//
you're reading...
Tips

Aneka Kegiatan untuk Mengisi Liburan di Rumah

liburan

Akhir pekan menjadi hari yang dinantikan oleh semua orang. Di akhir pekan umumnya orang akan memilih untuk berkumpul bersama keluarga, bermain dengan sahabat, beristirahat di rumah, mengunjungi saudara atau traveling ke suatu tempat. Saya sendiri lebih memilih menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, mengunjungi suatu acara, atau berkumpul bersama teman. Tetapi ada kalanya saya dan keluarga memilih untuk pergi ke suatu tempat jika memang sedang ingin traveling atau tidak pergi kemanapun alias liburan di rumah saja.

Liburan di rumah saja kadang diperlukan lho, terutama pada saat kondisi seperti di bawah ini:

  1. Tanggal tua alias belum gajian

Kalau belum gajian sementara kebutuhan primer harus terpenuhi, maka kegiatan untuk liburan di luar sementara bisa kita skip dulu untuk menghindari besar pasak daripada tiang. Jangan sampai setelah liburan malah kebingungan karena kehabisan tabungan.

  1. Mengistirahatkan fisik

Bagi pekerja yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah (terutama bagi pekerja lapangan) rasanya ingin sekali menghabiskan waktu libur di rumah saja untuk mengistirahatkan fisik. Bayangkan lima hari bekerja, tubuh ditempa terus-menerus dengan persoalan kantor, maka tidak ada salahnya jika kita menghabiskan akhir pekan di rumah saja.

  1. Kondisi di luar tidak memungkinkan untuk bepergian

Kondisi keuangan oke dan fisik mendukung namun situasi di luar sedang tidak memungkinkan bagi keluarga untuk berlibur di luar rumah, maka pilihan untuk menghabiskan waktu di rumah patut dipertimbangkan. Situasi seperti apa yang tidak memungkinkan? Misalnya terjadi bencana alam atau ada demo besar yang mengganggu lalu lintas.

Jangan salah lho, sebenarnya banyak sekali kegiatan yang dapat kita lakukan bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan di rumah. Tinggal bagaimana nanti kita memadu padankan sehingga liburan di rumah menjadi seru dan menarik.

Baca: Liburan Murah Meriah ala Adventure Wannabe

Lalu kegiatan apa saja yang dapat kita lakukan bersama keluarga untuk mengisi liburan di rumah? Berikut adalah aneka kegiatan untuk mengisi liburan di rumah:

  1. Olahraga bersama

Pagi hari sekali ajak keluarga untuk olahraga bersama agar tubuh kembali fresh. Olahraganya bisa di sekitar rumah sambil bersepeda atau jalan santai yang penting semuanya senang. Main sepak bola atau bulu tangkis juga menyenangkan lho.

  1. Masak bersama

Setelah berolahraga, kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masak bersama. Libatkan anak untuk berpartisipasi, bagi tugas agar kegiatan masak menjadi menyenangkan. Lalu kita makan bersama deh.

  1. Membersihkan rumah

Adakan kerja bakti untuk membersihkan setiap sudut rumah bersama anak-anak ketika memiliki waktu liburan di rumah. Buatlah suasana kerja bakti menjadi menyenangkan dengan melakukan gotong-royong secara bersama.

  1. Berkebun

Aktivitas lain yang tidak kalah menyenangkan adalah dengan berkebun bersama. Ajak anak-anak untuk melakukan kegiatan penanaman sambil bermain. Kegiatan ini sekaligus mengajarkan kepada anak akan pentingnya penghijauan.

  1. Berpetualang di dalam rumah

Berpetualang bisa dilakukan dimanapun termasuk di dalam rumah. Jika mempunyai tenda, maka dirikan tenda di pekarangan rumah atau di dalam rumah untuk melakukan kegiatan camping bersama. Meskipun di dalam rumah, kegiatan camping tetap menyenangkan kok, tinggal bagaimana kita bisa menghidupkan suasana petualangannya.

Nanti kalau teman-teman sedang tidak bepergian kemanapun tidak usah bingung ya, liburan di rumah juga seru kok. Berlibur di rumah dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga melalui kegiatan seru bersama keluarga.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

22 thoughts on “Aneka Kegiatan untuk Mengisi Liburan di Rumah

  1. Tulisan yang ringan, renyah tapi tetap berbobot. Seru juga tipsnya. Yang olahraga bersama dan berpetualang boleh juga nih kucoba sama anak-anak.

    TFS, jeng Ev. 💖👍

    Posted by friddaherlinna | April 10, 2016, 3:03 am
  2. Sebagian besar juga saya sarankan kepada khalayak ramai.
    Nah yang berpetualang itu yang layak dijajal
    Salam hangat dari Jombang

    Posted by Pakde Cholik | April 10, 2016, 7:34 am
  3. paling suka mengistirahatkan fisik dirumah dan tidur sepanjang hari. segerrrr badan dan otak

    Posted by @dodon_jerry | April 10, 2016, 4:44 pm
  4. Kemarin hari minggu alias weekend aku cuma ngisi hari libur dengan nonton film dan main PS saja di rumah dan beli bakso aja, sudah heheh

    Posted by Wida Zee | April 11, 2016, 3:22 am
  5. Bener banget, malah kadang kita bisa nemu kegiatan yang mengasyikkan saat liburan di rumah. Bahkan kadang, tidur pun sangat mengasyikkan hehehe.

    Posted by Rifqy Faiza Rahman | April 13, 2016, 11:46 am
  6. Memang sih liburan tak melulu harus keluar rumah ya Mbak Ev. Nah untuk liburan di rumah, seperti memasak bersama, itu bermanfaat banget untuk kian mendekatkan hubungan bersama orang-orang tercinta🙂

    Posted by @eviindrawanto | April 18, 2016, 7:42 am
  7. Saya pengin berkebun ach. Mungkin tanaman toga atau warung hidup dulu.
    Salam hangat dari Jombang

    Posted by Pakde Cholik | April 21, 2016, 10:34 pm
  8. Wah seru banget.. Nggak cuma menghemat pengeluaran tapi bisa juga buat wahana belajar, dan menjaga kekompakan. happy family..

    Posted by willova | April 27, 2016, 6:56 am
  9. favorit saya yaitu mengistirahatkan fisik.😀

    Posted by Agung Rangga | April 27, 2016, 10:11 am
  10. membersihkan rumah itu asyik kak pas liburan

    Posted by winnymarlina | May 16, 2016, 8:59 am
  11. kalau liburan di rumah saya no 3 ; beres beres rumah …. sampai bongkar laci laci … pokoknya banyak banget barang yang sebagian dihibahkan dan sebagian di buang🙂

    Posted by bersapedahan | May 26, 2016, 9:37 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: