//
you're reading...
Contest

Berani Menoreh Mimpi

Memiliki impian bagi saya adalah hal yang membahagiakan karena dengan bermimpi kita akan memiliki target serta tujuan hidup. Hal ini akan membuat hidup kita menjadi lebih dinamis. Bagaimana tidak, bermimpi akan membuat kita untuk berusaha menggapainya dengan cara pun. Dan apabila saat itu tiba maka hidup akan terasa berwarna.

Jika ditanya apa impian anda, maka katakanlah dengan lantang. Karena sebuah mimpi memiliki kekuatan dasyat yang dapat mempengaruhi pikiran kita. Jangan malu untuk mengatakan mimpi yang kita punya karena menurut Zig Ziglar manusia yang paling miskin adalah manusia yang hidup tanpa impian. Bermimpi itu gratis, tidak ada yang melarangnya jadi jangan takut untuk bermimpi. Saya sangat menyukai kalimat dalam The Alchemist karya Paulo Coelho yang mengatakan ketika kita benar-benar menginginkan sesuatu, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu membantu kita untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata. Paling tidak itulah yang pernah saya rasakan, ketika memiliki mimpi dan terus memikirkannya, entah bagaimana caranya saya dapat meraih mimpi tersebut. Ketika itu seperti ada saja jalan yang memudahkan saya untuk menggapai mimpi itu. Begitu dasyat kekuatan mimpi sehingga membuat Bill Gates menjadi orang paling kaya di dunia saat usianya baru mencapai 30 tahun setelah berhasil mewujudkan impian untuk membuat komputer, dan mimpi jugalah yang membuat Mahatma Gandhi berhasil membebaskan India dari penjajahan tanpa menggunakan kekerasan, padahal kebanyakan orang menganggap impian tersebut adalah hal yang mustahil (Prakuso, 2010).

Jadi, masih takut untuk bermimpi? Kalau saya tidak, saya masih mempunyai beberapa daftar mimpi yang saat ini sudah dan akan dicapai. Menurut Bambang Prakuso seperti tertuang dalam bukunya yang berjudul My Dream, mimpi itu harus tertulis dan dipublikasikan, karena apabila kita malu untuk menyampaikan mimpi yang dimiliki justru akan membuat mimpi tersebut akan sulit terwujud. Oleh karena itu mulailah untuk menuliskan beberapa mimpi yang teman-teman miliki, dan yakinkan dalam diri kalau kita mampu untuk mewujudkannya.

Mau tahu impian saya? Impian yang ingin saya wujudkan dalam jangka waktu dekat ini tidak muluk-muluk dan mungkin sama dengan teman-teman semua. Berikut adalah daftar impian saya yang kebanyakkan berbau Mimpi Properti:

Mimpi ke #1: Memiliki Rumah Tropis Minimalis

Rumahnya sedang dibangun

Rumahnya sedang dibangun

Mendapatkan fasilitas rumah dinas tidak membuat saya dan suami terlena untuk menunda memiliki rumah pribadi, karena rumah dinas adalah milik negara yang suatu saat harus dikembalikan. Paling tidak saya dapat belajar dari beberapa kasus yang pernah saya lihat di televisi ketika seseorang terpaksa diusir dari rumah dinasnya lantaran hak pemakaian rumah tersebut sudah habis. Kami tidak ingin mengalami kejadian tersebut, maka memiliki rumah adalah impian kami yang paling pertama dan menjadi prioritas. Alhamdulillah mimpi tersebut terwujud setelah kami bahu membahu membeli sebidang tanah dan membangunnya dengan cita rasa kami sendiri.

Membangun rumah tropis minimalis, itulah impian kami. Sebuah rumah hijau dan asri yang menjadi tempat berkumpulnya keluarga. Membangun rumah ini cukup memakan banyak biaya, dan sampai saat ini kami masih dalam tahap penyelesaian. Tetapi melihat sedikit demi sedikit rumah impian tersebut terwujud membuat kami merasa bahagia. Rencananya kami ingin membuat taman kecil baik di halaman depan dan halaman belakang rumah, lengkap dengan tanamannya sesuai konsep tropis minimalis.

Mimpi ke #2: Memiliki Ruko

Ingin memiliki salah satu ruko

Ingin memiliki salah satu ruko

Mimpi properti saya selanjutnya adalah memiliki ruko atau rumah toko. Pada ruko tersebut saya ingin berwiraswata menyalurkan hobi yaitu menjadikannya sebuah toko pertanian yang modern. Pada toko tersebut tidak hanya menjual pelengkapan pertanian saja, juga turut serta menyebarkan semangat untuk gemar menanam dengan menyajikan berbagai inovasi penanaman bagi seseorang yang sulit untuk menanam di rumahnya. Harga ruko memang sangat mahal, apalagi jika letaknya sangat strategis. Tapi kalau kita sudah memiliki mimpi saya yakin suatu hari ruko tersebut dapat saya miliki.

Mimpi ke #3: Memiliki Mobil

ingin juga memiliki mobil sendiri

ingin juga memiliki mobil sendiri

Kebanyakan orang apabila sudah memiliki rumah maka prioritas selanjutnya adalah memiliki mobil. Namun tidak bagi saya, karena saya bukan termasuk orang yang sering bepergian ke luar kota, maka memiliki kendaraan motor saja sudah cukup untuk menemani kegiatan saya sehari-hari. Karena harga mobil sama mahalnya dengan harga ruko, maka saya lebih mendahulukan memiliki ruko yang nilai investasinya lebih menjanjikan. Apabila suatu hari saya bisa memiliki keduanya sekaligus rasanya akan senang sekali. Mari kembali bermimpi.

Apabila ketiga mimpi di atas erat sekali dengan kebutuhan pribadi, maka mimpi saya yang keempat ini berkaitan dengan orang lain terutama masyarakat di sekitar rumah. Mimpi saya yang keempat yaitu membangun sebuah Taman Bacaan untuk masyarakat.

Mimpi ke #4: Membangun Taman Bacaan

Harus punya taman bacaan

Harus punya taman bacaan

Saya sangat prihatin dengan semakin berkurangnya area bermain untuk anak-anak di lingkungan rumah. Tak jarang mereka harus menyingkir terlebih dahulu apabila ada mobil atau motor yang lewat lantaran mereka bermain di jalanan umum. Kadang saya juga melihat mereka duduk termenung seolah bosan dengan kegiatannya. Berbeda dengan masa kecil saya dulu dimana tanah lapang masih tersedia, saya beserta teman-teman bebas berlarian sesuka hati. Untuk itu saya ingin sekali membuat Taman Bacaan bagi masyarakat terutama anak-anak agar mereka memiliki kegiatan yang lebih produktif dengan membaca. Kebetulan saya dan suami suka mengoleksi buku seperti komik, novel dan buku cerita anak-anak, daripada diletakkan saja di lemari, akan lebih baik apabila buku-buku tersebut dapat dibaca oleh orang lain. Saya sudah menyampaikan hal ini kepada suami, kalau saya ingin membuat Taman Bacaan mini di rumah dengan memanfaatkan areal depan rumah, dan alhamdulillah suami sudah menyetujui. Semoga impian saya ini dapat terwujud suatu hari. Aamiin.

Keempat mimpi tersebut adalah mimpi saya yang pencapaiannya berwujud fisik. Namun masih ada mimpi lain yang ingin sekali saya wujudkan yaitu berdiri di puncak Mahameru, terbang ke Korea Selatan dan menjalankan Ibadah haji.

My Dream

My Dream

Rasanya akan bangga dan terharu sekali apabila kaki ini bisa melangkahkan kaki menuju puncak tertinggi di Pulau Jawa pada negeri tercinta ini. Membayangkan duduk di puncak Mahameru dan memandang lautan awan putih saja sudah membuat saya bersemangat sekali untuk kesana. Sayangnya, sampai sekarang saya belum berhasil menuju Mahameru, perjalanan yang memakan waktu lebih dari tiga hari belum memungkinkan saya dan teman-teman untuk melakukan perjalanan menuju Mahameru. Tapi, bolehkan kita bermimpi dan menggantungkan cita-cita ini setinggi langit karena siapa tahu suatu hari saya bisa kesana.

Suatu hari harus ke semeru

Suatu hari harus ke semeru

Lalu mengapa saya ingin sekali ke Korea Selatan? Saya adalah termasuk penggemar serial drama korea terutama yang bertemakan kolosal pada zaman Dinasti Joseon. Saya sangat penasaran sekali bagaimana bentuk aslinya Istana yang menjadi latar belakang drama Korea di zaman Joseon, juga ingin merasakan dinginnya musim gugur serta salju di Winter Sonata. Korea Selatan menyimpan sejuta wisata yang menakjubkan termasuk keindahan Pulau Jeju. Wisata kuliner serta wisata budaya juga menjadi daya tarik Korea Selatan. Siapa tahu saya bisa kesana dan bertemu para bintang Kpop yang cantik dan ganteng-ganteng itu. Sekali lagi bolehlah bermimpi.

Nah, mimpi untuk pergi haji ini wajib saya penuhi. Mulai saat ini saya harus sudah menabung dan meniatkan diri untuk pergi ke tanah suci Mekkah. Saya yakin semua orang ingin melangkahkan kaki juga kesana, maka jangan ragu untuk meniatkan dan berusaha mewujudkannya. Kata ustadz orang yang yakin akan menginjakkan kaki ke Mekkah akan dimudahan jalannya. Jadi benar tercapainya mimpi adalah bagaimana kita niat untuk mewujudkannya dan bukan hanya angan belaka.

Apabila melihat semua daftar mimpi tersebut kadang saya suka bertanya sendiri, kira-kira dapat terwujud tidak ya? Tidak usah khawatir karena sekali lagi bermimpilah setinggi-tingginya, apalagi tulisan tentang mengejar mimpi ini membebaskan kita untuk meluapkan mimpi setinggi-tingginya pada Kontes Mimpi Properti. Teman-teman dapat bebas meluapkan apa saja yang ingin diwujudkan pada kontes ini. Makanya ikutan Kontes Mimpi Properti yuk, masih ada waktu sampai tanggal 31 Agustus 2014 ini . Saya juga masih punya mimpi yang tak kalah dari mimpi-mimpi di atas yaitu menjelajah ke luar angkasa, suatu mimpi yang mustahil tapi bisa di wujudkan. Namun untuk mewujudkan mimpi itu kita harus fokus sehingga mempunyai langkah-langkah real untuk mewujudkannya.

Nah, jadi siapa yang masih takut untuk bermimpi? Siapa juga yang masih malu mengutarakan mimpinya? Bermimpilah setinggi-tingginya, karena melalui mimpi itu kita akan menjadi orang yang berhasil dan bermanfaat. Selamat bermimpi kawan.

“Kalau seorang dengan keyakinan menuju impian-impiannya dan berusaha untuk mewujudkan hidup yang telah diimajinasikannya, Ia akan bertemu dengan kesuksesan-kesuksesan yang tak terduga dalam waktu yang wajar”

–Henry David Thoreau-

Tulisan ini diikut sertakan pada Event Blog Kontes Mengejar Mimpi yang diadakan oleh Mimpi Properti Periode 21 Juli-31 Agustus 2014 dan Alhamdulillah masuk ke dalam 20 finalis 

Referensi:

Prakuso, B. 2010. My Dream (Impian Ku). Jakarta: Alfaleta. 67hal.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

16 thoughts on “Berani Menoreh Mimpi

  1. Woooowwww…. semoga mimpi-mimpi indah ini jadi kenyataaan yaa maak, aamiiiin….Aku mau ikut kontesnya, tapi udah telat, hihihi..

    Posted by bukanbocahbiasa | September 1, 2014, 3:05 am
  2. Mimpimu Maaakkkk…semoga di ijabah yaa….

    Posted by Lieshadie | September 1, 2014, 4:28 am
  3. Mimpinya keren euuyy…aku si pengen bgt ke Jepang mak. Semoga mimpi2 kita segera tersampaikan ya mak😉
    Sukses ngontesnya

    Posted by momtraveler | September 1, 2014, 9:49 am
  4. Ilustrasinya keren. suskes ya mbak evriana…

    Posted by Dhani Saputra | September 1, 2014, 10:16 am
  5. Kalau Mahameru udah… ke Rinjani yuk, mak😀

    Posted by Rinrin Irma | September 3, 2014, 5:02 am
  6. Menorehkan mimpi itu penting sekali ya, Mbak, agar semakin kuta berdoa dan berupaya. Semoga terkbul ya, Mbak. aamiin…

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | September 9, 2014, 2:07 am
  7. Saya suka dgn mimpinya no. 4, membangun taman bacaan. Semangat membaca bisa ditularkan kpd masyarakat sekitar kita.
    Semoga mimpi-mimpinya dapat tercapai ya mbak.
    Sukses dgn kontes blog nya.
    Salam,

    Posted by Titik Asa | September 11, 2014, 3:54 pm

Leave a Reply

