//
you're reading...
Contest

Social Media Commerce, Jurus Jitu untuk Maju

Social Media Commerce

A: “Ngapain sob? Sibuk amat kayanya?”

B: “Hooo engga kok lagi balesin notifikasi aja”

A: “Wah hebat nih panglaris jualannya”

B: “Alhamdulillah sih tapi lagi agak lesu nih, ini mah balesin notifikasi Facebook kok”

A: “Wah hebat atuh, ngomong-ngomong hp baru ya?”

B: “Iya ini Smartfren Andromax C2” hp khusus online buat kerja ane nih”

A: “Wuihhh temannya udah banyak tuh, sayang banget kalau social medianya ‘gak dimanfaatin maksimal”

B: “Maksudnya gimana?”

A: “Ane kasih tau lebih rinci ya”

social media

A: “Melihat fakta tersebut apa yang bisa ente simpulkan sob?”

B: “Peluang pasar yang sangat besar”

A: “Betul banget, nah ente tau tuh. Makanya melihat peluang social media (socmed) yang ente miliki harusnya bisa meningkatkan omset penjualan ente lho. Nih ane kasih tau beberapa fakta lagi yang bakalan bikin ente segera bertindak”.

Social media

Faktanya kebanyakan orang sering menggunakan socmed selama 4,8 jam untuk sharing, dan 81% orang akan terpengaruh akan postingan teman mereka terhadap suatu produk sebelum membeli produk tersebut. Bahkan sebanyak 74% perusahaan sudah merekomendasikan produk melalui twitter agar bersentuhan langsung dengan para konsumen yang menjadi followernya.

Nah, kalau ente bisa memanfaatkan social media untuk meningkatkan omset penjualan itu tepat banget sob dan ini yang dinamakan dengan Social Media Commerce yang bertujuan untuk mewujudkan penjualan.

Dulu, kebanyakan orang lebih senang mencari info melalui Mbah Google, tapi sekarang berbeda sob, kebanyakan lebih memilih media sosial untuk mencari informasi. Di media sosial, kalau orang sudah suka dengan postingan kita, mereka tinggal klik suka atau kasih tanda love atau di retweet. Kemudian postingan kita itu dengan mudahnya di share oleh teman-teman yang dampaknya bisa menjadi viral. Jika viralnya positif bayangin deh omset penjualan ente bakalan naik drastis daripada sekarang.

Tetapi nih sob karena ente menggunakan socmed untuk berbisnis, ente harus hati-hati sob karena socmed itu itu bagaikan pisau bermata dua. Kalau ente benar dalam penggunaannya serta tidak mudah di hack tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar. Namun sebaliknya nih, socmed akan membahayakan jika tingkat keamanan akun kita tergolong rendah. Kalau akun ente kena hack kan bisa bahaya, nama ente jelek, branding yang udah ente bangun dengan susah payah jadi rusak deh.

B: “Hmmm betul juga ya sob, sayang banget kalo ane tidak memanfaatkan peluang yang ada, eh ngomong-ngomong kok tau banget sih soal social media commerce ini?”

A: “Iya minggu lalu kan ane habis belajar tentang Social Media Commerce di Kelas Bogor bersama dengan Blogger Bogor, makanya ane paham sob”.

Kelas Bogor Sumber: @KelasBogor

B: “Oh pantesan, btw ane sebenarnya sudah memanfaatkan socmed untuk promosi produk sih, tapi ane sungkan juga posting tentang produk di timeline ane. Khawatir aja ada yang merasa terganggu gitu”

A: “Kayanya perlu ane kasih tau lagi nih sob mengenai salah satu platform jual beli yang memanfaatkan socmed”

Ane kenalin nih sob dengan salah satu platform jual beli yang cocok buat ente. Ente kan demen memanfaatkan socmed ya, mendingan bergabung bersama Jualio deh untuk memasarkan produk melalui socmed. Jualio adalah sebuah platform jual beli melalui media sosial yang dilengkapi dengan alat berbayar. Kita bisa menjual dan membeli apapun juga mulai dari produk digital (e-book, foto, ilustrasi, komik, lagu, dan lain-lain) hingga produk non-digital seperti tiket, barang baru ataupun bekas, buku, kaos, merchandise, dan lain-lain.

Jualio yang bermakna ‘jualan yuk’ ini hadir di Indonesia untuk menjadi platform khusus yang memanfaatkan socmed sebagai alat perdagangan. Jadi ente bisa langsung menjual produk melalui socmed yang dimiliki seperti Facebook, Twitter dan Instagram hanya dengan satu kali posting saja di website Jualio. Sama seperti platform lainnya, Jualio juga merupakan platform untuk jual beli online yang mekanisme transaksinya melalui media sosial.

Jualio

Ente pasti agak pusing ya sob sama pembeli yang sering bertanya ini itu tapi belum tentu jadi membeli. Itu mereka tidak terlalu salah juga sih karena mungkin produk yang ente jual deskripsinya kurang lengkap sob. Nah, kalau ente menggunakan Jualio sebagai partner bisnis, ente tidak usah pusing karena nanti ada kolom deskripsi berikut foto yang memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada teman-teman di socmed ente. Terus kalau temen ente suka nih bisa langsung klik produk tersebut dan langsung dihubungkan dengan kolom pembelian supaya bisa langsung transaksi tanpa harus ribet pencet sana-sini lagi.

B: “Oh gitu ya sob, tapi Jualio ini sudah terpercaya belum ya?”

A: “Wuihh tenang sob, masa iya ane kasih yang main-main buat sobat ane”

Berdasarkan keterangan CEO Jualio yaitu Bapak Nukman Lutfie, layanan yang ada di Jualio ini aman karena semua transaksi akan melalui Jualio terlebih dahulu, mulai dari pemesanan barang hingga pada saat barang sudah berada di tangan pembeli. Kemudian untuk menjadi penjual di Jualio ini tak mudah lho, karena nanti ada tim yang melakukan riset terhadap perilaku calon penjual di media sosial. Kalau nanti si calon penjual ini banyak mendapatkan respon positif dari teman-teman di akun socmednya maka dia bisa lolos jadi penjual. Begitu lho.

B: “Wah menarik banget nih sob, terus kalau ane mau daftar di Jualio bagaimana nih sob?”

A: “Mana coba hp Smartfren Andromax C2” nya? Kita pake hp aja ya buat daftarnya, bisa kok.

Jualio

Buka situsnya Jualio, lalu pilih media sosial yang akan dijadikan tempat untuk berjualan. Kemudian masukkan informasi, jumlah, dan harga produk yang ingin dijual pada kolom yang tersedia dan lanjutkan proses selanjutnya dengan klik submit produk. Nanti produk yang sudah di submit akan secara otomatis terpasang pada akun socmed yang dipilih ente sob.

Kalau ente mau tau lebih banyak lagi mending daftar aja ya sob, soalnya nanti akan mendapatkan berbagai macam fasilitas seperti Infrastruktur toko online yang hanya muncul dipostingan akun media sosial masing-masing dengan landing-page langsung ke Jualio. Kemudian ada juga layanan Manajemen produk, Manajemen media sosial, Analitik media sosial dan Payment Gateway.

O iya ada sedikit oleh-oleh lagi dari Mas Fahmi Jualio sewaktu mengikuti Kelas Bogor kemarin, tentang membangun sebuah brand. Kalau ente mau membangun membangun brand maka harus memperhatikan empat hal berikut ini yaitu:

    1. Growth: tingkatkan followers, share, like dan lain-lain melalui media social
    2. Engagement: kita harus merespon followers
    3. Sentiment: penilaian terhadap brand, jika ada efek negatif maka langsung diperbaiki
    4. Leads: jangan dibombardir dengan produk jualan terus, berikan info dan tips yang dapat membuat followers menjadi betah

A: “Eh ngomong-ngomong Smartfren Andromax C2nya boleh juga nih, kenapa ente milih Smartfren jenis ini sob”

B: “Ane butuh smartphone dalam waktu cepat tanpa harus nabung dulu buat kerja sob, makanya pilih Smartfren deh. Gantian ane yang jelasin nih”

This slideshow requires JavaScript.

Ane pilih Smartfren Andromax C2 soalnya harganya terjangkau tapi kaya akan fungsi. Dengan harga smartphone di bawah satu juta ane sudah bisa mendapatkan kenyamanan pada saat browsing. Ane bisa memanfaatkan multimedia ataupun bermain games berkat dukungan  4.0 Inch LCD dengan resolusi WVGA. Kameranya juga cukup dengan ukuran 3.0 MP. Kemudian ini yang ane butuhin sih, dukungan fasilitas Dual On EVDO + GSM yang aktif bersamaan. Nomor satunya untuk ngenet, satunya lagi untuk nomor kerja kalau ada pesanan gitu. O iya dengan harga semurah ini kemampuan prosesornya cukup mumpuni berkat dukungan Snapdragon Dual Core 1.2 Ghz serta dukungan GPU Adreno 302 yang memberikan tampilan lebih baik saat bermain games atau menonton video.

A: “Oke thanks infonya ya sob, seneng nih bisa ngobrol sama ente”

B: “Sama-sama sob ane juga seneng”

A: “Oke deh ane mau lanjut lagi nih, sukses terus buat usahanya ya, ane pergi dulu sob”

B: “Oke sama-sama sob hati-hati ya”

Mereka pun berpisah sambil membawa informasi yang berharga pada diri masing-masing. Ada satu catatan penting yaitu manfaatkanlah social media yang dimiliki, apalagi sudah didukung dengan smartphone yang mumpuni. Social media commerce merupakan salah satu jurus jitu untuk maju menggapai kesejahteraan.

Social Media

Sumber Informasi:

Materi yang disampaikan pada Kelas Bogor hari Sabtu, tanggal 29 Agustus 2015 Tentang Social Media Commerce.

 

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

26 thoughts on “Social Media Commerce, Jurus Jitu untuk Maju

  1. Baru denger ada Jualio. Sama gak dengan tokopedia?

    Posted by leylahana | September 7, 2015, 9:56 pm
  2. Makasihmba ilmunya ya, mba…jd tertarik maksimalkan medsos ku nih…

    Posted by dwina | September 7, 2015, 11:37 pm
  3. Wahh. Saya baru dengar mbak. Tapi nama Pak Nukman dah sangat terkenal. Jadi penasaran nih.

    Posted by Catatan Pikiran Random | September 8, 2015, 12:48 am
  4. sosmed untuk bisnis…setuju banget deh aku mbak….

    Posted by Dwi Puspita | September 8, 2015, 5:54 am
  5. Lagi belajar buat ke arah sini, sosmed untuk bisnis. Enak yang di bogor dan sekitarnya dapat ilmu langsung dari pakarnya

    Posted by Sandi Iswahyudi | September 8, 2015, 9:38 am
  6. keren kali infografisnya makk…uhuyy
    gut lak yaa🙂

    Posted by inna riana | September 8, 2015, 9:41 am
  7. wiss tambah banyak juga nih alternatif untuk jualan, memang sih peran socmed itu sangat berpengaruh, melihat kebanyakan orang sudah punya smartphone jadi ada peluang besar untuk dijadikan lapak jualan,heu

    Posted by awen | September 10, 2015, 6:34 am
  8. Saya juga lagi belajar untuk bisa memanfaatkan sosial media dengan baik ini, Mbak, di samping jualan tahu susu bakso, juga jualan buku bekas🙂

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | September 11, 2015, 1:48 am
  9. infografisnya keren mbak, bikin pakai software atau situs apa?🙂

    Posted by Dee | September 11, 2015, 3:02 am
  10. ecommerce memudahkan kita2 yang mau bisnis lebih mudah dan .. lebih murah .. memasarkan produk2nya
    semakin banyak situs ecommerce .. jadi pilihannya lebih banyak ya mba … atau semuanya aja kita masukin … he he

    Posted by bersapedahan | September 16, 2015, 1:06 am
  11. semangat lagi klo ada yang nulis soal beginian mbak..yuk bisnis

    Posted by mysukmana | November 12, 2015, 8:16 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: