//
you're reading...
Blogging

Mengoptimalkan Diri Ketika Datang ke Acara Blogger

image

Tulisan ini dibuat ketika saya sedang dinas ke Bandung dan tanpa menggunakan laptop. Ternyata saya bisa juga menulis melalui smartphone *kemana aja kau ev. Jadi maaf kalau ada typo dan masih belum rapih.

Yuk ah kita mulai…..

Suatu hari ada seorang teman yang mengatakan kepada saya terkait dengan kopdar blogger. Teman saya tersebut bertanya apakah saya sering datang ke acara atau event yang mengundang blogger termasuk kopdarnya. Saya kemudian menjawab bahwa saya jarang datang ke acara blogger. Lalu teman saya tersebut langsung mengatakan bahwa ada dua kemungkinan yang menyebabkan seorang blogger jarang datang ke acara. Pertama karena memang lokasinya terlalu jauh, kedua karena blogger tersebut ekslusif jadi hanya akan datang ke acara-acara tertentu.
Teman saya ini sepertinya agak menyimpulkan kalau saya termasuk ke alasan yang kedua. Padahal aslinya tidak begitu lho. Alasan saya kenapa jarang datang ke event atau kopdar blogger itu karena beberapa hal di bawah ini:

1. Lokasinya jauh dari tempat tinggal sehingga memerlukan beberapa pertimbangan.
Umumnya event yang mengundang blogger sering berlangsung di Jakarta. Nah kalau lokasinya di Jakarta bukan berarti saya tidak mau datang, ketika saya bisa datang dan sedang fit insyaa Allah pasti datang, soalnya ke Tangerang Selatan yang lebih jauh aja bisa kok. Terus ke ujung Jakarta sewaktu berlangsung acara one day tour juga bisa datang. Hanya saja faktor jarak tempuh dan juga kesesuaian kondisi badan menjadi salah satu pertimbangan untuk menempuh lokasi berlangsungnya acara.

2. Kesesuaian waktu pelaksanaan
Seringnya acara yang melibatkan blogger berlangsung pada hari kerja sehingga hanya weekend saja waktu yang bisa saya sempatkan untuk mengikuti acara. Tetapi ada juga saatnya saya mengikuti acara meskipun hari kerja asalkan saya pas bisa menghadirinya.

3. Kondisi badan sedang fit
Bekerja seharian sejak senin hingga jumat di lapangan terkadang membuat saya merasa kelelahan sehingga sabtu dan minggu saya dedikasikan untuk meliburkan diri dari rutinitas. Tetapi ada kalanya saya tetap berangkat ke suatu acara apabila memang memungkinkan.

4. Mendapatkan izin dari keluarga untuk keluar diakhir pekan
Pada hari kerja, saya sudah meninggalkan anak untuk bekerja selama kurang lebih 7 jam perhari. Oleh karena itu, weekend juga menjadi hari yang khususkan untuk bermain bersama keluarga. Apabila mendapatkan izin maka saya akan mengikuti acara walaupun jatuh diakhir pekan. Terkadang saya membawa keluarga juga jika acara yg berlangsung mengizinkan untuk membawa anak.

Nah itulah beberapa alasan mengapa saya jarang sekali mengikuti acara yang dikhususkan untuk blogger. Bukannya tidak mau, tapi saya malah ingin sekali bertemu dengan kawan-kawan blogger yang tentunya dapat meningkatkan wawasan.

Mengingat langkanya kesempatan yang saya miliki untuk datang ke suatu acara, maka saya berusaha untuk mengoptimalkan diri ketika datang ke acara blogger baik dekat ataupun jauh.

Bagaimana cara mengoptimalkan diri datang ke acara atau kopdar blogger? Berikut adalah beberapa tips dari saya:

1. Untuk datang ke lokasi yang jauh dari tempat tinggal maka kita membutuhkan cost lebih. Oleh karena itu kita perlu mensiasatinya dengan menggunakan kendaraan umum seperti CRL Commuter Line, Trans Jakarta dan lain-lain. Bisa juga menyewa kendaraan apabila berangkatnya bersama dengan rombongan teman lainnya.

2. Janjian bersama teman untuk berangkat bareng karena dapat menghemat waktu tanpa ada acara kesasar di suatu tempat.

3. Pelajari terlebih dahulu tema yang akan diangkat dalam event tersebut. Hal ini diperlukan agar kita mudah dalam melakukan eksplorasi terhadap event yang berlangsung.

4. Datang lebih awal untuk melihat lokasi, mempelajari tempat dan mencari sudut pandang penulisan. Sekaligus menjadi cara untuk bercengkerama dengan teman-teman blogger lainnya. Kalau acara sudah berlangsung pasti pada fokus ke acara semuanya kan?.

5. Optimalkan media sosial
Selain meningkatkan Klout Score juga sebagai sarana pencatat untuk mengambil bahan penulisan di blog nanti. Walaupun nanti kita mendapatkan press release, akan lebih baik jika kita meramunya dengan pengalaman sendiri juga saat datang ke acara tersebut.

6. Abadikan gambar terhadap semua moment penting. Ini sebagai bentuk dokumentasi terhadap tulisan kita nantinya.

7. Jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan agar mendapatkan materi wawasan lebih jelas lagi.

8. Segera tulis dalam blog saat masih segar dalam ingatan agar tidak terlupa.

Itu adalah beberapa tips dari saya untuk mengoptimalkan diri ketika datang ke acara blogger. Mungkin teman-teman memiliki tips juga dan dapat berbagi dengan saya. Terimakasih ya sebelumnya.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

15 thoughts on “Mengoptimalkan Diri Ketika Datang ke Acara Blogger

  1. Selama ini kalo ada event atau kopdar blogger selalu pake motor, kalo pas motor nggak ada ya..pake angkot. Tapi kalo bener-bener jauh dan bisa dijangkau ya terpaksa nggak datang..

    Posted by Ika Puspitasari | April 2, 2016, 8:17 am
  2. Setujuu sama tiap poin diatas, yg poin trakhir masih belajar utk bisa trus updet🙂

    Posted by desi | April 2, 2016, 9:46 am
  3. engkiuntipsnya mbk ev, brmanfaat bgd nih bwt aku, yg blm prnh dtg ke event2, jd punya bayangan lahnyah

    Posted by inda chakim | April 2, 2016, 4:13 pm
  4. Kalo di kotaku Medan ada event yang melibatkan blogger, aku selalu sempetin datang. Itupun liat-liat tema acaranya. Kalo untuk kopdaran sesama blogger Alhamdulillah selalu ada tiap bulan. Kalo ga ada hal yg urgent banget, biasanya aku ikutan ngumpul mba😀.

    Posted by Molly | April 2, 2016, 4:43 pm
    • iya memang seru kalau kopdar blogger, aku jarang datang ke event yg ada di kota jakarta soalny jauh dari bogor, kalau pas bisa dan fisik mendukung insyaa Allah datang juga

      Posted by evrinasp | April 4, 2016, 1:14 pm
      • Aku hadir di kopdar atau event blogger kalo memang memungkinkan untuk dateng mba.. ga mau maksain diri juga hehehe😀

        Posted by Molly | April 5, 2016, 6:59 am
  5. Wahh sudah lama banget aku gak ikut kumpul2 acara apapun nih mbak😦 syedihhhh..

    Posted by punyapista | April 4, 2016, 5:37 am
  6. Alasan saya kenapa sering absen, karena saya tidak menguasai bidang / materi yang sedang dibahas, Mbak. Atau bisa juga saya tidak ada minat untuk menuliskannya. Pernah sekali saya paksakan, alhasil tulisan saya jelek. Enggak sebagus biasanya …

    Posted by darwinarya | June 13, 2016, 7:22 am

Leave a Reply

