//
you're reading...
Contest

Menggapai Pensiun Sejahtera Sejak Dini

Aku adalah seorang ibu pekerja yang mempunyai banyak mimpi. Menurut ku penghasilan yang dimiliki saat ini masuk dalam kategori cukup. Dengan kondisi keuangan saat ini aku masih bisa membantu suami memenuhi kebutuhan keluarga dan juga memenuhi kebutuhan ku sendiri. Namun, masih banyak impian yang ingin aku capai, untuk itu aku harus memperhitungkan segala hal termasuk kebutuhan finansial karena aku ingin menggapai mimpi-mimpi tersebut tanpa menggangu keuangan keluarga.

Aku dan suami sudah sejak lama berusaha untuk melek finansial. Suami sering mengajarkan bagaimana cara mengatur keuangan agar semua kebutuhan keluarga terpenuhi termasuk memetakan keuangan untuk investasi. Melek finansial bagi kami sangat penting karena tercapainya keluarga yang bahagia juga didukung oleh kondisi finansial yang baik. Sayangnya di Indonesia masih banyak masyarakat yang kurang melek finansial. Kebanyakan orang yang aku temui baik di kantor maupun lapangan masih mengeluhkan besarnya pasak daripada tiang. Hal tersebut menggambarkan belum tersusunnya rencana keuangan secara matang. Padahal memetakan kebutuhan keuangan sebenarnya tidak terlalu sulit, kita cukup merinci semua kebutuhan yang harus dipenuhi serta besarnya keuangan untuk masing-masing kebutuhan. Dari situ kita dapat menentukan skala prioritas dan menekan salah satu pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan agar tidak terjadi besar pasak dari pada tiang.

Mengatasi Besar Pasak daripada Tiang

Mengatasi Besar Pasak daripada Tiang

Buntut dari melek finansial juga berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup seseorang terutama dalam hal kesehatan. Beberapa masyarakat yang saya temui di lapangan seringkali tidak menyiapkan alokasi dana khusus untuk menjamin kesehatan mereka. Sehingga ketika mereka menghadapi masalah kesehatan yang cukup serius, mereka tidak dapat menanggulangi yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Belajar dari semua pengalaman di atas membuat ku tersadar, aku harus keluar dari zona nyaman. Meskipun aku seorang PNS tidak serta merta membuat ku merasa aman meskipun mendapatkan tunjangan kesehatan dan tunjangan hari tua. Aku tetap ingin mendapatkan perlindungan keluarga yang maksimal termasuk menjamin masa tua nanti. Aku telah bertekad agar ketika pensiun tidak memberatkan keluarga karena masih banyak hal yang ingin aku lakukan diusia senja nanti. Untuk itu aku telah mempersiapkan dana pensiun sejak dini agar mendapatkan pensiun sejahtera.

“Setiap orang pasti akan mengalami pensiun, tetapi mengisi masa pensiun secara produktif dan menjadi pensiun sejahtera adalah pilihan” –Dr. Ade Ahmad Rozi, MBA-

Menurut kamus besar bahasa Indonesia pensiun adalah seseorang yang tidak bekerja lagi karena masa tugas sudah selesai, sedangkan sejahtera adalah aman, sentosa, makmur, dan terlepas dari segala macam gangguan. Sehingga apabila digabungkan maka pensiun sejahtera adalah seseorang yang sudah memasuki masa purna bakti dalam kondisi yang aman dan bebas dari segala gangguan. Bebas dari segala gangguan terutama berkaitan dengan masalah finansial sehingga seseorang yang mendapatkan pensiun sejahtera adalah seseorang dengan kondisi financial freedom. Dalam rangka menggapai pensiun sejahtera nanti aku telah menghimpun dana pensiun dengan mengikutsertakan keuangan pada reksadana saham. Sebagian penghasilan yang aku peroleh dialokasikan khusus untuk mengikuti instrument investasi tersebut. Instrument ini diketahui cocok bagi seseorang dengan karakter agresif. Aku berani mengikuti reksadana saham karena memiliki dua keuntungan yaitu potensi return yang dapat mencapai 30% per tahun dari pergerakan harga saham dan kemudahan berinvestasi. Tetapi tidak ada perencanaan tanpa resiko, kita peru mengetahui segala resiko yang mungkin datang. Untuk jenis investasi ini resiko yang harus aku hadapi adalah nilai investasi yang dapat turun lantaran fluktuasi harga saham yang menjadi portofolionya. Bagi teman-teman yang hendak melakukan investasi maka harus pandai membaca karakter diri. Seseorang dengan karakter konservatif (menginginkan keamanan) maka instrumen yang cocok adalah tabungan berjangka dan deposito, sedangkan bagi seseorang dengan tipe moderat (berkecukupan) maka bentuk investasi yang disarankan adalah emas, tanah, dan properti.

pensiun sejahtera

pensiun sejahtera

Silahkan teman-teman tentukan sendiri tipe investasi apa yang sesuai dengan karakter pribadi masing-masing, tetapi yang jelas menghimpun dana pensiun sejak dini penting untuk dilakukan. Kini tidak hanya PNS, siapapun bisa memiliki dana pensiun asalkan sudah dimulai sejak umur produktif (20-30 tahun) dan bukan menjelang masa pensiun. Bagi teman-teman yang kebingungan dalam mengelola keuangan dan hendak mendapatkan kesejateraan serta perlindungan keluarga, teman-teman dapat mengikutsertakan finansial yang dimiliki melalui perusahaan asuransi terkemuka seperti SUN LIFE.

Sun Life: Life’s Brighter under the Sun

Sun Life adalah perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang telah membangun kekuatan selama lebih dari 140 tahun. Sun Life merupakan bagian dari Sun Life Financial yang merupakan salah satu organisasi keuangan terkemuka di dunia yang didirikan pada tahun 1865 dan berkantor pusat di Toronto, Kanada. Di Indonesia Sun Life Financial telah hadir sejak tahun 1995 dengan menyediakan berbagai program yang lengkap mulai dari produk-produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, termasuk asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua. Misi yang diemban oleh Sun Life adalah ingin memberikan rasa aman dan tenang kepada nasabah untuk mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial. Untuk itu Sun Life memperkenalkan Life’s brighter under the sun yang bermakna bahwa jasa konsultasi perencanaan keuangan, serta solusi masalah finansial yang ditawarkan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan para nasabah. Produk yang ditawarkan oleh Sun Life Indonesia memang ditujukan untuk semua segmen, dari menengah bawah hingga menengah atas. Semua produk jasa yang ditawarkan oleh Sun Life mampu menjawab tiga kebutuhan keuangan yang mendasar yaitu kebutuhan akan perlindungan, kebutuhan akan tabungan dan kebutuhan akan investasi.

Sun Life

Sun Life

Berkaitan dengan pengelolaan dana pensiun, Sun Life dapat membantu nasabah yang ingin menggapai pensiun sejahtera melalui salah satu produknya yaitu Simpanan dan Investasi. Brilliance® Sejahtera adalah salah satu produk simpanan dan investasi untuk mempersiapkan dana hari tua. Brilliance® Sejahtera adalah produk asuransi jiwa yang dikombinasikan dengan investasi yang dapat memenuhi kebutuhan rencana keuangan jangka panjang sesuai dengan profil risiko investasi dan kebutuhan masing-masing individu. Bentuk investasi ini tidak memberatkan karena kita dapat menentukan sendiri besarnya proteksi dan investasi yang diinginkan agar kemapanan finansial dapat terwujud. Harga unit investasi yang kita salurkan melalui Brilliance® Sejahtera akan dihitung secara harian dan kita dapat memantau kinerja dana investasi dibeberapa surat kabar nasional terkemuka atau website Sun Life. Dalam mengelola dana investasi nasabahnya, Sun Life Financial Indonesia bekerja sama dengan manajer investasi terpercaya dan berkelas dunia, yaitu Schroders Investment Management dan Fortis Investment. Maka tak heran apabila setiap tahunnya Sun Life Financial Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan di pasar tempatnya beroperasi.

Bagi nasabah yang hendak menghimpun dana pensiun dengan prinsip syariah, Sun Life juga menyediakan jasa pengelolaan financial secara syariah. Salah satu produk yang dapat mengelola dana untuk hari tua secara syariah adalah Brilliance Hasanah Sejahtera. Sama seperti produk sebelumnya, Briliance Hasanah Sejahtera adalah produk asuransi jiwa dan investasi dengan pembayaran berkala yang dapat membantu kita dalam mencapai kebutuhan keuangan dimasa depan seperti biaya pendidikan, modal usaha, ibadah, pernikahan anak, dana hari tua dan lainnya yang dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Keunggulan produk ini selain fleksible juga memberikan perlindungan asuransi hingga usia 88 tahun.

Apabila kebutuhan dana pensiun sudah terpenuhi, kita juga ingin menggapai kesejahteraan bersama keluarga bukan? Karena tidak ada yang lebih indah selain mengisi usia senja yang bahagia bersama keluarga tercinta.

Pensiun Sejahtera Bersama Keluarga

Selain membantu mewujudkan kesejahteraan nasabahnya, Sun Life juga turut serta memberikan perlindungan keluarga melalui produk bertajuk Proteksi. Salah satu produk dari Sun Life yang diberikan untuk perlindungan keluarga adalah Term Life. Produk ini merupakan program asuransi jiwa yang dapat memberikan keamanan keluarga baik saat ini maupun di masa depan. Keuntungan yang dimiliki oleh Term Life di antaranya kita diberikan keleluasaan memilih masa pembayaran, bebas dalam menentukan pilihan cara pembayaran dan dapat ditambahkan Riders atau asuransi tambahan untuk memperoleh perlindungan yang lebih menyeluruh. Hal ini sejalan dengan misi  Sun Life yang ingin menyediakan keamanan keuangan seumur hidup bagi keluarga Indonesia dengan pendekatan yang menyeluruh (holistic approach).

Usia ku saat ini menjelang 30 tahun, sementara usia pensiun berada tepat 60 tahun sehingga aku memiliki waktu 30 tahun untuk menghimpun dana pensiun sekaligus investasi bagi perlindungan keluarga. Dana pensiun yang sudah mulai aku himpun bila dihitung mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan ku sendiri. Padahal aku ingin pada saat usia senja nanti selain tidak ingin menyulitkan keluarga, aku juga ingin menjamin kehidupan keluarga yang aman dan nyaman. Bila aku kalkulasikan ketika aku pensiun nanti seharusnya anak-anak sudah mandiri dan bekerja, tetapi kita tidak pernah tahu akan segala peluang dan ancaman yang datang dimasa depan. Terlebih dengan tengah berlangsungnya era globalisasi, tantangan di masa depan pasti jauh lebih berat. Terhadap jaminan kesehatan memang saat ini kami sekeluarga sudah ditanggung oleh instansi dan perusahaan tempat kami bekerja, tetapi jaminan ini hanya berlaku hingga anak-anak berusia 25 tahun. Jaminan kesehatan yang diberikan juga terbatas, terkadang kami tetap harus berkontribusi terhadap beberapa faslitas yang tidak masuk dalam jaminan.

mengapa perlu berinvestasi?

mengapa perlu berinvestasi?

Nah, menghadapi kenyataan tersebut aku pun harus memetakan kembali kebutuhan finansial secara menyeluruh agar mendapatkan pensiun sejahtera sekaligus perlindungan keluarga. Berikut adalah beberapa langkah yang harus aku lakukan terhadap kondisi finansial keluarga:

  1. Memetakan kembali kebutuhan mulai dari jangka pendek, menengah hingga jangka panjang
  2. Sesuaikan kebutuhan tersebut dengan kalkulasi keuangan yang dimiliki beserta kemungkinan yang dimiliki
  3. Tentukan skala prioritas terhadap kebutuhan yang utama, dan lakukan penekanan terhadap kebutuhan yang bukan prioritas
  4. Memberikan porsi keuangan untuk melakukan investasi. Investasi ini disesuaikan dengan tujuan yang ingin dipenuhi seperti penghimpunan dana pensiun, perlindungan keluarga, dana pendidikan dan lain sebagainya
  5. Lakukan monitoring dan evaluasi terhadap kondisi keuangan, bila terjadi kebocoran alias besar pasak dari pada tiang maka perlu dilakukan kaji ulang terhadap rencana keuangan yang sudah ada.

Apabila kelima hal tersebut dapat aku penuhi maka impian mendapat pensiun sejahtera juga dapat terpenuhi. Membayangkan diri menikmati usia senja bersama keluarga tercita tanpa terbebani masalah finansial pasti sangat membahagiakan. Jika jiwa merasa bahagia maka raga pun ikut bahagia, saat itu kesehatan tubuh juga turut mengikuti. Dengan memiliki jiwa yang bahagia serta kesehatan yang mendukung maka impian-impian yang ingin dicapai saat usia senja pasti dapat tercapai pula, dan saat itu kita dapat merasakan yang namanya pensiun sejahtera. Jadi masih ragu untuk melakukan investasi sejak dini? Mari kita mulai berinvestasi saat ini juga agar tidak ada sesal dikemudian hari.

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

4 thoughts on “Menggapai Pensiun Sejahtera Sejak Dini

  1. Seperti biasa tulisanmu selalu kereeen maak🙂 Aku juga mulai mempersiapkan pensiun, nasib wirausaha hehehe

    Posted by rahmiaziza | October 25, 2014, 2:21 pm
  2. orang tuaku masih marah karena aku gak jadi pns, malah memilih tidak bekerja sama sekali… alasan orang tuaku, nanti tua gak dapet pensiun… huhuhuhu

    mudah-mudahan pilihanku tidak salah, tapi aku juga harus mulai siap-siap nih punya tabungan pensiun sendiri…

    sukses lombanya mak😉

    Posted by Rinrin Irma | October 26, 2014, 4:25 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: