//
you're reading...
Contest

Wardah, Kosmetik Halal Inspirasi Ku


Assalamuallaikum……

Hallo……nama ku Evrina. Aku seorang ibu yang berprofesi sebagai penyuluh pertanian. Karena profesi ini mengharuskan ku untuk banyak berinteraksi dengan orang lain, maka penampilan menjadi salah satu faktor penting yang sangat menunjang profesi ku. Bagi ku penampilan yang baik akan lebih memberikan kesan di hati orang lain apabila didukung dengan akhlak yang baik pula. Dengan begitu akan memudahkan ku untuk dapat diterima oleh masyarakat sebagai seorang penyuluh yang juga fasilitator sekaligus pembina mereka. Begitulah caraku bekerja sehari-hari, aku harus memberikan kesan yang nyaman di hati mereka baik dari penampilan maupun sikap agar mereka yakin dan percaya kepada ku. Salah satu cara untuk mendukung penampilan ku dalam bekerja adalah melalui penggunaan kosmetik. Nah, melalui blog ini aku mau berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menggunakan kosmetik untuk penampilan sehari-hari hingga dapat menginspirasi orang lain. Begini ceritanya……

Memilih Kosmetik yang Berkualitas

Sebelum memakai kosmetik, terlebih dahulu kita harus memilih jenis kosmetik yang aman dan nyaman sesuai dengan diri kita. Nah, sudah menjadi kewajiban konsumen untuk selalu membaca atau mengikuti petunjuk informasi serta prosedur pemakaian barang dalam memilih produk. Hal tersebut tentunya demi keamanan dan keselamatan kita sendiri, semua itu tercantum dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen (UUPK) No.8 Tahun 1999. Ketika memilih kosmetik tentu kita tidak boleh sembarangan karena apabila salah memilih akibatnya akan fatal, dapat merusak wajah hingga menyebabkan penyakit akibat kandungan bahan kimia tertentu yang berbahaya bagi tubuh. Bagaimanakah caranya memilih kosmetik yang berkualitas, aman dan juga nyaman? Berikut ini adalah cara-caranya [1]:

1. Sebelum membeli kosmetik hendaknya melihat dua penanda pada sisi luar. Penanda tersebut adalah CD untuk produk dalam negeri dan CL untuk produk luar negeri. Kemudian ada juga kode NA yang merupakan kode pengaman terkini yang dikeluarkan oleh BPOM.

2. Perhatikan label, suatu produk kosmetik harus memiliki label resmi.

3. Bacalah komposisi bahannya, pastikan bahwa kosmetik tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

4. Pastikan tanggal kadaluarsanya. Beberapa kosmetik kadaluarsa juga pernah ditemukan oleh BPOM yang beredar di pasaran yang tentunya merugikan konsumen

5. Memiliki sertifikat halal. Halal merupakan istilah bahasa arab yang berarti boleh atau diizinkan. Sertifikat halal sangat penting dimiliki oleh kosmetik karena seperti makanan dan minuman produk kosmetik juga terserap ke dalam tubuh. Beberapa produk perawatan kulit bekerja dengan masuk kedalam aliran darah sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih cantik, beberapa lagi hanya bersifat menempel pada tubuh [2]. Dalam agama Islam kepastian mengkonsumsi halal merupakan kewajiban. Mengharuskan segala sesuatunya halal tentu mendatangkan kebaikan bagi kita, karena segala sesuatu yang telah diperintahkan oleh Allah pada dasarnya adalah demi kebaikan umat manusia itu sendiri, seperti firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 168 dimana Allah memerintahkan untuk memakan makanan yang halal:

“Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu”        

Namun, saat ini produk yang memiliki sertifikat halal tidak hanya terkait dengan aspek agama saja, tetapi lebih kepada jaminan mutu produk. Kini konsepsi halal telah mengacu pada jaminan mutu tertinggi yang dimiliki oleh suatu produk.

“Halal adalah konsepsi mutu tertinggi dibandingkan dengan konsepsi mutu lainnya. Kalau kita beli produk yang halal, maka sudah dipastikan mutunya paling tinggi”

-Dr. Dwi Purnomo STP., MT- [3]

Kosmetik halal merupakan kosmetik yang dalam proses pembuatannya memenuhi persyaratan halal. Artinya, bahan yang digunakan haruslah berbahan halal dan suci, serta diproduksi pada fasilitas produksi yang bebas dari kontaminasi bahan haram dan najis [4].

Lembaga yang concern dalam menjamin kehalalan suatu produk guna menjaga ketenangan umat adalah Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). LPPOM MUI memiliki visi menjadi lembaga sertifikasi halal terpercaya di Indonesia dan dunia untuk memberikan ketenteraman bagi umat Islam serta menjadi pusat halal dunia yang memberikan informasi, solusi dan standar halal yang diakui secara nasional dan internasional. Produk bersertifikat halal tentunya telah memenuhi beberapa kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI, yaitu [5]:

1. Memiliki Kebijakan Halal

Manajemen Puncak harus menetapkan Kebijakan Halal dan mensosialisasikan kebijakan halal kepada seluruh pemangku kepentingan (stake holder) perusahaan.

2. Menetapkan Tim Manajemen Halal

Manajemen Puncak harus menetapkan Tim Manajemen Halal yang mencakup semua bagian yang terlibat dalam aktivitas kritis dan memiliki tugas, tanggungjawab dan wewenang yang jelas.

3. Melakukan Pelatihan dan Edukasi

Perusahaan harus mempunyai prosedur tertulis pelaksanaan pelatihan. Pelatihan harus dilaksanakan minimal setahun sekali atau lebih sering jika diperlukan dan harus mencakup kriteria kelulusan untuk menjamin kompetensi personel.

4.  Bahan untuk Membuat Produk

Bahan tidak boleh berasal dari : Babi dan turunannya, Khamr (minuman beralkohol), Turunan khamr yang diperoleh hanya dengan pemisahan secara fisik, Darah, Bangkai, dan Bagian dari tubuh manusia.

Label Halal Pada Kosmetik Halal Wardah

Label Halal Pada Kosmetik Halal Wardah

5.  Nama Produk

Merek/nama produk tidak boleh menggunakan nama yang mengarah pada sesuatu yang diharamkan. Produk retail dengan sama yang beredar di Indonesia harus didaftarkan seluruhnya untuk sertifikasi.

6.  Fasilitas Produksi

Lini produksi dan peralatan pembantu tidak boleh digunakan secara bergantian untuk menghasilkan produk halal dan produk yang mengandung babi atau turunannya.

7.  Prosedur Tertulis Aktivitas Kritis

Perusahaan harus mempunyai prosedur tertulis mengenai pelaksanaan aktivitas kritis (seleksi bahan baru, pembelian bahan, pemeriksaan bahan datang, produksi, dan lain-lain), disesuaikan dengan proses bisnis perusahaan yang menjamin semua bahan, produk, dan fasilitas produksi yang digunakan memenuhi kriteria.

8. Kemampuan Telusur (Traceability)

Perusahaan harus mempunyai prosedur tertulis untuk menjamin kemampuan telusur produk yang disertifikasi berasal dari bahan yang disetujui dan dibuat di fasilitas produksi yang memenuhi kriteria fasilitas produksi.

9.  Penanganan Produk yang Tidak Memenuhi Kriteria

Perusahaan harus mempunyai prosedur tertulis untuk menangani produk yang terlanjur dibuat dari bahan dan pada fasilitas yang tidak memenuhi kriteria.

10.  Audit Internal

Perusahaan harus mempunyai prosedur tertulis audit internal pelaksanaan SJH yang dilakukan secara terjadwal setidaknya enam bulan sekali. Hasil audit internal disampaikan ke pihak yang bertanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang diaudit dan pihak ke LPPOM MUI dalam bentuk laporan berkala setiap 6 (enam) bulan sekali.

11.  Kaji Ulang Manajemen

Manajemen Puncak harus melakukan kajian terhadap efektifitas pelaksanaan SJH satu kali dalam satu tahun atau lebih sering jika diperlukan. Hasil evaluasi harus disampaikan kepada pihak yang bertanggung jawab untuk setiap aktivitas.

Indonesia Halal Expo 2013

Sedemikian lengkap dan detailnya persyaratan SJH yang harus diterapkan oleh produsen produk halal membuat konsumen yakin bahwa produk bersertifikat halal sudah pasti berkualitas dan aman untuk dikonsumsi. Sesuai dengan salah satu misinya yaitu melakukan edukasi halal dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa mengkonsumsi produk halal, LPPOM MUI selalu melakukan sosialisasi untuk menggunakan produk bersertifikat halal dengan slogannya yang berbunyi Halal is My Life. Salah satunya adalah melalui event Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2013 yang merupakan program tahunan LPPOM MUI sebagai upaya sosialisasi penggunaan produk halal melalui Halal is My Life serta dalam rangka mengukuhkan posisi Indonesia sebagai pusat halal dunia

Halal is My Life harus sudah tertanam pada diri kita mengingat memastikan halal merupakan kebaikan serta jaminan mutu tertinggi. Halal is My life sejalan dengan “Gerakan Masyarakat Sadar Halal” yang dicanangkan oleh Menteri Agama pada tahun 2011 lalu dengan maksud untuk memperkuat positioning Indonesia sebagai pusat halal dunia sekaligus untuk memotivasi pelaku usaha dan stakeholder produk halal untuk selalu melakukan sosialisasi, edukasi produk halal dan turut serta dalam memberkan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat [6].

Kepastian halal ini merupakan salah satu faktor yang wajib dipenuhi ketika aku memilih kosmetik. Karena seperti makanan dan minuman, bahan dari produk kosmetik juga terserap ke dalam tubuh. Wardah adalah kosmetik halal yang menjadi pilihan ku, mengapa aku memilih Wardah? Berikut ini alasannya…..

Beberapa Kosmetik Halal Wardah Pilihan ku

Beberapa Kosmetik Halal Wardah Pilihan ku

Wardah, Kosmetik Halal yang Aman dan Nyaman

Wardah yang berarti bunga mawar mengusung produknya sebagai kosmetik halal. Dengan ini Wardah telah menjamin akan hak-hak konsumen seperti yang tercantum dalam UUPK diantaranya:

  1. Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
  2. Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.

Sertifikat halal yang dimiliki oleh Wardah merupakan salah satu bukti dari jaminan mutu tertinggi yang diberikan Wardah bagi para konsumen setianya. Kosmetik halal Wardah juga merupakan kosmetik berkualitas yang aman bagi tubuh.

Mengenai keamanan kosmetik ini, pernah suatu ketika ada seseorang yang bertanya kepada ku mengenai kandungan paraben pada beberapa produk kosmetik Wardah. Penggunaan paraben dalam kosmetik memang menuai kontroversi karena dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit seperti kangker. Dari beberapa sumber yang ku baca, diantaranya menyebutkan bahwa penggunaan paraben pada produk sebenarnya aman-aman saja selama produsen mematuhi batas kadar di dalam produk. Pernyataan ini kemudian didukung sebuah jurnal berjudul Journal of Applied Toxicology yang dipublikasikan tahun 2004. Jurnal tersebut mengatakan bahwa tidak ada petunjuk signifikan yang berhasil membuktikan bahwa paraben menyebabkan atau mempengaruhi pembentukan sel kanker. Adalah aktivitas hormon estrogen yang justru bertanggung jawab atas pembentukan sel kanker pada payudara. Sekalipun paraben dapat dikenali aktivitasnya mirip seperti estrogen, namun dibuktikan bahwa ia tidak memberikan pengaruh pada pembentukan sel kanker. Hanya aktivitas estrogen alami saja yang memicu pembentukan sel kanker [7].

Penggunaan paraben pada produk kosmetik diperbolehkan dalam kadar tertentu yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada kosmetik sekaligus melindungi kulit kita dari kontaminasi pada saat menggunakan alat-alat kosmetik. Diperkirakan lebih dari 90 persen dari semua produk kosmetik mengandung satu atau lebih paraben. Hal itu terjadi karena faktanya paraben merupakan zat pengawet yang paling banyak digunakan di dunia karena rendahnya resiko iritasi yang mungkin timbul pada penggunaannya [8].

Penelitian dan pengkajian mengenai paraben ini sudah dilakukan oleh BPOM, dan penggunaan kosmetik Wardah tentunya aman bagi tubuh karena produk kosmetik yang menggunakan paraben dipastikan sudah mematuhi persyaratan hukum ketika memasukkan paraben di dalam kandungan kosmetik, serta telah lolos uji keamanan yang dilakukan oleh BPOM. Penggunaan paraben yang diperkenankan oleh BPOM (Peraturan Kepala BPOM No: HK.00.05.42.1018) yaitu bahan pengawet jenis ester (phydroxybenzoic acid) yang hanya boleh digunakan dengan kadar 0,4 % untuk ester tunggal dan 0,8% untuk ester campuran. Lebih dari itu tidak diperkenankan [9]. Beberapa penjelasan tersebut di atas mengindikasikan bahwa produk kosmetik Wardah merupakan produk kosmetik halal yang aman untuk digunakan. Hal itu juga dapat dibuktikan karena semua kosmetik Wardah sudah terdaftar dalam BPOM.

Lalu bagaimana dengan kenyamanan?

Gambar Diambil Dari Sini

Kosmetik Wardah memberikan jaminan kenyamanan bagi konsumen melalui jaminan kehalalan produk kosmetiknya yang membantu konsumen terhindar dari penggunaan bahan yang diragukan kehalalannya. Tentunya kita tidak ingin melanggar apa yang telah disyariatkan oleh agama dalam mengkonsumsi suatu produk sehingga membuat kita tidak nyaman dalam menggunakannya. Menurut LPPOM MUI seiring dengan perkembangan teknologi, banyak dari bahan-bahan haram yang dimanfaatkan sebagai bahan baku, bahan tambahan atau bahan penolong pada berbagai produk olahan, karena dianggap lebih ekonomis. Akibatnya kehalalan dan keharaman sebuah produk seringkali tidak jelas karena bercampur aduk dengan bahan yang diragukan kehalalannya. Hal ini menyebabkan berbagai macam produk olahan menjadi syubhat dalam arti meragukan dan tidak jelas status kehalalannya [10].

Keseriusan Wardah memberikan jaminan terhadap mutu kosmetik telah dilaksanakan sejak 14 tahun lalu sebagai pioneer perusahaan kosmetik penerima sertifikat halal, sebuah komitmen yang sejak dulu telah diterapkan oleh PT Paragon Technology and Innovation (PTI) untuk memberikan kosmetik halal berkualitas bagi konsumen. Tak heran apabila PTI selaku produsen Wardah merupakan salah satu perusahaan yang mendapatkan anugerah halal 2012 kategori bidang promosi halal dari LPPOM MUI. Kategori ini dinilai berdasarkan program sosialisasi dan promosinya menempatkan aspek halal sebagai selling point. Strategi komunikasi dan promosi produk Wardah secara lugas juga mudah ditangkap oleh publik: Wardah adalah kosmetik halal [6]. Sepanjang tahun 2013 ini Wardah mengusung tema besar yaitu “Earth, Love, and Life” yang berlatar belakang lebih mengedepankan kepada bumi, cinta, dan kehidupan dengan harapan bahwa kampanye Earth, Love, and Life dapat menyelaraskan konsep cinta yang dapat diwujudkan pada dunia fashion. Kampanye ini akan terus disinergikan pada setiap program komunikasi seperti public relations dan iklan.

Selain jaminan aman karena produknya telah lolos dari uji keamanan yang dilakukan oleh BPOM, produk Wardah juga memberikan kenyamanan melalui jaminan mutu halal yang diberikan oleh Wardah kepada konsumen setianya. Harganya pun terjangkau sehingga kosmetik halal ini memiliki banyak peminat, salah satunya adalah aku sendiri. Maka aku tidak ragu menggunakan Wardah karena Wardah juga mendukung Halal is My Life.

Menggunakan Wardah Sehari-hari

“Wajah adalah cermin yang merekam masa lalu, menggambarkan masa sekarang, dan memperkirakan masa depan” -Tao-

Profesi ku saat ini erat sekali hubungannya dengan masyarakat, sehingga penampilan wajah sangat penting guna memberikan kesan yang dapat diterima di masyarakat baik masa sekarang maupun untuk masa yang akan datang karena wajah mampu memberikan gambaran kepada kita mengenai karakter orang yang kita hadapi. Kebanyakan orang mengatakan bahwa first impression itu menentukan, itulah yang aku terapkan ketika aku berkunjung kepada petani yang merupakan mitra dalam bekerja, karena apabila kesan pertama sudah dapat diterima, insyaAllah kedepannya kita akan mudah bekerjasama dengan mereka.

Kosmetik Wardah yang Aku Gunakan Sehari-hari

Kosmetik Wardah yang Aku Gunakan Sehari-hari

Nah, guna menunjang penampilan ku sehari-hari terutama ketika bekerja, aku menggunakan beberapa kosmetik halal Wardah. Gaya kosmetik yang ku terapkan adalah natural, karena apabila makeupnya terlalu tebal tentu kurang pantas jika bekerja di lapangan (sawah). Aku menegaskan makeup pada bagian mata karena banyak yang mengatakan bahwa mata adalah jendela hati. Berikut adalah beberapa langkah ketika aku menggunakan makeup dengan kosmetik halal Wardah:

  1. Oleskan secara merata Wardah Lightening Day Cream pada wajah sebelum menggunakan bedak, Wardah Lightening Day Cream yang saya gunakan adalah Step 1 dimana produk ini membantu mencerahkan dan melembabkan kulit wajah. Wardah Lightening Day Cream Step 1 mengandung vitamin B3 dan aktif AHA yang membantu mencerahkan dan merawat keremajaan kulit serta membantu memperlambat proses pigmentasi dan memberikan kelembaban kulit. Selain itu produk ini mengandung UV Protection untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.
  2. Gunakan Wardah Exclusive Two Way Cake yang merupakan paduan bedak dan foundation dengan pelembab. Produk ini membantu menutup jerawat/flek/rona wajah yang tidak merata. Wardah Exclusive Two Way Cake yang ku gunakan adalah natural dengan kode 04.
  3. Untuk mempercantik mata, aku menggunakan Wardah Eye Shadow. Perona mata 3 in 1 ini siap mempercantik kelopak dengan formula microcoated particle untuk hasil tahan lama. Aku memilih warna yang lembut untuk memberikan kesan natural
  4. Kemudian gunakan Wardah Eye Liner Pencil untuk mempertegas garis mata.
  5. Selanjutnya gunakan Wardah Blush On, oleskan tipis pada pipi untuk memberikan kesan segar.
  6. Terakhir gunakan Wardah Exclusive Lipstick, Lipstick wardah mengandung pelembab ekstra Olive oil, Jojoba oil, Vitamin E yang membuat bibir tetap lembab sepanjang hari. Karena sudah menegaskan pada bagian mata, maka aku menggunakan warna natural dengan kode 48.

Setelah semua selesai, akupun siap untuk bekerja…….

Selain beberapa kosmetik halal Wardah di atas, aku juga menggunakan beberapa produk Wardah lainnya untuk merawat kulit, diantaranya:

1. Wardah Lightening Facial Scrub. Kosmetik halal ini selalu ku bawa ketika bepergian terutama disaat kerja. Produk ini berguna untuk membersihkan wajah ku yang mudah kotor karena berada di lapangan dan terkena debu akibat berkendara dengan motor. Wardah Lightening Facial Scrub ini mengandung Licorice dengan butiran scrub yang lembut mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori serta mengangkat sel-sel mati.

Wardah Lightening Facial Scrub

Wardah Lightening Facial Scrub

2. Wardah Lightening Night Cream Step 1. Kosmetik halal ini ku gunakan pada malam hari untuk membantu mencerahkan serta melembabkan kulit wajah. Kadungan AHA dan Ekstrak Licoricenya bekerja secara sinergis untuk membantu memperlambat proses pembentukan pigmen melanin. Selain itu kandungan Vitamin E yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan sehingga membuat kulit wajah tampak cerah serta tampak sehat.

Wardah Lightening Night Cream

Wardah Lightening Night Cream

Kebanyakan produk Wardah yang aku gunakan adalah Wardah Lightening Series yang dapat membantu mencerahkan kulit. Wardah Lightening Series dengan terobosan dan inovasi terbaru menawarkan proses pencerahan kulit dalam waktu 28 hari. Proses pencerahan ini sesuai dengan proses alami regenerasi kulit sehingga produk Wardah Lightening Series dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Wardah Lightening Series dengan inovasi 10 Skin Lightening System ini bekerja secara efektif di kulit melalui 3 tahapan, yaitu: Cleansing (membersihkan), Protecting (melindungi), dan Lightening (mencerahkan) [11]:

  1. Cleansing (membersihkan) melalui rangkaian produk antara lain Lightening Milk Cleanser, Lightening Face Toner, Lightening Gentle Wash, dan Lightening Face Scrub
  2. Protecting (melindungi) melalui rangkaian produk Lightening Body Lotion, Lightening Day Cream, dan Lightening Two Way Cake
  3. Lightening (mencerahkan) melalui rangkaian produk Lightening Face Mask, Lightening Night Cream, dan Lightening Facial Serum

Agar hasilnya maksimal maka selain menggunakan produk perawatan kulit Wardah, kita juga harus menjaga kesehatan kulit dengan rajin berolah raga, minum air putih, makan makanan yang bergizi serta rajin membersihkan wajah setelah menggunakan makeup. Hasilnya tentu kita akan terlihat cantik. Dengan menggunakan Wardah, kita tidak hanya memiliki kecantikan lahiriah lho, tetapi juga kecantikan ruhiyah yang tergabung dalam kecantikan holistik.
Apa itu? berikut ulasannya……

Cantik Itu Holistik

“Tuhan tidak menciptakan setiap perempuan yang lahir di muka bumi ini dengan cara main-main atau sekedar iseng, maka setiap perempuan yang lahir pasti dianugerahi kecantikan. Tugas perempuan selanjutnya adalah mensyukuri anugerah kecantikan itu dengan telaten: merawat, menjaga dan memelihara kondisi tubuh, rambut, wajah, kaki, dan tangan agar tetap memesona dan menawan” -N. Mursidi- [12]

Aku setuju sekali dengan pendapat di atas mengenai kewajiban kita dalam merawat dan menjaga penampilan sebagai wujud rasa syukur atas anugerah kecantikan yang telah dianugerahi oleh Allah SWT. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa kecantikan bukan hanya sekedar dari paras yang cantik atau tubuh yang elok saja, kecantikan yang sejati adalah ketika seorang wanita memiliki akhlak yang baik sehingga mampu memancarkan energi positif dalam dirinya yang mampu menginspirasi dan membawa kebaikan bagi orang lain. Sepertihalnya wanita teladan sepanjang masa yaitu: Maryam binti Imran, Khadijah binti khuwailid, Fatimah binti Muhammad dan Asiyah binti muzahim terkenal dengan sebutan wanita mutakamil atau wanita yang sempurna baik dari sisi lahiriah maupun ruhiyah. Dari sisi lahiriah, mereka dikenal dengan sebutan jamilatul jamil (cantik dari yang tercantik), sedangkan dari sisi ruhiyah, mereka terkenal dengan sebutan albatul atau atthohiroh yang berarti suci [13]. Kecantikan lahiriah yang diiringi dengan akhlak yang mulia mampu membuat mereka menjadi wanita teladan sepanjang masa yang patut dicontoh oleh kita semua.

Maka kecantikan itu adalah holistik yang berarti menyeluruh yaitu cantik dari luar (lahiriah) maupun dari dalam (ruhiyah), keduanya harus bersinergi, itulah kecantikan. Apabila kita memiliki paras yang cantik tetapi tidak didukung oleh akhlak yang baik maka kecantikan yang sejati tidak akan terpancar dari dalam diri dan mungkin membuat orang lain tidak akan nyaman dengan kehadiran kita. Lain halnya dengan kecantikan holistik, paras yang cantik apabila diiringi oleh akhlak yang cantik pula insyaAllah akan memancarkan kecantikan yang sebenarnya sehingga membuat orang lain akan senang dengan kehadiran kita bahkan dapat menginspirasi serta membawa kebaikan bagi mereka.

Dalam kitab suci Al-Quran disebutkan bahwa semua manusia telah diciptakan dengan sebaik-baik rupa, seperti dalam firman Allah berikut ini:

“Dan manusia telah diciptakan dengan sebaik-baik rupa.” (Qs. At-Tiin: 4)

Maka tidak ada seseorangpun di dunia ini yang sebenarnya buruk rupa, hanya bagaimana kita mampu mensyukuri pemberian dari Allah dengan tetap menjaga dan memelihara anugerah kecantikan yang dimiliki disertai dengan akhlak yang baik. Karena sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk dan rupa dari manusia, tetapi lebih kepada hati dan amal perbuatan seperti tercantum dalam hadist berikut ini:

”Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian.” (HR.Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah)

Kecantikan yang menyeluruh sesuai dengan kampanye Wardah yaitu “Earth, Love, Life”  dimana Wardah mengajak kita untuk mengekspresikan karakter cantik yang kita miliki. Kosmetik membantu kita mengekspresikan kecantikan tetapi kosmetik tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk jiwa yang membuat kita merasa mencintai diri sendiri, sebanyak dan sedalam kita mencintai orang-orang di sekitar [11]. Itulah kecantikan menyeluruh, kecantikan holistik.

Aku terus berusaha memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi agar memiliki kecantikan yang menyeluruh. Meskipun belum sempurna, ternyata langkah ku ini mampu menginspirasi orang lain. Dia adalah orang terdekat ku yang tak lain adalah adik ku sendiri.

Wardah Menginspirasi

Aku dan Adik Bersama Wardah

Aku dan Adik Bersama Wardah

Adik ku bernama Maya, usianya lebih muda tiga tahun dari ku, meskipun begitu gaya dan penampilan kami tidak jauh berbeda. Hanya sedikit yang membedakan kami yaitu dalam hal pemilihan warna, Maya lebih menyukai warna pink (merah muda) sedangkan aku lebih menyukai warna keunguan.

Sejak kecil aku sudah dididik oleh orang tua agar menjadi contoh yang baik bagi adik ku. Sebenarnya hal tersebut adalah tugas yang berat bagi ku karena aku belum tentu bisa menjadi contoh yang baik baginya. Aku selalu berpesan kepada adik agar meniru yang baik saja dan membuang hal buruk yang tidak patut dicontoh demi kebaikannya. Aku bersyukur ketika pada akhirnya aku dapat memberikan contoh yang baik bagi Maya, memberikan inspirasi kepadanya untuk mengenakan hijab, suatu hal yang memang diwajibkan dalam ajaran agama kami. Senang sekali rasanya saat itu karena berhasil mengajak adik sendiri untuk kebaikan.

Perbedaan umur yang tidak terlalu jauh antara aku dan adik membuat kami selalu kompak dalam segala hal, termasuk dalam hal berdandan. Gaya berdandan ku yang serba natural ternyata disukai olehnya. Biasanya kami saling bertukar pendapat mengenai cara berdandan yang baik serta kosmetik apa yang cocok untuk digunakan. Adik sering meminta saran ku mengenai kosmetik yang aman untuknya, maklum kulit adik memang berbeda dengan kulit ku yang memiliki kulit kering sementara kulit adik lebih sensitif serta agak berminyak, sehingga aku tidak boleh sembarangan ketika merekomendasikan suatu kosmetik. Syukurlah seleranya tidak jauh berbeda dengan ku, dia juga menyukai kosmetik halal Wardah yang ku gunakan untuk merawat tubuhnya.

Memberikan Saran Warna yang Cocok Untuk Maya

Memberikan Saran Warna yang Cocok Untuk Maya

Ada satu lagi kesamaan yang kami miliki yaitu hobi jalan-jalan. Ketika pergi keluar rumah kami lebih menyukai busana casual yang santai tetapi enak dilihat. Begitupun dengan gaya berdandan kami yaitu bergaya natural. Aku sering membantunya berdandan sebelum kami pergi jalan-jalan. Walaupun hasilnya tidak sebagus penata rias, nyatanya Maya menyukai hasil riasan ku. Kini adik sudah lebih pandai dalam berdandan, dia juga sudah menemukan gaya berdandannya sendiri dengan kosmetik halal Wardah pilihannya.

Membantu Maya Merias Wajahnya

Membantu Maya Merias Wajahnya

Aku selalu menekankan kepada diri sendiri serta adik bahwa penampilan fisik bukanlah segala-galanya, walaupun kita sudah cantik dengan bermakeup tetapi tidak diiringi dengan akhlak yang baik, niscaya kecantikan kita akan terhalang oleh sikap buruk yang kita miliki. Maka, kecantikan lahiriah yang didukung dengan kecantikan ruhiyah akan lebih membuat kita cantik seutuhnya. Wardah adalah kosmetik yang menginspirasi untuk membuat kita tampil cantik secara holistik. Kosmetik Wardah tidak hanya membuat paras menjadi cantik tetapi juga membuat batin menjadi cantik dan nyaman dalam segala aktivitas terutama saat beribadah karena kandungan kosmetik halalnya.  

Wardah telah menjadi pilihan ku serta wanita lainnya diseluruh dunia karena Wardah memberikan keamanan serta kenyamanan ketika menggunakannya. Wardah juga mampu memberikan inspirasi bagi orang lain melalui pesannya sebagai kosmetik halal. Pesan halal yang dibawa oleh Wardah turut serta mengedukasi masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih produk serta menanamkan dalam diri bahwa Halal is My Life.

Demikian cerita mengenai gaya berdandan ku sehari-hari, semoga tulisan dalam blog ini bermanfaat. Aamiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Wardah, Kosmetik Halal yang Menginspirasi

Wardah, Kosmetik Halal yang Menginspirasi

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog Halal Beauty dengan tema “Aku dan Kosmetik Halal” periode 17 September – 16 Oktober 2013.

Referensi:

[1] Ispranoto, T. 2013. Tips Pilih Kosmetik Aman ala BBPOM. Edisi Senin, 22 April 2013 http://bandung.okezone.com/read/2013/04/22/526/795743/redirect

[2] Admin. 2013. Sertifikasi Kosmetik Halal oleh MUI. Edisi 28 Februari 2013. http://www.kosmetikberbahaya.com/kosmetik-halal.html

[3] Purnomo, D. 2013. Halal Adalah Konsepsi Mutu Tertinggi. http://www.unpad.ac.id/profil/dr-dwi-purnomo-stp-mt-halal-adalah-konsepsi-mutu-tertinggi/

[4] MI dan Ramdani. 2013. Ini Definisi Kosmetik Halal. Edisi Jum’at, 12 Juli 2013. http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/07/12/923/167644/Ini-Definisi-Kosmetik-Halal

[5] LPOMMUI. 2013. Persyaratan Sertifikasi Halal. http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/go_to_section/39/1328/page

[6] LPPOMMUI. 2012. Anugerah Halal 2012 Meningkatkan Sosialisasi Halal. Jurnal Halal No 97 Edisi September-Oktober Th. V 2012.

[7] Vemale. 2013. Benarkah Paraben Dapat Menyebabkan kangker?. Edisi Senin, 30 September 2013. http://m.vemale.com/body-and-mind/cantik/36757-benarkah-paraben-dapat-menyebabkan-kanker.html

[8] YLKI. 2011. Paraben dalam Produk Perawatan Kulit. Edisi Kamis, 16 Juni 2011. http://www.ylki.or.id/paraben-dalam-produk-perawatan-kulit.html

[9] Admin. 2013. Bahan Pengawet Paraben untuk Kosmetik. Edisi 4 Juni 2013. http://www.kosmetikberbahaya.com/bahan-pengawet-paraben.html

[10] LPPOMMUI. 2013. Kewajiban Mengkonsumsi Makanan Halal. http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/go_to_section/14/39/page

[11] FortunePR. 2013. Wardah Beauty Kembali Luncurkan Inovasi. Edisi Kamis 23 Mei 2013. http://www.fortunepr.com/newsroom/1382-wardah-beauty-kembali-luncurkan-inovasi-terbaru.html

[12] N. Mursidi, 2009. Tampil Cantik dengan Perawatan Minimalis. Majalah Anggun Edisi 09/II/Oktober 2009.

[13] Feriyanto. 2012. Teladan Wanita Sepanjang Masa. http://www.dakwatuna.com/2012/04/15/19504/teladan-wanita-sepanjang-masa/#axzz2hkzfAlUg

Sumber Utama:

1. http://www.wardahbeauty.com/

2. http://halalmui.org/newMUI/

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

12 thoughts on “Wardah, Kosmetik Halal Inspirasi Ku

  1. Hiks.. Saingan berat iki…Pdhl thb kmr udh juara lho…Hrs nya ga blh ikut lagi dong hehehe….. Tutup warung deh aku kl gni😦 Lengkap n keren bgt tulisanya mbak. Goodluck yah

    Posted by Muna Sungkar | October 5, 2013, 12:53 pm
  2. hai, bisa minta emailnya untuk kerjasama?

    Posted by deby | October 8, 2013, 3:35 am
  3. Kosmetiknya wanita muslim Indonesi🙂

    Posted by danu | October 9, 2013, 6:39 am
  4. wardah make up yg bagus tuh aku juga make

    Posted by mega | October 16, 2013, 5:42 am
  5. Sangat lengkap ulasan tentang Wardah, Kosmetik Halal Inspirasi Ku ini, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca. salam kenal dan sekiranya berkenan, berkunjung ke toko Cream Pemutih Wajah kami ya. Semoga kedepannya kita bisa bekerjasama. Thanks

    Posted by Putri Zaza | February 13, 2014, 7:38 pm
  6. Mbak, kok di dalam kandungan kosmetik wardah lirghtening face toner sama milk clenseer ada tulisan alcohol nya?

    Posted by Ganisa Ardhiani Sari | April 26, 2015, 10:21 am
  7. keren sangat bermanfaat. thanks

    Posted by klinik kecantikan | July 9, 2015, 2:19 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: