//
you're reading...
Contest

Green Factory dan Kualitas Takumi dari Pabrik SHARP Karawang

Ketika kecil aku pernah merasakan makan nasi setengah matang, orang bilang itu nasi aron. Bukan karena sengaja, tetapi aku tidak tahu kalau nasi itu sebenarnya belum matang. Karena kejadian tersebut akupun mengerti kalau kita mau masak nasi harus melalui dua tahap, yaitu diaronkan dulu kemudian dikukus, baru bisa dikonsumsi.

Dulu, ibu ku hampir setiap hari pergi ke pasar untuk membeli sayuran dan lauk-pauk. Kalau tidak sempat ke pasar, ibu cukup ke warung untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Ibu membeli bahan untuk sekali masak saja, seperti ikan, daging ayam atau lainnya, karena kalau ditunda sampai besok dagingnya bisa busuk. Supaya tidak repot, ibu mengakalinya dengan memasak daging tersebut setengah matang, misalnya seperti diungkep atau direbus terlebih dahulu untuk kemudian dimasak lagi keesokan hari. Hanya sayuran saja yang cukup tahan beberapa hari apabila disimpan di luar.

Bapak dan Ibu ku sangat pengertian sekali, mereka mengerti kalau anaknya yang manja ini ingin sekali memiliki TV berwarna. Dulu aku sering sekali numpang ke rumah tetangga lantaran TV yang mereka miliki adalah TV berwarna. Akhirnya kami memiliki TV berwarna ketika aku mulai masuk sekolah. Bapak sangat menjaga TV kami dengan memasukkannya ke dalam lemari TV. Aku ingat sekali waktu jamannya pertandingan bulu tangkis dulu, saking asiknya aku jejingkrakan di depan TV sambil mengibarkan bendera merah putih. Kalau masih numpang ke tetangga pasti aku malu untuk berulah seperti itu.

Product SHARP sangat awet sehingga selalu hadir dari generasi ke generasi

Product SHARP sangat awet sehingga selalu hadir dari generasi ke generasi

Nasi aron, memasak daging setengah matang dan jejingkrakan di depan TV adalah cerita masa kecil ketika teknologi belum menyentuh keluarga kami. Sekarang semua berbeda, pekerjaan menjadi lebih ringan karena dibantu alat elektronik rumah tangga yang dapat digunakan dengan mudah. Ibu selalu menggunakan alat elektronik rumah tangga yang satu itu. Namanya SHARP, kata ibu kalau menggunakan SHARP pasti awet dan itu ternyata benar lho.

Akupun berpikir dan merenung, Sosok seperti apa yang ada dibalik semua kemajuan teknologi ini? Tangan seperti apa yang begitu cekatan merakit setiap komponen hingga tercipta alat yang canggih ini? Serta kecerdasan seperti apa yang mampu mendesign alat untuk meringankan pekerjaan manusia ini?

Rupanya semua itu tak lepas dari tangan terampil seorang Takumi.

SHARP Kualitas Takumi

Lebih dari 100 tahun SHARP telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Melalui proses produksi, kecermatan serta inovasi, SHARP mampu menjawab kebutuhan manusia akan produk elektronik yang berkualitas. Berawal dari tekad dan kemauan pendiri sekaligus Takumi pertama SHARP yaitu Takuji Hayakawa di tahun 1912, kini SHARP mampu menjadi salah satu produsen elektronik terbesar di dunia. Takuji memulai inovasinya pada tahun 1915 dengan menciptakan pensil sharp Ever-ready yang kemudian terus berkembang dari tahun ke tahun sehingga tercipta beberapa produk berkualitas seperti saat ini. Deretan prestasi yang dihasilkan SHARP dimulai dari produksi televisi pertama secara massal di Jepang, kalkulator LSie pertama di dunia, pengembangan teknologi plasmacluster ion air purification pertama di Indonesia, hingga digital HD LCD pertama di industri televisi dan Aquos Quatron 4.

Takumi, sang ahli dari Jepang

Takumi, sang ahli dari Jepang

Takumi yang berarti ahli dalam bahasa Jepang merupakan orang yang terlatih dalam mengerjakan sesuatu sehingga menghasilkan karya yang mendekati sempurna. Masyarakat Jepang memang dikenal sebagai masyarakat yang disiplin dan kreatif. Mereka tidak mudah menyerah dan penuh dedikasi dalam melakukan setiap pekerjaannya. Semangat Takumi yang timbul dari keinginan kuat seseorang untuk menghasilkan karya terbaik ini menjadi panutan dalam pekerjaan sehari-hari. Contohnya dalam pembuatan sebuah pedang, sang takumi begitu cermat dan cekatan mulai dari pemilihan bahan, proses pembuatannya hingga dihasilkan pedang yang terbaik. Masih ingat dengan film The Last Samurai? Pada film tersebut ada seorang takumi yang membuat pedang dengan begitu cermatnya hingga dia mampu mempersembahkan pedang tersebut bagi seorang samurai yang hendak berperang melawan penjajah dikala itu. Pedang yang bertuliskan “aku milik seorang ksatria dimana semangat kuno dan baru, bersatu” ini nantinya akan diserahkan kepada kaisar yang membuat kaisar sadar akan kebijakan yang telah dibuatnya.

Semangat Takumi yang mengedepankan kecermatan pada setiap detail pekerjaan juga dapat kita temukan di Indonesia. Contohnya adalah pada pembuatan batik, wayang, patung dan ukiran. Keempat pekerjaan tersebut membutuhkan kecermatan dan ketekunan pada setiap detail yang dihasilkan hingga membuahkan karya yang terbaik. Walaupun berasal dari budaya yang berbeda, semangat takumi juga ternyata ada pada profesi tersebut.

Berangkat dari kedua budaya di atas, SHARP mempertemukan semangat ketekunan masyarakat Indonesia dan kemahiran Takumi Sharp untuk menghasilkan produk elektronik rumah tangga dengan kualitas Takumi. SHARP mengimplementasikannya dalam bentuk pelatihan yang berkelanjutan bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan memilih dan melatih calon lokal untuk dipersiapkan sebagai Takumi di tempatnya. Para Takumi Sharp Corporation akan melatih calon lokal tersebut di lebih dari 26 negara termasuk Indonesia untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas tinggi melalui pengawasan para Takumi. Para calon Takumi tersebut mendapatkan pelatihan di Jepang untuk menjadi ahli yang dipersiapkan guna melatih para karyawan baik pada bidang produksi, pengembangan mutu, hingga distribusi. Pelatihan ini akan dilakukan secara kontinyu bagi karyawan yang berpotensi sehingga terus melahirkan para Takumi baru.

Para Takumi SHARP

Para Takumi SHARP

Selama lebih dari 60 tahun sejak tahun 1969, SHARP takumi telah mampu menghasilkan produk yang berkualitas di Indonesia. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, maka PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) melakukan pengembangan dengan membuka pabrik baru di Karawang untuk memproduksi Mesin Cuci dan Lemari Es bagi pasar segmen bawah hingga menengah. Di pabrik baru ini, SEID memproduksi Mesin Cuci Dolphinwave 2 tabung dan Lemari Es King Samurai 2 pintu.

Sharp New Factory: Pabrik yang Ramah Lingkungan, Lengkap dan Nyaman

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk elektronik terutama masyarakat kalangan menengah ke bawah, SEID mendirikan pabrik baru seluas 31 hektar di Jalan Harapan Raya Lot LL 1 & 2, kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat. Pabrik yang mulai beroperasi sejak 2 September 2013 ini merupakan perluasan dari pabrik Pulogadung untuk meningkatkan kapasitas produksi mesin cuci dan lemari es yang terus mengalami peningkatan permintaan.

Welcome to SHARP New Factory

Welcome to SHARP New Factory

Pabrik mesin cuci dibangun pada luas areal sebesar 11.627.888 m2 untuk meningkatkan kapasitas produksi mesin cusi sebesar 1.680.000/tahun (140.000/bulan) atau sekitar 2,5 kali dari produksi sebelumnya. Sementara untuk pabrik lemari es dibangun dengan luas areal sebesar 27.616.300 m2 untuk meningkatkan kapasitas produksi lemari es sebesar 2.640.000/tahun (220.000/bulan) atau sekitar 2 kali kapasitas produksi dari pabrik yang sekarang. Pabrik baru di Karawang ini akan difokuskan untuk memproduksi lemari es ukuran kecil sampai menengah dengan ukuran maksimal 300 liter serta mesin cuci dua tabung untuk memenuhi pasar dalam negeri sebesar 80% serta kebutuhan pasar ekspor sebesar 20%.

Pabrik Lemari Es Sharp di Karawang

Pabrik Lemari Es Sharp di Karawang

Pabrik Mesin Cuci Sharp di Karawang

Pabrik Mesin Cuci Sharp di Karawang

Pabrik baru ini dibangung dengan konsep yang nyaman, hemat energi dan ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa konsep yang diterapkan pabrik baru sharp karawang ini:

Pabrik baru SHARP di karawang

Pabrik baru SHARP di karawang

Konsep Green Factory

Pabrik yang dibangun dengan investasi sebesar Rp. 1,2 Trilyun ini dirancang menjadi Super Green Factory yang nantinya akan memperoleh sertifikat ISO 14000 pada bidang Lingkungan serta ISO 9001 pada bidang Quality. Seluruh bagian pabrik didesain sedemikian rupa untuk menghemat penggunaan energi. Misalnya pada beberapa fasilitas pabrik dilengkapi Panel Surya yang mampu menghasilkan energi serta Skylight Roof sebagai sumber penerangan. Selain itu SEID pabrik Karawang juga berperan aktif dalam melestarikan lingkungan dengan menanam pohon langka di kawasan pabrik ini mengikuti jejak pabrik sebelumnya di Pulogadung.

Efisien dengan dilengkapi teknologi canggih

Pabrik baru ini dilengkapi dengan Production Control System baru untuk mengupdate segala proses produksi di setiap lini; kemudian dilengkapi juga dengan Automated Guided Vehicle (AGV) yang dapat menghemat tenaga serta waktu dalam hal pengangkutan barang dari gudang ke bagian produksi. Masih banyak fasilitas lain yang telah dilengkapi oleh Sharp di pabrik barunya ini dalam rangka meningkatkan efisiensi serta kapasitas produksi dan pencapaian standar kualitas.

SDM yang berkualitas

SDM yang berkualitas merupakan modal utama bagi keberhasilan SEID dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan standart Takumi. Oleh karena itu SEID berkomitmen untuk mengembangkan skill karyawannya melalui pelatihan Takumi secara berkelanjutan. Selain itu untuk menghasilkan produk yang terjamin memiliki kualitas, SEID menempatkan Quality Control yang berintegrasi langsung dengan proses produksi sehingga produk dengan jaminan kulitas tinggi dapat tercapai.

Fasilitas yang lengkap dan mendukung

SEID menempatkan karyawan pada tempat yang istimewa karena SEID percaya bahwa bagian terpenting dari kualitas tinggi adalah para karyawannya. Oleh karena itu SEID secara terbuka mengundang seluruh karyawan untuk ikut serta dalam mendesain fasilitas pabrik yang sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga tepat fungsi dan sasaran. Fasilitas tersebut terdiri dari Mesjid, Klinik Kesehatan, Kantin, Koperasi, Showroom dan lapangan sepak bola.

Pabrik Baru SHARP di Karawang

Pabrik Baru SHARP di Karawang

Prinsip Think Fast, Do Smart and Focus on Result

Dengan prinsip Think Fast, Do Smart and Focus on Result SEID menerapkan sasaran kinerja yang baik pada proses produksinya agar semua terencana dengan matang sekaligus sebagai bahan evalusi untuk perencanaan selanjutnya.

Lingkungan kerja rapih dan bersih

SEID mengajarkan kepada karyawannya untuk menjaga kebersihan serta kerapihan lingkungan kerja agar suasana kerja menjadi nyaman. Lingkungan kerja ibarat rumah kedua karena sekitar 7 hingga 8 jam kita beraktivitas di tempat kerja, oleh karena itu menjaga lingkungan kerja dengan bersih dan rapih tentunya akan membuat kita merasa nyaman serta bersemangat untuk bekerja. Pabrik baru ini didesign dengan tata ruang yang pas sehingga memungkinkan segala aktivitas kerja dapat berjalan optimal. Pabrik ini juga menyediakan jalur khusus bagi pengunjung sehingga pengunjung merasa aman ketika masuk ke dalam pabrik.

Belajar Bersama dan Saling Mendukung Antar Karyawan

SEID menerapkan prinsip belajar bersama serta saling mendukung diantara karyawannya. Suasana kerja yang kondusif tersebut dapat membuat ikatan batin antar karyawan semakin kuat. Hal ini tentunya memberikan semangat bagi kinerja karyawan sehingga memberikan dampak yang positif pula pada peningkatan produktivitas kerja.

Service Excellent

SEID sangat terbuka bagi para pengunjung yang hendak melakukan factory visit pada pabrik baru ini. Melalui factory visit kita bisa belajar bagaimana SEID memproduksi barang eletronik rumah tangga yang berkualitas. Service excellent dari petugas dalam memberikan informasi seputar pabrik baik dari awal hingga akhir membuat pengunjung merasa senang berkunjung ke SEID. Terkait dengan service excellent, pada bulan Maret 2013 lalu Customer Care Center PT. Sharp Electronics Indonesia telah mendapatkan penghargaan “Call Center Awards” sebagai Contact Center Service Exellence Award. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam kepraktisan dan kecepatan contact center untuk memberikan pelayanan bagi konsumen dengan dukungan tekhnologi. Pantas saja banyak masyarakat yang menyukai produk SHARP karena perusahaan ini telah memberikan pelayanan prima yang mampu memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Berikut adalah gambaran lengkap dari SHARP Karawang Factory yang diambil dari gallery fotonya:

This slideshow requires JavaScript.

Nah, bagi teman-teman yang hendak melakukan Factory Visit caranya sangat mudah kok. Kita cukup mengisi form yang disediakan oleh SHARP melalui websitenya dengan menyertakan persyaratan yang dibutuhkan. Apabila persyaratan sudah terpenuhi pihak SHARP akan menghubungi kita dan kita bisa segera melakukan kunjungan untuk belajar di pabrik SHARP ini.

Kunjungi Website SHARP New Factory untuk melakukan Factory Visit

Kunjungi Website SHARP New Factory untuk melakukan Factory Visit

Biar ‘gak penasaran, kita lihat dulu yuk bagaimana kerennya pabrik baru SHARP di Karawang ini melalui Virtual Tour yang diambil dari Youtube:


Keberadaan SEID baru ini tentunya memberikan manfaat bagi Indonesia khususnya bagi masyarakat di sekitar. Salah satunya adalah memberikan kesempatan penyerapan tenaga kerja lebih banyak terutama di wilayah karawang. Pabrik ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1.200-1.500 orang hingga tahun 2015 nanti. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi peningkatan pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, SEID juga ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan. Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa Sharp Eco Study, SHARP membuat hutan mini dengan menanam pohon langka di kawasan pabrik barunya. SHARP akan menanam berbagai macam tanaman secara bertahap di sekeliling pabrik. Diantaranya adalah 200 pohon jenis tanaman kayu dan buah langka khas Indonesia serta lebih dari 500 pohon jenis tanaman pelindung dan hias di sekeliling pabriknya yang akan dilakukan secara bertahap.

Peranan SHARP

Peranan SHARP

Tidak berhenti disitu saja, SEID juga mendedikasikan diri bagi peningkatan pengetahuan serta kecintaan anak-anak terhadap lingkungan sedini mungkin dengan mengundang anak-anak sekolah dasar di sekitar pabrik untuk belajar mengenai lingkungan dan keanekaragaman hayati. Kegiatan tersebut bukanlah pertama kalinya dilakukan oleh PT SEID karena pada tahun 2010 lalu PT SEID telah membuat Sharp Mini Garden di pabrik Pulogadung sebagai upaya konservasi sekaligus sarana pendidikan keanekaragaman hayati kepada karyawannya.

Kini SHARP terus mengembangkan sayapnya kepada pasar Asia-pasifik dengan meluncurkan kampanye regional ‘LOVE LIFE’. Sharp ingin mempersembahkan produk dan layanan yang mampu mendekatkan setiap keluarga (LOVE) dan membuat hidup (LIFE) menjadi lebih bersemangat. Kampanye ini meliputi setiap kegiatan dalam pengembangan, penjualan, sampai pelayanan purna jual guna memberikan nilai baru bagi kehidupan masyarakat. Untuk meramaikan kampanye ini, SHARP memilih Doraemon sebagai duta kampanye karena dianggap mewakili budaya kontemporer Jepang yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia.

Keberadaan SHARP tidak hanya memberikan sumbangsih yang besar dalam penyediaan produk elektronik yang berkualitas, SHARP juga mampu mensejahterakan masyarakat, meningkatkan pengetahuan, serta mengajarkan kepada kita untuk melestarikan dan mencintai lingkungan yang merupakan tempat hidup bersama. Semua itu karena SHARP LOVE LIFE.

Tulisan ini diikut sertakan pada Takumi Blog Competition yang diadakan oleh PT SHARP Electronics Indonesia.

Sumber Informasi:

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

13 thoughts on “Green Factory dan Kualitas Takumi dari Pabrik SHARP Karawang

  1. Suka sama konsep tulisan & gambarnya, Mak… Aku terkesan dengan program CSR-nya. Aku dulu kerja di pabrik, suka gak kondusif lingkungannya kalau gak ada pohon. Panas, gersang. Sebaliknya, kalau lingkungannya banyak pohon suka betah, hehe😀

    Posted by Euisry Noor | April 1, 2014, 4:22 am
    • Mak euis makasih banget udah berkunjung. Sy ga ngeshare d grup coz lomba masih lama sampe 4 mei ternyata haha. Sy lagi belajar corel, msh belum lancar. Mak euis ikutan yuk. Pabrik sy yg dl juga gersang krn memang dipakai utk menjemur benih. Rasanya kurang nyaman jadinya

      Posted by evrinasp | April 1, 2014, 4:35 am
  2. Iya, Mak. Aku tertarik ikutan juga. Baru aja mau begadang nyobain nulis, siapa tahu berhasil sebelum deadline mepet. Eh, ternyata ada kabar gembira deadlinenya diperpanjang… Hehe… Semoga tak ada alasan lagi utk gak ikutan😀

    Posted by Euisry Noor | April 3, 2014, 6:19 pm
  3. Yuk, ikuti Giveaway berhadiah CD Originil @onedirection http://gebrokenruit.blogspot.com/2014/04/giveaway-take-me-home.html

    Posted by Fathur Rosiy | April 4, 2014, 1:59 pm
  4. ayoo pake sharp😀

    Posted by mega kartinawati | April 8, 2014, 6:40 am
  5. bagus banget artikelnya bu..
    memang sharp selalu menjadi terdepan pantes dia dpt top brand di th 2013

    Posted by Sarif Ab | April 19, 2014, 12:26 pm
  6. Sharp memang oke ya, saya jg ikutan ngereview nih, salam kenal ya, dtunggu kunjungan baliknya🙂

    http://dyasnw.blogspot.com/2014/05/takumi-factory-rumah-baru-para-ahli.html

    Posted by Dyas NW | May 10, 2014, 1:02 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: