//
you're reading...
Contest

Bi-Pro Magazine Partner Berbisnis dan Promosi

Bisnis bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan karena selain menyalurkan hobi juga dapat mendatangkan keuntungan. Dalam berbisnis diperlukan suatu strategi untuk mengembangkan usaha yaitu melalui kegiatan promosi. Bisnis dan promosi memang tidak bisa kita pisahkan. Bisnis tidak akan berjalan tanpa promosi karena melalui promosi, sebuah produk dapat dikenal oleh konsumen. Kegiatan ini sangat penting bagi keberlangsungan produsen karena mempengaruhi jumlah permintaan barang atau jasa guna memperoleh laba bagi keberlangsungan bisnisnya. Oleh karena itu biaya untuk melakukan promosi tidaklah sedikit karena produsen harus menyampaikan promosi semenarik dan seinovatif mungkin agar konsumen tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Salah satu bentuk promosi adalah melalui penggunaan iklan baik melalui media massa maupun media elektronik. Saat ini yang sedang gencar dilakukan oleh kebanyakan pelaku bisnis adalah mempromosikan produk atau jasa secara online melalui internet. Hal tersebut dilakukan karena internet memiliki kelebihan diantaranya: siap sedia 24 jam, menjangkau pangsa pasar yang menjadi target, mengangkat citra bisnis, biaya pemasaran lebih efektif dan efisien, memposisikan bisnis dimasa depan, mempermudah dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan, serta sistem otomatisasi yang responsif dimana kita bisa memberikan respon dengan cepat apabila ada pesanan atau permintaan informasi bisnis dari pelanggan [1].

birpro awalAtas dasar itulah sebuah media yang menjembatani bisnis dan promosi dibentuk dengan nama Bi-Pro Magazine. Bi-Pro Magazine yang merupakan kependekan dari Bisnis dan Promosi bergerak melalui situs www.bipro-magazine.com yang dilaunching pada pukul 10.00 WIB tanggal 11 Desember 2013 disalah satu mal di Pekanbaru. Ternyata dibalik moment tersebut terdapat makna yang sangat berarti. Kita lihat saja waktu dan tanggalnya yaitu pada angka 10 (jam), 11 (tanggal), 12 (bulan Desember) dan 13 (tahun 2013) yang mencerminkan adanya peningkatan.

Meskipun masih tergolong baru tapi Bi-Pro Magazine bertekad untuk menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu di Indonesia. Cita-cita tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan mengingat saat ini prospek bisnis sangat cerah tercermin pada banyaknya pelaku usaha baik pebisnis besar maupun skala rumah tangga yang sangat membutuhkan promosi bagi kegiatannya.

Ada Apa saja di Bi-Pro Magazine?

Bi-Pro Magazine mengadopsi bentuk majalah sebagai sarana penyajian bagi pembacanya. Biasanya pembaca akan jenuh apabila pada suatu media hanya menyampaikan kegiatan promosinya saja meskipun memang hal tersebut menjadi tujuan utamanya. Nah, Bi-Pro Magazine tidak hanya memberikan kegiatan bisnis dan juga promosi saja, tetapi juga seputar informasi yang sangat bermanfaat bagi para pembaca. Mari kita lihat apa saja yang disajikan pada Bi-Pro Magazine.

biprocoPada bagian atas web, kita dapat melihat headline news (1) yang berisi tentang informasi terkini dalam bentuk short title, sehingga seorang pembaca sudah mendapatkan gambaran walaupun hanya sekilas membacanya. Selanjutnya menu bar (2) menyajikan informasi yang sudah dikelompokkan sehingga memudahkan pembaca untuk memilih sesuai kebutuhan. Di bawah header (3) terdapat slide bar (4) yang juga berisi informasi terkini lengkap dengan image yang dapat kita pilih dengan cara menggerakkan ke kanan atau kiri. Kemudian terdapat menu bar (5) dan juga side bar (6) baik di kanan maupun kiri web yang juga menyajikan informasi terpopuler.

Secara umum Bi-Pro Magazine menyediakan informasi bagi pembaca seputar perkembangan bisnis dan juga promosi baik bidang perdagangan, jasa, otomotif, pariwisata, teknologi, fashion, kuliner, budaya dan juga hotel. Informasi yang disajikan sangat berguna karena tidak hanya sebatas informasi saja tetapi lengkap dengan isu terbaru. Nah, bagi anda yang senang dengan informasi terkini seputar investasi yang terupdate secara real time, Bi-Pro Magazine juga menyediakannya disini. Selain itu kita juga bisa mengakses informasi dan data terbaru seputar dunia perbankan, property, social media maupun entertainments. Bagi teman-teman yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dan ingin mendapatkan informasi secara update, kini telah hadir aplikasi Bi-Pro Magazine bagi pengguna android. Kita dapat dengan mudah mendownload dan menggunakannya dimana saja dan kapan saja.

Bi-Pro Magazine: Menuju Situs Nomor Satu di Indonesia

Bi-Pro Magazine secara totalitas bergerak dalam bidang bisnis yang mempromosikan segala bentuk kegiatan maupun produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut sangat efektif dan efisien bagi customer dalam menjaring pasar karena Bi-Pro Magazine juga turut serta memberikan informasi bisnis yang aktual. Pada usianya yang masih belia ini (enam bulan sejak launching) Bi-Pro Magazine telah melakukan beberapa langkah guna menempatkan dirinya menuju situs bisnis dan promosi nomor satu di Indonesia, diantaranya:

bipro2

  1. Menggunakan konsep magazine sehingga liputan bisnis dan promosi yang dilakukan disajikan dengan cara yang berbeda, lebih terencana, terarah dan komunikatif.
  2. Membangun cakupan yang luas dengan menjalin kerja sama dengan berbagai media lainnya baik online maupun media cetak
  3. Berperan aktif mengembangkan iklim investasi di Indonesia
  4. Membangun segmen komunitas pembaca melalui berbagai jenis jejaring sosial untuk membentuk komunitas pembaca Bi-Pro Magazine dari semua kalangan
  5. Memiliki pengelola yang profesional, berpengalaman dan punya dedikasi yang tinggi untuk pengembangan media

Bi-Pro Magazine yang beralamat di Jalan Cipta Karya Gg. Paus No. 8 RT 03 RW 11 Kelurahan Tuah Karya Pekanbaru ini menggelar Lomba karya tulis bloger dengan hadiah total puluhan juta rupiah dengan tema Menuju Situs Bisnis dan Promosi Nomor 1 di Indonesia. Tujuannya adalah agar para peserta dapat menjadi bagian dari Bi-Pro Magazine dengan memberikan masukan bagi perusahaan sebagai langkah awal perbaikan menuju cita-cita tersebut. Lomba ini juga bertujuan untuk merangsang semangat menulis anak bangsa agar selalu kreatif dan inovatif.

Menurut saya langkah ini adalah langkah yang bijak karena demi perbaikan Bi-Pro Magazine dengan terbuka mau melibatkan masyarakat dengan memberikan masukan bagi perusahaan demi tercapainya cita-cita tersebut. Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa point yang ingin saya sampaikan kepada Bi-Pro Magazine sebagai saran demi tercapainya cita-cita Menuju Situs Bisnis dan Promosi nomor 1 di Indonesia. Beberapa masukan yang dapat saya berikan diantaranya:

Pertama, Kurangi atau Tidak Menampilkan Menu Pop Up

Pertama kali membuka website Bi-Pro Magazine saya sempat terganggu dengan kemunculan menu pop up baik ditengah dan kanan-kiri website. Menu pop up ini sangat menggangu karena menghalangi pembaca untuk focus sehingga kesan pertama menjadi hilang bahkan memberikan efek yang kurang baik bagi situs. Oleh karena itu alangkah baiknya apabila menu pop up itu ditampilkan pada side bar atau header dengan tampilan slide sehingga tidak menggangu pembaca untuk menikmati konten yang disajikan.

pop up

Kedua, Berikan Design Web yang Menarik

Desain bisnis haruslah kreatif dan inovatif, karena hal pertama yang dilihat oleh pembaca adalah tampilan awal baik dari gradasi warna maupun bentuk tulisan. Apabila dari awal tampilan gradasi warna sudah kurang menarik atau bahkan cenderung monoton maka akan mengurangi minat pembaca. Tampilan awal website Bi-Pro Magazine ini terutama pada bagian headernya memberikan kesan warna yang cukup ngejreng atau terlalu kontras, alangkah baiknya apabila degradasi warna dibuat dengan kesan elegan tanpa mengurangi makna yang hendak disampaikan yaitu menyampaikan pesan bisnis dan promosi.

Ketiga, Memiliki Corporate Identity

Apabila Bi-Pro Magazine menginginkan menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu di Indonesia maka Bi-Pro Magazine harus memiliki identitas diri yang mudah dikenal bagi para konsumennya. Identitas tersebut terdiri dari warna, logo atau brand yang apabila sekali dilihat pembaca langsung tahu bahwa itu adalah Bi-Pro Magazine. Identitas ini haruslah unik dan berbeda dengan lainnya dengan tetap memberikan gambaran akan suatu perusahaan.

Keempat, Spesialiasi Kanal dan Memperkaya Konten

Pada menu bar memang telah diklasifikasikan berbagai macam informasi sesuai dengan temanya, hanya saja masih ada beberapa konten yang perlu diklasifikasikan lagi secara khusus agar setiap menu yang disajikan fokus membahas suatu tema. Contohnya pada menu produk terdapat informasi mengenai otomotif dan teknologi, sebaiknya dibuatkan kanal khusus yang membahas rubrik otomotif atau teknologi sehingga siapapun yang membutuhkan dapat langsung menuju menu yang tersaji tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu. Contoh lainnya adalah pada menu sosial, pada menu tersebut terdapat artikel yang membahas salah satu penyakit padahal tema yang diusung adalah sosial media, sama seperti sebelumnya alangkah baiknya apabila dibuatkan kanal khusus yang membahas informasi kesehatan. Untuk mengisi kanal-kanal tersebut dibutuhkan konten yang cukup banyak dan variatif, sekali lagi ini dibutuhkan kerja keras dari jajaran Bi-Pro Magazien secara bersama-sama untuk merealisasikannya.

kanal

Kelima, Membentuk Grup atau Forum

Membentuk grup atau forum penting dilakukan agar terbentuk konsumen yang loyal terhadap Bi-Pro Magazine sekaligus sebagai bentuk interaksi antara user dengan perusahaan. Misalnya melalui dibentuknya kumpulan kanal blog atau citizen journalism yang otomatis terintegrasi dengan Bi-Pro Magazine. Bi-Pro Magazine memang telah melakukan segmentasi konsumen melalui berbagai jenis jejaring sosial seperti Facebook dan twitter, hanya saja media tersebut akan efektif apabila Bi-Pro Magazine mengemasnya melalui bentuk yang interaktif terhadap pembaca dengan menyapa, memberikan tips dan info menarik. Jadi tidak hanya sekedar menitipkan link saja.

Keenam, Manajemen Search Engine Optimization (SEO)

Manajemen SEO yang baik disertai dengan kontrol terhadap konten yang disajikan akan mebawa situs Bi-Pro Magazine berada pada posisi teratas dalam mesin pencari. Diharapkan dengan satu key word tertentu pada mesin pencari akan menghubungkan langsung konsumen dengan Bi-Pro Magazine. Hal ini harus dilakukan mengingat tujuan dan cita-cita Bi-Pro Magazine yang menghendaki menjadi situs bisnis dan promosi nomor satu di Indonesia.

Terlepas dari itu semua saya kagum terhadap Bi-Pro Magazine karena diusianya yang masih muda sudah mampu menjaring pembaca serta customer, mengadakan lomba dan memiliki cita-cita untuk menjadi nomor satu dibidangnya. Kerja keras harus dilakukan bagi segenap jajaran Bi-Pro Magazine guna menggapai cita-citanya tersebut. Untuk mencapainya memang tidaklah mudah, tidak seperti membalikan telapak tangan karena berbagai macam persoalan pasti akan datang menghadang. Tetapi tidak perlu khawatir karena dibalik setiap masalah pasti terdapat jalan keluar. Oleh karena itu, saya sangat berharap agar Bi-Pro Magazine terus maju memperjuangkan cita-citanya hingga terwujud kelak. Semangat!!!!.

“Jenius adalah 1 persen inspirasi dan 99 persen keringat”

–Thomas Alva Edison-

Tulisan ini diikut sertakan pada Lomba Karya Tulis Blogger Se-Indonesia Bi-Pro Magazine


Sumber Informasi:

http://www.bipro-magazine.com/

[1] http://www.ukafahrurosid.com/2010/01a/kelebihan-promosi-bisnis-anda-via.html

http://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/14/01/27/n0053o-keuntungan-menggiurkan-bisnis-online

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

16 thoughts on “Bi-Pro Magazine Partner Berbisnis dan Promosi

  1. Subhanallah, Mak tulisannya keren sekali. Aku baru itu namanya Pop Up. Memang mengganggu ya, Mak klo lagi baca situs trus ada Pop Upnya.

    Posted by leyla hana | May 1, 2014, 9:18 pm
  2. Salam kenal dari Adelays,
    Sekalian memberikan informasi kalau berminat ikut lomba ngeblog berhadiah Rp. 12.500.000 :
    says share disini :
    http://adelays.com/2014/05/02/lomba-nge-blog-berhadiah/

    Posted by adelays | May 6, 2014, 3:37 am
  3. waah ulasannya lengkap bangeeeet mak, informatif (y)
    goodluck yaah untk lombanya..

    Posted by Ranii Saputra | May 8, 2014, 8:45 am
  4. waaah mak lengkap bangeeet ulasannya, informatif (y)
    Goodluck yah buat lomba blognyaa ^^

    Posted by Ranii Saputra | May 8, 2014, 8:47 am
  5. Woowww…keren ulasannya Makkk…
    Semoga sukses lagi yaaa…

    Posted by lieshadie | May 9, 2014, 5:12 am
  6. mantap ev….aku kayaknya ga bisa nulis banyak begini🙂 hihihi go bi-pro magazine!

    Posted by rodamemn | May 9, 2014, 7:06 pm
  7. Salam sobaat…
    kini saya mau bilang semoga bisa menang artikel saya beda kalah baik dari artikel sobat mengenai bi-pro magazine partner berbisnis dan promosi..
    artikelprofesikesehatan.blogspot.com/2014/04/bi-pro-magazine-menuju-situs-bisnis-dan.html
    ok thanks sobat smoga menang yah!!!

    Posted by andhi jubair | May 14, 2014, 4:51 pm
  8. keren nih infonya, jadi tau kan ada website mengenai bisnis kaya gini
    cocok buat saya yang selalu tertarik mengenai bisnis

    Posted by fazril | May 16, 2014, 1:32 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: