Tumis Bunga Pepaya

bunga-pepaya

Jika ditanya apa saja sih resep andalan keluarga? Saya akan menjawab banyak, tapi bukan saya yang masak hehe. Mamah yang masak karena saya tidak bisa memasak. Nah, mamah saya ini memiliki resep-resep tradisional turun temurun yang diwariskan dari Mbah sejak dulu. Salah satu masakan mamah yang saya sukai adalah masakan dengan bahan dari tanaman pepaya.

Buah pepaya muda dapat diolah menjadi sayur bobor pepaya yang dipadu dengan sambal terasi pedas serta peyek ikan teri. Kemudian daun pepaya diolah menjadi bunti atau oseng daun papaya. Dan bunga pepaya muda yang tumbuh di ketiak cabang juga dapat dibuat tumis bunga papaya dengan campuran ikan teri. Nah ini masakan yang paling saya sukai yaitu tumis bunga papaya.

Kalau mamh sudah membuat tumis daun pepaya, saya akan mengambil jatah terlebih dahulu supaya tidak dihabiskan oleh adik *jangan ditiru hehe. Tapi tidak perlu khawatir juga sih karena kebetulan adik kurang suka lantaran rasanya yang pahit. Justru rasa yang pahit dari bunga pepaya yang dipadukan dengan ikan asin serta potongan bumbu membuat tumisan ini maknyus rasanya. Kalau saya boleh membandingkan, saya akan lebih memilih tumisย  bunga pepaya dibandingkan daging sapi apabila diminta memilih menu mana yang akan diambil. Karena bagi saya tumis bunga pepaya itu masakan langka, kita harus menunggu tanaman pepaya mengeluarkan bunga baru bisa kita olah. Sedangkan daging sapi rasanya ada terus dipasaran.

Ngomong-ngomong, bagaimana sih cara membuatnya? Mudah banget kok, siapa saja bisa membuatnya. Berikut saya berikan bahan serta alat serta cara membuatnya:

Tumis Bunga Pepaya

Bahan:

  • Bunga Pepaya, dipotong-potong
  • Ikan teri
  • Cabe merah dipotong-potong
  • Cabe rawit, dipotong-potong
  • Bawang putih, dipotong-potong
  • Bawang Merah dipotong-potong
  • Garam
  • Air secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya

Alat:

  • Penggorengan
  • Mangkuk
  • Gelas untuk air

Cara Membuat:

  1. Tuang minyak sayur secukupnya ke dalam penggorengan untuk menumis
  2. Masukkan potongan cabe dan bawang, lalu tumis hingga wangi
  3. Tambahkan air secukupnya
  4. Masukkan ikan teri lalu aduk hingga empuk
  5. Masukkan bunga pepaya, lalu aduk hingga matang

Bunga pepaya sengaja dimasukkan terakhir agar tidak terlalu layu ketika disajikan. Tumisan ini cocok banget disajikan bersama dengan nasi panas lalu dimakan di tengah sawah beramai-ramai. Pasti nambah deh porsinya hehe.

Selamat mencoba ya.

Advertisements

25 thoughts on “Tumis Bunga Pepaya

  1. Wah tumis bunga pepaya ini enak banget lho, dimasak pedes makan nasi anget, sedaaappp. Bisa nambah-nambah makannya. Aku suka!

  2. Hi kak Evrina! Tumis bunga pepaya ini ada rasa pahitnya nggak? soalnya kan daun pepaya untuk dijadikan lalapan juga rasa pahit sekali bagi aku hehe

  3. Emang enak teh ?
    syaa mah baru denger itu bunga pepaya bisa dimakan ๐Ÿ™‚

    Hmmm jadi pengen nyoba, kebetulan kalau di desa mah banyak sawah, enak jgana kalau makan tumis bunga pepaya ama peda beureum ๐Ÿ˜€

  4. setujuuu mba, justru krn rasa yg pahit itu aku jg seneng bunga pepaya.. dimakan pake sambel trasi enak bgt ituuuu ^o^. daun2 pahit yg lain kyk daun pepaya, pare aku jg doyan banget ๐Ÿ˜€ ini kalo di rumah lauknya cuma nasi panas, tumis bunga pepaya, sambel terasi doangpun, udh cukuplah ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s