//
you're reading...
My Job, Tips

Saya Punya Blog

“Saya punya blog bu”

Teriak ku spontan sambil mengacungkan tangan ketika Ibu Hana selaku narasumber seminar bertanya mengenai siapa diantara peserta seminar yang sebagian besar penyuluh telah memiliki blog. Teman ku yang berada di samping sampai kaget dan rasa kantuknya seketika hilang. Selintas perbuatan ku tadi seperti anak SD yang dengan bangga ingin menjawab pertanyaan yang dilontarkan sang guru. Alhasil karena aku dengan lantang menjawab pertanyan ibu Hana, aku pun mendapat hadiah kartu bergambar tanaman rempah Indonesia. Namun bukan itu yang membuat ku senang, tapi kebanggan menyebutkan bahwa aku seorang blogger, walaupun sebenarnya masih blogger amatiran hehe.

Hadiah dari Bu Hana

Hadiah dari Bu Hana

Pada hari itu tepatnya hari Kamis Tanggal 31 Oktober 2013 kami penyuluh yang berada di Bogor diundang untuk mengikuti seminar “Bimbingan Pengguna Literasi Informasi Bagi Penyuluh Pertanian” di Pustaka Balitbang Kementerian Pertanian (Kementan) di Bogor dalam rangka Hari Kunjungan Perpustakaan Tanggal 31 Oktober Hingga 2 November 2013. Pada hari itu digelar kunjungan perpustakaan yang ada di Pustaka dan juga bazar buku. Terakhir mengunjungi Pustaka ketika dulu aku kuliah, sudah lama banget ya hehe. Pustaka kini sudah sangat berbeda, lebih rapih, indah dan nyaman sekali ketika hendak mencari literatur disana. Saya melihat banyak buku-buku lama berbahasa Belanda yang tersimpan rapih dan aman.

Welcome to pustaka

Welcome to pustaka

Koleksi buku-buku lama di Pustaka

Koleksi buku-buku lama di Pustaka

Kembali ke laptop! Dalam seminar disebutkan bahwa penelitian yang dihasilkan oleh peneliti belum disebut inovasi apabila belum sampai ke lapangan. Ditingkat peneliti hal tersebut baru disebut infensi, dapat dikatakan inovasi apabila sudah sampai ke tingkat lapangan dalam hal ini petani. Disinilah letak peran penyuluh sebagai fasilitator atau jembatan antara peneliti dengan petani, penyuluh harus bisa menerjemahkan bahasa peneliti ke dalam bahasa yang mampu dipahami oleh petani.

Tetapi peran penyuluh tidak hanya sebatas fasilitator saja, penyuluh juga harus melakukan diseminasi atau penyebaran informasi teknologi. Seorang penyuluh juga dituntut untuk menulis dalam rangka penyebaran informasi, salah satunya adalah melalui penggunaan blog. Blog sendiri bagi ku sangat bermanfaat, selain dapat menambah penghasilan, menambah teman, menambah wawasan juga dapat melatih kemampuan menulis. Walaupun penyuluh, kita juga harus bisa memperoleh teknologi yang spesifik lokasi berdasarkan pengalaman membina bersama petani. Jadi, kemampuan menulis ini harus terus ditingkatkan termaksud motivasi untuk gemar membaca.

Ibu Hana menyampaikan Materi

Ibu Hana menyampaikan Materi

Terus terang saja, blog yang aku miliki memang belum sepenuhnya menulis tentang pertanian, maklum saja aku masih kesulitan untuk menulis hal-hal ilmiah. Akupun bertanya kepada narasumber bagaimana caranya untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah, Ibu Hana pun memberikan tips sederhana untuk menulis, yaitu:

  1. Perjelas tujuan penelitian, mau penelitian tentang apa?
  2. Apakah pertanyaan sudah terjawab dalam tulisan?
  3. Buatlah range untuk menentukan daftar pustaka, pilih mana yang paling penting
  4. Tentukan kepada siapa tulisan ini ditentukan

Dalam lingkup Kementan sendiri akan diterbitkan NSPM (norma, standart, pedoman, manual) penulisan ilmiah bagi penulis, penerbit, dan editor yang membimbing tulisan sesuai dengan standart nasional. Akupun tidak sabar menantikan terbitnya NSPM itu, karena penting sekali bagi ku dan para penulis tentunya.

Menulis untuk para penyuluh sendiri dapat menambah credit point untuk pengisian dupak. Jadi ada baiknya apabila kita sering berlatih menulis. Blog adalah salah satu media yang dapat kita gunakan. Saat ini sudah banyak komunitas blogger yang ada di Indonesia, masing-masing telah banyak menorehkan prestasi. Dari mereka kita dapat belajar bagaimana menuangkan ide dan menulis yang baik. Apabila kita sering berlatih pasti bisa menulis dengan baik dan benar.

Jadi tunggu apalagi? katakan: saya juga punya blog!

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

2 thoughts on “Saya Punya Blog

  1. Kendala penyuluh di lapangan itu ketika masyarakat belum mau membuka diri ya mbak, kayak di desa ku, sebenarnya penyuluh aktif tapi petaninya ya GAGAL MOVE ON😦

    Posted by Miss Fenny | November 2, 2013, 1:30 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: