatih.

Persiapan Saat Mendaftar

Verifikasi Pendaftaran Tes CPNS, Gambar Diambil Dari Sini

Saya tidak tahu apakah tahun ini pelaksanaan tes CPNS dilakukan secara serantak lagi atau tidak. Kalo tahun 2012 lalu pelaksanaan tesnya dilakukan secara serentak, sehingga kita hanya bisa memilih salah satu saja untuk mengikuti tes nantinya. Berikut adalah beberapa persiapan saat mendaftar tes versi saya hehe:

  1. Jika memang pelaksanaan tes dilakukan serentak maka kita harus pintar membaca peluang tes CPNS instansi mana yang akan kita ikuti. Kalo saya dulu mengirimkan lamaran ke dua instansi, alasannya adalah jika kartu peserta dari instansi yang satu belum sampai menjelang tes, maka saya bisa mengikuti tes yang lain. Untuk instansi pusat kebanyakan pendaftaran tes dilakukan secara on line, sedangkan di beberapa daerah masih secara manual. Seperti penerimaan CPNS Kab. Bogor kemarin pendaftarannya masih melalui pengiriman berkas ke kantor pos. kartu peserta akan dikirimkan kembali ke alamat kita. Saya khawatir saat itu jika kartu peserta tidak sampai ke alamt rumah, maklum di kampong hehe
  2. Cek kembali persyaratan sebelum dikirimkan. Dulu teman saya pernah ada masalah karena ternyata surat keterangan sehatnya tidak bisa dipakai lantaran membuatnya di pustu (puskesmas pembantu) yang tidak ada nomor suratnya. Jadi, harus hati-hati ya
  3. Berdoa supaya dimudahkan dan dilancarkan, jika mendaftar selesai dan sudah mendapatkan kartu peserta maka pasti sudah tenang. Tinggal mematangkan materi saja nih.

Persiapan Saat Ujian

Teman-teman pasti sudah terbiasa menghadapi ujian ya, ujian waktu sekolah, UTS, UAS, maupun ujian sidang. Jadi, sudah ada pengalaman donk. Nah, untuk menghadapi ujian di hari H adalah:

  1. Minta doa restu kepada orang tua, suami atau istri, juga anak bagi yang sudah memiliki anak. Dijamin manjur deh, menguatkan kita banget.
  2. Datang ke tempat tes jangan mepet waktu supaya kita santai dan tenang tidak deg-degan untuk mencari tempat tes
  3. Perkirakan waktu ujian dengan jumlah soal. Pengalaman nih, dulu saya pernah mengerjakan soal tanpa memperhitungkan waktu, akhirnya setelah injury time masih banyak soal yang belum saya kerjakan. Nah, tahun lalu jumlah soal yang harus dikerjakan kalo gak salah adalah 200 soal selama 2.5 jam. Nah tinggal dihitung berarti satu soal memakan waktu 1.3 menit. Jadi jangan lama-lama dalam satu soal
  4. Kerjakan soal yang mudah dahulu jika memang terdapat soal yang belum ditemukan jawabannya
  5. Berdoa semoga usaha yang kita lakukan memberikan hasil yang terbaik

Setelah berikhtiar sungguh-sungguh, saatnya kita bertawakal atas usaha yang kita lakukan. Jika hasilnya belum sesuai dengan yang kita harapkan maka jangan berkecil hati, berpikir positif saja bahwa belum rejekinya. Saya saja baru lulus tes CPNS setelah tiga kali tes (bangga gitu hehe), dan kalau ternyata kita lulus sesuai dengan yang diharapkan, jangan lupa bersyukur ya.

Sekian share dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Semangaaaaat!

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

6 thoughts on “Menghadapi Tes CPNS

  1. wah infonya bermanfaat bgt buat saya yg lg pengen jd cpns
    wish me luck yah teh! hehehe

    Posted by phenyukerooo | September 4, 2013, 3:08 am
  2. Mksh wat share pnglaman y.
    Tp td ada ksalahan
    yg bner ngjain 1 soal skitar 0.75 menit max y. 150 m/200 soal. Super cpet trnyata. Biasa paling g ngjain 120 soal dlm wkt 150 menit jg msh kurang

    Posted by Rami | February 20, 2014, 1:07 pm
  3. bagus yg mn
    formasi banyak tapi banyak saingan atau
    saingan sedikit tapi formasi sangat kecil/ sedikit

    Posted by taufik | August 12, 2014, 10:36 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: