//
you're reading...
Contest

Liburan Seru Bersama Alfi

pulau bidadari

Meskipun sekarang sudah masuk kerja tetapi nuansa liburan masih kental terasa. Libur lebaran kemarin keluarga kecil kami tidak kemana-mana dan hanya menghabiskan waktu di Bogor saja karena baru akan mudik bulan depan nanti. Walaupun begitu, kami memiliki pengalaman seru ketika liburan ke pantai bulan Mei lalu. Mengapa seru? Karena ini merupakan pengalaman pertama Alfi pergi ke pantai.

Sebagai anak daratan yang jauh sekali dari pantai, sudah bisa ditebak tho bagaimana senangnya Alfi, anak semata mayang kami saat ini. Sejak berada di dalam Commuter Line saja dia sudah ketawa-ketiwi apalagi ketika sudah berada di dalam speed boat. Alfi kecil beberapa kali teriak ketika melihat kapal laut dari speed boat yang kami tumpangi.

Setelah 15 menit perjalanan menggunakan speed boat akhirnya kami tiba juga di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu. Alfi kecil langsung kocar-kacir menyusuri bibir pantai. Namanya juga anak kecil, dia sudah tak sabar untuk bermain di pasir putih Pulau Bidadari. Di sana kami mengumpulkan kerang laut yang akan di bawa pulang ke rumah. Saking senangnya, dia tak sadar kalau sudah tengah hari yang artinya sudah masuk waktu istirahat. Kami pun beristirahat sejenak di dalam kamar dekat dengan bibir pantai.

Sore hari sambil menunggu waktu terbenamnya matahari, kami menyusuri beberapa spot Pulau Bidadari seperti Benteng Martelo, floating cottage, bermain bersama lumba-lumba serta menikmati permainan yang ada. Alfi suka sekali bermain ayunan dan jungkat-jungkit. Saya sampai pegal bermain sama Alfi. Namun sore itu ditutup dengan indah berkat pemandangan eksotis sunset kepulauan seribu.

http://picasion.com/Itu adalah sedikit kisah ketika kami sekeluarga berlibur ke Pulau Bidadari. Sebenarnya saya dan suami lebih senang berlibur ke daerah dingin yang banyak hijauannya di bukit atau pegunungan. Tapi Alfi kecil kan belum bisa diajak untuk jalan-jalan ala kami ke gunung dan bukit-bukit. Dan itu menjadi liburan impian kami bersama Alfi jika dia sudah lebih besar nanti.

Liburan Impian: Trekking Seru Bersama Alfi

“Nanti kalau sudah besar kita ajak Alfi ke sini ya, terus juga ke tempat ini” begitu saya dan suami memiliki cita-cita untuk mengajak Alfi trekking bersama ke bukit-bukit atau gunung-gunung yang indah. Kami ingin mengajarkan Alfi untuk mencintai alam sejak dini. Sekarang karena masih belum bisa, kami hanya mengajaknya ke tempat yang bernuansa alam terdekat saja. Kemarin saya baru saja mengajaknya ke Kebun Raya Bogor. Dia suka sekali melihat pepohonan besar yang ada di sana. Kadang juga kami mengajaknya ke Eco Park LIPI yang ada di dekat rumah agar dia bebas bermain di taman yang hijau tersebut.

Gunung cikuray

untuk Alfi yang belum bisa ikut mama dan ayah hiking ke gunung, suatu hari di Gunung Cikuray

Ada satu rencana lagi yang ingin sekali kami lakukan pada saat liburan yaitu mengunjungi situs Gunung Padang di Cianjur. Tempatnya hijau di atas bukit namun tidak terlalu ekstrim untuk Alfi. Apalagi Cianjur dekat dengan rumah Bapak Aki dan Emah Neneknya Alfi, jadi kami bisa sekaligus mengunjungi orang tua jika hendak pergi ke sana.

Trekking seru bersama Alfi adalah keinginan yang ingin kami lakukan untuk mengajaknya mengenal alam. Beberapa kali kami berseru “andai Alfi bisa melihat indahnya pemandangan di sini” ketika kami sudah sampai di puncak pada saat hiking. Mudah-mudahan cita-cita tersebut dapat terealisasi suatu hari nanti. Sekarang Alfi kecil hanya menikmati saja foto-foto indah di beberapa gunung yang sudah didaki oleh ayah dan mamanya. Dia senang sekali lho melihat gumpalan awan yang ada di dalam foto. Apalagi kalau melihat aslinya ya.

Lalu Kalau ke Pantai Terlalu Jauh dan ke Gunung Belum Bisa, Mau Liburan ke Mana dong?

Saya sudah pernah cerita pada suatu postingan kalau Alfi sangat tertarik dengan dunia infrastuktur. Dia senang sekali melihat gedung-gedung bertingkat, jalan layang, jembatan, crane beserta alat-alat konstruksi lainnya. Jika pada saat weekend kami tidak ada rencana untuk piknik atau jalan-jalan ke alam raya, maka kami sering mengajaknya ke Kota Bogor, Depok atau Jakarta yang ada gedung bertingkatnya. Dia sudah sangat senang sekali ketika melihat gedung-gedung tersebut. Apalagi jika melihat crane dan bulldozer, dijamin deh dia bakalan menonton sampai bulldozernya berhenti. Alfi akan terus bertanya, “itu apa? Bulldozernya sedang apa? Crane sedang mengangkut apa?” dan lain sebagainya.

Gedung tinggi

Alfi serius memperhatikan gedung tinggi yang ada di Jakarta

Beruntung di Bogor juga sudah ada beberapa bangunan apartemen yang sedang dibangun jadi tak perlu lagi ke Jakarta. Saya dan suami kemarin mengajaknya berkeliling Bogor untuk melihat bangunan tersebut. Ketimbang pergi ke wahana permainan, dia lebih suka melihat tingginya gedung-gedung tersebut.

Wisata Kuliner juga Menjadi Pilihan untuk Berlibur

Alfi penggemar es teller dan juga aneka sajian duren. Jika pada saat libur tidak ada rencana mengunjungi tempat-tempat tertentu, maka wisata kuliner menjadi pilihan kami. Es teller mudah ditemukan pada beberapa mall, kami bisa mengajak Alfi sambil berbelanja kebutuhan rumah. Jika sedang tidak ingin wisata kuliner di mall, kami sengaja mendatangi beberapa tempat kuliner yang asik dan disukai Alfi. Kemarin dia senang sekali ketika berwisata kuliner yang memberikan sajian sop duren. Alfi dan ayah sangat lahap mengkonsumsi sop duren tersebut, sedangkan saya cukup melihat mereka berdua saja karena saya tidak terlalu suka duren. Duhhh payah ya? Hehe.

Sop Duren

Wisata Kuliner Sop Duren

Ada cita-cita lain yang ingin kami capai juga ketika liburan bersama Alfi yaitu jalan-jalan ke luar Pulau Jawa dengan menggunakan pesawat atau kapal, syukur-syukur jika kami bisa jalan-jalan ke luar negeri juga. Aamiin.

Nah ada satu daerah yang ingin kami kunjungi yaitu Provinsi Kepulauan Riau dengan objek wisata alam berupa bentangan pantai yang sangat indah. Jika kami bisa pergi ke Kepulauan Riau, kami ingin mengunjungi pulau terluasnya yaitu Pulau Bintan. Sepertinya Bintan Resort menjadi pilihan yang menarik untuk berlibur di sana. Nuansa eksotis resort dan lokasinya yang dekat dengan pantai memberikan daya tarik tersendiri bagi kami. Berlibur di sana pasti seru. Alfi bisa bermain di pasir putih yang ada di pantai Pulau Bintan, ayah bisa melakukan hobi snorkelingnya, kalau saya? Saya siap mengabadikan setiap sudut indah beserta moment yang ada di Pulau Bintan. Kemudian jika wisata alamnya sudah terpenuhi kita juga bisa berwisata sejarah serta kuliner yang ditawarkan oleh pulau eksotis ini.

Memang paling seru jika liburan bersama keluarga ya, apalagi kalau berpetualang bersama. Nanti kalau sudah punya tenda sendiri, kami mau mencoba liburan di rumah saja dengan berkemah di atap rumah supaya bisa menatap indahnya langit malam. Sepertinya seru juga ya.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

26 thoughts on “Liburan Seru Bersama Alfi

  1. seru banget mba liburan bareng keluarga kecilnya🙂

    Posted by ipah kholipah | July 24, 2015, 7:37 am
  2. travelling bersama anak memang gak ada habisnya buat diceritain ya mak ;D
    seru dan pastinya berkesan banget buat si anak. sukses ngontesnya \^^/

    Posted by Andy Hardiyanti Hastuti | July 24, 2015, 4:39 pm
  3. Ih…afi sama kayak aku mb…nggak doyan duren…. * tp jadinya malah ngirit….hi..hi

    Posted by bunda raka alya | July 24, 2015, 8:04 pm
  4. seru sekali pengamalan liburannya😉

    Posted by turiscantik | July 25, 2015, 3:11 am
  5. Di Bekasi sekarang udah banyak loh gedung-gedung tinggi. Apartemen, hotel, mall. Alfi main ke Bekasi dong, mampir ke rumah aunty nanti aunty ajak deh jalan-jalan liat gedung-gedung tinggi. Mama sama Ayah juga boleh ikut ^____^

    Posted by Suci | July 25, 2015, 3:28 am
  6. KAlau ke Batam,colek2 ya mak,siapa tau pas saya lagi di Batam hehehe….jangan lupa ke Bintan,keren pokoknya^^

    Posted by HM Zwan | July 25, 2015, 4:17 am
  7. pastinya si ALfi seneng banget diajak mbolang ama bundanya yang suka traveling🙂

    Posted by cputriarty | July 25, 2015, 5:45 am
  8. Bene mbak,liburan breng kluarga tercint emang paling seru….

    Posted by Adi pradana | July 26, 2015, 1:52 am
  9. Sepertinya yg terakhir layak dicoba nih Mbak. Liburan di rumah saja, pasang tenda di atap rumah, menatap langit berbintang di malam hari…

    Salam,

    Posted by Titik Asa | July 28, 2015, 11:21 pm
  10. Nanti kalo Alfi nya udah gede, diajak naik gunung juga ya mak?

    Posted by punyapista | August 16, 2015, 10:02 am
  11. Wah enak dong bisa liburan sama keluarga ya mba.. Jadi kepengen juga saya.🙂

    Posted by ~Sati~ | August 27, 2015, 11:47 am
  12. asik bgt kayaknya, gak kbayang ntar kalo Alfi dah gede n liat btapa konyol n asiknya papa mamanya, hahahaa

    Posted by dedy oktavianus pardede | August 28, 2015, 12:00 pm
  13. Semoga terkabul ya, Mbak, ke Bintan… aamiin…

    Posted by akhmad muhaimin azzet | September 15, 2015, 3:17 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: