//
you're reading...
Other

Jalin Silaturahim Melalui Arisan Keluarga

arisan-keluarga

Saya dan sepupu yang sudah pada dewasa sekali

Pada suatu sore saya sempat terenyuh berkat perkataan mama mengenai saya yang jarang mengunjungi Mbah. Mama benar adanya, saya lebih sering bepergian ke sana-sini hingga puncak gunung tapi melupakan untuk mengunjungi Mbah yang ada di Semarang, Ngawi dan Sragen. Saya semakin merasa bersalah ketika mengingat bahwa sejak tahun 2007 saya belum pernah lagi mengunjungi Mbah. Pasti semuanya sangat berubah, Mbah dan kondisi kampung halaman sewaktu kecil dulu. Untuk mengobati perasaan bersalah tersebut, maka tahun lalu saya mengunjungi Mbah sambil Nostalgia di Semarang.

Benar saja kan, banyak perubahan terjadi di kampung halaman. Lingkungan di sekitar tempat tinggal Mbah sudah mulai padat. Sawah yang dulu menjadi tempat bermain kini terhalang tembok. Dan yang lebih membuat saya terenyuh lagi adalah ternyata Mbah sudah bertambah tua.

Dari situ saya mulai sadar, untuk tetap menjalin silaturahim terutama kepada saudara sendiri. Akhirnya melalui rapat keluarga, kami semua memutuskan untuk mengaktifkan arisan keluarga yang digagas oleh para cucu-cucu Mbah. Arisan ini selain bermanfaat untuk menjaga tali silaturahim, juga dapat menjadi ajang bertukar pikiran dan melebarkan bisnis.

Arisan perdana sudah dijalankan pada bulan Februari 2016 lalu bertempat di rumah Mbak Dwi sepupu saya yang tinggal di Ciseeng Bogor. Di arisan pertama, kami saling bertukar pendapat dan memandang satu sama lain karena menyadari bahwa kami sudah lama tidak bertemu. Dulu, kami sering berkumpul pada saat hari raya saja, kini kami bisa berkumpul selama dua bulan sekali pada saat digelarnya arisan. Dan bulan April 2016 giliran adik saya yang menjadi tempat untuk arisan karena nama adik sudah keluar pada saat kocokan pertama. Nanti giliran saya yang akan menjadi tuan rumah jika nama saya yang keluar pada kocokan berikutnya.

arisan-keluarga

Arisan perdana

Saya ingin sekali ketika arisan atau kumpul keluarga tidak hanya duduk, ngobrol dan makan-makan. Tetapi bingung juga mau dibuat acara seperti apa bagusnya karena rata-rata konsepnya seperti itu. Saya inginnya ada sesi sharing dari masing-masing anggota, siapa tau dapat menginspirasi orang lain.

Semoga arisan yang berlangsung setiap dua bulan sekali ini dapat berlangsung lancar. Meskipun tempatnya nanti berpindah-pindah, tidak menjadi halangan untuk kami dapat berkumpul bersama. O iya Mbah senang lho mendengar berita kami melakukan arisan keluarga. Akhirnya cucu-cucunya dapat kembali berkumpul bersama meskipun sudah berpencar di beberapa daerah.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

24 thoughts on “Jalin Silaturahim Melalui Arisan Keluarga

  1. Mirip2 ya mbak ev

    Posted by Liza Fathia | March 30, 2016, 10:39 am
  2. Semoga arisannya lancar.
    Aku ngebayanginnya malah seru karena pindah-pindah.

    Posted by Afifah Mazaya | March 30, 2016, 10:52 am
  3. Kalo nggak diagendakan bisa2 silaturahm keluarga jadi terabaikan ya Ev

    Posted by winny widyawati | March 30, 2016, 11:02 am
  4. Kalo aku kangen sama Bapak kadang langsung aja cus..pulang ke Purworejo, ato kadang2 ke Solo dulu ke tempatnya Arinta baru pulang bareng ke Purworejo. Hari Minggu kemarin juga kebetulan baru ngumpul di rumah Bapak..eh sekarang sudah kangen lagi.

    Posted by Ika Puspitasari | March 30, 2016, 12:10 pm
  5. Benar sekali. Arisan keluarga merupakan salah satu media yang ampuh untuk menjaga dan memelihara silaturahmi. Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai arisan menjaga ajang untuk unjuk gigi tentang kelebihan masing-masing.
    Salam hangat dari Jombang

    Posted by Pakde Cholik | March 30, 2016, 12:29 pm
  6. Ngumpul keluarga gini memang sebaiknya diagendakan rutin
    terutama buat anak-anak agar lebih kenal saudaranya

    Tapiiii…….klo jauh-jauhan kayak saya semua keluarganya piye?
    minimal ngobrol via telp deh hiks
    klo ada rejeki bolehlah mudik sesekali sekalian sungkem sama orang tua

    Posted by itsmearni | March 30, 2016, 5:07 pm
  7. Kalau saya selalu berusaha minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan sekali pulang kampung halaman nengok bapak, bibi dan nenek. Untuk silaturahim keluarga kami juga ada arisan 3 bulanan trus kalau untuk mengunjungi saudara kandung hampir tiap minggu bergantian karena kebetulan kakak sama adik ada di tangerang semua walaupun berjauhan.

    Posted by edi padmono | March 30, 2016, 10:45 pm
  8. Wah seru tuh mbak ngumpul2 sambil arisan🙂

    Posted by Iman Lukman | March 31, 2016, 1:24 am
  9. Wah seru yah acaranya, menjalin silaturahmi bisa dimana saja dan dalam keadaan apasaja agar jalinan silaturahmi tetap erat🙂

    Posted by Wida Zee | March 31, 2016, 1:34 am
  10. awalnya di keluarga besar kami juga menyelenggarakan arisan keluarga🙂

    Posted by Jarwadi MJ | March 31, 2016, 1:41 am
  11. Jalin silaturahmi bsa mendatangkan rezeki mbak..alhamdulillah sampai saat ini silaturahmi keluarga besar masih tetap berjalan 3 bulan sekali..🙂

    Posted by syamsul alam | April 8, 2016, 4:09 am

Leave a Reply

