//
you're reading...
Contest

Terhubung Melalui Jejaring Sosial

Sejak dulu kehadiran teknologi sangat membantu manusia dalam melakukan aktivitas. Teknologi bahkan dapat membantu seseorang menyelesaikan pekerjaannya yang terbatas oleh jarak dan waktu hanya dengan menggunakan internet. Melalui internet kita bisa melakukan apapun seperti mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain, mengirim lamaran pekerjaan, berbelanja online bahkan menjelajah hingga ke negara yang jauh sekalipun. Saya sendiri sangat merasakan dampak akan hadirnya internet. Saya sudah mengenal internet sejak duduk dibangku SMA ketika pertama kali membuat surat elektronik yang disebut dengan email (electronic mail). Saat itu teman saya mengajarkan bahwa memiliki email dapat memudahkan kita untuk berkirim surat hingga ke ujung dunia asalkan disana juga tersedia jaringan internet. Ketika kuliah, internet juga sangat membantu saya dalam menyusun skripsi terutama ketika mencari bahan-bahan pustaka, mengirim email kepada dosen tentang hasil penelitian, bahkan mengirim lamaran setelah lulus kuliah.

Internet memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi

Internet memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi

Tidak hanya itu, internet juga membantu kita untuk terhubung dengan teman, saudara bahkan keluarga yang jauh disana dengan memanfaatkan jejaring sosial. Hanya dengan menggunakan smartphone, tablet atau laptop yang terhubung dengan internet saya masih tetap terhubung dengan mereka walaupun terpisah oleh jarak yang cukup jauh lantaran harus melakukan perjalanan dinas. Saya dapat terhubung dengan keluarga untuk melepas rindu, terhubung dengan teman kantor apabila ada pekerjaan mendadak yang harus segera diselesaikan atau terhubung dengan teman-teman pada komunitas yang saya ikuti. Professor J.A Barnes pada tahun 1954 adalah orang yang pertama kali mengenalkan istilah jejaring sosial. Menurutnya Jejaring sosial merupakan sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga bisa saling berhubungan [1].

Saya pernah mendengar seseorang mengatakan bahwa kehadiran jejaring sosial atau social networking ini mampu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Artinya kehadiran jejaring sosial ini dapat memberikan dampak yang negatif juga positif. Dampak negatif yang mungkin dirasakan oleh sebagian orang adalah menjauhkan yang dekat. Contohnya adalah ketika beberapa orang yang sedang berjalan atau duduk bersama tetapi mereka sama-sama diam lantaran sibuk dengan smartphonenya masing-masing, ada juga keluhan dari suatu keluarga yang merasa dekat tapi seolah terpisahkan karena masing-masing anggota keluarga sibuk dengan aktifitas pada jejaring sosialnya masing-masing. Sayapun termasuk orang yang pernah mengalami hal itu, berada dalam kumpulan orang tapi asik dengan dunia sendiri lantaran tenggelam dalam aktivitas jejaring sosial hingga ada teman yang menyadarkan saya saat itu. Agar hal tersebut tidak terjadi maka kita harus membatasi penggunaannya apalagi ketika bersama dengan keluarga atau teman-teman yang ada disekitar kita.

Sumber: WhatsApp grup PMTB39

Jangan seperti ini ya, bersama tapi masing-masing, Sumber: WhatsApp grup PMTB39

Namun kehadiran jejaring sosial juga mampu memberikan dampak positif salah satunya adalah mampu mendekatkan yang jauh. Media sosial yang paling banyak diakses orang saat ini adalah Facebook dan twitter. Facebook misalnya, (tanpa maksud untuk mempromosikan media sosial ini) menyediakan beragam aplikasi yang memudahkan kita untuk terhubung dengan orang lain. Dari pengalaman yang saya rasakan, menggunakan media sosial tersebut dapat membantu saya menemukan teman-teman yang terpisah sejak SD, SMP, SMA bahkan hingga kuliah. Teman-teman yang dulu sudah terpisah jauh kini dapat berkumpul kembali dan kami lebih intens lagi dalam berkomunikasi karena tergabung dalam suatu grup.

Selain itu media sosial juga dapat menyatukan orang yang memiliki kesamaan hobi serta tujuan. Melalui dibentuknya grup, kita dapat terhubung dan menghubungkan orang lain, saling berbagi informasi, serta saling menyemangati satu sama lain. Tak jarang kelompok yang biasa bertemu pada dunia maya akhirnya mengadakan gathering yang dikenal dengan kopdar (kopi darat) ke suatu tempat. Sayapun mengikuti beberapa grup yang memiliki hobi dan tujuan yang sama, salah satunya adalah Kumpulan Emak-Emak Blogger. Melalui komunitas ini saya dapat bertemu dengan teman baru, mendapatkan pembelajaran tentang dunia blogging, menambah pengetahuan tentang dunia maya bahkan mendapatkan kesempatan untuk berbagi dengan sesama.  Yang jelas, mengikuti komunitas dalam jejaring sosial membuat saya dapat bertemu dan mengenal adik serta kakak kelas yang bahkan sejak kuliah dulu tidak pernah bertemu. Nah, Baru-baru ini komunitas yang saya ikuti sejak tahun 2011 ini mengadakan gathering secara serentak diberbagai daerah lho. Kecanggihan teknologi memudahkan kami untuk terhubung meskipun tidak berada di suatu tempat. Saat itu saya memang berhalangan hadir karena bertepatan dengan acara kantor, tapi saya masih bisa merasakan euphoria meriahnya acara kopdar dalam rangka Halal bi Halal yang digelar secara serentak hanya dengan melalui smartphone. Saya bisa mengetahui keceriaan Emak-Emak Blogger saat melakukan kopdar dengan melihat foto-foto yang mereka share pada grup, sehingga membuat saya seolah-olah juga berada di sana.

halal bihalal KEB yang digelar seretak di 6 kota

halal bihalal KEB yang digelar seretak di 6 kota

Acara gathering ini tentunya sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan jalinan tali silaturahim antar sesama anggota. Biasanya tempat untuk berkumpul disesuaikan dengan kesepakatan masing-masing seperti di rumah makan, tempat rekreasi atau disuatu acara. Tempat berkumpul memang sangat menentukan apalagi bagi emak-emak seperti kami. Maklum kadang kami membawa serta suami serta anak untuk ikut bersama disaat melakukan kopdar. Maka tempat yang sesuai dengan kondisi dan mendukung acara menjadi alternatif pilihan kami. Untuk menentukan, biasanya grup akan mengadakan poling terlebih dahulu guna menentukan tanggal dan tempat pelaksanaan. Cukup dengan membuat satu tread atau post maka kami dapat berkumpul disuatu tempat dihari yang ditentukan. Sangat mudah dan simple bukan?

Tempat berkumpul dengan teman atau keluarga memang menjadi salah satu hal yang diperbincangkan ketika hendak mengadakan suatu acara baik kecil maupun besar. Biasanya untuk memudahkan maka akan dipilih tempat yang memang sudah cukup dikenal oleh banyak orang. Mall adalah salah satu meeting point bagi saya dan teman-teman ketika hendak berkumpul. Seperti dalam waktu dekat ini, ketika saya dan teman-teman sekelas watku kuliah dulu ingin mengadakan reuni dibulan depan nanti. Mall menjadi salah satu destinasi tempat untuk berkumpul karena umumnya dalam mall terdapat berbagai fasilitas yang terpusat dalam satu gedung.

Tanpa kita sadari selama ini Mall menjadi salah satu tempat untuk terhubung dengan orang lain lho. Seperti yang sudah dirasakan oleh komunitas Anging Mammiri ketika tahun 2011 lalu mendapat kesempatan untuk menikmati wahana Trans Studio Theme Park di Makassar. Di Mall ini para pemenang lomba blog serta beberapa pengurus menghabiskan akhir pekan dengan mencoba berbagai wahana di Trans Studio [2]. Trans Studio Mall Makassar memang sangat cocok untuk menjadi tempat berkumpulnya keluarga atau komunitas. Mall yang didirikan pada tahun 2010 ini merupakan family mall yang berkonsep menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat. Rasanya sangat pas sekali apabila kita dapat berkumpul di mall yang menjadi pusat perbelanjaan berkelas ini karena dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari perbelanjaan, makanan dan hiburan.

welcome to Trans Studio Mall

welcome to Trans Studio Mall

Jika kita ingin bertemu dan berkumpul dengan teman-teman di sini sambil membawa anak dan keluarga maka tidak perlu khawatir karena Trans Studio Mall Makasar memiliki taman hiburan di dalamnya. Trans Studio Theme Park Makassar merupakan pusat rekreasi indoor berkelas internasional. Taman hiburan yang dibangun di atas lahan seluas 2.7 hektar ini akan memanjakan para pengunjungnya karena menyajikan 21 wahana permainan serta berbagai atraksi pertunjukan yang terdapat dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik yaitu The Lost City, Cartoon City, Studio Central dan Magic Corner [3]. Kita cukup mengagendakan acara bersama teman untuk berkumpul di Trans Studio Makassar (TSM) sambil berbincang dan bermain bersama. Sepertinya akan seru sekali ya.

Tapi saya memiliki harapan tersendiri untuk TSM. Saya berharap semoga TSM dapat memberikan suatu program yang terintegrasi dengan akomodasi misalnya bekerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan yang dapat meringankan biaya untuk ke Makassar. Maklum saja anggota yang tergabung dalam komunitas melalui jejaring sosial pasti letaknya berjauhan bahkan tersebar hampir di seluruh Indonesia sehingga untuk berkumpul bersama, faktor transportasi akan menjadi pertimbangan.

Banyak cara untuk kita dapat terhubung dengan orang lain apalagi ditengah kemajuan teknologi seperti saat ini. Hanya saja kita perlu memanage penggunaannya agar teknologi tidak hanya mendekatkan yang jauh tetapi juga tetap menghangatkan ikatan kekeluargaan dengan orang-orang di sekeliling kita.

ultah

Sumber Informasi:

[1] http://www.pengertianahli.com/2014/01/pengertian-jejaring-sosial-social.html

[2] http://angingmammiri.org/2014/09/terhubung-karena-blog/

[3] http://www.transstudioworld.com/

http://emak2blogger.web.id/halal-bihalal-keb-2014-serentak-di-6-kota/

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

11 thoughts on “Terhubung Melalui Jejaring Sosial

  1. wah mantap mbak hehe saya ajdi ikutan terhubung nih hehe

    Posted by angkisland | September 20, 2014, 1:37 pm
  2. Dari dulu musti takjub banget sama wahana begituan, tapi sayangnya di Surabaya baru adanya cuma SCNM itu pun malam bukanya dan outdoor. Gakalahlah sama yang di Makassar mehehehe. Btw, ini sampai tanggal 22 kan kak? Ikutan juga ah.
    Salam Galassia del Sogno

    Posted by fathurrosiy | September 20, 2014, 1:46 pm
  3. mendekatkan yang jauh tapi jangan sampe menjauhkan yg dekat ya mak🙂

    Posted by siti latifah | September 20, 2014, 5:58 pm
  4. Arena seperti ini sudah menjamur dengan berbagai fasilitas yang unik dan menarik.
    Saya pernah ke Makassar tetapi belum mampir ke wahana itu.
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    Posted by Pakde Cholik | September 29, 2014, 9:10 pm
  5. mudahnya terkoneksi dengan luar karena jaringan ya mak🙂 dunia jadi ramai. smoga selalu bisa bersama tapi tak masing2 hehe

    Posted by desinamora | October 11, 2014, 7:12 am
  6. Semoga Anging Mammiri semakin sukses dan jaya.

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | October 16, 2014, 9:16 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: