//
you're reading...
My Job, Other

Mengudara Lagi

Hai teman-teman…….hai juga buat blog ku (menyapa blog sendiri).

Sudah lama absen dari dunia per-blogan nih, sudah lama pula ketinggalan berita dan event-event penting seputar blog. Hampir dua bulan lamanya saya tidak corat-coret di blog, benar-benar ketinggalan berita dan ‘gak update. Biasanya sesibuk apapun saya masih bisa menyempatkan diri untuk menulis di blog, tapi dua bulan kemarin sedang saya memang banyak kegiatan dan pelaporan (maklum akhir tahun) sampai malampun masih berkutat dengan kerjaan (kasian banget ya dikerjain kerjaan). Tapi sekarang sudah lebih ringan, paling tidak tugas yang harus saya kerjakan merupakan tanggung jawab pribadi dan tidak terkait organisasi atau orang lain. Saya senang, saya pikir blog saya ora payu (‘gak laku) gara-gara sudah lama ‘gak update, ternyata masih banyak juga yang berkunjung, happy rasanya. Saya mau mencoba flashback apa saja sih yang sudah saya lakukan di tahun 2013 kemarin.

Alfi sekarang sudah besar :D

Alfi sekarang sudah besar😀

Tahun kemarin merupakan tahun dimana saya memulai langkah baru, bertransformasi dari seorang ibu rumah tangga yang akhirnya ikut terjun sebagai penyuluh lapangan. Tahun 2013 juga merupakan tahun pembelajaran bagi saya, karena tidaklah mudah menjalani dua peran sekaligus, yaitu sebagai ibu dan sebagai penyuluh. Pada awalnya saya sempat was-was ketika bekerja, memikirkan bagaimana anak saya yang kala itu masih belum bisa berjalan, masih jalan merembet atau terkadang merangkak. Saat itu saya masih ingat membawa-bawa cooler bag yang disangka tas makanan oleh teman-teman kantor. Beberapa kali saya menolak tawaran untuk mengikuti diklat (pendidikan dan latihan) yang untuk sebagian besar orang hal tersebut sangat dinantikan. Semua itu karena saya belum siap meninggalkan Alfi, anak saya yang saat itu masih bayi. Hingga akhirnya terpaksa meninggalkannya selama tiga minggu untuk mengikuti diklat prajabatan. Dari situ saya mulai berani untuk melakukan perjalanan dinas yang memang penting dan harus dilakukan karena memang Alfi sudah mulai terbiasa ditinggalkan beberapa hari.

Dukungan dari anak, suami dan orang tua tidak serta merta membuat saya mencintai profesi saya saat ini. Jujur saja saya masih sangat bingung ketika harus berhadapan dengan masyarakat yang dalam hal ini adalah masyarakat petani.

Pertama kali pertemuan, cuma mendampingi kelompok saja, masih cupu abis

Pertama kali pertemuan, cuma mendampingi kelompok saja, masih cupu abis

Kadang saya pulang dengan hati senang karena berhasil membantu mereka, kadang juga membuat saya cukup galau karena susah sekali mengajak mereka untuk maju atau paling tidak mampu memberdayakan diri sendiri. Belum lagi pesan yang selalu disampaikan oleh atasan yang membuat saya merasa memiliki beban berat, Beliau berkata begini: “maju atau tidaknya suatu kelompok tergantung bagaimana kamu memberi warna pada kelompok tersebut”, sebuah kalimat yang sangat dalam dan terasa sangat berat untuk dijalankan. Apalagi diantara sesama teman penyuluh kami sering bercanda begini: “kalau menjadi penyuluh itu harus bisa jadi penyuluh polivalen; ya pertanian, peternakan, perikanan bahkan kehutanan harus bisa”. Itulah yang saya rasakan ketika saya belum mampu menjawab pertanyaan beberapa petani yang bertanya seputar perikanan atau peternakan karena background saya yang lulusan pertanian. Yaaa kalau menjawab seputar budidaya ternak kelinci agak-agak mengerti karena ternak kelinci merupakan hobi yang pernah saya geluti, tapi kalau sudah bertanya soal ternak domba, kerbau dan kawan-kawannya bisa-bisa gigit jari deh. Dalam hal pertanian saja, saya masih kurang lihai dibanding petani, saya tidak akan berbohong karena yang saya tahu hanyalah teoritik saja sementara aplikasinya kadang tidak sesuai dengan teori. Dan… jadilah pulang dengan hati galau karena tidak mampu memfasilitasi keinginan kelompok ditambah dengan deru debu serta kehujanan dijalanan yang membuat badan hampir tiap dua minggu sekali merasakan pijatan dari Mbok Kasni mewarnai hari-hari saya sebagai penyuluh. Tetapi ada satu dua hari dalam seminggu yang membuat saya merasa bahagia ketika mendapatkan ucapan terimakasih dari petani atau mendapatkan sekantong plastik ubi jalar sebagai penghargaan kepada saya karena mampu membantu beberapa petani membuat saya merasa tidak sepenuhnya gagal sebagai seorang penyuluh.

Sekarang udah lebih pede nih, aku (kiri) bareng petugas dari dinas (kanan)

Sekarang udah lebih pede nih, aku (kiri) bareng petugas dari dinas (kanan)

Namun dibalik itu semua ada satu hal yang menghibur saya, yaitu ngeblog. Menulis di blog telah menjadi hobi saya beberapa tahun terakhir, baik menulis biasa atau untuk mengikuti perlombaan. Menang atau kalah bukanlah tujuan ketika menulis, tetapi perasaan puas ketika bisa menulis sesuai ketentuan memberikan sensasi tersendiri bagi saya disela-sela rutinitas. Blog telah membuat saya cukup dikenal di lingkungan kantor, pernah saya mendengar seseorang yang berbicara seperti ini: “itu lho si mba yang rajin banget nulis di blog”, secara tidak langsung memberikan arti bahwa blog saya dikunjungi dan diketahui oleh rekan-rekan. Senang sekali rasanya….. dan ternyata menulis di web terutama dalam bidang pertanian dapat memberikan angka kredit yang cukup besar bagi tenaga fungsional seperti saya ini. Makanya atasan cukup mengapresiasi ketika mengetahui anak buahnya memiliki blog aktif meskipun belum banyak artikel seputar pertanian. Kedepannya saya harus memperbanyak artikel-artikel seputar pertanian karena ketika menulis sama saja kita belajar kembali dan paling tidak terekam dalam ingatan mengenai materi yang kita tuliskan.

Dibalik semua rutinitas dan permasalahan yang melanda, saya sangat menikmati akhir pekan bersama keluarga kecil kami, biasanya kami cukup berjalan-jalan di sekitar Bogor atau Depok untuk memberikan kebahagiaan bagi anak kami, atau jika suami sedang tidak pulang, kadang saya dan Alfi, berduaan saja jalan-jalan di sekitar Cibinong. Hal tersebut mampu memberikan spirit tersendiri bagi saya ketika harus kembali bekerja pada hari senin, dan juga buat Alfi tentunya. Saya mendedikasikan hari sabtu dan minggu khusus untuk keluarga karena sudah terlalu banyak waktu yang habis terpakai untuk bekerja.

Punya hobi yang sama, ngubek-ngubek toko buku

Punya hobi yang sama, ngubek-ngubek toko buku

Tahun 2014, satu tahun kedepan harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Seperti layaknya organisasi, saya memiliki beberapa rencana ditahun ini yang merupakan hasil evaluasi satu tahun belakang. Teman-teman pasti punya rencanakan? Tetapi membuat rencana itu ternyata tidak mudah lho, seperti membuat rencana kerja yang sampai sekarang belum selesai dilakukan lantaran harus sesuai dengan identifikasi dan potensi daerah (itu sih karena ditambah malas saja hehe). Rencana saya saat ini yang kepingin banget dan harus dipenuhi adalah membangun rumah dan pergi ke Pare-Kediri-Jatim selain rencana lainnya yang telah tersusun rapih (‘gak usah dibeberkan disini ya hehe). Belajar dan terus belajar dalam bidang pertanian supaya menjadi penyuluh professional serta menjadi orang tua yang lebih baik lagi adalah salah satu prioritas dari rencana yang telah tersusun, hmmm semoga saya bisa melaksanakannya dengan baik. Aamiin.

Terakhir, jangan lupa gapailah impian dan cita-cita karena umur tidak membatasi seseorang untuk menggapai cita-cita, jadi walaupun sudah emak-emak gini tetap harus menggapai cita-cita dan impian. Semoga dapat terwujud. Aamiin. Semangattttt!!!!

Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih banyak dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas -5 CM-

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

4 thoughts on “Mengudara Lagi

  1. welcome back kakaaa.. ^^ lebih semangat di tahun 2014 ini🙂

    Posted by Armita Fibriyanti | January 6, 2014, 3:19 am
  2. di 2014 semoga semakin semangat🙂

    Posted by myra anastasia | January 16, 2014, 10:21 am

Leave a Reply

