//
you're reading...
Contest

Berkah Manis Setiap Hari

Assalamualaikum…..

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Aamiin. Karena masih dalam moment lebaran maka tak ada salahnya apabila saya memohon izin untuk bersilaturahim dengan teman-teman semua dan mengucapkan:

“Taqabbalallahu minna waminkum (semoga Allah menerima amalku dan amal kalian), syimana wa shiyamakum (puasaku dan puasa kalian), ja’alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faidzin (semoga Allah menjadikan aku dan kalian sebagai orang yang kembali suci dan meraih kemenangan), aamiin”

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, mohon maaf lahir dan batin

Ada kesedihan ketika Ramadhan berlalu dan juga ada kebahagiaan ketika Idul Fitri tiba. Semoga kita semua masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan berikutnya. Aamiin.

Kali ini saya ingin bercerita tentang moment Ramadhan yang telah dilalui kemarin dan juga oleh-oleh cerita mudik dihari raya. Banyak pesan dan kesan yang saya dapatkan selama Ramadhan hingga dihari nan fitri yang alhamdulillah menambah silaturahim dan menjadi pembelajaran bagi saya pribadi. Mau tau ceritanya? Yuk kita kupas satu persatu.

Manisnya Ramadhan

Umat islam diseluruh dunia pasti menyambut gembira ketika bulan Ramadhan tiba. Selama Ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh dan disunahkan untuk melaksanakan shalat tarawih pada malam harinya. Selain melaksanakan ibadah wajib maupun sunah, kita juga dapat melaksanakan amalan-amalan baik lainnya dibulan nan suci ini. Diantaranya adalah hablum minnaan nas atau menjaga hubungan baik sesama manusia.

Salah satu hikmah puasa adalah melatih kita untuk peduli terhadap orang lain terutama terhadap kaum dhuafa atau kaum yang lemah. Rasa lapar dan dahaga selama berpuasa mengingatkan kita bagaimana sulitnya kaum dhuafa untuk memenuhi kebutuhan pangannya, dari sini kita diajarkan untuk saling berbagi terhadap orang-orang yang membutuhkan. Selain itu puasa juga melatih kita untuk bersabar menahan emosi dan menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang tercela.

Puasa tidak menjadi halangan untuk terus melaksanakan tugas

Puasa tidak menjadi halangan untuk terus melaksanakan tugas

Pada bulan puasa ini kesabaran sayapun dilatih, ditengah cuaca yang terik saya harus tetap menjalankan tugas membimbing para petani. Bukan tugas yang mudah karena ada beberapa petani yang mau menerima bimbingan dan ada juga yang enggan menerimanya. Siapa sangka, ternyata datangnya Ramadhan memberikan banyak keberkahan kepada mereka, dengan ketekunan dan kesabaran akhirnya hasil panen yang diperoleh saat ini meningkat dari panen sebelumnya. Alhamdulillah merekapun tersenyum bahagia dan sayapun senang karena berhasil menjalankan tugas, paling tidak dapat membuat beberapa petani yang enggan mengikuti bimbingan dapat berpikir kembali.

Dari kejadian tersebut, ada sebuah pelajaran berharga yang dapat saya petik: apabila kita menunjukan sikap yang positif terhadap lingkungan dan masyarakat in sha Allah akan memberikan timbal balik yang positif bagi diri kita pula. Oleh karena itu bersikaplah yang manis dengan sesama karena nantinya akan memberikan keberkahan bagi kita kembali.

Tetap Manis Bersama Systema

Selama berpuasa, kita tidak hanya dituntut untuk beribadah dan mengerjakan amal shaleh saja. Memberikan perhatian terhadap tubuhpun harus dilakukan sebagai wujud rasa syukur kita. Selain menempanya dengan memberikan masukan yang positif, kita juga harus menjaga kesehatan agar ibadah puasa menjadi optimal. Seperti kejadian kemarin, saya sempat terkena sakit maag karena ketika berbuka langsung mengkonsumsi makanan yang pedas. Akibatnya saya menjadi lemas dan tidak dapat bekerja secara optimal.

Ketika berbuka, kita memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Rasulullah bahkan mengajarkan kita untuk memakan kurma ketika berbuka. Biasanya saya sudah menyiapkan kurma beberapa buah, minimal tiga buah kurma saya makan terlebih dahulu untuk berbuka (karena disunahkan memakan kurma dengan jumlah yang ganjil). Nah, supaya tidak terkena maag lagi, makan makanan pedasnya ditunda dulu ya, kita ganti dengan yang manis-manis dahulu. Makanan yang sering ada di meja ketika berbuka diantaranya kurma, brownies cokelat, sirup atau es buah, serta kue-kue manis buatan mamah.

Berbukalah dengan yang manis

Berbukalah dengan yang manis

Berbuka dengan yang manis bukan berarti tidak ada kendala lho. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis ternyata memberikan dampak negatif terhadap tubuh, salah satunya adalah kerusakan gigi. Paling tidak itu yang pernah saya rasakan ketika gigi saya berdarah karena berlubang sehingga harus ditambal.

Hal tersebut terjadi karena makanan manis yang kita konsumsi itu ternyata sangat disukai oleh bakteri. Bakteri yang ada dalam mulut dapat memecah karbohidrat dan makanan manis menjadi asam. Itulah yang menyebabkan terjadinya kerusakan gigi serta gigi berlubang. Apabila kita tidak tuntas dalam membersihkan sisa makanan hingga ke celah-celah gigi, maka bakteri akan memakan apapun yang tersisa pada celah-celah tersebut [1]. Oleh karena itu konsumsilah makanan manis secukupnya serta rajin membersihkan gigi agar memberikan dampak positif bagi tubuh terutama kesehatan gigi.

Makan yang manis-manis terus bisa merusak gigi

Makan yang manis-manis terus bisa merusak gigi

Meskipun begitu bukan berarti saya tidak khawatir untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis karena pernah memiliki riwayat gigi berlubang. Selain itu dibeberapa sela-sela gigi terdapat celah yang memungkinkan makanan dapat tersangkut disana, kalau sudah tersangkut gusi menjadi bengkak dan menimbulkan rasa nyeri. Syukurlah saya menemukan solusi ketika berjalan-jalan di sebuah supermarket. Saya menemukan pasta gigi dengan teknologi nano yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh dan membantu menutup lubang kecil pada gigi. Pasta gigi tersebut adalah Systema Nano.

Systema Nano

Systema Nano

Systema adalah sebuah sistem perawatan mulut profesional yang dikembangkan oleh perusahaan LION Jepang untuk perlindungan mulut secara menyeluruh, cepat dan tuntas. Systema memiliki Teknologi Nano Calcium pertama di Indonesia yang mampu menutupi lubang nano super kecil sekalipun pada gigi dalam waktu 14 hari. Pasta gigi ini dirancang dengan fast action dimana pasta gigi ini akan cepat lumer dan menyebar di dalam mulut.

Systema Nano mengandung Nano Calcium untuk mencegah dan membantu memperbaiki gigi berubang (karies gigi) dalam dua minggu pemakaian, kemudian mengandung Erythritol untuk mengurangi plak pada gigi lebih cepat dibandingkan pasta gigi biasa dan Micro Foam yang merupakan busa berukuran mikro untuk mempercebat penyebaran Nano Calcium dan Erythritol hingga ke sela-sela gigi.

Keunggulan Systema Nano

Keunggulan Systema Nano

Secara keseluruhan Systema memberikan aksi perlindungan cepat dan tepat pada delapan masalah mulut yaitu:

  1. Membantu memperbaiki gigi berlubang dalam 2 minggu
  2. Membantu memperkuat gigi dan enamel gigi
  3. Membunuh bateri
  4. Membantu mengurangi plak
  5. Menjaga gusi tetap sehat
  6. Menetralisir asam di mulut
  7. mengurangi bau mulut
  8. Melindungi ggi secara menyeluruh

Systema melindungi saya ketika berbuka dengan yang manis, saya tidak takut sakit gigi lagi, tidak terkena maag lagi dan bekerjapun menjadi lancar. Apalagi ketika menghadapi lebaran, kue-kue lebaran yang kebanyakan mengandung gula kini mudah untuk dinikmati.

Manisnya Lebaran

Tahun ini adalah jadwalnya saya dan keluarga untuk mudik lebaran ke tempat kelahiran suami. Saya senang karena tempatnya sangat asri di atas bukit. Kecamatan Tanggeung di Cianjur Selatan merupakan daerah dataran tinggi yang hampir sebagian besar penduduknya mengandalkan perekonomian dari hasil pertanian. Masyarakat disana sangat kreatif dalam mengolah makanan terutama dari hasil ladang mereka. Nah, moment yang paling ditunggu oleh kami sekeluarga adalah ketika berbuka bersama, masakan khas sunda buatan Emah (panggilan sayang untuk ibu mertua) memang paling dikangeni oleh suami dan keluarga besar. Namun bagi saya pribadi ada buatan tangan Emah yang saya tunggu-tunggu apabila saya kesana yaitu kue manis yang disebut Jawaddah.

Enaknya makan Jawaddah

Enaknya makan Jawaddah

Jawaddah adalah kue manis yang terbuat dari tepung ketan, gula aren dan kelapa. Emah pasti membuatkan kue itu ketika tahu kalau saya mau kesana. Dulu ketika pertama kali saya kesana, saya hampir menghabiskan setengah toples Jawaddah buatan Emah. Dari situ sepertinya Emah tahu kalau menantunya ini suka sekali dengan Jawaddah. Sekarang kalau saya kesana atau Emah sedang berkunjung ke Bogor pasti tidak lupa untuk membuatkan dan membawakan saya Jawaddah.

Saya merasa jadi menantu paling bahagia ketika melihat ada setoples Jawaddah di meja setibanya kami di rumah Emah. Sayangnya suami maupun bibi yang asli orang sana tidak terlalu tertarik dengan kue khas sunda ini. Rasanya yang manis gurih ternyata membuat mereka tidak kuat memakannya. Memang Jawaddah ini agak kenyal, kalau kita gigit dan mengunyahnya tidak optimal bisa memberikan sisa di sela-sela gigi. Tetapi saya tidak khawatir karena selain menggunakan Systema yang melindungi gigi, sayapun memakai sikat giginya untuk memberikan perlindungan ekstra.

Pakailah rangkaian produk Systema untuk perlindungan maksimal

Pakailah rangkaian produk Systema untuk perlindungan maksimal

Saya menggunakan sikat gigi Systema karena memberikan hasil yang lebih bersih dengan jangkauan menyeluruh. Teknologi Micro Clean Bristles dengan ujung bulu sikat berdimensi 0,02 mm mampu membersihkan hingga ke celah periodental yang tidak dapat diraih oleh sikat gigi biasa. Tentunya hal ini sangat efektif dalam membersihkan plak untuk mencegah akumulasi bakteri sehingga terhindar dari penyakit gusi. Non slip handlenya juga memastikan genggaman menjadi nyaman dan anti slip, serta long slim necknya memudahkan untuk menjangkau gigi geraham paling belakang sekalipun.

Sikat Gigi Systema

Sikat Gigi Systema

Senangnya Ramadhan dan Idul Fitri kali ini, berawal dari yang manis kita bisa memberikan keberkahan bagi orang lain serta menjaga kesehatan tubuh agar dapat beribadah dan bekerja sekaligus mempererat tali kasih sayang antara menantu dengan ibu mertuanya (hehe).

Berawal dari yang manis tali silaturahimpun tetap terjaga. Tak hanya dibulan Ramadhan saja, setiap hari kitapun bisa melakukan awalan yang manis untuk mendapatkan berkah yang manis pula. Yuk kita mulai dengan yang manis…..

Saya dan Keluarga di Cianjur, Emah disebelah kiri saya

Saya dan Keluarga di Cianjur, Emah disebelah kiri saya

Sekian cerita Ramadhan dan Lebaran dari saya, semoga bermanfaat ya….

Wassalammualaikum….

Tulisan ini diikut sertakan pada Systema Blog Competition “Berawal dari yang Manis” alhamdulillah masuk dalam 10 Pemenang 

 

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

12 thoughts on “Berkah Manis Setiap Hari

  1. mantap ev🙂 makanan manis emang ga perlu dihindari ya, kan ada solusinya systema nano🙂

    Posted by rodamemn | July 31, 2014, 12:05 pm
  2. Pecinta makanan manis harus sedia systema nano🙂

    Posted by rahmiaziza | August 1, 2014, 3:09 pm
  3. waalaikumsalam,
    bagus ni, jadi langsung keinget nih abis lebaran segala macam makanan masuk mulut terutama makanan yg manis
    langsung siap-siap ke minimarket nih cari systema nano + systema toothbrush

    Posted by fazril | August 5, 2014, 4:53 am
  4. wah boleh juga ni dicoba systema nano nya…klo lihat iklan di tv ngga begitu jelas jadi ngga begitu tertarik..tp klo dah baca gini, jadi pengen cepet2 cari produknya….

    Posted by dewi lestari | August 5, 2014, 5:17 am
  5. Siiiiip….info baru tuh, jadi pengen nyobain systema nano, berhub aku dan keluarga suka makanan yg manis2….:)
    Thks infonya jeng….

    Posted by Eka Lesniawati | August 12, 2014, 5:25 am
  6. Merek ini IMHO lebih enak (dan lebih murah!) ketimbang merek yang satunya itu tuh. Hihi

    Posted by bukanbocahbiasa | September 4, 2014, 4:19 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: