//
you're reading...
Review

3 Tips Mudik Cerdas ala Mobil123.com

mobil123

Hari Jumat tanggal 24 Juni 2016 yang lalu, saya berkesempatan untuk mengikuti Talk Show Mudik Cerdas bersama Mobil123.com di Aruba Caribbean Restaurant and Bar Jakarta. Mobil123.com sebagai portal otomotif nomor satu di Indonesia mengajak kita semua untuk menjadi pemudik cerdas. Gunanya untuk apa? agar kegiatan mudik berlangsung lancar, nyaman dan memberikan keselamatan bagi semua. Tentu ketika kita melakukan kegiatan mudik inginnya sampai dengan selamat sentosa dong ya karena niat mudik untuk bersilaturahim dan bertemu dengan orang tua serta saudara yang lama tak bersua. So, agar mudik kita lancar, simak tips mudik cerdas dari Mobil123.com berikut ini yuk:

1. Pastikan kondisi aman bagi pengemudi, kondisi ban dan perletakan barang

Bagi pengemudi perhatikan dulu kondisi fisiknya jangan sampai kelelahan ketika mengendarai mobil maupun motor. Disarankan tidak mengendari mobil atau motor selama 4 jam lebih, paling maksimal 4 jam dalam satu hari. Setelah itu sebaiknya beristirahat pada rest area yang telah disediakan untuk memulihkan tenaga. Ada istilah yang dinamakan dengan Micro Sleep, yaitu suatu kondisi ngantuk yang berlebihan dan sangat berbahaya dalam berkendara. Kondisi ini menjadi ancaman pada jalan lurus yang monoton terutama pada jalan tol. Jadi, kalau sudah merasakan lelah dan mengantuk sebaiknya segera beristirahat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ya.

Untuk kondisi ban, perhatikan apakah ban kendaraan masih layak digunakan ataukah harus segera diganti. Jika permukaan ban sudah tipis, maka segera lakukan pengantian untuk menghindari slip. Apabila budget tidak mencukupi untuk mengganti seluruh ban, maka gantilah ban bagian belakang dengan ban yang baru karena pada bagian depan masih terbantu oleh stir apabila terjadi slip.

Kemudian ketika meletakkan barang bawaan maka perhatikan titik gravitasinya. Usahakan agar posisi kendaraan seimbang dan tidak berat di satu sisi. Susun barang-barang tersebut menjadi tumpukan yang rapih sehingga tidak miring ke sana-sini.

20160624_183445

2. Buatlah kondisi yang nyaman selama berkendara dengan berbagi tanggung jawab, meyakinkan keputusan dan menghidupi suasana

Nah, bagi siapapun yang dekat dengan pengemudi (tidak harus di sampingnya) harus bisa menghidupi suasana. Jangan sampai ketika sedang berkendara, suasana di dalam terkesan sunyi dan justru membuat pengemudi menjadi ngantuk. Lalu jadilah navigator yang baik bagi orang yang berada di samping pengemudi, bantu Ia membuat keputusan ketika memilih jalan atau hendak melakukan sesuatu. Kerjasama ini diharapkan dapat mengurangi beban pengemudi yang sudah terkuras secara fisik maupun pikiran karena harus terus berkonsentrasi selama berkendara.

3. Efisienkan waktu berkendara dengan memperhatikan waktu, jarak dan alternatif jalan

Sebelum mudik, pelajari dulu kira-kira alternatif jalan mana saja yang dapat ditempuh untuk mencapai lokasi tujuan. Umumnya musim mudik menyebabkan macet di beberapa titik, untuk menghindari hal tersebut maka sudah seharusnya kita menyiapkan estimasi waktu keberangkatan, jarak yang ditempuh hingga alternatif jalan.

Ada yang saya catat dalam talk show kali ini yaitu bahwa yang namanya keselamatan itu tidak boleh bersifat abu-abu, harus jelas dan tegas. Jika memang kondisi kendaraan sedang tidak fit maka lakukan pemeriksaan segera mungkin ke bengkel resmi terdekat. Arahkan montir ketika sedang melakukan pengecekkan kendaraan agar tau bagian apa saja yang dikeluhkan. Selain itu kita tetap harus melakukan pengecekan secara mandiri sebagai langkah preventif.

O iya, bagi pemudik yang menggunakan kendaraan berupa mobil dan membawa anak-anak, maka posisikan agar anak tidak berada di bangku depan, lebih baik di bangku tengah untuk menghindari terjadinya benturan. Kemudian jangan dekatkan anak dengan posisi yang menjadi tempat keluarnya air bag, karena hempasan air bag itu cukup menyakitkan walaupun di dalamnya berisi udara.

Nah, demikian tiga tips bermanfaat mudik cerdas dari Mobil123.com, selamat berpuasa dan bermudik ria, jangan lupa jadilah pemudik cerdas demi keselamatan anda serta keluarga.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

29 thoughts on “3 Tips Mudik Cerdas ala Mobil123.com

  1. Makasih tipsnya mba ev, mau aku praktekin nih besok. Hehehe

    Posted by windah | June 29, 2016, 8:06 am
  2. Buatku point penting itu nyaman.😦 jaman dulu pas kerja di jkt, lebaran mudik ke kampung hampir 20 jam karena sering macet. Nah, untungnya nyaman😀

    Posted by Ery Udya | June 29, 2016, 9:48 am
  3. Tambahin satu tips lagi :
    Bawa bekal yang banyak biar gak kelaperan ditengah macet hahahaha

    Posted by itsmearni | June 30, 2016, 4:36 pm
  4. Paling penting tetep point nomer satu sih :’ itu elemen penting yang harus dimiliki saat mudik, harus dipastikan aman. Kalau ngantuk, jangan dipaksain nyetir -_- soalnya pernah mudik naik travel gitu, eh supirnya ngantuk sampai nabrak pembatas jalan -_- untung nggapapa -_-

    Posted by febridwicahya | July 1, 2016, 5:38 pm
  5. Alhamdulillah, saya udah sampai kampung halaman dengan selamat😀

    Posted by Yoga Purnama Putra Perdana | July 2, 2016, 6:09 am
  6. Hihi..baca tentang navigator yang harus menghidupkan suasana supaya supir ngga ngatuk…itu aku bangeet. Paling cerewet dah. Supir sama navigator sama sama ga bisa tidur eung. Makanya saya kadang suka pengen naik bis aja. Bisa bobo manis. Tapi kalau naik bis ya itu resikonya jadwal ngga jelas sampe kapan, udah gitu mampir sana sini, dll. Hmmm, memang selalu ada plus minusnya yak.

    Posted by Levina Mandalagiri | July 2, 2016, 9:19 am
  7. Cek kondisi ban, hal sepele tapi bisa berakibat fatal. Keren infonya

    Salam kenal dr blogger ala2

    Posted by Travelling Addict | July 2, 2016, 4:49 pm
  8. mudik .. mau semacet apapun .. tetap diterjang tidak kapok kapok🙂

    Posted by bersapedahan | August 24, 2016, 7:54 am
  9. Oh iya tentu mbak saya selalu memperhatikan hal hal yang sudah disebutkan dan hanya beberapa point saja yang belum saya lakukan, gk gk gk sepertinya ini harus jadi pelajaran nih.

    Posted by Kang Nurul Iman | August 27, 2016, 7:52 am
  10. Memang harus dipastikan aman dan nyaman ya, Mbak. Terutama kalau bawa anak-anak.

    Posted by tamanbermaindropdeadfred | August 31, 2016, 10:21 am
  11. Ban ini suka kelupaan ngecek, padahal dah harus waktu nya ganti

    Posted by cumilebay.com | September 2, 2016, 5:50 am
  12. menag harus aman dan nyaman sampai tujuan ya mbak

    Posted by winnymarlina | September 19, 2016, 6:21 am
  13. wahh bener banget nih mak, tapi yang susah di prediksi itu estimasi waktu berkendaranya T_T

    Posted by punyapista | September 23, 2016, 10:18 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: