Jalin Silaturahim Melalui Arisan Keluarga

arisan-keluarga
Saya dan sepupu yang sudah pada dewasa sekali

Pada suatu sore saya sempat terenyuh berkat perkataan mama mengenai saya yang jarang mengunjungi Mbah. Mama benar adanya, saya lebih sering bepergian ke sana-sini hingga puncak gunung tapi melupakan untuk mengunjungi Mbah yang ada di Semarang, Ngawi dan Sragen. Saya semakin merasa bersalah ketika mengingat bahwa sejak tahun 2007 saya belum pernah lagi mengunjungi Mbah. Pasti semuanya sangat berubah, Mbah dan kondisi kampung halaman sewaktu kecil dulu. Untuk mengobati perasaan bersalah tersebut, maka tahun lalu saya mengunjungi Mbah sambil Nostalgia di Semarang.

Benar saja kan, banyak perubahan terjadi di kampung halaman. Lingkungan di sekitar tempat tinggal Mbah sudah mulai padat. Sawah yang dulu menjadi tempat bermain kini terhalang tembok. Dan yang lebih membuat saya terenyuh lagi adalah ternyata Mbah sudah bertambah tua.

Dari situ saya mulai sadar, untuk tetap menjalin silaturahim terutama kepada saudara sendiri. Akhirnya melalui rapat keluarga, kami semua memutuskan untuk mengaktifkan arisan keluarga yang digagas oleh para cucu-cucu Mbah. Arisan ini selain bermanfaat untuk menjaga tali silaturahim, juga dapat menjadi ajang bertukar pikiran dan melebarkan bisnis.

Arisan perdana sudah dijalankan pada bulan Februari 2016 lalu bertempat di rumah Mbak Dwi sepupu saya yang tinggal di Ciseeng Bogor. Di arisan pertama, kami saling bertukar pendapat dan memandang satu sama lain karena menyadari bahwa kami sudah lama tidak bertemu. Dulu, kami sering berkumpul pada saat hari raya saja, kini kami bisa berkumpul selama dua bulan sekali pada saat digelarnya arisan. Dan bulan April 2016 giliran adik saya yang menjadi tempat untuk arisan karena nama adik sudah keluar pada saat kocokan pertama. Nanti giliran saya yang akan menjadi tuan rumah jika nama saya yang keluar pada kocokan berikutnya.

arisan-keluarga
Arisan perdana

Saya ingin sekali ketika arisan atau kumpul keluarga tidak hanya duduk, ngobrol dan makan-makan. Tetapi bingung juga mau dibuat acara seperti apa bagusnya karena rata-rata konsepnya seperti itu. Saya inginnya ada sesi sharing dari masing-masing anggota, siapa tau dapat menginspirasi orang lain.

Semoga arisan yang berlangsung setiap dua bulan sekali ini dapat berlangsung lancar. Meskipun tempatnya nanti berpindah-pindah, tidak menjadi halangan untuk kami dapat berkumpul bersama. O iya Mbah senang lho mendengar berita kami melakukan arisan keluarga. Akhirnya cucu-cucunya dapat kembali berkumpul bersama meskipun sudah berpencar di beberapa daerah.

Advertisements

24 thoughts on “Jalin Silaturahim Melalui Arisan Keluarga

  1. Kalo aku kangen sama Bapak kadang langsung aja cus..pulang ke Purworejo, ato kadang2 ke Solo dulu ke tempatnya Arinta baru pulang bareng ke Purworejo. Hari Minggu kemarin juga kebetulan baru ngumpul di rumah Bapak..eh sekarang sudah kangen lagi.

  2. Benar sekali. Arisan keluarga merupakan salah satu media yang ampuh untuk menjaga dan memelihara silaturahmi. Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai arisan menjaga ajang untuk unjuk gigi tentang kelebihan masing-masing.
    Salam hangat dari Jombang

  3. Ngumpul keluarga gini memang sebaiknya diagendakan rutin
    terutama buat anak-anak agar lebih kenal saudaranya

    Tapiiii…….klo jauh-jauhan kayak saya semua keluarganya piye?
    minimal ngobrol via telp deh hiks
    klo ada rejeki bolehlah mudik sesekali sekalian sungkem sama orang tua

  4. Kalau saya selalu berusaha minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan sekali pulang kampung halaman nengok bapak, bibi dan nenek. Untuk silaturahim keluarga kami juga ada arisan 3 bulanan trus kalau untuk mengunjungi saudara kandung hampir tiap minggu bergantian karena kebetulan kakak sama adik ada di tangerang semua walaupun berjauhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s